-->
Mamank Dzgn : Mengenal Jurusan Yang Berkaitan Ilmu Komputer
4/ 5 stars - "Mamank Dzgn : Mengenal Jurusan Yang Berkaitan Ilmu Komputer" Untuk yang gres lulus SMA/SMK/MA/Sederajat dan akan melanjutkan kuliah di dunia komputer, sebaiknya paham dulu mengenai macam-macam jurusan ...

Mamank Dzgn : Mengenal Jurusan Yang Berkaitan Ilmu Komputer



Untuk yang gres lulus SMA/SMK/MA/Sederajat dan akan melanjutkan kuliah di dunia komputer, sebaiknya paham dulu mengenai macam-macam jurusan yang bekerjasama dengan dunia komputer.

Kalau ada yg bilang ingin melanjutkan ke jurusan komputer, itu salah. Ilmu komputer sangat luas cakupannya. Ibaratnya jurusan IPA yang terbagi menjadi Fisika, Kimia, dan Biologi, jurusan Komputer pun terbagi-bagi ke dalam beberapa jurusan.

Berikut macam-macam dan citra umum jurusan komputer dilansir dari duniailkom :

- Jurusan Ilmu Komputer
Lebih condong kearah ‘sains’-nya komputer, dimana akan membahas lebih dalam wacana algoritma, konsep pedoman sebuah aplikasi, teori jaringan, dll. Namun di ilmu komputer juga membahas praktek dengan banyak sekali bahasa pemrograman. Skripsi dari jurusan ilmu komputer boleh membahas sebuah teori/algoritma tertentu tanpa harus menciptakan aplikasinya. (cocok buat yang suka memahami wacana komputer hingga akar-akarnya 👍)

- Jurusan Teknik Informatika
Lebih condong ke implementasi daripada teori. Disini akan lebih fokus kepada proses pembuatan aplikasi, walaupun begitu, teori juga tetap dibahas tapi tidak sedalam di Ilmu Komputer. Skripsinya anak TI wajib menciptakan aplikasi. (cocok buat yang suka ngoding & programming 👍)

- Jurusan Sistem Informasi
Menggabungkan konsep komputer dengan bisnis dan management. Tujuannya sebagai ‘jembatan’ antara kebutuhan bisnis dengan aplikasi yang mesti dirancang. Contohnya ibarat bagaimana bekerjasama dengan client bisnis, bagaimana merancang aplikasi menurut skala bisnis perusahaan, dst. (cocok buat yang suka komputer & bisnis 👍)

- Jurusan Teknik/Sistem Komputer
Lebih kepada hardware. Walaupun menggunakan nama ‘komputer’, jurusan ini sering berada di bawah Fakultas Teknik. Ini bahwasanya ibarat dengan Fakultas Teknik Elektro, namun juga akan dibahas wacana programming yang menggunakan ‘bahasa mesin’. Hardware disini lebih ke arah microcontroller, ‘chip’ atau processor komputer. Bukan bagaimana cara merakit komputer. (cocok buat yang suka ngoprek komputer 👍)

Meskipun terlihat mirip, jurusan-jurusan komputer memang berbeda. Banyak yang salah paham bahwa mahasiswa komputer niscaya jago segalanya wacana komputer. Padahal belum tentu, mereka yang jago dalam software belum tentu jago dalam hardware dan sebaliknya.

So, udah nentuin mau ambil jurusan 'komputer' apa?