-->
12 Cara Mengatasi Line Error Yang Ampuh Secara Permanen
4/ 5 stars - "12 Cara Mengatasi Line Error Yang Ampuh Secara Permanen" Saat ini line salah satu aplikasi chatting yang sedang terkenal di Indonesia. Banyak kelebihan dan kekurangan yang ada di Line. Untuk kel...

12 Cara Mengatasi Line Error Yang Ampuh Secara Permanen



Saat ini line salah satu aplikasi chatting yang sedang terkenal di Indonesia. Banyak kelebihan dan kekurangan yang ada di Line.


Untuk kelebihannya, Line mempunyai menyerupai Video Call dengan filter yang sanggup menghiasi wajah, animasi teks status, profile video, dan masih banyak lagi kelebihan yang tidak akan muat untuk disebutkan di sini.


Di sisi lain, Line juga mempunyai banyak kekurangan. Salah satu kekurangan Line yang sering dialami saat membuka Line yaitu Line error atau bug.


Beberapa error yang sering terjadi pada Line:

  • Sayangnya Line telah berhenti (jika hp nya menggunakan bahasa inggris: unfortunately Line has stopped), error Line yang satu ini sering ditemui saat hendak membuka akun line di HP. Masalah yang menyerupai dengan pesan tersebut yaitu 'Line tidak menanggapi. anda ingin menutupnya?' atau force close.
  • Tidak sanggup buka e-kupon sama gosip menyerupai Line today
  • Tidak sanggup free call dan video call
  • Gangguan mikrofon di video call
  • Tidak sanggup load post timeline, profile, gambar kiriman teman/grup, video, stiker dsb. Biasanya ada pesan "error has occured please try again later"
  • Notif tidak muncul namun saat gres masuk muncul
  • Tidak sanggup take photo
  • Gagal kirim pesan/pending kirim pesan
  • Line unable to download
  • Tidak sanggup ngirim pesan suara

Lalu bagaimana cara mengatasi Line error menyerupai beberapa perkara di atas?


Untuk mengatasinya biar Line tidak error kembali berikut ini caranya:


Restart dan cari jangkauan yang manis atau gunakan wifi


Saat ini line salah satu aplikasi chatting yang sedang terkenal di Indonesia 12 Cara Mengatasi Line Error yang Ampuh Secara Permanen

Jika menggunakan data jaringan 3G ataupun 4G cobalah untuk mematikan data kemudian nyalakan kembali datanya, urutannya menyerupai ini:


  1. Tutup line, harus benar-benar tertutup silahkan di cek di aplikasi manager untuk menutup paksa (force stop). Untuk Android: Pergi ke Settings, Setelah itu pilih Application Manager, kemudian cari Line dan klik tombol force stop
  2. Lalu matikan internet
  3. Setelah itu nyalakan kembali Internet-nya
  4. Terakhir buka kembali Line


Jika masih tidak sanggup alangkah baiknya untuk mencari daerah dengan jangkauan yang bagus. Jika masih tidak sanggup juga, gunakan wifi publik gratis, alasannya yaitu aplikasi chatting Line ini memerlukan jaringan yang bagus.


Tutup paksa Line kemudian restart HP


Cobalah untuk Menutup paksa aplikasi Line dengan cara force stop. Untuk menutup paksa di android sanggup melakukannya dengan tutorial yang sudah dijelaskan di atas.


Setelah sudah tertutup paksa silahkan restart HP, hal ini upaya biar proses untuk memulihkan aplikasi Line berhasil.


Tutup paksa dan Clear Cache


Saat ini line salah satu aplikasi chatting yang sedang terkenal di Indonesia 12 Cara Mengatasi Line Error yang Ampuh Secara Permanen

Cobalah untuk menghapus cache (tembolok) Line, mungkin saja cache ini yang sanggup menciptakan Line menjadi error, alasannya yaitu semakin bertambah cache yang ada di Line semakin pula sanggup menciptakan Line lag/berat untuk dibuka.


Apakah menghapus cache akan menghapus chat? tidak, tidak akan. Untuk melaksanakan hal ini di Android caranya hampir sama dengan di atas, menggunakan fitur yang ada di hp , yakni clear chache. Untuk melaksanakan clear cache berikut ini caranya:

  1. Masuk ke settings (ikon gerigi)
  2. Setelah itu pilih Appliaction Manager
  3. Cari aplikasi Line kemudian clear cache
  4. Untuk lebih maksimal silahkan restart HP


Update aplikasi


Cek di playstore apakah Line yang ada di HP menggunakan versi terbaru? bila tidak menggunakan versi terbaru, silahkan untuk di update.


Hal ini upaya untuk memperbaiki bug error dengan pesan error "sayangnya Line telah berhenti", alasannya yaitu biasanya versi terbaru yaitu hasil perbaikan dan penambahan fitur dari versi sebelumnya.

Clear Data


Jika masih tidak bisa, cobalah clear data. Kemungkinan besar alasannya yaitu hal tersebut terlalu banyak data di Line yang telah disimpan di Hp menyerupai chat, video, pesan suara, dsb.


Namun dengan clear data ini kau harus mempersiapkan beberapa imbas negatif lainnya menyerupai chat dari gebetan/pacar akan hilang.


Untuk itu sebelum melaksanakan ini perlu dilakukan backup chat (menyimpan chat). Untuk melaksanakan backup di line sanggup mengikuti: Cara backup chat line.


Clear data ini ampuh mengatasi beberapa permasalahan line menyerupai Line tidak sanggup dibuka, pesan pending, tidak sanggup load gambar, dsb.

Install ulang



Jika masih tidak berhasil, cobalah untuk menguninstall (hapus) Line dari Hp kemudian install kembali yang ada di playstore. Biasanya terjadi alasannya yaitu corrupt ataupun alasannya yaitu kesalahan dalam meniban versi sebelumnya.


Sama menyerupai Clear Data, Install ulang ini juga ada imbas negatifnya, salah satunya chat akan hilang. Untuk itu perlu dilakukan backup chat biar chat penting sepreti dari pacar/gebetan tidak hilang.

Hapus aplikasi lain yang memberatkan HP


Jika mempunyai aplikasi yang tidak benar-benar diperlukan di HP alangkah baiknya untuk segera menghapus (uninstall), hal ini biar saat membuka Line tidak keluar sendiri.


Aplikasi chatting Line ini sangat berat, dan harus mempunyai ruangan kosong yang banyak, semakin chat bertambah maka semakin berat untuk memuka aplikasi Line maka dari itu terkadang saat Line berat akan banyak bug yang terjadi.

Jangan letakan Line di Memory Card (Memory SD Card)


Line sering mengalami Bug/Error saat diletakan di memory card, untuk itu bila dirasa diletakan di memory card segeralah untuk memindahkannya ke internal memory.


Resiko bila memindahkan ke internal memory yaitu memory HP akan semakin cepat penuh seiring bertambahnya data Line menumpuk.


Matikan HP dan Lepas Batery



Matikan HP dan lepas batery, mungkin saja alasannya yaitu terlalu membuka Line sanggup menciptakan HP dan battery menjadi panas, biasanya bila HP panas sanggup menciptakan error Line menyerupai Line keluar sendiri.


Update Android OS

Cobalah untuk mengecek OS android di hp kamu. Jika OS tersebut menggunakan versi usang silahkan untuk di update. Untuk update OS berikut ini caranya:

  1. Masuk ke settings
  2. Lalu pilih About Phone
  3. Setelah itu System Updates


Untuk yang mempunyai problem Mikrofon dan notifikasi


  1. Biasanya hal ini terjadi pada HP xiaomi (MIUI). Untuk mengatasi Gangguan mikrofon di video call, berikut ini caranya:
  2. Masuk ke keamanan (security)
  3. Permissions (Perizinan) buka lagi Permissions (Perizinan)
  4. Cari Aplikasi Line kemudian bukalah
  5. Aktifkan 'rekam audio' dan selesai


Masih bingung? bila masih galau ada tutorial dari SB_SC Channel berikut ini tutorialnya.


Cara ini juga sanggup diterapkan bila notifikasi tidak muncul namun saat buka Line gres muncul.


Factory Reset HP


Langkah terakhir yang sangat-sangat bersiko untuk dilakukan namun sangat ampuh untuk mengatasi membuatkan permasalahan Line.


Factory Reset atau biasa disebut juga reset pabrik yaitu langkah terakhir yang sanggup dilakukan bila dirasa semua problem diatas benar-benar tidak bisa.


Cara ini sangat-sangat bersiko. Mengapa? alasannya yaitu akan menghapus data-data yang ada di internal memory HP menyerupai SMS, log telpon, memo (catatan), akun email untuk HP, nomor kontak HP yang dimasukan di internal HP, dan sebagainya.


Untuk melaksanakan hal ini harus mempunyai niat dan tekad yang kuat, alasannya yaitu sangat berisiko. Itulah bagaimana cara mengatasi banyak sekali permasalahan Line (line error) yang ampuh.


Cara di atas tidak benar-benar seratus persen berhasil, namun sanggup diterapkan bila masalahnya menyerupai dengan yang disebutkan di artikel ini.