-->
Belajar Dan Mengenal Operator Javascript
4/ 5 stars - "Belajar Dan Mengenal Operator Javascript" { Jangan Malas Membaca Ya } Jika Anda sudah mempelajari beberapa variable dasar dari JavaScript, ketika ini kita akan berguru opera...

Belajar Dan Mengenal Operator Javascript



Belajar dan Mengenal Operator Javascript Belajar dan Mengenal Operator Javascript
{ Jangan Malas Membaca Ya }

Jika Anda sudah mempelajari beberapa variable dasar dari JavaScript, ketika ini kita akan berguru operator-operator apa saja yang sanggup digunakan untuk variable dasar tersebut. Operator yang akan dibahas yaitu operator untuk Integer, Float dan String. 

Integer
Kita mulai dengan operator untuk Integer. Integer menyerupai yang sudah kita kenal, yaitu objek bilangan bulat. Operator dasar untuk Integer yaitu tanda tambah (+), kurang (-), kali (*), bagi (/) dan modulus/sisa pembagian (%). Berikut yaitu pola penggunaannya dengan hasil operasi pada komentar.
var jumlah = 5 + 2; // 7 var selisih = 5 - 2; // 3 var perkalian = 5 * 2; // 10 var pembagian = 6 / 2; // 3 var sisa = 5 % 2; // 1
Anda juga sanggup melaksanakan beberapa operasi secara sekaligus, berikut contohnya.
var foo = 5 + 2 - 6 + 3; // 4
Selain penjumlahan dan selisih, kita juga sanggup melakukannya dengan operator yang lain, berikut contohnya.
var bar = 5 * 2 + 6 / 3; // 12
JavaScript akan melaksanakan operasi dari kiri ke kanan, jikalau ada perkalian dan pembagian maka akan dilakukan terlebih dahulu sebelum operasi penjumlahan dan pengurangan. Jika Anda menginginkan suatu operasi dilakukan terlebih dahulu, maka sanggup ditambahkan tanda kurung ( ), berikut contohnya.
var bar = 5 * ( 2 + 6 ) / 2; // 20

Float
Pada dasarnya operator pada Integer dan Float yaitu sama, alasannya keduanya merupakan jenis objek bilangan (Number). Namun yang perlu diperhatikan, jikalau Anda menggunakan Float bersamaan dengan Integer pada satu operasi, maka bilangan Integer tersebut akan secara otomatis dikonversi menjadi Float. Berikut contohnya.
var pecahan = 7.5 + 5; // 12.5
Namun uniknya, jikalau hasil dari operasi tersebut yaitu bilangan bulat, maka operasi tersebut secara otomatis mengkonversinya menjadi bilangan bulat. Berikut contohnya.
var sama = 7.5 + 2.5; // 10

String
Selanjutnya operasi untuk objek String. String mempunyai beberapa operator, yaitu concatenation (penggabungan) dan operator konversi. Kita mulai dengan String concatenation.

Concatenation (Penggabungan)
Salah satu operator yang niscaya sering Anda pakai yaitu String concatenation, yang mempunyai kegunaan untuk menggabungkan dua String objek. Berikut beberapa pola pemakaian String concatenation.
var hello = "hello"; var world = "world"; var helloWorld = hello + world; // menggunakan tanda tambah (+) var helloWorld2 = hello.concat(world); // menggunakan fungsi concat
Kedua bentuk operator concatenation adalah sama, namun operator tanda tambah sangat simpel digunakan.

Hati-hati dalam menggunakan operator concatenation pada String dan penjumlahan pada Integer. Berikut yaitu contohnya.
var foo = 5 + 4 + "7";  alert(foo);
Jika Anda mencoba instruksi diatas maka karenanya yaitu “97”. JavaScript akan mengambil hasil dari Integer (dalam hal ini 5 + 4 = 9) dan alasannya melihat objek selanjutnya yaitu String, maka hasil tersebut akan dirubah menjadi String dan dilakukan operasi concatenation (menjadi “97”). Seringkali kita melupakan hal ini dan menciptakan hasil dari operasi tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Konversi
Selanjutnya yaitu operator konversi. Operator konversi untuk String objek salah satunya yaitu parseInt. Operator ini akan mengubah String objek ke nilai Integer. Berikut contohnya.
var foo = parseInt("77", 10); // 77
Fungsi parseInt membutuhkan dua argumen, yaitu objek String yang akan dikonversi dan basis bilangan (radix) dalam hal ini desimal yaitu basis 10. Anda juga sanggup mengkonversikan ke biner, oktal atau heksadesimal dengan hanya memilih basis bilangan 2, 8 atau 16. Jika fungsi parseInt menemukan String objek bukan bilangan di dalamnya, maka fungsi ini akan berhenti. Berikut ini contohnya.
var foo = parseInt("77s88", 10); // 77
Jika tidak ada bilangan sama sekali di dalam objek tersebut, atau aksara pertama yaitu bukan bilangan, maka fungsi ini akan mengembalikan nilai NaN (Not a Number).

Selanjutnya kita akan membahas operator atau fungsi pada objek String yang kedua, yaitu parseFloat. Fungsi ini hampir sama dengan parseInt, namun akan mengembalikan nilai pecahan desimal (Float). Berikut contohnya.
var pi = parseFloat("3.14", 10); // 3.14 
Kita sudahi dahulu tutorial singkat mengenai operator untuk variable dasar pada JavaScript. Kita sudah mempelajari operator-operator yang terdapat pada operasi bilangan dan pada String.

Bagaimana berdasarkan Anda tentang Belajar dan Mengenal Operator Javascriptcukup gampang dimengertikan :D Sankyou.

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat... ^_^