-->
Buku Panduan Evaluasi Portofolio Revisi 2019
4/ 5 stars - "Buku Panduan Evaluasi Portofolio Revisi 2019" Unduh Gratis Buku Panduan Penilaian Portofolio Revisi Tahun 2019 Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menyebarkan informasi kepa...

Buku Panduan Evaluasi Portofolio Revisi 2019



Unduh Gratis Buku Panduan Penilaian Portofolio Revisi Tahun  Buku Panduan Penilaian Portofolio Revisi 2019

Unduh Gratis Buku Panduan Penilaian Portofolio Revisi Tahun 2019





Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menyebarkan informasi kepada anda semua mengenai Buku Panduan Penilaian Portofolio Revisi 2019

Penilaian portofolio merupakan pendekatan yang relatif gres dan belum banyak dipakai di dunia pendidikan di Indonesia. Di beberapa negara, portofolio telah dipakai dalam dunia pendidikan secara luas, baik untuk evaluasi di kelas, daerah, maupun untuk evaluasi secara nasional dengan tujuan standardisasi.

Pada kurun ini penguasaan soft skills dan hard skills sama pentingnya. Siswa perlu dilatih tidak saja supaya mereka kompeten secara akademis tetapi juga supaya mereka memiliki huruf yang berkualitas. Penilaian portofolio yang dipakai di kelas merupakan satu alternatif untuk meningkatkan kompetensi siswa secara menyeluruh.

Istilah portofolio pertama kali dipergunakan oleh kalangan fotografer dan seniman untuk memperlihatkan hasil kerja dalam suatu periode waktu tertentu. Melalui portofolio seorang fotografer sanggup memperlihatkan prospektif pekerjaan kepada pelanggan dengan memperlihatkan koleksi pekerjaan yang dimilikinya.

Penggunaan portofolio secara sempurna tidak saja meningkatkan kompetensi spesifik pada bidang studi tertentu tetapi juga kompetensi yang bersifat umum yang dibutuhkan dalam kehidupan menyerupai berpikir kritis, berpikir reflektif, memahami kelebihan dan kelemahan diri, menemukan seni administrasi untuk meningkatkan kompetensi, gigih, dan menjadi pembelajar yang mandiri.

Portofolio tidak hanya merupakan tempat penyimpanan hasil pekerjaan siswa, tetapi juga merupakan sumber informasi untuk guru dan siswa. Portofolio berfungsi untuk mengetahui perkembangan kompetensi siswa. Portofolio memperlihatkan materi tindak lanjut dari suatu pekerjaan yang telah dilakukan siswa, sehingga guru dan siswa berkesempatan untuk mengembangkan kemampuannya.

Tujuan portofolio ditetapkan menurut apa yang harus dikerjakan dan siapa yang akan memakai jenis portofolio. Dalam evaluasi di kelas, portofolio sanggup dipakai untuk mencapai beberapa tujuan, antara lain:
  1. mengetahui perkembangan yang dialami siswa;
  2. mendokumentasikan proses pembelajaran yang berlangsung;
  3. memberi perhatian pada prestasi kerja siswa yang terbaik;
  4. merefleksikan kesanggupan mengambil resiko dan melaksanakan ekperimentasi;
  5. meningkatkan efektifitas proses pembelajaran;
  6. bertukar informasi dengan orang tua/wali siswa dan guru lain;
  7. membina dan mempercepat pertumbuhan konsep diri aktual pada siswa;
  8. meningkatkan kemampuan melaksanakan refleksi diri; dan
  9. membantu siswa dalam merumuskan tujuan.

Download Buku Panduan Penilaian Portofolio

Buku Panduan Penilaian Portofolio Revisi 2019 ini disusun untuk memberi wawasan kepada guru dalam melaksanakan evaluasi portofolio baik untuk kepentingan evaluasi formatif atau diagnostik maupun sumatif. Semoga buku ini sanggup menginspirasi guru dalam melaksanakan evaluasi portofolio yang berkualitas sehingga membantu berkembangnya potensi siswa secara optimal dan menyeluruh.


Download Buku Panduan Penilaian Portofolio
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Buku Panduan Penilaian Portofolio Revisi 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://blognazmy.blogspot.com/