-->
Pengertian Html
4/ 5 stars - "Pengertian Html" { Jangan Malas Membaca Ya } Jika anda ingin mempelajari bagaimana cara menciptakan website, langkah pertama ialah mempelajari  HTML ....

Pengertian Html



{ Jangan Malas Membaca Ya }

Jika anda ingin mempelajari bagaimana cara menciptakan website, langkah pertama ialah mempelajari HTML. HTML merupakan dasar dari semua halaman web yang kita lihat di Internet. Tetapi, apa bahu-membahu HTML itu? dalam tutorial pertama Belajar HTML Dasar ini kita akan membahas Pengertian HTML.

Pengertian HTML
HTML adalah akronim dari Hypertext Markup Language. Disebut hypertext karena di dalam HTML sebuah text biasa sanggup berfungsi lain, kita sanggup membuatnya menjadi link yang sanggup berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya hanya dengan meng-klik text tersebut. Kemampuan text inilah yang dinamakan hypertext, walaupun pada implementasinya nanti tidak hanya text yang sanggup dijadikan link.
Disebut Markup Language karena bahasa HTML menggunakan tanda (mark), untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalnya, text yang berada di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, dan jikalau berada di antara tanda lainnya akan tampak besar. Tanda ini di kenal sebagai HTML tag.
Jika anda ingin melihat bagaimana bahu-membahu HTML, silahkan klik kanan halaman ini, kemudian pilihView Page Source (di Browser Mozilla Firefox atau Google Chrome). Akan tampil sebuah halaman gres yang merupakan kode HTML dari halaman ini.

HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web. Disebut dasar alasannya ialah dalam menciptakan web, jikalau hanya menggunakan HTML tampilan web terasa hambar. Terdapat banyak bahasa pemrograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP. Akan tetapi sebelum anda belajar JavaScript maupun PHP, memahami HTML merupakan hal yang paling awal.
HTML bukanlah bahasa pemrograman (programming language), tetapi bahasa markup (markup language), hal ini terdengar sedikit aneh, tapi jikalau anda telah mengenal bahasa pemrograman lain, dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa di temukan dalam bahasa pemrograman seperti IF, LOOP, maupun variabelHTML hanya sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.
Selain HTML, dikenal juga xHTML yang merupakan akronim dari eXtensible Hypertext Markup LanguagexHTML merupakan versi usang dari HTML (sebelum masa HTML5 ibarat ketika ini). xHTML memakai hukum penulisan yang lebih ketat. Jika anda menemukan artikel yang membahas xHTML, bisa disamakan dengan HTML, alasannya ialah perbedaannya tidak terlalu banyak.

Versi terbaru HTML: HTML5

Saat ini versi terbaru dari HTML ialah HTML5. HTML5 berisi beberapa fitur baru, tapi tetap membawa secara umum dikuasai fitur dari versi HTML sebelumnya, yakni HTML 4 dan xHTML.
Semoga Bermanfaat... ^_^