-->
Macam - Macam Dan Pengertian Jenis Perangkat Keras Jaringan
4/ 5 stars - "Macam - Macam Dan Pengertian Jenis Perangkat Keras Jaringan" Perangkat Keras Jaringan                 Perangkat Keras Jaringan  adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebi...

Macam - Macam Dan Pengertian Jenis Perangkat Keras Jaringan



Perangkat Keras Jaringan


                Perangkat Keras Jaringan adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer dalam jaringan komputer agar setiap komputer yang terhubung sanggup saling menyebarkan data, file, dan sumber daya lainnya.
Seperti hal nya komputer, sebuah jaringan komputer sanggup beroperasi dengan didukung oleh software dan hardware.
Contoh Perangkat Keras Jaringan dan Fungsi nya, diantara lain :

11.  Modem


 Modem USB


·         Modem (Modulator Demodulator) merupakan perangkat yang menghubungkan kita ke internet. Perangkat ini berfungsi mengubah sinyal Analog menjadi sinyal Digital. Modem mengganti sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog ketika melewati medium menyerupai saluran telepon, lalu modem merubah kembali sinya tersebut menjadi sinya digital dikala menuju komputer tujuan. Hal ini dilakukan biar sanggup dipahami oleh komputer.
·         Untuk menghubungkan komputer/PC ke jaringan internet.
2. Kabel Jaringan


Kabel jaringan merupakan peralatan yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan komputer atau komputer dengan perangkat jaringan lainnya. Berikut yaitu jenis-jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer.
  • Twisted Pair (UTP dan STP)
  • Coaxial
  • Fiber Optic

3. Konektor


Konektor yaitu alat yang menghubungkan kabel dengan network adapter. Coba bayangkan apabila tidak ada konektor, dengan cara bagaimana kabel-kabel jaringan sanggup terhubung dengan network adapter atau NIC. Jeni konektor tentunya diubahsuaikan dengan jenis kabel yang digunakan.
  • Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
  • Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial
  • Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic

4.  Hub


Hub yaitu merupakan sebuah perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga Hub hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung ataupun concentrator saja, serta hanya menguatkan sinyal di kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP). Hub tak mengenal MAC Addressing atau Physical Addressing shingga tidak sanggup memilah data yang harus ditransmisikan shingga collision tak sanggup dihindari dari penggunaan Hub tersebut.



Fungsi Hub diantaranya:
  • Memfasilitasikan penambahan penghilangan ataupun penambahan workstation.
  • Menambah jarak network (bisa berfungsi sebagai repeater).
  • Menyediakan/memfasilitasi fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda (Ethernet, Toket ring dan FDDI)
  • Menawarkan feature-featur yang fault tolerance (Isolasi Kerusakan).
  • Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic).

5. Switch



Switch yaitu device sederhana yang juga berfungsi menghubungkan multiple komputer pada layer protokol jaringan level dasar. Switch beroperasi pada layer dua (Data Link Layer) dari OSI model.
Dari beberapa buku tersebut sanggup disimpulkan bahwa pengertian switch yaitu suatu perangkat yang berfungsi sebagai pengatur dan pembagi sinyal data dari suatu komputer ke komputer lainnya yang terhubung pada perangkat tersebut, fungsi tersebut sama dengan fungsi HUB yang menjadi perbedaan yaitu switch sanggup melaksanakan pengaturan berupa proses filter paket data. Biasanya masing-masing port pada switch sanggup disetting sehingga sanggup ditentukan port mana saja yang sanggup saling terhubung.
Sebenarnya fungsi dari switch yaitu sama dengan hub. Namun bergotong-royong cara kerja switch sedikit lebih rumit bila dibandingkan dengan hub. Switch tidak hanya sekedar mengurusi sinyal listrik tapi juga harus memproses isu pada lapisan atau layer data link, isu yang dicek oleh switch yaitu alamat MAC address dari setiap perangkat dan komputer yang tersambung dengan dirinya.


6. Repeater



Repeater yaitu alat jaringan kpmputer yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal yang berasal dari server biar sanggup menangkap sinyal WIFI. Perangkat Repeater harus ada 2 (dua) alat, yaitu untuk mendapatkan sinyal dari server (CLIENT) & untuk menyebarkan lagi sinyal WIFI (accespoint), atau sanggup juga sebagai alat penguat sinyal.
Fungsi Repeater diantaranya:
  • Untuk mengover daerah-daerah yang sinyanlnya lemah dari Server (pemancar).
  • Untuk memperjauh jangkauan sinyal dari Server (pemancar).
  • Untuk mempermudah kanal sinyal WIFI yang berasal dari Server.


7. Bridge



Bridge yaitu sebuah komponen jaringan komputer yang sanggup digunakan untuk memperluas jaringan ataupun menciptakan sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan-lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga sanggup digunakan untuk menggabungkan 2 (dua) buah media jaringan yang berbeda, menyerupai contohnya antara media kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair) dengan kabel serat optic/dua buah arsitektur jaringan yang berbeda.
Fungsi Bridge diantaranya:
  • Bridge berfungsi sebagai pembagi sebuah jaringan sehingga menjadi dua buah jaringan. Bridge sanggup mengatur isu diantara kedua sisi network biar sanggup berjalan dengan teratur.

8. Router

Router yaitu merupakan sebuah perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Network Layer atau perangkat komputer yang tugasnya memberikan paket data melewati jaringan internet hingga hingga ketujuannya. Pada layer ini sudah dikenal pengalamatan jaringan memakai IP Address, serta router ini berperan penting sebagai penghubung atau penerus paket data antara dua segmen jaringan/lebih.
Fungsi Router diantaranya:
  • Router berfungsi utama sebagai alat penghubung antar dua atau lebih jaringan komputer untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lain. Perbedaan Router dengan Switch yaitu, jikalau switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu jaringan LAN.

9. NIC

NIC yaitu kependekan dari Network Interface Card yaitu sebuah kartu yang fungsinya sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Cara kerja NIC yaitu untuk mengubah anutan data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga sanggup ditransmisikan di atas media jaringan.
Fungsi NIC diantaranya:
  • Sebagai media yang pengirimkan data ke komputer yang lain di dalam jaringan.
  • Mengontrol data flow diantara komputer & sistem kabel.
  • Sebagai penenerima data yang dikirim dari komputer/PC lain lewat kabel & menerjemahkannya ke dalam bit yang sanggup dimengerti oleh komputer.