-->
Mamank Dzgn : Tips Lolos Dengan Gampang Tes Psikologi Rekrutmen Pt. Kai
4/ 5 stars - "Mamank Dzgn : Tips Lolos Dengan Gampang Tes Psikologi Rekrutmen Pt. Kai" Tips Lolos Dengan Praktis Tes Psikologi Rekrutmen PT. KAI - Saya akan membahas secara tuntas apa saja soal-soal tes psikologi yang muncul ...

Mamank Dzgn : Tips Lolos Dengan Gampang Tes Psikologi Rekrutmen Pt. Kai



Tips Lolos Dengan Praktis Tes Psikologi Rekrutmen PT. KAI - Saya akan membahas secara tuntas apa saja soal-soal tes psikologi yang muncul pada rekrutmen PT. KAI dengan secara gamblang dan sejelas mungkin, menurut pengalaman dan sumber yang sanggup dipercaya. Berikut pembahasannya!

Penjelasan Singkat Tes Psikologi
Berdasarkan hasil pengertian yang saya kutip dari wikipedia.

"Tes psikologi atau psikotes yaitu bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel sikap untuk menilai konstruksi psikologis, menyerupai fungsi kognitif dan emosional, wacana individu tertentu." 

Dapat kita ambil garis besar bahwa tes psikologi bertujuan untuk menilai diri kita dengan menurut sampel yang telah kita isi sebelumnya.
Hasil dari tes psikologi ini sering dikompilasi ke dalam tabel statistik yang memungkinkan evaluator [Penguji] untuk membandingkan sikap individu yang diuji terhadap tanggapan kelompok norma [Patokan sikap dalam suatu kelompok masyarakat tertentu].
Seringkali ada yang menganggap tes psikologi sama dengan tes potensi akademik, namun kedua hal tersebut tidaklah sama. Tes Psikologi mengarah kepada kepribadian seseorang, sedangkan tes potensi akademik mengarah pada kecerdasan [Akademik].
Jenis-Jenis Soal Tes Psikologi Pada Rekrutmen Kereta Api
Tes Wartegg [ Melengkapi Gambar]
Merupakan salah satu tes pada psikologi yang mengharuskan untuk menggambar pada 8 [delapan] kotak yang telah disediakan dengan pemikiran tertentu yang telah tersedia. Pada tes ini, kau diharuskan untuk menggambar sekreatif mungkin untuk mendapat hasil skor yang tinggi. Tapi perlu kau ingat, pada tiap kotak yang akan kau gambar telah tersedia clue [petunjuk] yang diharuskan untuk meneruskan alur gambar tersebut sesuai imajinasimu.
Perlu kalian perhatikan, clue pada tiap kotak berbeda-beda, sehingga kalian harus hati-hati dalam menggambar dan menentukan urutan yang kalian sukai, yang paling mudah, dan paling sulit.
Ada beberapa tips dalam penggambarannya menyerupai berikut
  1. Jaga kertas dalam keadaan bersih
  2. Jika Anda seorang pria, jangan mulai dari nomor 5 sebab jikalau Anda mulai dari nomor 5, berarti Anda mempunyai kelainan seksual.
  3. Mulai dari gambar yang paling gampang diselesaikan oleh Anda.
  4. Penomoran gambar tidak terlalu urut (1,2,3,4,5,6,7,8), atau tidak begitu acak. Jika perintah terlalu urut,
  5. Anda berarti orang yang kaku, jikalau terlalu acak berarti Anda tidak sanggup mengikuti aturan.
  6. Untuk nomor baris (3,4,5,6) gambarlah benda mati dan bersifat maskulin.
  7. Untuk nomor 1,2, 7,8 gambarlah makhluk hidup dan bentuk-bentuk menunjukkan sifat feminin.
  8. Berikan nama untuk masing-masing gambar di potongan kertas yang kosong
Dari tiap gambar tersebut sanggup diketahui abjad seseorang menyerupai Tekad, Kemauan, Kelincahan, Kemampuan Beradaptasi, Menyelesaikan masalah, budi dll. Sehingga dalam mengerjakan tes wartegg ini kalian harus menyesuaikan gambar dengan karakteristik yang PT. KAI inginkan.

Tes Pauli / Tes Koran
Pauli test atau yang sering disebut "hitungan koran" yaitu tes kemampuan dasar menghitung cepat. Tes ini terdiri atas formasi angka-angka dari 1-9 yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur. Pada dikala tes anda harus menjumlahkan dua angka yang berdekatan di setiap lajur dalam waktu tertentu. Adapun cara mengerjakannya yaitu dengan menjumlahkan dua buah bilangan, kemudian alhasil dituliskan disela-sela kedua bilangan yang dijumlahkan. Jika hasil dari penjumlahan berupa bilangan puluhan atau terdiri dari dua digit angka, maka cukup dengan menuliskan digit terakhir atau angka satuannya saja.
Tips mengerjakan Tes Pauli
  1. Siapkan kondisi badan yang sehat dan fit sehingga dalam tes tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan, menyerupai pusing, mual, dll.
  2. Persiapkan peralatan menyerupai pensil 2B minimal dua, untuk mengantisipasi bila ujung pensil mulai tumpul.
  3. Letakkan pensil 2B pada daerah yang paling nyaman, misal satu ditangan untuk menulis, dan sebelah kiri dari kertas tes pauli.
  4. Jangan pernah berbuat curang dalam menambahi angka yang dihitung, sebab hal  itu hanya akan membuang waktu, dan merusak grafik penilaianmu.
  5. Sebelum tes, biasakan untuk mencoba tes pauli terlebih dahulu dirumah, biar tidak terkejut dikala menghadapi tes ini.
 
Tes EPPS [Edwards Personal Preference Schedule]
Tes Edward Personal Preference Schedule atau Tes EPPS yaitu tes kepribadian yang terdiri atas pilihan-pilihan balasan yang mencerminkan diri seorang individu. Tes ini dipakai untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan, dan motif seseorang. Tes ini disusun oleh Edward menurut teori H. A. Murray wacana kebutuhan.
  1. Bacalah banyak hal seputar PT. KAI mengenai latar belakang, sejarah, dan tujuan dari perusahan tersebut.
  2. Setelah memahami point satu, ambillah kesimpulan. 
  3. Cocokkan diri langsung kalian dengan apa yang perusahaan tersebut butuhkan dalam pekerjaan. 
  4. Isilah dengan konsisten, jangan hingga berubah pikiran. 
  5. Yakinlah dengan apa yang kalian tulis. 
Perusahaan PT. KAI yaitu perusahaan transportasi yang pastinya berkaitan dengan ketepatan waktu, disiplin, jujur, ramah dalam pelayanan, sigap dalam menangani masalah, dan bisa bekerja sama.
  
Tes Analog Verbal
Tes untuk menilai kemampuan Anda dalam mengartikan makna, fungsi dan pemakaian kata yang mempunyai padanan korelasi fungsi atau analogi dengan kata yang ditulis dengan Huruf Kapital.
Pada banyak rekrutmen menyerupai STAN, Tentara, dll., Tes analog mulut sering dijumpa, namun pada rekrutmen PT. KAI seingat saya tidak ada dan digantikan dengan metode lain.
 
Tes Logika Aritmatika
Tes logika aritmatika atau juga bisa disebut dengan tes deret angka yaitu tes yang menguji dalam ha kecermatan dan ketelitian dalam menghitung.
Juga untuk Tes psikologi yang ini pun juga tidak ada pada tes rekrutmen PT. KAI.