Contoh RPP PJOK SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 1 Lembar Tahun 2019/2020
RPP merupakan berkas rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem menyampaikan RPP ini penting untuk tetap diimplementasi.
Untuk ketika ini, pembuatan RPP bagi guru cukup satu lembar saja. Komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, adalah tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian.
Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.
RPP K-13 PJOK Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester 2 Revisi Terbaru 2020 (1 Lembar) ini sangat di perlukan oleh seorang guru semoga ketika mengajar guru tersebut sudah mempunyai penguasaan dan persiapan yang matang dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Dengan menciptakan RPP K-13 PJOK Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester 2 Revisi Terbaru 2020 (1 Lembar) ini maka guru telah mempunyai langkah-langkah dan metode yang sempurna dalam kegiatan pembelajaran sehingga sangat membantu dalam kelancaran proses pembelajaran.
Saat ini hampir semua sekolah telah memakai kurikulum 2013 yang mana kurikulum 2013 merupakan kurikulum gres pengganti kurikulum KTSP.
Contoh RPP Kurikulum 2013 PJOK Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester 2 Revisi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)Sekolah : Sekolah Menengah Pertama N ......
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas/Semester : 9 / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 3 x 40 Menit
Pertemuan Ke- : 1 | Materi Pokok : Senam Lantai &Aktifitas Gerak Berirama
A. KEGIATAN PEMBELAJARAN
01. Pendahuluan (15 Menit)
Guru : Orientasi, Apersepsi, Motivasi, Pemberian acuan
02. Kegiatan Inti (130 Menit)
Tahap–1 : Stimulation (stimullasi/pemberian rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik bahan dengan cara : Melihat, Mengamati, Membaca, Menulis Mendengar, Menyimak bahan Variasi dan kombinasi menendang/ mengumpan dan menghentikan bola
Tahap–2 : Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan berguru mengenai bahan Variasi dan kombinasi menendang/ mengumpan dan menghentikan bola
Tahap–3 : Data collection (pengumpulan data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan info yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati obyek/kejadian, Membaca sumber lain selain buku teks, melaksanakan acara menarik, Wawancara/ tanya jawab dengan nara sumber ihwal bahan Variasi dan kombinasi menendang/ mengumpan dan menghentikan bola
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk Mendiskusikan, Mengumpulkan informasi, Mempresentasikan ulang, Saling tukar info mengenai bahan Variasi dan kombinasi menendang/ mengumpan dan menghentikan bola
Tahap-4 : Data processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi, Mengolah informasi, mengerjakan soal ihwal data dari Materi Variasi dan kombinasi menendang/ mengumpan dan menghentikan bola
Tahap–5 : Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan Pengolahan info bahan Variasi dan kombinasi menendang/ mengumpan dan menghentikan bola
Tahap–6 : Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan hasil diskusi, Mempresentasikan hasil diskusi, Mengemukakan pendapat, Bertanya atas presentasi ihwal bahan Variasi dan kombinasi menendang/ mengumpan dan menghentikan bola
CREATIVITY (KREATIVITAS)
? Menyimpulkan ihwal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertuli, Menjawab pertanyaan, Bertanya ihwal hal yang belum dipahami, Menyelesaikan uji kompetensi untuk bahan Variasi dan kombinasi menendang/ mengumpan dan menghentikan bola
Catatan :
Selama pembelajaran Fungsi Sosial berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
03. Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
? Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru ihwal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran ihwal bahan Fungsi Sosial yang gres dilakukan.
? Mengagendakan pekerjaan rumah untuk bahan pelajaran yang gres diselesaikan.
? Mengagendakan bahan atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
? Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk bahan pelajaran
? Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah
? Memberikan penghargaan untuk bahan pelajaran Fungsi Sosial kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.
B. PENILAIAN
Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan berlangsung; Penilaian Pengetahuan:
Penilaian Keterampilan:
Download RPP PJOK SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013
Pada kurikulum 2013 ini guru dituntut untuk lebih kreatif serta harus melek terhadap teknologi sehingga dalam pembuatan rencana pembelajaran guru harus sanggup menguasai komputer. Selengkapnya silahkan unduh disini.Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.
Semoga sebaran info Mengenai RPP K-13 PJOK Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester 2 Revisi Terbaru 2020 ini bermanfaat dan salam sukses selalu! Sumber https://blognazmy.blogspot.com/