Contoh RPP PKN SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 1 Lembar Tahun 2019/2020
RPP merupakan berkas rencana acara pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem menyampaikan RPP ini penting untuk tetap diimplementasi.
Untuk ketika ini, pembuatan RPP bagi guru cukup satu lembar saja. Komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, adalah tujuan pembelajaran, acara pembelajaran, dan penilaian.
Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.
RPP K-13 PKN Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester 1 Revisi Terbaru 2020 (1 Lembar) ini sangat di perlukan oleh seorang guru semoga ketika mengajar guru tersebut sudah mempunyai penguasaan dan persiapan yang matang dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Dengan menciptakan RPP K-13 PKN Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester 1 Revisi Terbaru 2020 (1 Lembar) ini maka guru telah mempunyai langkah-langkah dan metode yang sempurna dalam acara pembelajaran sehingga sangat membantu dalam kelancaran proses pembelajaran.
Saat ini hampir semua sekolah telah memakai kurikulum 2013 yang mana kurikulum 2013 merupakan kurikulum gres pengganti kurikulum KTSP.
Contoh RPP Kurikulum 2013 PKN Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester 1 Revisi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)Sekolah : Sekolah Menengah Pertama N ......
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : 9 / 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu : 3 JP
Materi Pokok : Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Menunjukkan perilaku gembira akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
1.3 Membandingkan antara kejadian dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
1.4 Merancang dan melaksanakan penelitian sederhana wacana kejadian dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
? Mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
? Menunjukkan perilaku gembira akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
? Melakukan analisis dinamika kejadian dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
? Menyusun dan menyajikan analisis dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa tanggung jawab
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui penggunaan model PaIIM SEHATI, penerima didik sanggup menyusun dan menyajikan hasil telaah wacana dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar Negara.
B. MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR
Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar evaluasi dan LCD Proyektor
Alat/Bahan : Penggaris, spidol, Laptop & infocus
? Internet di situs website resmi http://www.ilmuguru.org
C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
01. Pendahuluan (15 Menit)
Senangi (Sapaan hangat dan dekat dengan) :
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK: Religius)
2. Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai perilaku disiplin
3. Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik ( SPAB)
02. Kegiatan Inti (90 Menit)
Hubungkan
? Peserta didik mengetahui kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran (Ambak Quantum)
? Peserta didik dibimbing untuk mengingat kembali pelajaran sebelumnya.
Alami
? Peserta didik dibimbing membentuk beberapa kelompok
? Secara berkelompok penerima didik melaksanakan penelitian sederhana wacana dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dipandu LKPD
Terapkan
? Peserta didik menciptakan laporan hasil penelitian sederhana wacana Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
? Peserta didik menciptakan dan memajangkan peta konsep laporan hasil penelitian wacana Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Kelompok lain menanggapi.
03. Penutup (15 Menit)
Inspirasikan
Peserta didik melaksanakan refleksi diri dengan menulis apa saja yang sudah dilakukan dalam rangka perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dan menciptakan rencana menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat.
D. PENILAIAN
Penilaian Sikap: Melalui Portopolio hasil kerja siswa (LKPD) dan Tes Tertulis; Penilaian Pengetahuan:
Penilaian Keterampilan:
Download RPP PKN SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013
Pada kurikulum 2013 ini guru dituntut untuk lebih kreatif serta harus melek terhadap teknologi sehingga dalam pembuatan rencana pembelajaran guru harus sanggup menguasai komputer. Selengkapnya silahkan unduh disini.Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.
Semoga sebaran gosip Mengenai RPP K-13 PKN Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester 1 Revisi Terbaru 2020 ini bermanfaat dan salam sukses selalu! Sumber https://blognazmy.blogspot.com/