-->
Mamank Dzgn : Cara Menarik Uang Dari Paypal Ke Bank Lokal Indonesia
4/ 5 stars - "Mamank Dzgn : Cara Menarik Uang Dari Paypal Ke Bank Lokal Indonesia" Beberapa waktu lalu, saya menerima orderan review dari salah satu situs luar negeri. Karena mereka tidak menyediakan metode pembayaran m...

Mamank Dzgn : Cara Menarik Uang Dari Paypal Ke Bank Lokal Indonesia





Beberapa waktu lalu, saya menerima orderan review dari salah satu situs luar negeri. Karena mereka tidak menyediakan metode pembayaran melalui transfer bank, jadilah saya harus memakai akun PayPal. Akun ini sudah saya buat semenjak lama, namun tidak pernah dipakai sama sekali.

(Baca: Mendulang "Durian Runtuh" dari Job Review)

Alasan mengapa tidak memakai PayPal selama ini, alasannya yakni akun tersebut belum sempat saya verifikasi dengan kartu kredit. Saat menciptakan PayPal tersebut saya mempunyai kartu kredit, namun malah lupa melaksanakan verifikasi hingga kartu kredit tersebut saya tutup alasannya yakni kelebihan pemakaian. Maklum anak muda yang ceroboh :)

Jadilah akun itu berdiam diri dalam waktu yang tidak sebentar. Kadang-kadang juga menengoknya, berharap ada yang memberi donasi. Namun telurnya tidak pernah terpecahkan. Padahal, saya juga ingin mencicipi pengalaman memakai Paypal. Semuanya kemudian jadi aktual pada 28 Maret 2017 ini.

Melalui email pribadi, notifikasi pembayaran ke akun PayPal saya dilakukan oleh perusahaan luar negeri tersebut. Disitu juga tercantum tentang apa uang itu dikirimkan. Total yang dikirim gotong royong $26,25 USD, namun yang masuk ke rekening PayPal saya hanya $24,79 USD, $1,46 sisanya menjadi fee atau biaya transaksi.



Note: Nama perusahaan yang membayar kami rahasiakan untuk menyampaikan profesionalisme kerjasama yang kami lakukan. 

Karena ini yakni pengalaman pertama saya bertransaksi melalui PayPal, awalnya saya juga khawatir, uang itu tidak sanggup saya tarik ke rekening pribadi di bank lokal di Indonesia. Setelah login dan melihat rupa uang yang meski jumlahnya tidak besar tersebut, hati ini riang gembira.

(Baca Juga: Cara Dapat Kartu Kredit Gratis dari Payoneer)

Beberapa tumpuan pada waktu lampau pernah bergentayangan di benak saya, bahwa PayPal yang belum terverifikasi kartu kredit akan susah melaksanakan penarikan dana. Ada juga yang mengatakan, batasannya maksimal $1.000,00. Nyatanya tidak demikian, jumlah batasan penarikan uang yang sanggup kita lakukan tanpa verifikasi yakni $10.000,00 USD.

Itu artinya, nilai $24,79 tidaklah jadi persoalan sama sekali. Maka proses penarikan inipun saya lakukan. Akun PayPal saya sebelumnya sudah terintegrasi dengan Bank lokal Indonesia, sehingga prosesnya akan lebih mudah. Saya memakai rekening BCA untuk kartu debit di PayPal.

1. Langkah pertama yang saya lakukan yakni login ke akun PayPal saya. Tepat disebelah kiri halaman, terdapat tab saldo dan disana tertulis saldo yang hendak saya tarik. Dibawah total saldo itu ada link bertuliskan Tarik Dana. Untuk menarik uang silahkan klik link tersebut.



2. Kemudian akan muncul halaman gres yang harus diisi. Pada kotak Jumlah, masukkan total dana yang hendak ditarik. Jika ingin menarik seluruhnya, maka masukkan jumlah total saldo, bisanya juga menyisahkan sebagian untuk dijadikan simpanan. Mungkin besok lusa ada hal yang perlu dibayar memakai PayPal. Tapi alasannya yakni saya lagi butuh duit, semua saldonya saya tarik. Setelah itu klik Lanjutkan.


3. Halaman selanjutnya yakni halaman verifikasi dan proses yang akan terjadi. Kita diminta mengusut kembali jumlah yang akan ditarik. Karena ini di transfer ke Bank lokal Indonesia, maka mata uangnya akan eksklusif di konversi. Kebetulan saja, ketika transaksi ini terjadi nilai tukar rupiahnya hanya Rp12.922 per $1 USD. Pada laman ini juga ada gosip hingga berapa usang proses ini dilakukan. Jika sudah yakin, selajutnya klik tombol Tarik.



4. Jika berhasil maka akan muncul goresan pena menyerupai berikut.


5. PayPal akan kembali mengirim email yang menginformasikan bahwa mereka sedang melaksanakan proses pengiriman uang. Jika mengakses kembali akun PayPal Anda, akan terlihat dengan terang saldo rekening menjadi kosong. Dan akan terlihat ada proses transaksi yang berlangsung dibagian kanan.


















Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu hingga uang tersebut mendarat di rekening bank lokal Anda. Harus diingat, proses transaksi ini juga membutuhkan biaya, sebesar Rp16.000. Aturan ini diberlakukan PayPal untuk transaksi dibawah Rp1,5 juta. Biasanya jikalau lebih besar dari itu, tidak ada biaya sama sekali.

(Baca Juga: Cara Aktivasi Kartu Kredit Master Card Payoneer)

Hingga goresan pena ini saya buat, transferan uang itu belum saya terima. Tapi saya percaya, dua tiga hari kedepan dananya akan sampai. Pun jikalau tidak kita sanggup meminta derma ke pihak PayPal untuk melaksanakan pengecekan. PayPal yakni rekening online yang punya reputasi terbaik di dunia. Kaprikornus merasa aman-aman saja.

Update: Transferan dari Paypal masuk ke rekening saya pada Tanggal 31 Maret 2017, yang artinya dua hari semenjak saya melaksanakan penarikan. 

Mungkin ini terlihat norak, tapi inilah pengalaman pertama saya bertransaksi memakai PayPal. Beberapa orang barangkali mengatai saya kuper atau kampungan, tapi saya menentukan menceritakan hal yang sesungguhnya ketimbang akal-akalan hebat dalam transaksi di PayPal.

Bagaimana dengan kalian?

+Wisa Rahardi