Latihan Soal Tes CPNS (SKB) Tentang Perpustakaan Lengkap Jawaban
- SK Kepala Perpusnas RI tahun 2001, Kepala Perpusnas RI membawahi . . .a. 2 Deputib. 3 Deputic. 4 Deputid. 5 deputi
- Perpustakaan menyimpan koleksi yang mengandung gosip dan dipakai oleh pemustaka, merupakan fungsi perpustakaan dari bidang . . .a. Pendidikanb. Kulturalc. Penyimpanand. Informasi
- Kegiatan yang melayani peminjaman dan pengembalian buku-buku perpustakaan sekolah disebut pelayanan apa?a. Pelayanan sirkulasib. Pelayanan teknisc. Pelayanan pembacad. Pelayanan buku
- Suatu unit kerja yang mempunyai sumber daya manusia, ruang khusus dan kumpulan koleksi sesuai dengan jenis perpustakaan”, merupakan pengertian perpustakaan secara . . .a. Luasb. Sederhanac. SK Menpan No 18 th 1988d. UU RI nomor 43 th 2007
- Berikut ini yaitu sistem peminjaman buku, yaitu . . . . . .a. Sistem terbukab. Sistem tertutupc. Sistem otomatisd. Sistem tertutup dan terbuka
- Munculnya aneka macam jenis media gosip dan keperluan gosip yang diperlukan aneka macam kelompok pengguna, merupakan factor yang mempengaruhi timbulnya . . .a. Jenis perpustakaanb. Fungsi perpustakaanc. Media perpustakaand. Perpustakaan nasional
- Ada berapakah sistem peminjaman buku?a. 5b. 4c. 3d. 2
- Kegiatan yang menunjukkan kepada pengunjung perpustakaan dalam memakai buku- buku dan bahan-bahan pustaka lainnya disebut pelayanan apa?a. Pelayana teknisb. Pelayanan pembacac. Pelayanan terbukad. Pelayanan tertutup
- Kegiatan yang semua buku-buku dicatat dalam buku induk dan diklasifikasikan berdasarkan sistem pembagian terstruktur mengenai tertentu, disebut pelayanan apa?a. Pelayanan teknisb. Pelayanan pembacac. Pelayanan terbukad. Pelayanan tertutup
- Tugas pelayanan gosip bisa terselenggarakan dengan baik tergantung pada dua faktor yaitu. a. Banyaknya pegunjung dan petugasb. Peminjaman dan pengembalian bukuc. Tempat dan waktu membacad. Kelengkapan koleksi dan kemampuan petugas
- Menurut william A.Katz ada berapakah pelayanan pembaca yang terdapat dalam bukunya “introduction to reference work” ?a. 1b. 2c. 3d. 4
- Apa yang membedakan open acces system dengan closed acces system?a. Katalogisasib. Membuat kartu perpustakaanc. Cara pengembalian bukud. Cara peminjaman buku
- Yang terdapat dalam identitas buku kartu perpustakaan, kecuali ...a. Nomerb. Namac. Alamatd. Hobbi
- Ada beberapa cara untuk mengetahui jumlah peminjaman pada setiap harinya?a. 5b. 4c. 3d. 2
- Selain faktor kemampuan petugas, faktor apa saja yang memengaruhiterselanggaranyan pelayanan gosip ?a. Pelayanan publicb. Kelengkapan koleksic. Pelayanan sirkulasid. Pelayanan pembaca
- Tanda apakah yang mnunjukkan bahwa tanda itu mempunyai arti koleksi tumpuan ?a. (O)b. (P)c. (Q)d. (R)
- “Learning is relatively permanent change in personality and reflects a change in performance”, merupakan pengertian berdasarkan . . . . . .a. William S. Sahakinb. Robert M. W. Traversc. Aristotelesd. William S. Sahakin dan Robert M. W. Travers
- Dalam peminjaman di perpustakaan buku apa saja yang sanggup di bawa pulang ? . . . .a. Novel, Buku agama dan komikb. Tesis, disertasi dan kamusc. Kamus, biografi dan buletind. Surat kabar, biografi dan majalah
- Layanan apa saja yang tersedia untuk pembaca?a. Layanan derma dan sirkulasib. Layanan sirkulasi dan referensic. Layanan tumpuan dan penyimpanand. Layanan pengembalian dan referensi
- Berikut ini komponen yang terdapat dalam kartu perpustakaan, kecuali......a. Namad. Fotoc. No. Anggotad. Cita-cita
- “Circulation is one of two primary public service points in the library. The other is reference”, pendapat tersebut dikemukakan oleh . . . . .a. William A. Katzc. Robert W. M. Traversb. William S. Sahakiand. Mc. Clelland
- Sistem yang terbiasa dipakai dalam perpustakaan untuk mengklasifikasi buku disebut .. . . .
a. DDC
b. CDC
c. DCC
d. CDD
Sikap yang harus dimiliki petugas tumpuan yaitu . . . . . .
a. Lembut
c. Tidak gampang bosan
b. Sabar
d. Semua benar
Kegiatan melayani peminjaman dan pengembalian buku disebut . . . . . .
a. Referensi
b. Sirkulasi
c. Asosiasi
d. Klasifikasi
Ditinjau dari segi kebutuhan pemakai, maka tujuan penyelenggaraan layanan perpustakaan yaitu .....
a. Agar materi pustaka yang disediakan perpustakaan sanggup dimanfaatkan secara maksimal oleh pemakai
b. Untuk membantu memenuhi kebutuhan gosip pemakai
c. Keseragaman, keadilan dan pemerataan kesempatan penggunaan perpustakaan bagi seluruh pemakai
d. Memiliki petugas layanan yang penuh perhatian, ramah, dan bersifat membimbing pemakai
Layanan ruang baca disediakan oleh suatu perpustakaan untuk mengantisipasi pengunjung perpustakaan untuk. . .
a. Membaca buku di kawasan atau bagi pemakai perpustakaan yang tidak sanggup meminjam materi pustaka
b. Menerima gosip dari aneka macam sumber gosip tanpa harus tiba ke perpustakaan
c. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan sesuai bidang minatnya
d. Pertemuan para pengunjung atau kawasan berdiskusi
Perpustakaan menyediakan layanan fotokopi dengan tujuan untuk ....
a. Memudahkan pemakai dalam mendapatkan buku-buku dengan harga lebih murah
b. Untuk meningkatkan keterpakaian koleksi yang tidak sanggup dipinjam
c. Pemakai tidak perlu memanfaatkan ruang baca alasannya sanggup membawa hasil fotokopi untuk dibawa pulang
d. Layanan ini disediakan untuk pemakai yang bersama-sama sanggup meminjam koleksi perpustakaan untuk dibawa pulang
Layanan perpustakaan yang disediakan untuk membimbing pemakai gres dalam memakai seluruh fasilitas, sumber informasi, dan semoga pemakai mengetahui peraturan dan tata tertib yang ada di perpustakaan, adalah. . .
a. Layanan Kesiagaan Informasi
b. Layanan Referensi
c. Layanan Pendidikan Pemakai
d. Layanan Sirkulasi
Layanan Perpustakaan Keliling biasanya disediakan oleh. . .
a. Perpustakaan Umum
b. Perpustakaan Sekolah
c. Perpustakaan Khusus
d. Perpustakaan Perguruan Tinggi
Dalam sistem tertutup, sesudah pemakai menelusur materi pustaka yang diperlukan melalui katalog maka langkah selanjutnya adalah. . .
a. Meminta ijin kepada petugas untuk memasuki ruang koleksi semoga bisa eksklusif mengambil sendiri koleksi tersebut
b. Mencatat nomor panggil dan atau judul dokumen; untuk diserahkan kepada petugas untuk diambilkan dokumen yang dimaksud
c. Melakukan browsing eksklusif ke jajaran koleksi
d. Memesan fotokopi melalui petugas
Salah satu cara yang efektif bagi perpustakaan yang menerapkan sistem layanan terbuka dalam menekan kesalahan letak dokumen dalam jajaran adalah. . .
a. Mengadakan pembinaan penjajaran dokumen secara benar bagi pemakai
b. Mengadakan pembinaan penjajaran dokumen secara benar bagi petugas
c. Membuat rambu peringatan/ larangan bagi pemakai untuk meletakkan materi pustaka kembali ke jajaran koleksi di rak
d. Menyiagakan petugas layanan di setiap rak untuk mengamati dan memperingatkan pemakai untuk tidak meletakkan kembali materi pustaka secara eksklusif ke rak
Sosialisasi mengenai Peraturan dan Tata tertib Perpustakaan kepada anggota perpustakaan gres sanggup dilakukan melalui . . .
a. Layanan pendidikan pemakai
b. Seminar
c. Bedah buku
d. Orientasi mahasiswa
Hal yang tidak penting dan tidak perlu dicantumkan dalam peraturan dan tata tertib yang perlu dicantumkan. . .
a. Jam buka perpustakaan
b. Sanksi kalau peraturan dilanggar
c. Peraturan peminjaman dan perpanjangan peminjaman
d. Lamanya berkunjung di perpustakaan
Agar pemakai sanggup memanfaatkan koleksi seoptimal mungkin merupakan salah tujuan dari kegiatan. . .
a. Layanan referens
b. Layanan sisrkulasi
c. Pengolahan materi pustaka
d. Layanan teknis
Bagian manakah di perpustakaan yang melayani pemakai yang ingin mendatarkan diri sebagai anggota perpustakaan. . .
a. Layanan Kesiagaan Informasi
b. Layanan Referens
c. Layanan Pendidikan Pemakai
d. Layanan Sirkulasi
Variasi dari sistem buku besar adalah. . .
a. Sistem Hastawi
b. Sistem Book Issue Card
c. Dummy sistem
d. Sistem Kartu Besar
Tujuan penggunaan kartu anggota sebagai variasi dari sistem Book Issue card
adalah. . .
a. Untuk mencatat pesanan peminjaman kalau angota lain bermaksud meminjam materi pustaka yang masih dalam status pinjam
b. Untuk mengetahui buku apa saja yang dipinjam seorang siswa
c. Sebagai identitas anggota yang sanggup meminjam koleksi perpustakaan
d. Sebagai pengganti (tanda) buku yang sedang dipinjam
Dalam sistem ini, tiap anggota akan mendapatkan 1 (satu) kartu anggota yang
terbuat dari plastik. Di bab atas kartu tertera nama dan alamat anggota dalam karakter timbul. Ketika anggota akan meminjam koleksi maka anggota menempelkan kartu anggotanya pada kartu buku dengan memakai alat khusus. Sehingga pada kartu buku tercetak nama peminjam. Sistem ini adalah. . .
a. Brown
b. Islington
c. Newark
d. Sulih
Kata referens merupakan asal kata dari bahasa Inggris yang berarti to refer (dalam bentuk kata kerja) yang berarti . . .
a. Memilih
b. Menunjuk atau merujuk
c. Menyiapkan
d. Mengadakan
Tujuan pelayanan referens lebih dititikberatkan pada pelayanan individu semoga para pemakai perpustakaan bisa mendayagunakan sumber-sumber gosip referens secara mandiri. Tujuan kemandirian tersebut adalah. . .
a. Agar pemakai sanggup membantu menyeleksi dan memilihkan sumber rujukan yang tepat
b. Pemakai sanggup melaksanakan penelusuran gosip sesuai dengan bidang minatnya
c. Untuk memperlancar tugas-tugas kepustakawanan, sehingga akan menghemat tenaga dan waktu bagi pustakawan
d. Agar staf pelayanan tidak terlalu banyak
Penyusunan file-file khusus, indeks, bibliogra, dan aneh termasuk layanan referens dalam kategori. . .
a. Layanan langsung
b. Layanan teknis
c. Layanan tidak langsung
d. Layanan instruksional
Penyajian gosip atau entri berdasarkan urutan logis dan gampang dikenal menyerupai pada Indeks Laporan Penelitian Survei, berarti memakai susunan ...
a. Kronologis
b. Sistematis
c. Alfabetis
d. Informasi teknis
Cara penyajian gosip koleksi referens menyerupai almanak, buku tahunan biasanya berdasarkan susunan. . .
a. Kronologis
b. Sistematis
c. Alfabetis
d. Informasi teknis
Terbitan mengenai riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh pengarangnya disebut. .
a. Autobiogra
b. Kamus Geogra
c. Kamus Biogra
d. Poliglot
Di Indonesia perpustakaan yang pertama kali bangkit pada masa . . .
a. Kerajaan Mataram
b. Kerajaan Kediri
c. Hindia Belanda
d. Jepang
Perkembangan teknologi gosip berdampak pada perpustakaan dengan timbulnya aneka macam . . .
a. Tipe perpustakaan
b. Tipe pemustaka
c. Jenis layanan perpustakaan
d. Jenis perpustakaan
Perpustakaan elektronik mempunyai kemudahan dalam hal . . .
a. Akses koleksi
b. Koleksi dalam bentuk elektronik
c. Memiliki jaringan perpustakaan
d. Sirkulasi antarperpustakaan
Aplikasi teknologi berbasis web yang multimedia pada koleksi dan layanan perpustakaan, denisi dari . . .
a. Perpustakaan elektronik
b. Peprustakaan hibrida
c. Perpustakaan digital
d. Library 2.0
Tempat berkumpul masyarakat secara aktif dalam bebagai proses yang melibatkan lingkungan sehingga membentuk jejaring yang kuat, merupakan tipe perpustakaan . . .
a. Madani
b. Komunitas
c. Konvensional
d. Elektronik
Memberikan layanan secara nasional untuk masyarkat maupun perpustakaan lain, berdasarkan Maurice merupakan pengertian dari perpustakaan . . .
a. Umum
b. Nasional
c. Sekolah
d. Khusus
Kunci Jawaban:
- a. 2 Deputi
- c. Penyimpanan
- a. Pelayanan sirkulasi
- b. Sederhana
- d. Sistem tertutup dan terbuka
- a. Jenis perpustakaan
- d. 2
- b. Pelayanan pembaca
- a. Pelayanan teknis
- d. Kelengkapan koleksi dan kemampuan petugas
- b. 2
- d. Cara peminjaman buku
- d. Hobbi
- d. 2
- b. Kelengkapan koleksi
- d. (R)
- a. William S. Sahakin
- a. Novel, Buku agama dan komik
- b. Layanan sirkulasi dan referensi
- d. Cita-cita
- a. William A. Katz
- a. DDC
- d. Semua benar
- b. Sirkulasi
- b. Untuk membantu memenuhi kebutuhan gosip pemakai
- a. Membaca buku di kawasan atau bagi pemakai perpustakaan yang tidak sanggup meminjam materi pustaka
- b. Untuk meningkatkan keterpakaian koleksi yang tidak sanggup dipinjam
- c. Layanan Pendidikan Pemakai
- a. Perpustakaan Umum
- b. Mencatat nomor panggil dan atau judul dokumen; untuk diserahkan kepada petugas untuk diambilkan dokumen yang dimaksud
- c. Membuat rambu peringatan/ larangan bagi pemakai untuk meletakkan materi pustaka kembali ke jajaran koleksi di rak
- a. Layanan pendidikan pemakai
- d. Lamanya berkunjung di perpustakaan
- b. Layanan sisrkulasi
- d. Layanan Sirkulasi
- d. Sistem Kartu Besar
- b. Untuk mengetahui buku apa saja yang dipinjam seorang siswa
- b. Islington
- b. Menunjuk atau merujuk
- c. Untuk memperlancar tugas-tugas kepustakawanan, sehingga akan menghemat tenaga dan waktu bagi pustakawan
- c. Layanan tidak langsung
- b. Sistematis
- a. Kronologis
- a. Autobiografi
- d. Jepang
- a. Tipe perpustakaan
- a. Akses koleksi
- d. Library 2.0
- b. Komunitas
- b. Nasional