-->
Skb Perpustakaan - Soal Dan Jawaban
4/ 5 stars - "Skb Perpustakaan - Soal Dan Jawaban" Latihan Soal Tes CPNS (SKB) Tentang Perpustakaan Lengkap Jawaban SK Kepala Perpusnas RI tahun 2001, Kepala Perpusnas RI membawahi . . .  ...

Skb Perpustakaan - Soal Dan Jawaban



Latihan Soal Tes CPNS (SKB) Tentang Perpustakaan Lengkap Jawaban
  1. SK Kepala Perpusnas RI tahun 2001, Kepala Perpusnas RI membawahi . . . 
    a. 2 Deputi 
    b. 3 Deputi 
    c. 4 Deputi 
    d. 5 deputi 
  2. Perpustakaan menyimpan koleksi yang mengandung gosip dan dipakai oleh pemustaka, merupakan fungsi perpustakaan dari bidang . . . 
    a. Pendidikan 
    b. Kultural 
    c. Penyimpanan 
    d. Informasi
  3. Kegiatan yang melayani peminjaman dan pengembalian buku-buku perpustakaan sekolah disebut pelayanan apa?
    a. Pelayanan sirkulasi 
    b. Pelayanan teknis 
    c. Pelayanan pembaca
    d. Pelayanan buku
  4. Suatu unit kerja yang mempunyai sumber daya manusia, ruang khusus dan kumpulan koleksi sesuai dengan jenis perpustakaan”, merupakan pengertian perpustakaan secara . . . 
    a. Luas 
    b. Sederhana 
    c. SK Menpan No 18 th 1988 
    d. UU RI nomor 43 th 2007
  5. Berikut ini yaitu sistem peminjaman buku, yaitu . . . . . . 
    a. Sistem terbuka 
    b. Sistem tertutup 
    c. Sistem otomatis
    d. Sistem tertutup dan terbuka
  6. Munculnya aneka macam jenis media gosip dan keperluan gosip yang diperlukan aneka macam kelompok pengguna, merupakan factor yang mempengaruhi timbulnya . . . 
    a. Jenis perpustakaan 
    b. Fungsi perpustakaan 
    c. Media perpustakaan 
    d. Perpustakaan nasional
  7. Ada berapakah sistem peminjaman buku?
    a. 5 
    b. 4 
    c. 3 
    d. 2 
  8. Kegiatan yang menunjukkan kepada pengunjung perpustakaan dalam memakai buku- buku dan bahan-bahan pustaka lainnya disebut pelayanan apa?
    a. Pelayana teknis 
    b. Pelayanan pembaca 
    c. Pelayanan terbuka
    d. Pelayanan tertutup
  9. Kegiatan yang semua buku-buku dicatat dalam buku induk dan diklasifikasikan berdasarkan sistem pembagian terstruktur mengenai tertentu, disebut pelayanan apa?
    a. Pelayanan teknis 
    b. Pelayanan pembaca 
    c. Pelayanan terbuka
    d. Pelayanan tertutup
  10. Tugas pelayanan gosip bisa terselenggarakan dengan baik tergantung pada dua faktor yaitu. a. Banyaknya pegunjung dan petugas
    b. Peminjaman dan pengembalian buku
    c. Tempat dan waktu membaca
    d. Kelengkapan koleksi dan kemampuan petugas
  11. Menurut william A.Katz ada berapakah pelayanan pembaca yang terdapat dalam bukunya “introduction to reference work” ?
    a. 1 
    b. 2 
    c. 3 
    d. 4 
  12. Apa yang membedakan open acces system dengan closed acces system?
    a. Katalogisasi
    b. Membuat kartu perpustakaan 
    c. Cara pengembalian buku
    d. Cara peminjaman buku
  13. Yang terdapat dalam identitas buku kartu perpustakaan, kecuali ...
    a. Nomer 
    b. Nama 
    c. Alamat
    d. Hobbi
  14. Ada beberapa cara untuk mengetahui jumlah peminjaman pada setiap harinya?
    a. 5 
    b. 4 
    c. 3 
    d. 2 
  15. Selain faktor kemampuan petugas, faktor apa saja yang memengaruhi
    terselanggaranyan pelayanan gosip ?
    a. Pelayanan public 
    b. Kelengkapan koleksi
    c. Pelayanan sirkulasi
    d. Pelayanan pembaca
  16. Tanda apakah yang mnunjukkan bahwa tanda itu mempunyai arti koleksi tumpuan ?
    a. (O) 
    b. (P) 
    c. (Q) 
    d. (R) 
  17. “Learning is relatively permanent change in personality and reflects a change in performance”, merupakan pengertian berdasarkan . . . . . . 
    a. William S. Sahakin
    b. Robert M. W. Travers
    c. Aristoteles
    d. William S. Sahakin dan Robert M. W. Travers
  18. Dalam peminjaman di perpustakaan buku apa saja yang sanggup di bawa pulang ? . . . . 
    a. Novel, Buku agama dan komik
    b. Tesis, disertasi dan kamus
    c. Kamus, biografi dan buletin
    d. Surat kabar, biografi dan majalah
  19.  Layanan apa saja yang tersedia untuk pembaca?
    a. Layanan derma dan sirkulasi
    b. Layanan sirkulasi dan referensi
    c. Layanan tumpuan dan penyimpanan
    d. Layanan pengembalian dan referensi
  20. Berikut ini komponen yang terdapat dalam kartu perpustakaan, kecuali......
    a. Nama 
    d. Foto
    c. No. Anggota 
    d. Cita-cita
  21. “Circulation is one of two primary public service points in the library. The other is reference”, pendapat tersebut dikemukakan oleh . . . . . 
    a. William A. Katz 
    c. Robert W. M. Travers
    b. William S. Sahakian 
    d. Mc. Clelland
  22. Sistem yang terbiasa dipakai dalam perpustakaan untuk mengklasifikasi buku disebut .. . . .
    a. DDC 
    b. CDC
    c. DCC 
    d. CDD
  23. Sikap yang harus dimiliki petugas tumpuan yaitu . . . . . . 
    a. Lembut 
    c. Tidak gampang bosan
    b. Sabar 
    d. Semua benar
  24. Kegiatan melayani peminjaman dan pengembalian buku disebut . . . . . .
    a. Referensi 
    b. Sirkulasi
    c. Asosiasi 
    d. Klasifikasi
  25. Ditinjau dari segi kebutuhan pemakai, maka tujuan penyelenggaraan layanan perpustakaan yaitu ..... 
    a. Agar materi pustaka yang disediakan perpustakaan sanggup dimanfaatkan secara maksimal oleh pemakai
    b. Untuk membantu memenuhi kebutuhan gosip pemakai
    c. Keseragaman, keadilan dan pemerataan kesempatan penggunaan perpustakaan bagi seluruh pemakai
    d. Memiliki petugas layanan yang penuh perhatian, ramah, dan bersifat membimbing pemakai
  26. Layanan ruang baca disediakan oleh suatu perpustakaan untuk mengantisipasi pengunjung perpustakaan untuk. . .
    a. Membaca buku di kawasan atau bagi pemakai perpustakaan yang tidak sanggup meminjam materi pustaka
    b. Menerima gosip dari aneka macam sumber gosip tanpa harus tiba ke perpustakaan
    c. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan sesuai bidang minatnya
    d. Pertemuan para pengunjung atau kawasan berdiskusi
  27. Perpustakaan menyediakan layanan fotokopi dengan tujuan untuk .... 
    a. Memudahkan pemakai dalam mendapatkan buku-buku dengan harga lebih murah
    b. Untuk meningkatkan keterpakaian koleksi yang tidak sanggup dipinjam
    c. Pemakai tidak perlu memanfaatkan ruang baca alasannya sanggup membawa hasil fotokopi untuk dibawa pulang
    d. Layanan ini disediakan untuk pemakai yang bersama-sama sanggup meminjam koleksi perpustakaan untuk dibawa pulang
  28. Layanan perpustakaan yang disediakan untuk membimbing pemakai gres dalam memakai seluruh fasilitas, sumber informasi, dan semoga pemakai mengetahui peraturan dan tata tertib yang ada di perpustakaan, adalah. . . 
    a. Layanan Kesiagaan Informasi
    b. Layanan Referensi
    c. Layanan Pendidikan Pemakai
    d. Layanan Sirkulasi
  29. Layanan Perpustakaan Keliling biasanya disediakan oleh. . .
    a. Perpustakaan Umum
    b. Perpustakaan Sekolah
    c. Perpustakaan Khusus
    d. Perpustakaan Perguruan Tinggi
  30. Dalam sistem tertutup, sesudah pemakai menelusur materi pustaka yang diperlukan melalui katalog maka langkah selanjutnya adalah. . .
    a. Meminta ijin kepada petugas untuk memasuki ruang koleksi semoga bisa eksklusif mengambil sendiri koleksi tersebut
    b. Mencatat nomor panggil dan atau judul dokumen; untuk diserahkan kepada petugas untuk diambilkan dokumen yang dimaksud
    c. Melakukan browsing eksklusif ke jajaran koleksi 
    d. Memesan fotokopi melalui petugas
  31. Salah satu cara yang efektif bagi perpustakaan yang menerapkan sistem layanan terbuka dalam menekan kesalahan letak dokumen dalam jajaran adalah. . . 
    a. Mengadakan pembinaan penjajaran dokumen secara benar bagi pemakai
    b. Mengadakan pembinaan penjajaran dokumen secara benar bagi petugas
    c. Membuat rambu peringatan/ larangan bagi pemakai untuk meletakkan materi pustaka kembali ke jajaran koleksi di rak
    d. Menyiagakan petugas layanan di setiap rak untuk mengamati dan memperingatkan pemakai untuk tidak meletakkan kembali materi pustaka secara eksklusif ke rak
  32. Sosialisasi mengenai Peraturan dan Tata tertib Perpustakaan kepada anggota perpustakaan gres sanggup dilakukan melalui . . .
    a. Layanan pendidikan pemakai
    b. Seminar
    c. Bedah buku
    d. Orientasi mahasiswa
  33. Hal yang tidak penting dan tidak perlu dicantumkan dalam peraturan dan tata tertib yang perlu dicantumkan. . .
    a. Jam buka perpustakaan
    b. Sanksi kalau peraturan dilanggar
    c. Peraturan peminjaman dan perpanjangan peminjaman
    d. Lamanya berkunjung di perpustakaan
  34. Agar pemakai sanggup memanfaatkan koleksi seoptimal mungkin merupakan salah tujuan dari kegiatan. . .
    a. Layanan referens
    b. Layanan sisrkulasi
    c. Pengolahan materi pustaka
    d. Layanan teknis
  35. Bagian manakah di perpustakaan yang melayani pemakai yang ingin mendatarkan diri sebagai anggota perpustakaan. . .
    a. Layanan Kesiagaan Informasi
    b. Layanan Referens
    c. Layanan Pendidikan Pemakai
    d. Layanan Sirkulasi
  36. Variasi dari sistem buku besar adalah. . .
    a. Sistem Hastawi
    b. Sistem Book Issue Card
    c. Dummy sistem
    d. Sistem Kartu Besar
  37. Tujuan penggunaan kartu anggota sebagai variasi dari sistem Book Issue card
    adalah. . .
    a. Untuk mencatat pesanan peminjaman kalau angota lain bermaksud meminjam materi pustaka yang masih dalam status pinjam
    b. Untuk mengetahui buku apa saja yang dipinjam seorang siswa
    c. Sebagai identitas anggota yang sanggup meminjam koleksi perpustakaan
    d. Sebagai pengganti (tanda) buku yang sedang dipinjam
  38. Dalam sistem ini, tiap anggota akan mendapatkan 1 (satu) kartu anggota yang
    terbuat dari plastik. Di bab atas kartu tertera nama dan alamat anggota dalam karakter timbul. Ketika anggota akan meminjam koleksi maka anggota menempelkan kartu anggotanya pada kartu buku dengan memakai alat khusus. Sehingga pada kartu buku tercetak nama peminjam. Sistem ini adalah. . .
    a. Brown
    b. Islington
    c. Newark
    d. Sulih
  39. Kata referens merupakan asal kata dari bahasa Inggris yang berarti to refer (dalam bentuk kata kerja) yang berarti . . .
    a. Memilih
    b. Menunjuk atau merujuk
    c. Menyiapkan
    d. Mengadakan
  40. Tujuan pelayanan referens lebih dititikberatkan pada pelayanan individu semoga para pemakai perpustakaan bisa mendayagunakan sumber-sumber gosip referens secara mandiri. Tujuan kemandirian tersebut adalah. . .
    a. Agar pemakai sanggup membantu menyeleksi dan memilihkan sumber rujukan yang tepat
    b. Pemakai sanggup melaksanakan penelusuran gosip sesuai dengan bidang minatnya
    c. Untuk memperlancar tugas-tugas kepustakawanan, sehingga akan menghemat tenaga dan waktu bagi pustakawan
    d. Agar staf pelayanan tidak terlalu banyak
  41. Penyusunan file-file khusus, indeks, bibliogra, dan aneh termasuk layanan referens dalam kategori. . . 
    a. Layanan langsung
    b. Layanan teknis
    c. Layanan tidak langsung
    d. Layanan instruksional
  42. Penyajian gosip atau entri berdasarkan urutan logis dan gampang dikenal menyerupai pada Indeks Laporan Penelitian Survei, berarti memakai susunan ...
    a. Kronologis
    b. Sistematis
    c. Alfabetis
    d. Informasi teknis
  43. Cara penyajian gosip koleksi referens menyerupai almanak, buku tahunan biasanya berdasarkan susunan. . .
    a. Kronologis
    b. Sistematis
    c. Alfabetis
    d. Informasi teknis
  44. Terbitan mengenai riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh pengarangnya disebut. .
    a. Autobiogra
    b. Kamus Geogra
    c. Kamus Biogra
    d. Poliglot
  45. Di Indonesia perpustakaan yang pertama kali bangkit pada masa . . . 
    a. Kerajaan Mataram 
    b. Kerajaan Kediri 
    c. Hindia Belanda 
    d. Jepang
  46. Perkembangan teknologi gosip berdampak pada perpustakaan dengan timbulnya aneka macam . . . 
    a. Tipe perpustakaan 
    b. Tipe pemustaka 
    c. Jenis layanan perpustakaan 
    d. Jenis perpustakaan 
  47. Perpustakaan elektronik mempunyai kemudahan dalam hal . . . 
    a. Akses koleksi 
    b. Koleksi dalam bentuk elektronik 
    c. Memiliki jaringan perpustakaan 
    d. Sirkulasi antarperpustakaan 
  48.  Aplikasi teknologi berbasis web yang multimedia pada koleksi dan layanan perpustakaan, denisi dari . . . 
    a. Perpustakaan elektronik 
    b. Peprustakaan hibrida 
    c. Perpustakaan digital 
    d. Library 2.0
  49. Tempat berkumpul masyarakat secara aktif dalam bebagai proses yang melibatkan lingkungan sehingga membentuk jejaring yang kuat, merupakan tipe perpustakaan . . . 
    a. Madani 
    b. Komunitas 
    c. Konvensional 
    d. Elektronik
  50. Memberikan layanan secara nasional untuk masyarkat maupun perpustakaan lain, berdasarkan Maurice merupakan pengertian dari perpustakaan . . . 
    a. Umum 
    b. Nasional 
    c. Sekolah 
    d. Khusus
Kunci Jawaban:
  1. a. 2 Deputi 
  2. c. Penyimpanan 
  3. a. Pelayanan sirkulasi 
  4. b. Sederhana 
  5. d. Sistem tertutup dan terbuka
  6. a. Jenis perpustakaan 
  7. d. 2
  8. b. Pelayanan pembaca 
  9. a. Pelayanan teknis 
  10. d. Kelengkapan koleksi dan kemampuan petugas
  11. b. 2
  12. d. Cara peminjaman buku
  13. d. Hobbi
  14. d. 2 
  15. b. Kelengkapan koleksi
  16. d. (R) 
  17. a. William S. Sahakin
  18. a. Novel, Buku agama dan komik
  19. b. Layanan sirkulasi dan referensi
  20. d. Cita-cita
  21. a. William A. Katz 
  22. a. DDC
  23. d. Semua benar
  24. b. Sirkulasi
  25. b. Untuk membantu memenuhi kebutuhan gosip pemakai
  26. a. Membaca buku di kawasan atau bagi pemakai perpustakaan yang tidak sanggup meminjam materi pustaka
  27. b. Untuk meningkatkan keterpakaian koleksi yang tidak sanggup dipinjam
  28. c. Layanan Pendidikan Pemakai
  29. a. Perpustakaan Umum
  30. b. Mencatat nomor panggil dan atau judul dokumen; untuk diserahkan kepada petugas untuk diambilkan dokumen yang dimaksud
  31. c. Membuat rambu peringatan/ larangan bagi pemakai untuk meletakkan materi pustaka kembali ke jajaran koleksi di rak
  32. a. Layanan pendidikan pemakai
  33. d. Lamanya berkunjung di perpustakaan
  34. b. Layanan sisrkulasi
  35. d. Layanan Sirkulasi
  36. d. Sistem Kartu Besar
  37. b. Untuk mengetahui buku apa saja yang dipinjam seorang siswa
  38. b. Islington
  39. b. Menunjuk atau merujuk
  40. c. Untuk memperlancar tugas-tugas kepustakawanan, sehingga akan menghemat tenaga dan waktu bagi pustakawan
  41. c. Layanan tidak langsung
  42. b. Sistematis
  43. a. Kronologis
  44. a. Autobiografi
  45. d. Jepang
  46. a. Tipe perpustakaan 
  47. a. Akses koleksi 
  48. d. Library 2.0
  49. b. Komunitas 
  50. b. Nasional