-->
Mamank Dzgn : 7 Perilaku Jelek Yang Menciptakan Blogger Pemula Selalu Gagal
4/ 5 stars - "Mamank Dzgn : 7 Perilaku Jelek Yang Menciptakan Blogger Pemula Selalu Gagal" Saya gres saja menonton film 'Cahaya dari Timur: Beta Maluku' yang pada tahun 2014 kemudian dinobatkan sebagai Film Terbaik di F...

Mamank Dzgn : 7 Perilaku Jelek Yang Menciptakan Blogger Pemula Selalu Gagal





Saya gres saja menonton film 'Cahaya dari Timur: Beta Maluku' yang pada tahun 2014 kemudian dinobatkan sebagai Film Terbaik di Festival Film Indonesia. Saya memang terlambat menonton film ini. Namun, bulir-bulir kisah dalam film tersebut masih terasa dan cukup menginspirasi.

Ada satu kutipan yang aku sukai, dalam film yang seluruhnya dibentuk dalam bahasa orisinil Maluku tersebut. Kata-kata penyemangat yang diberikan kepada seorang instruktur yang juga sedang terpuruk alasannya yakni prustasi. Sani Tawainella yang diperankan oleh Chicco Jericho nyaris frustasi ketika membawa timnya berlaga di tingkat nasional.

Namun satu penggal kalimat Yosef, ajudan pelatihnya membuat semangatnya bangun kembali. Ia berkata "Cukup beri satu sentuhan anggun dari semua yang pahit".

Hidup memang tak selamanya berakhir manis. Bahkan nyaris apa yang dialami selalu berakir dengan rasa pahit. Namun, ketika kita bisa memberi sesuatu yang anggun dalam hidup, maka yang pahit itu akan hilang dengan sendirinya. Kata-kata ini, relevan untuk semua hal dalam kehidupan ini. Begitu pula dengan profesi blogger.

(Baca Juga: Cara Merawat Blog Sederhana Tapi Nampak Profesional)

Banyak blogger pemula gagal pindah dari posisinya alasannya yakni selalu berharap semua akan berakhir manis. Padahal, yang pahit pun akan selalu punya makna. Kita bisa mengenal rasanya anggun sehabis yang pahit kita nikmati.

Terinspirasi dari film diatas, BLOGOOBLOK pada postingan ini akan sharing pengalaman dan sedikit pengamatan mengapa ada banyak blogger pemula yang gagal sebelum berlayar.

Nyaris semua yang akan dibahas dalam artikel ini berafiliasi eksklusif dengan perilaku blogger bersangkutan. Sehingga aku berharap, apa yang aku tuliskan ini tidak terlalu menggurui, alasannya yakni soal perilaku yakni urusan pribadi masing-masing yang tak bisa aku ganggu gugat.

1. Terlalu Fokus Mengedit Theme

Saya yakni salah seorang yang pernah gagal mengembangkan blog alasannya yakni terlalu fokus pada duduk perkara ini. Theme atau tampilan blog bagi blogger pemula yakni segalanya. Padahal itu seharusnya tidak menjadi prioritas utama, apalagi kalau tak mempunyai kemampuan koding yang memadai.

Saya pernah meninggalkan dunia blog alasannya yakni putus atas, theme yang aku edit bukannya jadi baik malah tak karuan sama sekali. Sialnya, untuk mengembalikan ke tampilan semula juga tidak bisa. Berulang kali ganti theme namun hasilnya tetap sama. Blog yang aku kembangkan malah tak berprospek sama sekali.

Blogger yang terlalu usang berkutat pada urusan theme yakni blogger yang selalu berharap kesempurnaan. Padahal tidak ada hal yang sempurna, alasannya yakni setiap kali kita berusaha membuatnya sempurna, maka akan muncul kekurangan lain. Jika perilaku ini terus dipelihara, maka blog yang dikembangkan tidak akan maju-maju.

2. Tidak Sabaran

Ada peribahasa menyampaikan "Orang sabar disayang Tuhan". Harusnya ini juga diaplikasikan ketika menjalankan blog. Sayangnya, tidak semua blogger itu penyabar. Banyak hal dalam dunia blog yang menguji batas kesabaran kita dan tidak sedikit yang gagal dalam menghadapi cobaan tersebut.

Misalnya, tidak sabar mempunyai pengunjung yang banyak, sehingga ia melaksanakan cara-cara phising. Padahal, pengunjung yang banyak kekerabatan utamanya yakni konten yang banyak pula. Untuk membuat konten sampai ratusan halaman itu bukan perkara sehari dua hari. Tapi bahkan bisa tahunan, sehingga sabar sangat dibutuhkan.

Cobaan kesabaran dimana paling banyak blogger gagal yakni ketika membuat konten. Karena ingin segera mempunyai jumlah yang optimal, hal paling memalukan pun diambilnya. Yakni copy paste dari blog lain. Padahal perilaku terburu-buru menyerupai ini tak baik untuk blog dan blogger yang bersangkutan.

(Baca Juga: Merawat Blog Seperti Cinta Yang Terlalu Sering Patah Hati)

3. Terlalu Banyak Membaca tapi Minim Aplikasi

Banyak membaca sudah niscaya hal yang baik. Namun dalam dunia blogging, membaca saja tidak cukup. Karena setiap materi bacaan harusnya mempunyai imbas eksklusif kepada pembacanya. Misalnya, membuat goresan pena gres dengan wangsit dari materi bacaan sebelumnya.

Jika Anda seorang blogger, maka harus menanamkan dalam diri, biar menyajikan materi bacaan yang menarik buat orang lain. Karena orang mengunjungi satu blog, bukan hanya untuk melihat tampilannya, atau jumlah iklannya. Mereka berkunjung alasannya yakni materi bacaanya.

Jadi, kalau hanya banyak membaca, tapi tak ada aplikasi, Anda tidak cocok jadi blogger. Cocoknya hanya sebagai pembaca saja. Karena menjadi blogger mempunyai dua beban, punya wawasan dan memberi wawasan. Wawasan salah satunya melalui tulisan, video atau infografis.

4. Terlalu Berambisi Dapat Uang

Online money memang menggiurkan dan banyak orang berambisi menghasilkan uang dari blog pribadi. Tidak ada yang salah dengan ambisi tersebut. Namun harus dipahami, bahwa tidak ada pembeli yang tiba ke toko kosong. Ambisi yang terlalu besar juga bisa merusak pelan-pelan.

Banyak blogger yang tujuan utamanya hanyalah uang. Sehingga ketika yang dibutuhkan tidak terpenuhi, rasa kecewa tak bisa dielakkan. Jika sudah demikian, tidak sedikit blogger yang urung melanjutkan blognya, alasannya yakni sekali lagi, tidak ada uang yang didapatnya.

Blog itu bukan mesin pencetak uang. Tidak hari ini diciptakan, besok ribuan dollar dikantongi. Ambisi menghasilkan uang dari blog sah-sah saja, aku pun awalnya demikian. Namun, jangan jadikan itu sebagai impian yang tinggi, alasannya yakni ketika jatuh, rasa sakitnya cukup terasa.

(Baca Juga: 5 Tahapan Seorang Blogger Dapat Uang dari Blognya)

5. Menulis Hanya Untuk Mesin Pencari

Mempelajari SEO (Search engine optimization) bagi seorang blogger itu wajib. Namun mengakibatkan SEO lebih dari segalanya itu juga kurang baik. Karena beberapa blogger memaknai struktur yang harus digunakan dalam SEO bersifat mengikat dan mutlak. Sehingga ketika membuat tulisan, ia menulis untuk mesin pencari. Bukan pembaca.

Banyak blogger yang membuat goresan pena tanpa estetika yang baik. Dimana-mana sangat menonjol keinginannya membuat kata kunci di mesin pencari. Alhasil, goresan pena yang diciptakan tidak menarik untuk dibaca, alasannya yakni hanya bisa dipahami oleh robot, bukan manusia.

Seharusnya menulis yang baik di blog itu, bisa untuk kedua-duanya. Ramah bagi pembaca dan disukai oleh mesin pencari. Jangan juga membuat goresan pena yang tak dipahami mesin pencari. Karena bagaimana pun, sumber kemudian lintas pengunjung kita yakni mesin pencari.

6. Malas Tapi Berangan-angan Tinggi

Sikap paling jelek seorang blogger yakni rasa malas yang dipelihara. Anehnya, perilaku malas itu kadang selalu berdampingan dengan impian yang tinggi. Padahal tak akan ada gunung yang terbelah kalau dikerjakan hanya dalam angan-angan. Semua harus dengan tangan.

Malas yang paling ancaman yakni malas mengupdate blog. Jika hal ini yang terus dipelihara, maka tak heran Anda akan berkembang menjadi jadi blogger gagal. Tidak sedikit yang sudah melalui itu. Saya pun pernah mengalaminya, sampai bangun kembali dengan tujuan yang jelas.

Malas mengupadet blog biasa dialami blogger yang kehabisan ide tulisan. Mereka selalu berpikir, semuanya sudah ditulis dan tak ada lagi isnpirasi. Anggapan ini salah, alasannya yakni apapun di dunia ini tidak akan pernah selesai dituliskan. Semua selalu punya hal baru.

7. Tak Punya Tujuan

Rasa malas yang menimpa blogger alasannya yakni ia tak punya tujuan terperinci dalam menjalankan blog. Ia tak tahu, blog ini akan menyerupai apa dan bagaimana nantinya. Atau apa maksud dan tujuannya untuk ngeblog. Jika tujuannya yakni uang, menyerupai yang dijelaskan pada nomor 4 diatas, maka harus melalui semua tahapan.

Tujuan ngeblog setiap orang memang berbeda-beda. Namun dari tujuan yang terperinci itulah, kita akan tahu kemana blog ini akan dibawa. Jika kita sama sekali tidak punya tujuan dalam ngeblog, maka malas dan hambatan lain yang dihadapi dikemudian hari tak akan terselesaikan dengan baik.

Banyak yang gagal dalam profesi ini alasannya yakni memasang tujuan yang salah, atau bahkan tidak punya tujuan sama sekali. Karena tujuan yang terperinci yakni bentuk motifasi yang paling baik.

(Baca Juga: Melihat Potensi Blog Anda 10 Tahun Kemudian)

Sebenarnya masih banyak perilaku jelek seorang blogger sampai jadinya berlabel gagal. Saya menuliskan 7 hal diatas, alasannya yakni hampir semua pernah aku alami. Jika teman-teman punya pengalaman serupa atau diluar dari 7 hal diatas, silahkan dibagikan di kolom komentar.

Karena menyebarkan pengalaman kepada orang lain yakni pelajara berharga yang tak perlu teori yang berat-berat. Ini pula yang diyakini oleh Sani Tawainella ketika membawa tim besutannya juara di tingkat nasional. Ia pernah mengalami gagal dan mengubur mimpinya dalam-dalam, sehingga ia tak mau bawah umur didiknya ikut gagal.

Salam Kreasi!
+Wisa Rahardi