-->
Soal Uas/Pas Tematik Kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013 Tahun 2020
4/ 5 stars - "Soal Uas/Pas Tematik Kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013 Tahun 2020" Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Soal UAS/PAS Tematik Kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013 Tahun 2020 Ulangan Ak...

Soal Uas/Pas Tematik Kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013 Tahun 2020






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai Soal UAS/PAS Tematik Kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013 Tahun 2020

Ulangan Akhir Semester ialah acara yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik di final semester.

Cakupan ulangan mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

 Pada kesempatan ini saya akan menawarkan mengenai  Soal UAS/PAS Tematik Kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013 Tahun 2020

Contoh Soal UAS/PAS Tematik Kelas 5 Tema 6 Semester 2 dan Kunci Jawaban Tahun Pelajaran 2019/2020

Berikut ini isi Soal UAS/PAS Tematik Kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013 Tahun 2020

PPKn
1. Hak seorang siswa disekolah adalah….
a. Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.
b. Melengkapi diri dengan keperluan sekolah.
c. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya
d. Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid

2. Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga acara berguru akan terganggu. Supaya acara berguru berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan….Sebagai siswa dengan penuh taggung jawab.
a. Kewajiban
b. Hak
c. Sikap
d. Norma

3. Keadaan untuk mendapatkan jawaban dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain disebut…
a. Tanggung jawab
b. Kewajiban
c. Hak
d. Norma

4. Tanggung jawab setiap warga Negara adalah…
a. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghindari sikap dan sikap yang diskriminatif
b. Memiliki kedudukan yang sama di mata hokum
c. Mempunyai kebebasan memeluk dan menjalankan agama yang mereka percayai.
d. Menyuarakan pendapat mereka

Bahasa Indonesia
Teks bacaan soal 5-6
Sumber Energi Panas
Benda yang sanggup menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas sanggup kita jumpai di alam, salah satunya ialah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan masakan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.

Energi panas matahari sanggup menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam aneka macam acara manusia. Misalnya, panas matahari dipakai untuk mengeringkan padi sehabis dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Cobalah kau gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kau rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kau rasakan? Setelah kau melaksanakan dua acara tersebut, apakah kau mencicipi panas? Energi panas sanggup dihasilkan ketika terjadi ukiran antara dua benda. Pada acara di atas, ukiran antara kedua telapak tanganmu dan ukiran antara mistar dan kain, sanggup mengakibatkan energi panas.

Selain matahari dan ukiran antara dua benda, energi panas juga sanggup diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah kerikil yang kering hingga keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu memakai kayu kering kemudian digosok-gosokkan dengan tanah yang kering hingga keluar api. Ternyata ukiran dua benda antara dua kerikil kering, dan ukiran antara dua kayu kering sanggup menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api gampang dihasilkan dari korek api dan kompor.
Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian

5. Macam- macam sumber energy panas adalah..
a. Matahari
b. Gesekan dua benda
c. Api
d. a,b, dan c benar

6. Pokok pikiran pada paragraph kedua adalah…
a. Sumber energi panas
b. Macam- macam energi
c. Manfaat energi panas matahari
d. Energi panas matahari

Teks bacaan soal 8
Perbedaan Suhu dan Panas
Indra peraba, menyerupai telapak tangan tidak sanggup memilih secara sempurna derajat panas dan hambar suatu benda. Tangan hanya sanggup memperkirakan panas dan hambar suatu benda. Tangan tidak sanggup menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah kau pergi berkemah ke kawasan pegunungan? Ketika malam hari ketika kau berkemah di kawasan pegunungan, kau akan mencicipi bahwa cuaca di sekitarmu terasa hambar sehingga kau memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi menyerupai kawasan pegunungan. Mereka tidak terlalu mencicipi hawa hambar alasannya ialah mereka sudah terbiasa dengan hawa hambar di pegunungan.

Hal tersebut, menerangkan bahwa indra peraba tidak sanggup dipakai untuk mengukur derajat panas suatu benda alasannya ialah setiap orang mempunyai perbedaan dalam mencicipi suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan dipakai suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.

Panas (kalor) dan suhu ialah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang sanggup diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api. Energi panas menciptakan batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun. Suhu ialah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda memperlihatkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang dipakai di Indonesia ialah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.
(Sumber : How do we measure temperature?Chris Woodroof dengan penyesuaian)

7. Kata kunci pada paragraph kedua adalah…
a. Kalor
b. Alam
c. Suhu
d. Panas

8. Pokok pikiran pada pargraf ke tiga adalah..
a. Perbedaan panas dan suhu
b. Panas dan suhu
c. Persamaan panas dan suhu
d. Hubungan panas dan suhu

9. Perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas alasannya ialah terkena suhu hambar disebut...
a. Pengkristalan
b. Pencairan
c. Penyusutan
d. Pemuaian

10. Perpindahan kalor yang terdapat pada gambar di bawah ini adalah…
a. Pencairan
b. Pengembunan
c. Pengkristalan
d. Penyublinan

11. Besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda disebut…
a. Derajat
b. Celcius
c. Suhu
d. Kalor

12. Alat yang dipakai untuk mengukur suhu adalah…
a. Barometer
b. Kalorimeter
c. Celcius
d. Termometer

13. Salah satu jenis kekerabatan antara benda mati dan benda hidup adalah…
a. Jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat tidak sanggup memengaruhi jenis tumbuhan yang tumbuh dan binatang yangberkembang di kawasan tersebut.
b. Jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat sanggup memengaruhi jenis tumbuhan yang tumbuh kecuali binatang yang berkembang di kawasan tersebut.
c. Jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat sanggup memengaruhi jenis tumbuhan yang tumbuh dan binatang yang berkembang di kawasan tersebut.
d. jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat tidak sanggup memengaruhi semua jenis tumbuhan yang tumbuh di kawasan tersebut.

14. Contoh kekerabatan yang menciptakan insan harus sanggup mengikuti keadaan dengan alam adalah…
a. Para petani tidak harus menyesuaikan waktu tanam dengan animo hujan semoga tanamannya sanggup tumbuh dengan baik
b. Para nelayan bisa berlayar tanpa menyesuaikan dengan keadaan cuaca.
c. Para petani menyesuaikan waktu tanam dengan animo hujan semoga tanamannya sanggup tumbuh dengan baik
d. Manusia mencoba menciptakan hujan buatan.

15. Interaksi insan dengan alam yang mempunyai efek negarif adalah…
a. Penggunaan pestisida mengakibatkan pencemaran lingkungan
b. Menggunakan pupuk alam dari kotoran binatang
c. Penggunaan musuh alami hama tanaman
d. Limbah ternak sanggup dimanfaatkan untuk materi masakan ternak, pupuk organik

16. Salah satu tradisi yang timbul dari interaksi insan dengan alam yaitu….
a. Festival mane’e
b. Festival kembang api
c. Festival Lagu kawasan
d. Festival budaya

17. Urutan nada yang disusun secara berurutan disebut…
a. Notasi nada
b. Ritme nadaa
c. Tangga nada
d. Melodi

18. Tangga nada yang di miliki alat musik menyerupai piano dan organ adalah…
a. Diatonis
b. Pentanonis
c. Kromatis
d. Pelog

19. Alat music dibawah ini dipakai untuk mengiringi lagu yang mempunyai tangga nada lagu…
a. Diatonis
b. Pentatonis
c. Kromatis
d. Melodic

20. Tangga nada yang dipakai dalam menyanyikan lagu yang berjudul “ Cing Cangkeling” ialah tangga nada pentatonis yang berjenis…
a. Melodic
b. Ritmis
c. Slendro
d. Pelog

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan sempurna !
21. Sebutkan hak- hak siswa menurut peraturan pemerintah No 28 tahun 1990!

22. Apakah yang dimaskud dengan tanggung jawab? Sebutkan tanggung jawab sebagai warga Negara Indonesia!
Teks bacaan soal No 23- 24
Bahan Konduktor dan Isolator
Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan aneka macam macam bahan. Pemilihan materi didasarkan pada sifat yang dimiliki materi tersebut. Misalnya, benda yang sanggup menghantarkan panas dan benda yang tidak sanggup menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak sanggup menghantarkan panas. Bahan yang sanggup menghantarka panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak sanggup menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada materi yang sedikit sanggup menghantarkan panas yang disebut dengan materi semikonduktor.

Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan aneka macam macam bahan. Pemilihan materi didasarkan pada sifat yang dimiliki materi tersebut. Misalnya, benda yang sanggup menghantarkan panas dan benda yang tidak sanggup menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak sanggup menghantarkan panas. Bahan yang sanggup menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak sanggup menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada materi yang sedikit sanggup menghantarkan panas yang disebut dengan materi semikonduktor.

Bahan yang tidak sanggup menghantarkan panas disebut isolator. Beberapa materi yang termasuk sebagai isolator, antara lain ialah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.

Penggunaan materi konduktor dan isolator, sanggup diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat. Per- hatikanlah gambar di bawah ini! Panci yang biasa dipakai untuk memanaskan air ini terdiri atas materi yang berbeda. Ada materi yang ber-fungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator. Pada gambar tersebut, terlihat bahwa penggunaan materi isolator berkhasiat untuk mencegah panas dari sumber panas dialirkan ke pengguna panci. Aliran panas berhenti pada materi isolator alasannya ialah materi tersebut, tidak sanggup mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. Sehingga, penggunaan materi isolator terutama untuk melindungi pemakai alat semoga tidak kepanasan dan sanggup memakai alat tersebut sebagaimana mestinya.

23. Kata kunci pada paragraph pertama adalah..

24. Sebutkan informasi yang kau dapatkan dari paragraph di atas!

25. Sebutkan perbedaan suhu dan kalor!

26. Apakah yang dimaksud dengan penyusutan? Sebutkan teladan penyusutan di dalam kehidupan sehari- hari!

27. Sebutkan dan jelaskan dua macam interaksi insan dengan alam!

28. Sebutkan teladan interaksi insan dengan lingkungan sekitar!

29. Jelaskan maksud dari tehnik arsir, tehnik blok , dan tehnik sapuan?

30. Apa yang di maksud dengan pola lantai dalam seni tari? Sebutkan macam- macam pola lantai!

Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab

Download Soal UAS/PAS Tematik Kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013

Pada artikel kali ini kami bertujuan untuk menjadi sarana berguru bagi para siswa yang duduk di dingklik Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) yang sebentar lagi akan menghadapi Ulangan Akhir Semester (UAS).


Download Soal UAS Tematik Kelas 5 Tema 6 Tahun 2020 New..!!
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Soal UAS/PAS Tematik Kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013 Tahun 2020 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://blognazmy.blogspot.com/