Contoh RPP IPA SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 1 Lembar Tahun 2019/2020
RPP merupakan berkas rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem menyampaikan RPP ini penting untuk tetap diimplementasi.
Untuk ketika ini, pembuatan RPP bagi guru cukup satu lembar saja. Komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, ialah tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian.
Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.
RPP K-13 IPA Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 2 Revisi Terbaru 2020 (1 Lembar) ini sangat di perlukan oleh seorang guru semoga ketika mengajar guru tersebut sudah mempunyai penguasaan dan persiapan yang matang dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Dengan menciptakan RPP K-13 IPA Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 2 Revisi Terbaru 2020 (1 Lembar) ini maka guru telah mempunyai langkah-langkah dan metode yang sempurna dalam kegiatan pembelajaran sehingga sangat membantu dalam kelancaran proses pembelajaran.
Saat ini hampir semua sekolah telah memakai kurikulum 2013 yang mana kurikulum 2013 merupakan kurikulum gres pengganti kurikulum KTSP.
Contoh RPP Kurikulum 2013 IPA Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 2 Revisi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)Sekolah : Sekolah Menengah Pertama N ILMUGURU.ORG ......
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : 8 / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit
Pertemuan Ke- : 1
Materi Pokok : Tekanan Zat
KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan (15 Menit)
Guru : Orientasi, Apersepsi, Motivasi, Pemberian acuan
B. Kegiatan Inti (130 Menit)
Tahap–1 : Stimulation (stimullasi/pemberian rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik bahan dengan cara : Melihat, Mengamati, Membaca, Menulis Mendengar, Menyimak bahan Pengantar perihal Tekanan Zat
Tahap–2 : Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan berguru mengenai bahan Pengantar perihal Tekanan Zat
Tahap–3 : Data collection (pengumpulan data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan info yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati obyek/kejadian, Membaca sumber lain selain buku teks, melaksanakan kegiatan menarik, Wawancara/ tanya jawab dengan nara sumber perihal bahan Pengantar perihal Tekanan Zat
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk Mendiskusikan, Mengumpulkan informasi, Mempresentasikan ulang, Saling tukar info mengenai bahan Pengantar perihal Tekanan Zat
Tahap-4 : Data processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi, Mengolah informasi, mengerjakan soal perihal data dari Materi Pengantar perihal Tekanan Zat
Tahap–5 : Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan Pengolahan info bahan Pengantar perihal Tekanan Zat
Tahap–6 : Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan hasil diskusi, Mempresentasikan hasil diskusi, Mengemukakan pendapat, Bertanya atas presentasi perihal bahan Pengantar perihal Tekanan Zat
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertuli, Menjawab pertanyaan, Bertanya perihal hal yang belum dipahami, Menyelesaikan uji kompetensi untuk bahan Pengantar perihal Tekanan Zat
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
C. Penutup (15 Menit)
01. Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran perihal bahan yang gres dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk bahan pelajaran yang gres diselesaikan.
Mengagendakan bahan atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
02. Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai pribadi diperiksa untuk bahan pelajaran
Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah
Memberikan penghargaan untuk bahan pelajaran kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.
PENILAIAN
Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan berlangsung; Penilaian Pengetahuan:
Penilaian Keterampilan:
Download RPP IPA SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013
Pada kurikulum 2013 ini guru dituntut untuk lebih kreatif serta harus melek terhadap teknologi sehingga dalam pembuatan rencana pembelajaran guru harus sanggup menguasai komputer. Selengkapnya silahkan unduh disini.Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan semoga mendapat file yang lengkap dan utuh.
Semoga sebaran info Mengenai RPP K-13 IPA Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 2 Revisi Terbaru 2020 ini bermanfaat dan salam sukses selalu! Sumber https://blognazmy.blogspot.com/