Contoh RPP PAI SD/MI Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 1 Lembar Tahun 2019/2020
RPP merupakan berkas rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem menyampaikan RPP ini penting untuk tetap diimplementasi.
Untuk dikala ini, pembuatan RPP bagi guru cukup satu lembar saja. Komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, adalah tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian.
Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.
RPP K-13 PAI SD Kelas 4 Semester 2 Revisi Terbaru 2020 (1 Lembar) ini sangat di perlukan oleh seorang guru biar dikala mengajar guru tersebut sudah mempunyai penguasaan dan persiapan yang matang dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Dengan menciptakan RPP K-13 PAI SD Kelas 4 Semester 2 Revisi Terbaru 2020 (1 Lembar) ini maka guru telah mempunyai langkah-langkah dan metode yang sempurna dalam kegiatan pembelajaran sehingga sangat membantu dalam kelancaran proses pembelajaran.
Saat ini hampir semua sekolah telah memakai kurikulum 2013 yang mana kurikulum 2013 merupakan kurikulum gres pengganti kurikulum KTSP.
Contoh RPP Kurikulum 2013 PAI SD Kelas 4 Semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)Pelajaran Ke 6
Sekolah : SD N ......
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas/Semester : 4 / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 4x35 Menit
Tema 6 : Mari Belajar Q.S. al-Fil | Subtema 1 : Membaca Q.S.al-Fil
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Memahami Q.S.al-Fil dengan baik dan benar.
2. Membaca Q.S. al-Fil dengan tartl.
3. Menunjukkan hafalan Q.S. al-Fil dengan lancar.
4. Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Fil dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
01. Pendahuluan (15 Menit)
1. Kelas dibuka dengan ucapan salam, berdo’a, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (RELIGIUS)
2. Guru menjelaskan wacana tujuan, manfaat, dan acara pembelajaran yang akan dilakukan.
3. Pembiasaan membaca (LITERASI)
4. Siswa diajak menyanyikan lagu kawasan setempat (Nasionalis)
02. Kegiatan Inti (60 Menit)
Pelaksanaan proses pembelajaran pada Sub pelajaran ini sama dengan proses pembelajaran pada Sub pelajaran A “Belajar Q.S.al-Fil.”
Mengamati
? Sebelum masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu memberikan secara singkat arti Q.S. al-Fiil, alasan diturunkan dan isi kandungannya.
? Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu meminta penerima didik untuk mengamati gambar yang tertera pada permulaan Sub-sub Pelajaran 1.
Menanya
? Peserta didik menanyakan arti/makna Q.S.al-Fiil.
? Peserta didik menanyakan bagaimanamembaca Q.S. al-Fiil dengan benar.
Mengekplorasi/menalar
? Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
? Guru memperlihatkan klarifikasi komplemen dan penguatan yang dikemukakan penerima didik wacana isi gambar tersebut.
? Pada pembelajaran membaca Q.S. al-Fiil, guru memperlihatkan pola bacaan yang benar.
Mengasosiasi/mencoba
? Guru kembali memperlihatkan pola bacaan Q.S. al-Fiil yang benar.
? Peserta didik menirukan bacaan Q.S. al-Fiil bersama-sama. Selanjutnya, ditunjuk beberapa penerima didik untuk membaca.
? Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kau bisa,” guru membimbing penerima didik untuk mendengarkan bacaan Q.S. al-Fiil yang benar dari audio atau radio. Kemudian meminta biar menirukannya secara berulang.
? Pada kolom “Ayo bernyanyi,” sebagai selingan atau ice breaking, guru mengajak penerima didik secara bantu-membantu menyanyikan lagu “Rasul Menyuruh Mencintai Anak Yatim,” karya Bimbo.
Komunikasi/demonstrasi/networking
? Peserta didik mendemonstrasikan membaca Q.S. al-Fiil dengan baik dan benar .
? Siswa menceritakan sya'faat laba bagi orang yang membaca al-Qur'an..
? Dibantu guru penerima didik menciptakan kesimpulan
03. Penutup (15 Menit)
1. Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajran dan refleksi
2. Siswa menyimak kisah motivasi wacana pentingnya perilaku disiplin.
3. Siswa melaksanakan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
4. Membaca do’a penutupan “Alhamdulillah”
C. PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi Selama Kegiata Berlangsung
Penilaian Pengetahuan :
Penilaian Keterampilan :
Download RPP PAI SD/MI Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013
Pada kurikulum 2013 ini guru dituntut untuk lebih kreatif serta harus melek terhadap teknologi sehingga dalam pembuatan rencana pembelajaran guru harus dapat menguasai komputer. Selengkapnya silahkan unduh disini.Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.
Semoga sebaran gosip Mengenai RPP K-13 PAI SD Kelas 4 Semester 2 Revisi Terbaru 2019 ini bermanfaat dan salam sukses selalu! Sumber https://blognazmy.blogspot.com/