-->
Cara Mengatasi Memori Internal Android Cepat Penuh
4/ 5 stars - "Cara Mengatasi Memori Internal Android Cepat Penuh" Halo sobat , saya disini kembali menciptakan sebuah artikel. Artikel yang saya buat ini yaitu tips dan trik perihal Cara Mengatasi Memori I...

Cara Mengatasi Memori Internal Android Cepat Penuh



Halo sobat , saya disini kembali menciptakan sebuah artikel. Artikel yang saya buat ini yaitu tips dan trik perihal Cara Mengatasi Memori Internal Android Cepat Penuh. Bagi anda yang mengalami duduk masalah tersebut sanggup kalian simak di bawah ini.

Perbedaan Memori Internal, Memori Eksternal dan RAM

Memori Internal

Memori Internal adalah memori bawaan yang sudah ada di dalam handphone Android, di ketika anda membeli handphone Android tersebut pertama kali, ukuran memori internal ini tidak sanggup diubah, baik di tambah maupun di kurangi. Memori internal tersebut akan dipakai sebagai memori utama nya oleh sistem operasi, maksudnya ialah ketika anda melaksanakan proses penyimpanan file, foto atau dokumen lainnya, maka sistem operasi Android, akan menyimpan file-file tersebut di dalam memori internal. 

Memori Eksternal

Memori Eksternal yaitu memori komplemen MicroSD yang sanggup anda lepas dan pasang. Kapasitasnya sendiri sanggup anda pilih sendiri mulai dari 2GB, 4GB dan lainya yang memang sudah banyak di jual secara terpisah. Bila tidak ada memori external yang terpasang di dalam handphone Android yang anda miliki, maka memori internal lah yang akan di kenali dan di gunakan oleh handphone Android sebagai penyimpanan utama. 

RAM

RAM yaitu penyimpanan sementara untuk memproses atau menjalankan sebuah aplikasi. RAM juga akan menjadi duduk masalah yang serius. RAM cepat sekali penuh dan berakibat handphone Android anda menjadi lambat atau lemot alasannya yaitu memang cara kerja RAM ini, menyimpan atau menjalankan aplikasi untuk sementara waktu semoga sanggup di buka dengan cepat. Maksudnya adalah, ketika anda membuka aplikasi A, dan berpindah ke apliksi B. Sebenarnya aplikasi A masih berjalan pada latar belakang (background), disinilah fungsi RAM yang bertugas menyimpan aktifitas aplikasi A dan B secara bersamaan. Agar sanggup cepat berjalan ketika anda akan membuka lagi. Jadi, semakin banyak aplikasi yang anda install atau buka, maka penggunaan RAM juga akan besar. 

Penyebab Memori Android Cepat Penuh 

Memori internal android cepat penuh? Hal ini sanggup terjadi ketika anda memakai handphone baik untuk mencari gosip di internet, maupun bermain aplikasi sosial media. 

Yang bergotong-royong secara tidak sadar akan menambah file yang akan tersimpan di memori internal handphone. Selain itu, sanggup dari aktifitas penggunaan menyerupai download aplikasi, video, MP3 dan file lain yang anda masukkan ke memori internal handphone Android. Sehingga sanggup saja menciptakan memori internal android cepat penuh 

Selain itu penggunaan aplikasi yang terlalu berlebihan, dan secara tidak sadar file yang sering dijalankan tersebut menjadi bertambah banyak. 

Cara Mengatasi Memori Android Cepat Penuh 

1. Hapus Cache Aplikasi 

Setiap anda menginstal aplikasi, dan juga semua aktifitas aplikasi yang ada di handphone. Ketika anda membuka aplikasi tersebut, bergotong-royong menyimpan data tersebut biasa di sebut Cache. 

Fungsinya, ketika anda membuka aplikasi yang sama di waktu yang berbeda, nantinya aplikasi sebagian data yang di tampilkan akan mengambil dari data cache yang tersimpan sebelumnya. 

Sebagai contoh, ketika anda membuka aplikasi Facebook untuk pertama sehabis di install akan terasa loading lama, namun ketika anda menutup dan membuka lagi nantinya loading akan terasa lebih cepat. 

Nah, dari situlah semakin usang Cache akan semakin besar ukurannya, untuk menguranginya anda sanggup menghapus dari setiap aplikasi. 

Caranya buka pengaturan > aplikasi manager > pilih dan buka aplikasi yang akan di hapus cache-nya, akan tampil kurang lebih menyerupai gambar dibawah > clear cache.


Atau anda juga sanggup menghapus semua cache dengan cara buka pengaturan > penyimpanan > data cache > ok. 


Dengan begitu aplikasi yang sudah terhapus cache-nya akan kembali download data yang baru. 

2. Hapus File Unduhan 

Coba cek pada file manager anda, apakah ada file unduhan yang tidak diperlukan, baik itu aplikasi, video, audio dan lainnya. Jika memang ada, segera hapus semoga penyimpanan anda semakin longgar.


3. Hapus File Sampah 

Aplikasi yang anda jalankan akan menciptakan munculnya file sampah pada memori internal anda. Jika dibiarkan akan menciptakan memori internal anda akan cepat penuh. Solusinya yaitu hapus file sampah tersebut. Agar file sampah tersebut ditemukan kalian sanggup download dahulu aplikasi CLEANit di Google Play Store. Kalian jangan khawatir alasannya yaitu aplikasi tersebut hanya berukuran sekitar 6MB. Jika sudah di install, kalian buka aplikasi tersebut dan gunakan dengan bijak. 


Nah, untuk kalian pengguna WhatsApp disitu ada fitur APP CLEANER. Fitur tersebut dipakai untuk membaca file cache dan sampah pada aplikasi WhatsApp. Pengalaman eksklusif saya, fitur ini sangat membantu dan menciptakan memori internal saya menjadi lebih longgar. 


Untuk anda yang akan melaksanakan tips dan trik tersebut, pastikan anda berhati-hati ketika melakukannya semoga file penting anda tidak terhapus juga.