-->
Soal Un (Unbk-Unkp) Bahasa Indonesia Smk 2020 Dan Kunci Jawaban
4/ 5 stars - "Soal Un (Unbk-Unkp) Bahasa Indonesia Smk 2020 Dan Kunci Jawaban" Soal UN (UNBK) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan 2020 dan Kunci Jawaban - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info unt...

Soal Un (Unbk-Unkp) Bahasa Indonesia Smk 2020 Dan Kunci Jawaban






Soal UN (UNBK) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan 2020 dan Kunci Jawaban - Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik-adik semua yang duduk di dingklik sekolah Kejuruan (SMK) yang siap menghadapi Ujian Nasional (UNBK/USBN). Kali ini Blognazmy ingin membuatkan infirmasi mengenai Contoh soal dan kunci jawaban.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) ialah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan memakai komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

 Pada kesempatan ini saya akan memperlihatkan info untuk adik Soal UN (UNBK-UNKP) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan 2020 dan Kunci Jawaban

Contoh Soal dan Kunci Jawaban UN (UNBK/UNKP) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Terbaru Tahun 2020

Berikut ini Contoh Soal dan Kunci Jawaban UNBK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2020 yang bisa kk sampaikan untuk adik-adik.

Untuk menjawab pertanyaan nomor 1 dan 2 perhatikan paragraf berikut
ADA DIDALAM FILE DOWNLOAD

1. Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut ialah bernomor
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

2. Apa manfaat menanam Sorgum?
A. Sorgum mempunyai gizi tinggi.
B. Petani lebih gampang menanam Sorgum.
C. Sorgum sanggup menjadi pengganti padi.
D. Harga Sorgum lebih mahal dari padi.
E. Sorgum sanggup meningkatkan kesejahteraan petani.

3. Yth. Pimpinan PDAM Kotamadya Bandung
Jalan Bhayangkara 32
di Bandung.

Dalam penulisan cuilan alamat surat di atas terdapat kesalahan, yaitu…
A. Penggunaan tanda titik di belakang kata Bandung
B. Penulisan kependekan Yth, seharusnya Yang Terhormat.
C. Penulisan Jalan, seharusnya Jln.
D. Penggunaan kata depan dihilangkan
E. Penulisan 32 seharusnya no. 32.

4. Bacalah teks gosip berikut dengan saksama!
Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawangsa,mengatakan Program Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan menjangkau Penyandang Masalah Kesejahteraan sosial (PMKS). Anak putus sekolah akan mendapatkan derma KIP dengan harapan mereka sanggup melanjutkan pendidikan. KIP juga dirancang untuk menjangkau anak jalanan atau anak terlantar. Pemerintah berharap dana tersebut bisa dipakai untuk pelatihan,terutama bagi anak jalanan dan anak telantar yang tidak ada motivasi kesekolah.

Ide pokok paragraf tersebut adalah….
A. KIS dan KIP ditujukan bagi masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial.
B. Program KIS dan KIP diutamakan untuk anak putus sekolah dan terlantar.
C. KIP bertujuan meningkatkan pendidikan anak – anak Indonesia di pedalaman.
D. Anak jalanan dan anak telantar akan mendapat training dari dinas sosial
E. Motivasi anak jalanan dan telantar untuk sekolah masih rendah

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
Jalan bagi pengendalian rokok di Indonesia masih panjang. Namun, paling tidak pemerintah sudah melarang orang merokok di tempat kerja dan tempat-tempat umum. Sebagai wujud kepeduliaan, aneka macam kantor di jakarta telah melarang merokok di lingkungan kantor atau menyediakan ruangan untuk merokok. Di tempat-tempat umum dan di bus-bus pun ditempel poster ancaman merokok. Ini merupakan bukti kepedulian pemerintah dalam membuat kebijakan ruang kerja yang sehat dan nyaman.

5. Bagaimana wujud kepedulian aneka macam kantor di Jakarta terhadap pelarangan merokok?
A. Melarang merokok di lingkungan kantor, tempat umum, dan menyediakan ruang untuk merokok.
B. Memberi hukuman terhadap orang yang merokok di lingkungan kantor.
C. Mengajak siapa pun yang merokok untuk menghentikan kebiaasan jelek mereka.
D. Memasang aneka macam bentuk larangan dan aneka macam slogan merokok.
E. Mengharuskan pemasangan poster di bus-bus dan di tempat-tempat umum.

6. Tujuan penulisan dalam paragraf tersebut adalah...
A. Menginformasikan tempat-tempat merokok.
B. Melaporkan aneka macam cara pencegahan merokok.
C. Mengimbau perokok untuk membatasi merokok.
D. Menjelaskan ancaman rokok bagi perokok berat.
E. Menggambarkan wacana kerugian merokok.

7. Cermati Kutipan teks berikut!
Kalimat yang berupa fakta dalam teks tersebut terdapat pada nomor….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 4
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5

8. Bacalah teks gosip berikut dengan saksama!
Tampaknya, kepekaan kita pelan-pelan menyusut sesudah bencana demi bencana itu sekarang hampir menjadi rutin. Kita khawatir, lama-lama, semua menjadi biasa dan tidak ada lagi rasa sedih dan berduka.Sebab biasanya, sesuatu yang menjadi rutin, tidak lagi mengusik kita.Ia seakan kehilangan makna: sama menyerupai kita membaca gosip perampokan, penodongan, pemerkosaan, pembunuhan, dan sebagainya di sekitar kita. Paling-paling kita hanya bergumam pendek: sadis, tega, menyeramkan, atau yang lainnya. Setelah itu, kita pun melupakannya dan kita tidak berpikir lebih jauh.

Inti kalimat pada teks tersebut ialah …
A. Hal-hal menyeramkan sekitar bencana.
B. Berita wacana bencana menakutkan.
C. Menyusutnya kepekaan atas tragedi.
D. Keenganan membantu korban bencana
E. Hilangnya makna gotong royong

9. Perhatikan kalimat berikut !
Paket pertama mengambil tema Puasa dan Krisis Moral.
Paket kedua mengambil tema prospek ekonomi rakyat
Kedua kalimat di atas sanggup dijadikan kalimat beragam dengan konjungsi ….
A. dan
B. bahkan
C. padahal
D. sedangkan
E. tetapi

Bacalah dengan cermat kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 10 dan 11!

10. Keterkaitan insiden dalam kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehatiri-hari ialah seorang ibu yang……
A. Sibuk memperhatikan seorang anak
B. Tidak memedulikan anak
C. Mengkhawatirkan kesehatan anak
D. Tidak peduli pendidikan anak
E. Tidak memedulikan makan si anak

11. Kalimat yang memperlihatkan ibu telah berusaha membujuk supaya Salman makan?
A. Ibu melihat ada ketidakwajaran pada anaknya.
B. Ibu peduli dengan cara anaknya dalam belajar.
C. Ibu cemas karna anaknya tidak pernah makan.
D. Kemarahan ibu kepada anaknya karena terus menerus belajar.
E Ibu mengingatkan anaknya supaya meluangkan waktu untuk makan.

12. Cermati paragraf berikut!
Ide pokok paragraph tersebut ialah ….
A. budaya gotong royong
B. peralatan penanam padi
C. pementingan biaya produksi
D. perekatan rasa persaudaraan
E. tradisi masyarakat Dayak Jalai

13. Bacalah teks eksposisi berikut dengan saksama!
Maksud dari kalimat kelima adalah….
A. Material instalasi yang mengenai listrik akan membahayakan manusia.
B. Genangan air yang akhir banjir akan gampang terkena aliran listrik.
C.Genangan air akan mengakibatkan listrik yang membahayakan manusia.
D. Instalasi listrik akan gampang terkena genangan air karena banjir.
E. Genangan air yang terkena listrik akan membahayakan manusia.

14. Bacalah teks anekdot berikut dengan cermat!
Makna istilah ‘Kasih Uang Habis Perkara’ dalam teks tersebut ialah ….
A. setiap kasus dikenai biaya
B. setiap kasus sanggup ditindaklanjuti dengan uang
C. setiap kasus sanggup diselesaikan dengan uang
D. setiap kasus tidak sanggup diuangkan
E. setiap kasus tidak sanggup diselesaikan

15. Perhatikan teks berikut dengan cermat!
Berdasarkan teks tersebut, informasi yang disampaikan ialah ... .
A. ciri-ciri pembuatan KTP
B. tujuan mekanisme pembuatan KTP
C. langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemohon
D. acara yang harus dilakukan oleh pemohon
E. syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 16 dan 17

16. Kalimat utama paragraf tersebut ialah nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

17. Makna istilah sikretisme dalam paragaf tersebut ialah
A. pencampuran aneka macam daerah
B. penyesuaian dari aneka macam teknologi
C. perpaduan dari aneka macam aliran
D. interaksi masyarakat di daerah
E. masuknya budaya asing

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 18 dan 19

18. Keteladanan yang sanggup dipetik dari tokoh Mahatma Gandhi dalam kutipan tersebut ialah ....
A. seorang pemimpin rohani yang pemberani
B. rela dipenjara demi menegakkan kebenaran
C. berjuang melawan penjajahan Inggris
D. pemimpin perang sejati meraih kemerdekaan
E. berhasil memerdekakan India tanpa kekerasan

19. Apa yang menyemangati Gandhi dalam meraih cita-citanya?
A. Menjadi pemimpin rohani di balik kemerdekaan
B. Tekad yang berpengaruh dan berjuang tanpa kekerasan
C. Ia dilahirkan di Porbandar, Gujarat, India Britania
D. Ia pernah beberapa kali masuk penjara
E. Ia hampir meninggal karena kelaparan dikala di penjara

20. Cermati teks dongeng sejarah berikut!
Kata bercetak miring pada teks dongeng sejarah tersebut mempunyai makna ....
A. penjajahan
B. penguasaan
C. perdebatan
D. permusuhan
E. persaingan

21. Cermati puisi berikut!
Kalimat tanggapan (esai) yang sesuai dengan isi puisi tersebut ialah ....
A. isi puisi tersebut mengisahkan seseorang yang kecewa terhadap keinginannya yang tak pernah berujung tiba
B. pengarang ingin memberikan bahwa setiap orang mempunyai jalan hidup masing-masing dan jangan iri terhadap orang lain
C. puisi tersebut menjelaskan bahwa kita hendaknya sanggup meraih impian dengan menuntut ilmu sepanjang hajat
D. puisi tersebut terasa mengajak kita supaya tidak mengalah dalam menghadapi rintangan hidup demi mencapai masa depan yang cerah
E. penulis puisi tersebut mengungkapkan pe-ngalaman dalam kehidupannya wacana cobaan yang dilalui seseorang

22. Bacalah kedua teks eksposisi berikut dengan cermat!
Kalimat pertama yang dipakai dalam kedua teks di atas mempunyai perbedaan. Perbedaan tersebut ialah ....
A. teks ke-1 pepaya penyembuh kanker dan teks ke-2 sirsak memperlambat pertumbuhan kanker
B. teks ke-1 pepaya banyak mengandung vitamin C dan teks ke-2 sirsak buah abnormal menyembuhkan kanker
C. teks ke-1 bentuk pepaya oval, berkulit halus dan teks ke-2 hasil riset manfaat sirsak
D. teks ke-1 pepaya mempunyai kandungan zat antioksidan dan teks ke-2 sirsak bisa menyerang sel kanker dengan aman
E. teks ke-1 ciri dan manfaat pepaya dan teks ke-2 sirsak buah abnormal sanggup menyembuhkan kanker

23. Cermati pantun berikut!
Kalau angin bertiup dari darat
Ambillah jala turunkan sampan
Kalau hidup hendak selamat
...

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut ialah ....
A. Uang hendaklah disisihkan
B. Ayah dan bunda jangan kamu lupakan
C. Hidupkan persaudaraan
D. Duduklah dekat sandaran
E. Ayah dan bunda turuti jalan

24. Bacalah paragraf deskripsi berikut dengan saksama!
Lembah Harau, di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang yang besar dengan diameter mencapai 400 meter. Di Harau ini banyak keindahan yang memukau. [. . . .] Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter. Dari mulai memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah menikmati tebing-tebing granit ini..

Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi cuilan yang rumpang dalam paragraf tersebut ialah ....
A. Tebing-tebing granit menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah.
B. Sebagian pemanjat tebing dunia telah mengunjungi tempat ini untuk dipanjatnya.
C. Banyak orang membandingkan Lembah Harau yang indah dengan “Grand Canyon”.
D. Pengunjung menikmati keindahan alamnya dalam udara yang sangat segar dan bersih.
E. Tebing granit di Lembah Harau sudah usang menjadi daya tarik wisata Provinsi Sumatra Barat.

25. Bacalah teks dongeng ulang berikut dengan cermat!
Wage Rundolf Supratman lahir pada tanggal 9 Maret 1903 di Sumogari. Supratman sangat cerdik bermain sandiwaradan mahir bermain alat musik. Setiap waktu luang, ia memanfaatkan untuk bermain musik terutama biola. Keberaniannya mengutarakan pendapat membuat ia diangkat menjadi pembantu surat kabar Kaoum Moeda di Bandung. Meskipun honor yang diperolehnya kecil, ia puas karena ia sanggup mengutarakan pendapat serta pikiran dalam tulisan-tulisannya. W.R. Supratman menulis dan mengubah lagu-lagu usaha untuk mengabarkan semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air.Ia dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya.Pada dikala ia diminta mendengarkan lagu Indonesia Raya, dan semua hadirin bangkit khidmat, hal itulah yang tak terlupakan bagi dirinya. Ia bekerja tanpa pamrih. Dalam hidupnya, ia lebih suka memberi dari pada menerima

Hal yang sanggup diteladani dari tokoh tersebut ialah . . . .
A. Menjadi pembantu surat kabar
B. Mendengarkan lagu-lagu
C. Suka memberi daripada menerima
D. Mempunyai pengalaman tak terlupakan
E. Pandai bermain sandiwaradan mahir bermain alat musi

Bacalah kutipan berikut ini untuk menjawab soal no 26 dan 27

26. Majas dalam kutipan tersebut terdapat dalam kalimat bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

27. Pendeskripsian tabiat tokoh saya yang bertanggung jawab diungkapkan melalui ....
A. obrolan antartokoh
B. lingkungan tokoh
C. pikiran tokoh
D. tanggapan tokoh
E. fisik tokoh

28. Cermati penggalan teks mekanisme kompleks berikut!
(1) Setelah membersihkan verbal pasien dari benda asing, angkat leher dan tarik kepalanya ke belakang. (2) Bukalah verbal pasien dengan satu tangan. (3) Buka verbal Anda lebar-lebar. Tiuplah verbal korban selama 2 detik, dan biarkan udara keluar selama 3 detik dari verbal korban. (4) Pada seorang anak, tiup udara sambil memegang perutnya supaya tidak terlalu gembung. (5) [. . . .]

Langkah ke-5 yang sanggup dipakai untuk melengkapi teks mekanisme tersebut ialah ...
A. Cari cara lain bila pasien tidak bisa bernafas
B. Lakukan pernafasan buatan bila diperlukan.
C. Bila tidak perlu, hentikan pemberian nafas buatan ini.
D. Tiup terus verbal pasien selama mungkin, walaupun ia telah sadar.
E. Lanjutkan mekanisme ini selama denyut nadinya sanggup diraba, hingga ia sanggup bernafas sendiri.

29. Cermati teks dongeng sejarah berikut!
(1)Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada ilmuwan yang melaksanakan penelitian luar biasa. (2) Penghargaan diberikan kepada orang yang menemukan teknik atau peralatan yang baru, atau telah melaksanakan bantuan luar biasa ke masyarakat. (3) Saat ini hadiah Nobel dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi orang yang mempunyai jasa besar kepada dunia. (4) Penghargaan Nobel pertama kali diberikan menurut wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia yang telah menemukan dinamit. (5) Ilmuwan terkejut melihat hasil temuannya ini dimanfaatkannya justru tujuan untuk yang merusak. (6) Oleh itulah alasannya wasiat dia buat.

Kesalahan penggunaankalimat dalam teks dongeng sejarah tersebut terdapat pada nomor….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (6)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (6)

Perhatikan kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal no 30 dan 31

30. Kesamaan kedua teks cerpen tersebut yaitu unsur intrinsik yang bekerjasama dengan ....
A. latar
B alur
C. penokohan
D. tokoh
E. amanat

31. Hal dalam teks (1) yang sanggup ditemukan dalam kehidupan dikala ini ialah ....
A. durhaka kepada orang renta karena tidak bisa
B. mengasihi orang renta walaupun tidak bisa
C. bekerja untuk biaya melanjutkan sekolah
D. bekerja untuk membantu adik-adik sekolah
E. menghina sahabat karena pekerjaannya orang renta

32. Cermati teks berikut!
Peribahasa yang sesuai dengan isi teks tersebut ialah ....
A. pucuk dicinta ulam tiba
B. karena nila setitik rusak susu sebelanga
C. air susu dibalas dengan air tuba
D. besar pasak daripada tiang
E. tak putus dirundung malang

33. Cermati penggalan teks dongeng ulang berikut!
Salah satu tokoh dunia dalam bidang olahraga khususnya sepak bola ialah Pele. Legenda sepakbola satu ini[ . . .] dengan nama lengkap Edson Arantes Do Nascimento. Pele ialah satu-satunya pemain yang merasakan tiga kali mengangkat tropi Piala Dunia, pemain paling jenuis yang pernah terlahir di muka bumi. Dijuluki sebagai pesepakbola paling sempurna. Setiap kali “Selecao” [. . .] cantik, orang niscaya [. . .] dengan kehadiran si pemilik No. 10 tersebut.

Kata bentukan yang tepat sesuai dengan teks tersebut ialah … .
A. dilahirkan – permainan – mengidentifikasikannya
B. terlahir – bermain – mengidentikannya
C. dilahirkan – bermain – mengidentifikasikannya
D. terlahir – bermain – mengidentifikasikannya
E. terlahir – permainan – mengidentikannya

34. Cermati paragraf berikut!
Masalah lingkungan hidup harus menjadi perhatian khusus dari semua lapisan masyarakat. Setiap anggota masyarakat wajib berpartisipasi dan bertanggung jawab untuk mengatasinya. Misal, hal yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari ialah sampah. Kita jangan membiarkan sampah acak-acakan di sepanjang jalan, di halaman rumah, di pasar-pasar, atau di tempat-tempat kosong sekitar permukiman. Hal itu harus dilakukan secara serempak oleh semua anggota masyarakat

Ungkapan yang semakna dengan isi paragraf tersebut ialah ....
A. berjabat tangan
B. bergandengan tangan
C. berlepas tangan
D. basuh tangan
E. angkat tangan

35. Bacalah teks mekanisme kompleks berikut dengan cermat!
Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu mendapatkan atau menolak tuduhan tersebut. Apabila mendapatkan tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu.

Sinonim kata yang sesuai dari kata yang bercetak miring pada teks tersebut ialah …
A. tudingan dan kecaman
B. dakwaan dan subsitusi
C. kecaman dan pengganti
D. somasi dan pilihan
E. fitnah dan seleksi

36. Bacalah teks mekanisme kompleks wacana persyaratan pengrusan paspor berikut!
(1) Meminta formulir permohonan paspor
(2) Mengisi formulir dengan data yang benar, nama diisi/ditulis dengan aksara balok memakai tinta hitam
(3) ...
(4) melam pirkan persyaratan dan memasukan dalam satu map
(5) formulir dan persyaratan yang sudah dimasukkan ke dalam map diserahkan kepada petugas loket
(6) petugas migrasi akan memberi tahu waktu untuk pengambilan foto/sidik jari, tanda ta-ngan paspor serta wawancara

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut ialah ....
A. mengantre di loket
B. menempelkan materai
C. menandatangani formulir
D. menyerahkan formulir
E. membawa formulir pulang

37. Bacalah teks berikut dengan cermat!
Kami sangat kagum … melepaskan pandang ke alam di sekitarnya. Sekarang saya gres tahu … apa yang dikatakan teman-teman saya itu benar. Mereka bercerita panjang lebar wacana keindahan alam di sini. Kata mereka … saya ke sini, niscaya tidak akan menyesal…,saya merasa puas…saya akan menghabiskan liburan saya di sini

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang dalam teks tersebut adalah…
A. bahwa,ketika,karena,walaupun begitu,tetapi
B. karena,jka,hingga,dengan demikian,atau
C. bahwa,jika,ketika,oleh alasannya itu,atau
D. saat,jika,karena,dengan demikian,dan
E. saat,bahwa,jika,oleh alasannya itu,dan

38. Bacalah teks cerpen berikut dengan cermat!
Perasaan humor juga ada pada Napoleon. Pada suatu malam di Wina, sebelum terjadinya pertempuran di Wagram ia minta dihidangkan makan malam yang biasanya terdiri dari ayam goreng. Ketika kuliner itu ditaruh di meja, ia bertanya, “Sejak kapan ayam itu dilahirkan dengan satu kaki dan satu sayap? rupanya saya hidup dari sisa-sisa kuliner yang ditinggalkan oleh pelayan-pelayan saya.” Ternyata Roestam pelayannya yang setia itu telah tak tahan untuk merasakan kuliner majikannya.

Ringkasan yang tepat untuk paragraf di atas ialah ….
A. Roestam pelayan setia Raja Napoleon telah merasakan ayam goreng raja pada suatu malam di Wagram
B. Raja Napoleon mempunyai rasa humor dengan menyampaikan bahwa semenjak kapan ayam dilahirkan dengan satu kaki dan satu sayap
C. Pada dikala makan malam di Wina Raja Napoleon mengetahui bahwa makan malamnya telah dicicipi oleh pelayan-pelayannya yang setia
D. Pada suatu malam di Wina Raja Napoleon dihidangkan makan malam ayam goreng yang hanya terdiri dari satu kaki dan satu sayap
E. Pelayan setia Raja Napoleon, Roestam, telah merasakan kuliner majikannya sehingga Raja Napoleon mendapatkan ayam gorengnya hanya terdiri satu kaki dan satu sayap pada dikala makan malam di Wina

39. Bacalah teks novel berikut dengan cermat!
Kepala sekolahnya ialah seorang pejabat penting.Ibu Frischa namanya. Caranya ber-make up terperinci memperlihatkan dirinya sedang bertempur mati-matian melawan usia dan tampak terperinci pula, dalam pertempuran itu, dia telah kalah. Ia seorang perempuan keras yang terpelajar, progresif, ambisius, dan sering habis-habisan menghina sekolah kampung. Gerak-geriknya diatur sedemikian rupa sebagai penegasan kelas sosialnya. Di dekatnya siapa pun akan merasa terintimidasi. Kalau sempat berbicara dengan beliau, ia sama menyerupai orang melayu yang gres berguru memasak , bumbunya cukup tiga macam: pembicaraan wacana fasilitas-fasilitas sekolah PN, anggaran ekstrakurikuler jutaan rupiah, dan wacana murid-muridnya yang telah menjadi dokter, insinyur, hebat ekonomi, pengusaha, dan orang-orang yang telah sukses di kota atau bahkan di luar negeri.
(Laskar Pelangi, Andrea Hirata)

Amanat yang sesuai dengan isi kutipan tersebut ialah ….
A. Janganlah mengingkari kodrat atau yang diberikan kepada kita.
B. Bersikaplah rendah hati, santun, dan sederhana sekalipun menjadi pejabat tinggi.
C. Jangan arogan dan sombong kalau menjadi orang yang terpelajar.
D. Bersikaplah keras dalam memimpin, tetapi tetap santun kepada orang lain.
E. Jadilah perempuan yang terpelajar, tetapi tidak arogan dan sombong.

Perhatikan kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal no 40 - 42

(1) “Apa kamu bilang? Jodoh? Saya tidak rela kamu berjodoh dengan Azrial. Akan saya carikan kamu jodoh yang lebih bermartabat!” (2) “Apa dia salah kalau ayahnya hanya juru masak?” (3) “Jatuh martabat keluarga kita bila pria itu jadi suamimu. Paham kau?” (4) “Derajat keluarga Azrial memang seumpama lurah tak berbatu, menyerupai sawah tak berpematang, tak ada yang bisa di-andalkan.” (5) Tetapi, tidak patut rasanya, Mangkudun memandang Azrial dengan sebelah mata. (6) Maka, dengan berat hati Azrial melupakan Renggogeni. (7) Ia hengkang dari kampung, pergi membawa luka hati.

40. Kalimat yang memperlihatkan tabiat tokoh Mangkudun yang sombong terdapat pada nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (5) dan (6)
E. (6) dan (7)

41. Nilai budaya yang terdapat pada kutipan tersebut ialah ....
A. orang renta mencarikan jodoh untuk pasangan anaknya yang sesuai.
B. seorang kekasih meninggalkan pasangannya karena miskin.
C. keturunan harus dipertimbangkan untuk mencari pasangan supaya sepadan.
D. pria harus berhasil dalam hidupnya sebelum mencari pasangan.
E. orang renta berhak menolak jodoh yang dipilih anaknya.

42. Amanat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut yang tepat ialah ....
A. janganlah merendahkan orang lain!
B. bersabarlah bila kita dihina!
C. janganlah mempunyai kekasih orang kaya!
D. lupakan orang yang bukan jodoh kita!
E. bersemangatlah untuk meraih kesuksesan!

43. Bacalah teks drama berikut dengan cermat!
(1) Yoso : Aneh, ... kenapa bulu romaku merinding menyerupai ini, ya?
(2) Joko : Mas, saya ambilkan segelas air putih, ya?
(3) Sri : Tidak, ... tidak! (menjerit histeris).
(4) Anto : Sri kenapa ... kenapa kamu Sri? (semua menenangkan Sri).
(5) Sri : Aku, ... saya mendengar ada bunyi merintih, tampaknya bunyi itu datangnya dari arah sana.
(6) Andi : ...
Naskah Shobir Poer

Perbaikan yang tepat untuk kalimat obrolan nomor dua (tercetak miring) supaya padu dengan obrolan yang lain ialah ...
A. Kau benar, saya juga merasakan begitu, Yoso.
B. Sekarang bantu saya mengangkat mayit ini.
C. Hi! Ada darah di mana-mana. Aku takut!
D. Jangan, jangan tinggalkan saya sendiri di sini!
E. Aku sudah bilang, tempat ini kotor dan dingin.

44. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
Perhelatan bisa kacau tanpa kehadiran lelaki itu. Gulai kambing akan terasa hambar karena racikan bumbu tidak meresap ke dalam daging. Kuah gulai kentang dan gulai rebung bakal encer karena keliru menakar jumlah kelapa parut hingga setiap hidangan masakan kekurangan santan. Akibatnya, berseraklah fitnah dan cela yang mesti ditanggung tuan rumah.Bukan karena kenduri kurang meriah, tidak pula karena pelaminan tempat bersandingnya pasangan pengantin tak sedap dipandang mata, tetapi karena macam-macam hidangan yang tersuguh tak menggugah selera. Nasi banyak, gulai melimpah, tetapi helat tak bikin kenyang.Ini celakanya bila Makaji, juru masak handal itu tidak dilibatkan.

Kalimat yang bercetak miring pada penggalan cerpen tersebut mengandung majas … .
A. Personifikasi
B. Paradoks
C. Hiperbola
D. Simile
E. Metafora

45. Cermati teks berikut!
Perubahan ketetapan melalui peraturan pemerintah secara terjadwal lumrahnya mengundang pertanyaan di benak pelaku industri akan interperetasi undang-undang menyerupai apa yang dimulai paling ideal oleh pemerintah. Bukan apa-apa, inplikasi yang dibawa sebagai dampak dari kewajiban yang digarisbawahi oleh kata “dan” dan “atau” ini sanggup mengakibatkan perbedaan nilai inves hingga jutaan dolar AS yang harus ditanamkan pelaku industri.

Kata serapan yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring ialah ....
A. berintepretasi, berimplikasi, investor
B. menginterpretasi, diimplikasi, investor
C. interfretasi, imflikasi, inpestasi
D. interpretasi, implikasi, investasi
E. berinterpretasi, implikasi, berinvestasi

46. Cermati kalimat berikut!
Untuk sukses dalam usaha perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau.

Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku ialah ....
A. Cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau
B. Cara merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di air payau
C. Cara Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di Air Payau
D. Cara merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di Air Payau
E. Cara Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di Air Payau

47. Cermati penggalan teks pantun berikut!


Cari guru tempat belajar
Supaya jangan sesal kemudian

Larik sampiran yang tepat untuk teks pantun tersebut ialah …
A. Selamat pagi selamat belajar
Selamat malam selamat tidur
B. Ke hulu membuat pagar
Jangan terpotong durian
C. Kita ini sudah bersahabat
Janganlah lupa dengan kenanganD. Tidak ada sahabat yang jahat
Hanya saja ada yang khilaf
E. Marilah makan acar
Agar gorengan terasa nikmat

48. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Predikat kota Yogyakarta bukan hanya sekedar (1) kota pelajar dan parawisata, melainkan gudangnya industri kecil, terutama kerajinan. Ribuan Industri kecil kerajinan berkembang di kawasan ini, mulai dari skala kecil, contohnya souvenir (2) hasil industri rumah tangga hingga skala (3) besar yang bertaraf (4) internasional. Model-model yang dihasilkan juga sesuai dengan tren (5) dunia.

Ejaan yang perlu diperbaiki pada kata bernomor yang terdapat pada paragraf tersebut adalah... .
A. (1) sekedar seharusnya sekadar
B. (2) souvenir seharusnya sovenir
C. (3) skala seharusnya sekala
D. (4) bertaraf seharusnya bertarap
E. (5) tren seharusnya trend

49. Cermati paragraf berikut!
(1) Bagi pencinta durian, menikmati tempoyak memberi pengalaman gres yang sulit dilupakan (2) buah durian dengan rasa manis legit, dan, kadang sedikit pahit menjelma asin gurih, ketika diolah dalam wujud tempoyak
(3) tempoyak yang merupakan hasil fermentasi durian ini, semakin lezat, ketika diolah de-ngan pangan lokal khas kawasan penghasil durian, seperti, Lampung
(4) di Bandar Lampung, cukup gampang untuk, menikmati masakan dengan bumbu olahan tempoyak
(5) tempoyak diolah bermacam-macam masakan mulai dari seruit tempoyak, brengkes baung tempoyak, hingga, udang selimut tempoyak

Penggunaan tanda koma (,) yang tepat terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

50. Cermati kalimat berikut!
Keberhasilan pasukan koalisi pemerintah membuktikan, bahwa persatuan seluruh komponen menjadi syarat mutlak bagi keberlanjutan Irak.

Kalimat tersebut memakai ejaan bahasa Indonesia yang salah karena ....
A. kata pemerintah seharusnya Pemerintah
B. kata syarat seharusnya sarat
C. tidak memakai tanda koma sebelum kata bagi
D. di belakang kata pemerintah tidak memakai tanda koma
E. memakai tanda koma sebelum kata bahwa

Untuk Soal dan Kunci Jawaban UNBK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2020 bisa anda gunaka sebagai rujukan dalam berguru untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UN (UNBK/USBN) Tahun Pelajaran 2019/2020.

Download Soal UN (UNBK/UNKP) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2020

Bagi yang tertarik silahkan didownload Latihan soal UN (UNBK/USBN) 2020 dan Kunci Jawabannya dan bila telah berhasil jangan lupa dipelajari serta disharekan kepada rekan yang lain yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun 2020. Perlu diingat soal-soal yang diposting di blog atau website ini bukan Bocoran Soal Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah kejuruan 2020, tetapi soal latihan. Percayalah pelaksanaan UN Tahun 2020 jauh dari kebocoran soal, karena rencananya UN 2020 untuk jenjang SMP/MTs akan dilaksanakan dengan moda UNBK. Oleh karena itu, anda perlu mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin salah satunya dengan mempelajari Soal latihan dan Kunci Jawaban Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah kejuruan tahun 2020 dan jangan pernah mempercayai Bocoran Soal Ujian Sekolah (USBN) dan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah kejuruan 2020.


Download Soal UN (UNBK/UNKP) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2020 New
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan supaya mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Baca Juga : Soal dan Kunci Jawaban Sekolah Menengah kejuruan Full Mapel Tahun 2019

Semoga sebaran informasi Mengenai Soal dan Kunci Jawaban UNBK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2020 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://blognazmy.blogspot.com/