-->
Cara Mengatasi “Consider Replacing Your Battery” Atau Baterai Error. Pada Windows 7
4/ 5 stars - "Cara Mengatasi “Consider Replacing Your Battery” Atau Baterai Error. Pada Windows 7" { Jangan Malas Membaca Ya } Bagi Anda pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 7, cepat atau lambat Anda niscaya akan mendapat...

Cara Mengatasi “Consider Replacing Your Battery” Atau Baterai Error. Pada Windows 7




{ Jangan Malas Membaca Ya }
Bagi Anda pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 7, cepat atau lambat Anda niscaya akan mendapat notifikasi “consider replacing your battery” disertai dengan munculnya tanda silang merah di ikon baterai yang ada di system tray. Notifikasi yang muncul ketika Windows 7 “menganggap” baterai laptop Anda sudah saatnya diganti.

Perlu diketahui bahwa notifikasi ini muncul ketika Windows 7 mendeteksi bahwa kapasitas baterai laptop Anda sudah kurang dari 40% kapasitas seharusnya, dan jadinya sudah selayaknya diganti. Namun demikian, sudah banyak laporan dari pengguna Windows 7 di banyak sekali pelosok dunia yang menyatakan bahwa kadangkala Windows 7 salah dalam mendeteksi kapasitas baterai laptop. Bahkan pernah ada seorang pengguna yang sudah mengganti baterai laptopnya dengan yang gres namun masih tetap mendapat notifikasi ini.

Terlepas dari akurat tidaknya Windows 7 dalam mendeteksi kapasitas baterai laptop, rasanya kita setuju bahwa baterai laptop yaitu barang yang mahal. Kaprikornus selama masih dapat dipakai dengan baik (walaupun sudah kurang dari 40% kapasitas ideal), ya tidak perlu diganti. Saya langsung beranggapan bahwa selama baterai laptop masih dapat bertahan di atas 30 menit maka belum saatnya diganti.

Apabila Anda mengalami masalah consider replacing your battery seperti di atas, Anda tidak perlu panik ataupun buru-buru merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli baterai laptop baru. Ada suatu cara sederhana untuk menghilangkan notifikasi yang mengganggu tersebut.

Berikut langkah-langkahnya:


  • Charge baterai anda hingga full (99% – 100%), sehabis itu matikan laptop Anda. jangan direstart tetapi di shutdown dan jangan juga di matikan secara manual. Sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya.
  • Hidupkan laptop Anda kemudian tekan F8 berulang-ulang hingga muncul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.
  • Setelah sudah masuk ke dalam Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop Anda.
  • Biarkan saja laptop menyala hingga mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop Anda selama proses ini. Biarkan saja hingga laptop mati sendiri.
  • Setelah mati, tunggu kurang lebih 30 menit, kemudian pasang kembali charger laptop Anda, kemudian nyalakan kembali laptop Anda dengan normal. Hasilnya…semua kembali normal! Notifikasi “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai tidak muncul lagi.


Catatan : 
  1. setelah masuk safe mode dihentikan mengoperasikan laptop anda sekecil apapun, jangan me-ngeklik atau  me-refresh dan lain-lain, menurut pengalaman yang sudah-sudah pengoperasikan sekecil apapun itu menciptakan proses gagal.
  2. tunggu hingga laptop anda benar-benar mati, jangan mematikan manual.
  3. semoga sukses. trik ini sudah ADMIN coba sebanyak 4 Laptop semuanya berhasil : acer, asus, toshiba dan axio.

Selamat Mencoba....Semoga Bermanfaat ^_^