-->
Cara Menciptakan Form (Formulir) Dengan Bahasa Html
4/ 5 stars - "Cara Menciptakan Form (Formulir) Dengan Bahasa Html" Belajar menciptakan form dengan bahasa pemrograman HTML Form adalah sebuah antarmuka atau interface yang berfungsi untuk mengumpulkan data...

Cara Menciptakan Form (Formulir) Dengan Bahasa Html



Belajar menciptakan form dengan bahasa pemrograman HTML

Form adalah sebuah antarmuka atau interface yang berfungsi untuk mengumpulkan data dari user. Hasil dari isian form tersebut akan diproses untuk disimpan ke dalam database dengan memakai bahasa pemrograman web selain html, ibarat PHP, ASP, JSP atau JavaScript. Namun pada bahan ini pembuatan form masih belum hingga ke proses penyimpnan data ke dalam database hanya hingga pada tampilan di web client atau browser saja.

Contoh dari sebuah form yaitu ibarat di bawah ini :

 Belajar menciptakan form dengan bahasa pemrograman HTML Cara Membuat Form (formulir) dengan Bahasa HTML

Form di atas menyediakan kemudahan untuk mengisi data pribadi, data tersebut akan disimpan ke dalam database pada ketika tombol Kirim diklik. Sebenarnya pada ketika tombol Kirim diklik, form tersebut akan menjalankan sebuah aktivitas untuk menyimpan data. Program tersebut hanya dapat dijalankan di server, bahasa pemrogramannya pun bukan HTML lagi, tapi bahasa pemrograman web ibarat yag telah disebutkan di atas.

Elemen Form HTML

Sebelum kita bahas cara menciptakan form dengan html, sebaiknya kita mengetahui elemen-elemen dari sebuah form. Form dalam bahasa HTML dibuat dari beberapa elemen form, masing-masing elemen didefiniskan dalam bentuk tag. Berikut yaitu elemen-elemen dari sebuah form :

Simbol
Nama
Tag
Text Field <input type="text"/>
Password Field <input type="password"/>
Text Area <textarea> </textarea>
Combo Box <select> </select>
Check box <input type=checkbox"/>
Radio Button <input type="radio"/>
Button <input type="submit"/>


Atribut Form dan Elemen-elemennya

Tag <Form...>

Fungsi : Tag ini berfungsi untuk mendefinisikan sebuah form

Atribut-atribut
name : untuk menunjukkan nama form
methode : cara pengiriman data pada server dengan menunjukkan nilai salah satu di bawah ini yaitu :
  • Get : mengirim data pada server dengan cara meletakan data pada bab tamat URL yang ditunjuk.
  • Post : mengirim datanya secara terpisah.
Perbedaannya, jikalau kita mengisi atribut method dengan get (dimana ini yaitu nilai default seandainya kita tidak menuliskannya) maka isian form akan terlihat pada url browser. Method get ini biasanya dipakai untuk query pencarian. Method post biasanya dipakai untuk data yang lebih sensitif ibarat yang berisi password, atau pendaftaran user. Data hasil form tidak akan terlihat pada browser.

action : memilih lokasi dari script yang akan memproses data dari form.

Struktur dasar form akan terlihat sebagai berikut:
<form &nbsp name="form1" action="login.php" method="post">
...isi form...
</form>
Form tersebut mempunyai nama form1, pada ketika tombol submit/login di klik, maka form ini akan menjalankan script php yang ada pada file login.php, data-data yang sudah diisi akan dikirim ke server dengan memakai metode post.

Demikian sedikit klarifikasi mengenai Cara Membuat Form (formulir) dengan Bahasa HTML. Untuk lebih memahami lebih lanjut mengenai form ini, silahkan pelajari Elemen-elemen form html dan fungsinya.

Mudah-mudahan goresan pena ini bermanfaat !.