-->
Solusi Untuk Ora-06413: Connection Not Open
4/ 5 stars - "Solusi Untuk Ora-06413: Connection Not Open" Cara menuntaskan problem pesan error "ORA-06413: connection not open". Ini tentunya berkaitan dengan pesan error yang dikeluarkan...

Solusi Untuk Ora-06413: Connection Not Open



Cara menuntaskan problem pesan error "ORA-06413: connection not open".

Ini tentunya berkaitan dengan pesan error yang dikeluarkan oleh database Oracle.

Kenapa saya menciptakan posting menyerupai ini?. Karena saya mengalami hal ini.

Bayak sekali aktivitas aplikasi yang sudah saya buat dan sudah usang saya memakai laptop yang jadul masih 32 bit. Namun sayangnya sebab mungkin laptop saya usianya sudah uzur, ya...akhirnya kekuatannya semakin menurun dan lama-lama drop, dan sering mati mendadak, mungkin sudah kena penyakit stroke xixixi...

Padahal laptop itu sangat berjasa di kehidupan saya, tapi apa boleh buat terpaksa laptop itu saya parkir, dan tidak tidak saya jual walaupun mungkin jikalau dijual masih dapat laku. Karena saya pikir nilai historisnya tidak dapat digantikan dengan uang.

Untuk melanjutkan pekerjaan jadinya saya beli yang baru, tentunya dengan teknologi terkini dengan kapasitas RAM, hardsisk yang cukup besar, dan prosesor 64 bit. Namun aplikasi-aplikasi yang saya buat semuanya masih memakai flatform windows 32 bit. Laptop gres saya instal windows 32 bit, namun sayang sekali driver-drivernya kurang mendukung. Akhirnya yah sudah instal ulang lagi os nya memakai windows 64 bit, dan laptop gres pun hidup normal.

Kemudian sy instal aplikasi-aplikasi developer yang 32 bit, dapat gituh aplikasi 32bit diinstal di windows 64 bit???...Tentu bisa!!!, namun tersimpan bukan di aktivitas files menyerupai biasa di windows 32 bit. File-filenya tersimpan di Program Files (x86). Makara windows 64 bit memisahkan aplikasi-aplikasi yang berflatform windows 32bit dengan windows 64 bit.

Permasalahan muncul ketika aplikasi developer 32 bit menciptakan koneksi ke database oracle, pada dikala koneksi diaktifkan muncul error "ORA-06413: connection not open", waduh hampir streesss. Namun baca kesana kemari jadinya ditemukan titik permasalahannya. Ternyata untuk menciptakan koneksi ke oracle, aplikasi developer tersebut dihentikan tersimpan di folder yang mengandung tanda "(" mungkin juga gejala lainnya. Kenapa ada tanda "(" itu???, sebab memang aplikasinya 32 bit, windows menaruhnya di "Program Files (x86)".

Trus Solusinya Bagaimana?
Kita harus menciptakan aplikasi itu di folder gres yang tidak mengandung karakter "(".
Berarti instal ulang donk?...wah cape lagi nih.
Kita tidak perlu instal ulang, yang kita harus lakukan yaitu menciptakan shortcut atau link ke folder tersebut dengan linknya yang tidak mengandung tanda/huruf tersebut.
Caranya :

  • Masuk ke mode text (command)..Run ->cmd
  • Buat link : c:\mklink /j  "Program Files x86" "Program Files x86"
  • Jalankan aplikasinya dari folder link atau "Program Files x86"
  • Setelah itu silahkan coba koneksinya.


Selamat mencoba, mudah2n cara di atas masih works.

Wassalam.