-->
Pengertian Spam
4/ 5 stars - "Pengertian Spam" Spam yaitu penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang mela...

Pengertian Spam



Spam yaitu penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melaksanakan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming.



   Bentuk spam yang dikenal secara umum meliputi : spam E-mail, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial.

   Beberapa teladan lain dari spam, yaitu surel berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, gosip dalam suatu lembaga kelompok berita berisi promosi barang yang tidak terkait dengan aktivitas kelompok berita tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, gosip yang tak berkhasiat dan masuk dalam blog, buku tamu situs web, spam transmisi faks, iklan televisi dan spam jaringan berbagi.

   Spam dikirimkan oleh pengiklan dengan biaya operasional yang sangat rendah, alasannya yaitu spam tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Karena kendala masuk yang rendah, maka banyak spammers yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta menjadi sangat tinggi. Akibatnya, banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Spam sering mengganggu dan terkadang menipu penerimanya. Berita spam termasuk dalam aktivitas melanggar aturan dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet.

Bentuk Spam
E-Mail
    Spam E-Mail, yang dikenal sebagai E-Mail massal yang tidak diminta (unsolicited bulk email atau UBE), junk mail, atau E-Mail komersial yang tidak diminta (unsolicited commercial email atau UCE), yaitu praktik pengiriman pesan dalam E-mailyang tidak diinginkan, sering bersifat komersial, dan masuk dalam jumlah besar kepada siapa pun. Spam di E-Mail mulai menjadi dilema ketika internet dibuka untuk umum pada pertengahan 1990-an. Pertumbuhan yang pesat dari tahun ke tahun hingga ketika ini telah menghasilkan spam 80% – 85% dari seluruh E-Mail di dunia. Tekanan untuk membuat spam E-Mail telah berhasil di beberapa negara hukum. Spammers mengambil keuntungan dari fakta ini dengan sering mengirimkan spam ke negara lain sehingga tidak akan membuat mereka bermasalah secara hukum.
Dalam perkembangannya, spam E-Mail ketika ini dikirim melalui "jaringan zombie", jaringan virus yang terinfeksi di komputer pribadi baik rumah atau di kantor di seluruh dunia. Hal ini mempersulit upaya untuk mengontrol penyebaran spam, ibarat banyak masalah di mana spam tidak berasal dari spammers. Munculnya banyak spam yang bukan dari spammers dikarenakan pembuat perangkat perusak, spammers, dan penipu keuangan berguru satu sama lain sehingga memungkinkan mereka membentuk aneka macam jenis kerja sama.

Pesan inStan
   Spam pesan instan memanfaatkan sistem dari pesan instan. Meskipun mempunyai banyak kekurangan dibandingkan E-Mail , berdasarkan laporan dari Ferris Research, 500 juta spam pesan instan yang dikirim pada tahun 2003, jumlahnya naik dua kali lipat dibanding tahun 2002. Spam pesan instan cenderung tidak diblokir oleh firewall sehingga kanal ini sangat berkhasiat bagi para spammers.

Usenet Newsgroup dan forum
   Spam newsgroup yaitu jenis spam yang sasarannya yaitu usenet newsgroup. Jenis spam ini bahwasanya merupakan spam sebelum spam E-Mail . Spam ini sering masuk secara berulang dengan subtansi pesan yang sama.

   Spam lembaga yaitu membuat pesan berupa iklan atau pesan yang tidak diinginkan di lembaga internet. Umumnya, spam ini dilakukan oleh robot spam otomatis. Kebanyakan spam di lembaga terdiri dari link ke situs eksternal, dengan tujuan selain untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari di tempat sangat kompetitif ibarat penurunan berat badan, obat-obatan, perjudian, pornografi atau pinjaman, juga untuk menghasilkan lebih banyak kemudian lintas dalam situs web komersial itu.

Telepon genggam
   Spam telepon genggam diarahkan pada layanan pesan teks di ponsel. Spam ini bisa sangat mengganggu pelanggan alasannya yaitu bukan hanya dilema ketidaknyamanan, tetapi juga alasannya yaitu biaya yang mungkin dikenakan dari setiap pesan teks yang diterima. Istilah "kejang" diciptakan di website iklan Adland pada tahun 2000 untuk menggambarkan pesan teks spam.

Permainan Daring
   Banyak permainan daring yang memungkinkan pemain untuk menghubungi satu sama lain melalui pesan, ruang diskusi, atau area diskusi publik. Syarat yang harus dipenuhi sebagai spam bervariasi dari setiap permainan, tetapi biasanya istilah ini berlaku untuk semua bentuk pesan massal dan melanggar syarat-syarat kontrak jasa untuk situs web. Hal ini sangat umum ditemui yaitu perdagangan uang secara nyata. Spammers untuk jenis ini mencoba untuk menjual permainan yang berafiliasi dengan barang dan uang dalam dunia nyata. Mereka mengirim spam melalui sistem pesan dalam permainan atau bisa juga mematikan permainan kemudian membawa pemain ke situs web penjualan. Spam sanggup mengganggu permainan sehingga spam tidak disarankan oleh pengembang permainan daring.

Mesin pencari informasi web (web search engine spam)
   Spam ini disebut juga spamdexing, abreviasi dari spamming dan indexing. Spamdexing ini mengacu pada praktik di WWW dari modifikasi halaman HTML untuk meningkatkan kesempatan mereka dalam menempatkan spam di mesin pencari dengan relevansi paling tinggi. Banyak mesin pencari modern memodifikasi pencarian algoritma mereka untuk mencoba mengecualikan halaman web memakai seni administrasi spamdexing. Misalnya, mesin pencari akan mendeteksi kata kunci yang berulang sebagai spam dengan memakai analisis tata bahasa. Jika pemiliki web ditemukan mempunyai spam untuk meningkatkan halaman palsu tersebut, situs web sanggup dikenakan hukuman oleh mesin pencari.
Blog, wiki, dan buku tamu
   Spam blog atau “blam” secara singkat yaitu spam pada weblog. Pada tahun 2003, jenis spam ini mengambil keuntungan dari komentar terbuka dalam blog perangkat lunak Movable Type dengan berulang kali menempatkan komentar untuk aneka macam posting blog. Serangan serupa sering dilakukan terhadap wiki dan buku tamu, keduanya mendapatkan donasi pengguna.

Bentuk non-komersial
   E-Mail dan bentuk lain dari spam telah juga dipakai untuk tujuan selain iklan. Penggunaan awal spam berkaitan dengan agama dan politik. Serdar Argic, misalnya, memakai spam usenet untuk revisionis sejarah. Beberapa penginjil telah memakai spam usenet dan E-Mail untuk menyebarkan khotbah. Dengan berkembangnya spam, semakin banyak penjahat yang memakai spam untuk aneka macam macam penipuan. Dalam beberapa masalah spammers menggunakannya untuk menarik orang menuju suatu tempat, melaksanakan penculikan dan meminta tebusan, bahkan korban dibunuh kalau tidak segera memberi tebusan.

Asal spam berdasarkan wilayah geografis
   Hasil pendataan Cisco System pada tahun 2009 mengenai jumlah spam di beberapa negara :
UrutanNegaraSpam per tahun (dalam trilyun)
1.Brasil  7.7
2.Amerika Serikat  6.6
3.India  3.6
4.Korea Selatan  3.1
5.Turki  2.6
6.Vietnam  2.5
7.Republik Rakyat Tiongkok  2.4
8.Polandia  2.4
9.Rusia  2.3
10.Argentina 1.5

Biaya
   Internal Market Commision Uni Eropa memperkirakan pada tahun 2001 biaya penggunaan spam E- mail yaitu 10 miliar € per tahun di seluruh dunia. Legislatif California menemukan bahwa biaya spam organisasi Amerika Serikat saja lebih dari $ 13 miliar pada tahun 2007, termasuk di dalamnya kehilangan produktivitas dan peralatan, perangkat lunak, dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah. Efek eksklusif spam meliputi konsumsi dari komputer dan jaringan sumber daya, dan biaya terkait waktu dan perhatian untuk mengabaikan pesan yang tidak diinginkan.

  Selain itu, spam mempunyai biaya yang berasal dari jenis-jenis pesan spam yang dikirim, dari cara spammers mengirim pesan, dan dari perlombaan antara spammers dan mereka yang mencoba untuk menghentikan atau mengendalikan spam. Selain itu, ada biaya kesempatan dari mereka yang melupakan penggunaan sistem spam. Ada biaya langsung, serta biaya tidak eksklusif yang ditanggung korban- keduanya yang berkaitan dengan spam itu sendiri, dan untuk kejahatan lain yang biasa menyertainya, ibarat pencurian keuangan, pencurian identitas, pencurian data, dan pencurian kemampuan intelektual, virus dan bisul perangkat lunak, pornografi anak, penipuan, dan pemasaran yang menipu.

   Biaya untuk penyedia mesin pencari ini bukan tidak signifikan. Metode spammers juga mahal. Karena spam bertentangan dengan sebagian besar kebijakan penyelenggara jasa internet (PJI), sebagian besar spammers selama bertahun-tahun menuju ke beberapa kesulitan untuk menyembunyikan asal seruan spam mereka. E-Mail usenet, dan spam pesan instan sering dikirim melalui proxy server yang tidak kondusif milik pihak ketiga yang tidak bersedia. Spammers sering memakai nama palsu, alamat, nomor telepon, dan informasi lainnya untuk membuat rekening sekali pakai di aneka macam penyedia layanan internet. Dalam beberapa kasus, mereka telah menggandakan atau mencuri nomor kartu kredit untuk membayar akun tersebut. Hal ini memungkinkan mereka cepat berpindah dari satu akun ke akun berikutnya dikarenakan telah ditemukan dan dimatikan oleh PJI.

   Biaya spam juga termasuk biaya jaminan dari usaha antara spammers, para eksekutif dan pengguna media yang terancam oleh spam. Banyak pengguna terganggu oleh spam alasannya yaitu berkenaan pada jumlah waktu yang mereka gunakan untuk membaca E-Mail. Beberapa isi dari spam sering menyinggung, pornografi merupakan salah satu produk yang paling sering diiklankan. Spammers mengirim sebagian besar spam mereka tanpa pandang bulu, sehingga iklan porno mungkin muncul di pesan masuk dalam E-Mail di tempat kerja dan bahkan anak-anak. Akhir-akhir ini, telah terjadi peningkatan spam iklan di situs web yang berisi pornografi anak.

   Beberapa spammers beropini bahwa sebagian besar biaya-biaya ini mungkin bisa diatasi dengan mengganti PJI spammers. Ada tiga dilema dengan logika ini, yaitu pertama, tingkat penggantian itu biayanya dipercaya tidak cukup tinggi untuk membayar biaya langsung; kedua, biaya insan (surat kehilangan, kehilangan waktu, dan kesempatan yang hilang) intinya tidak bisa diperoleh kembali; ketiga, spammers sering memakai rekening bank dan mencuri kartu kredit untuk membiayai operasi mereka.

   Spam E-Mail mencontohkan: penggunaan sumber daya spammers (baik fisik dan manusia) yang tidak menanggung seluruh biaya sumber daya itu. Pada kenyataannya, spammers biasanya tidak dikenakan biaya sama sekali. Hal ini menjadikan kenaikan biaya bagi semua orang. Dalam beberapa cara spam yaitu bahaya potensial bagi seluruh sistem E-Mail, ibarat yang dioperasikan pada masa lalu. Sejak mengirim E-Mail sangat murah, sejumlah kecil spammers bisa menjenuhkan internet dengan junk mail. Meskipun hanya sebagian kecil dari sasaran mereka yang termotivasi untuk membeli produk mereka (atau menjadi korban penipuan mereka), dengan biaya rendah sanggup memperlihatkan tingkat konversi yang cukup untuk menjaga spamming hidup. Selanjutnya, meskipun spam tidak muncul secara ekonomi sebagai cara sebuah perusahaan terkemuka untuk melaksanakan bisnis, hal itu sudah cukup bagi para spammers profesional untuk meyakinkan sebagian kecil pengiklan bahwa itu yaitu layak bagi spammers untuk bertahan dalam bisnis. Akhirnya, spammers gres masuk ke bisnis setiap hari, dan biaya rendah memungkinkan spammers tunggal untuk melaksanakan banyak kejahatan sebelum kesannya menyadari bahwa usaha ini tidak menguntungkan.

   Sifat diam-diam dari cara kerja spam membuat sulit untuk memilih bagaimana berkembangnya spammers individu tersebut. Hal ini membuat spammers sulit untuk dilacak, diblok atau dihindari. Selain itu, spammers sanggup menargetkan jaringan yang berbeda untuk luasan yang berbeda, tergantung pada seberapa sukses merek menyerang target. Dengan demikian dibutuhkan sumber daya yang benar-benar sanggup bekerja untuk mengukur jumlah spam yang dihasilkan oleh satu orang atau kelompok. Misalnya, memakai perangkat keras anti-spam umum, perangkat lunak atau layanan yang memperlihatkan kesempatan untuk pelacakan tersebut.

Biaya Umum
   Dalam semua masalah baik komersial maupun non-komersial, kehadiran spam masih ditemukan alasannya yaitu analisis manfaat biaya yang postif kalau biaya peserta tidak termasuk sebagai ekternalistas, spammers sanggup menghindari pembayaran.

Biaya merupakan kombinasi dari :
   Pengeluaran pemanis : biaya dan pengeluaran pemanis dari spam elektronik termasuk lebar pita/ bandwidth, mengembangkan E-Mail/ wiki/ alat spam blog, mengambil alih atau mengakuisisi zombie, dll
Biaya transaksi : biaya pemanis dari menghubungi setiap peserta dikalikan dengan jumlah peserta (lihat CAPTCHA sebagai metode meningkatnya biaya transaksi)


    Risiko : kesempatan dam tegasnya aturan dan publik, termasuk rugi

    Kerusakan : imbas terhadap masyakarat dan kanal komunikasi menjadi spam (lihat spam newsgroup)

   Manfaat yang diharapkan yaitu keuntungan total dari spam, yang mungkin termasuk kombinasi dari alasan komersial dan non-komersial yang tercantum di atas. Hal ini biasanya linear, berdasarkan manfaat pemanis untuk mencapai setiap peserta spam tambahan, dikombinasikan dengan tingkat konversi. Tingkat konversi untuk spam botnet yang dihasilkan baru-baru ini, telah diukur menjadi sekitar satu dalam 12.000.000 untuk spam farmasi dan satu di 200.000 untuk situs bisul ibarat yang dipakai oleh Storm botnet.

   Spam menjadi lazim muncul di internet alasannya yaitu biaya transaksi dari komunikasi elektronik secara radikal kurang dari segala bentuk komunikasi alternatif, jauh lebih banyak potensi kerugian, ibarat yang terlihat dari jumlah spam yang ada ketika ini. Spam terus menyebar ke bentuk-bentuk gres komunikasi elektronik sebagai keuntungan (jumlah peserta potensial), kemudian meningkat ke level di mana biaya / manfaat menjadi positif. Spam terus berevolusi untuk meliputi spam wiki dan spam blog sebagai tingkat kenaikan pembaca ke tingkat di mana biaya pemanis tidak lagi menjadi faktor dominan. Berdasarkan analisis di atas, tingkat spam akan terus meningkat hingga analisis / biaya manfaat seimbang.


oke sekian dari saya🙏