-->
Cara Mengatasi Kesalahan Data Terstruktur : Hilang Updated, Author, Publisher Dan Lainnya
4/ 5 stars - "Cara Mengatasi Kesalahan Data Terstruktur : Hilang Updated, Author, Publisher Dan Lainnya" Data terstruktur ialah suatu data yang mempunyai struktur memakai kosakata schema.org dan format menyerupai microdata, RDF , atau microforma...

Cara Mengatasi Kesalahan Data Terstruktur : Hilang Updated, Author, Publisher Dan Lainnya



Data terstruktur ialah suatu data yang mempunyai struktur memakai kosakata schema.org dan format menyerupai microdata, RDF, atau microformats yang sanggup dipakai perayap menyerupai Google untuk memahami markup pada sebuah laman. Informasi ini sanggup dipakai Google untuk menciptakan cuplikan kaya serta fitur lainnya pada hasil penelusuran, dimana hal ini sanggup membantu mendorong kemudian lintas ke situs Anda.

Data terstruktur ialah suatu data yang mempunyai struktur memakai kosakata schema Cara Mengatasi Kesalahan Data Terstruktur : Hilang Updated, Author, Publisher dan lainnya

Gunakan Google search console untuk melihat laporan apakah di dalam laman Anda mempunyai markup data terstruktur dan pastikan tidak ada kesalahan markup di dalamnya. Jika ditemukan kesalahan, segera lakukan perbaikan, untuk memaksimalkan kinerja situs web Anda pada hasil penelusuran.

Berikut ini daftar kesalahan umum yang sering muncul pada hasil laporan data terstruktur Google search console, berikut cara mengatasinya.

1. Mengatasi kesalahan hilang updated

Hilang Updated atau missing Updated pada laporan data terstruktur hatom (Markup: microformats.org) ialah kondisi dimana tidak adanya data tanggal dan waktu yang menunjukkan kapan sebuah postingan terakhir kali diperbaharui. Pada BlogPosting (Markup: schema.org) nilai data ini masuk pada bidang dateModified.

Untuk mengatasi kesalahan hilang updated pada data terstruktur, satu satunya jalan ialah dengan menambahkan struktur isyarat baru, bukan memanfaatkan data published (stempel waktu / post-timestamp). Karena kedua bidang tersebut seharusnya menunjukkan nilai waktu yang berbeda, kecuali bila semua artikel blog Anda tidak pernah ada yang di update atau diedit.

Silahkan masuk ke Edit HTML, kemudian cari isyarat stempel waktu di dalam isyarat <b:includable id='post' var='post'>

Penampakan isyarat stempel waktu

<span class='post-timestamp'>   <b:if cond='data:top.showTimestamp'>     <data:top.timestampLabel/>     <b:if cond='data:post.url'>       <meta expr:content='data:post.url.canonical' itemprop='url'/>       <a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'>         <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'>           <data:post.timestamp/>         </abbr>       </a>     </b:if>   </b:if> </span>

Tempatkan isyarat berikut sempurna di bawah isyarat stempel waktu.

<span class='post-updated'>   <b:if cond='data:top.showTimestamp'>     Last Updated     <span class='updated' itemprop='dateModified'>       <data:post.lastUpdatedISO8601/>     </span>   </b:if> </span>

Catatan:

  • Kode di atas boleh ditempatkan dimana saja, sanggup di bawah isyarat author atau yang lainnya.
  • Jika post isu untuk halaman utama dan item dipisahkan, berarti Anda harus memasang isyarat post-updated sebanyak dua kali.
  • Sisipkan isyarat style='display: none;' pada baris pertama isyarat di atas bila Anda ingin menyembunyikan data post-updated.
  • Data updated yang ditampilkan mengacu pada standar tanggal dan waktu menurut ISO 8601. Contohnya sanggup dilihat pada belahan post-footer di bawah artikel ini.
  • Kode Z pada belahan paling belakang, menunjuk pada UTC ± 00: 00 (Coordinated Universal Time pada bujur 0°). Makara jangan heran bila pada sebuah postingan yang tidak atau belum pernah di update, ada selisih waktu antara nilai data published (stempel waktu) dengan nilai data updated (dateModified).

Baca juga: Cara Terbaru Mengatasi Masalah CSS Bundle di Blogger.

2. Mengatasi persoalan hilang author

Kesalahan hilang author pada laporan data terstruktur biasanya hanya terjadi pada halaman utama saja. Tapi tidak menutup kemungkinan, kesalahan ini juga muncul pada halaman item. Hal ini disebabkan oleh kesalahan struktur isyarat yang digunakkan untuk menampilkan data author pada halaman tersebut.

Untuk mengatasi kesalahan hilang author, pastikan Anda memakai struktur isyarat berikut untuk menampilkan data author pada semua halaman di blog.

      <span class='post-author vcard'>         <b:if cond='data:top.showAuthor'>           <data:top.authorLabel/>             <b:if cond='data:post.authorProfileUrl'>               <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'>                 <meta expr:content='data:post.authorProfileUrl' itemprop='url'/>                 <a class='g-profile' expr:href='data:post.authorProfileUrl' rel='author' title='author profile'>                   <span itemprop='name'><data:post.author/></span>                 </a>               </span>             <b:else/>               <span class='fn' itemprop='author' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Person'>                 <span itemprop='name'><data:post.author/></span>               </span>             </b:if>         </b:if>       </span>
3. Kesalahan Image

Untuk mengatasi kesalahan properti image pada laporan data terstruktur Google search console, caranya sangat mudah. Cari isyarat menyerupai di bawah ini, kemudian ganti isyarat itemprop='image_url' menjadi itemprop='image'

    <b:if cond='data:post.firstImageUrl'>       <meta expr:content='data:post.firstImageUrl' itemprop='image_url'/>     </b:if>

Catatan: peringatan kesalahan pada properti image akan tetap muncul pada laman yang tidak mempunyai gambar di dalamnya. Untuk mengatasinya, hapus isyarat di atas, kemudian ganti dengan isyarat di bawah ini. Jangan lupa ganti isyarat warna merah dengan url gambar alternatif.

<div itemprop='image' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ImageObject'>   <b:if cond='data:post.firstImageUrl'>     <meta expr:content='data:post.firstImageUrl' itemprop='url'/>     <b:else/>     <meta content='Url_Image_Alternative' itemprop='url'/>   </b:if> </div>

Baca juga: Cara Mengatasi Gambar Thumbnail Buram di Blog.

4. Kesalahan postId dan blogId

Kedua jenis properti ini tidak dikenali pada schema.org/BlogPosting . Solusi termudah untuk mengatasi kesalahan ini ialah dengan mengubah isyarat itemprop='blogId' dan itemprop='postId' menjadi itemprop=''.

    <meta expr:content='data:blog.blogId' itemprop='blogId'/>      <meta expr:content='data:post.id' itemprop='postId'/>

5. Kesalahan Headline

Cari baris isyarat pembungkus judul artikel / postingan menyerupai di bawah, kemudian ganti isyarat itemprop='name' menjadi itemprop='headline' .

<h3 class='post-title entry-title' itemprop='name'>

Catatan: tidak semua template memakai h3 sebagai pembungkus judul artikel. Pada beberapa template / tema tertentu, kadang memakai h1 atau h2 untuk membungkus judul artikel.

6. Mengatasi persoalan mainEntityOfPage

Properti mainEntityOfPage pada schema.org menunjukkan sebuah halaman dimana hal ini merupakan entitas utama yang sedang dijelaskan. Url postingan merupakan nilai yang sesuai untuk properti ini.

Pada halaman utama, Anda sanggup memakai url post yang ada pada judul artikel untuk dipakai sebagai properti mainEntityOfPage.

<a expr:href='data:post.url' itemprop='mainEntityOfPage'>   <data:post.title/> </a>

Sedangkan untuk halaman item, Anda sanggup memakai url post yang ada di dalam struktur isyarat stempel waktu sebagai properti mainEntityOfPage. Atau, keduanya juga sanggup memakai url ini.

<meta expr:content='data:post.url.canonical' itemprop='url mainEntityOfPage'/>

7. Mengatasi persoalan publisher

Nilai yang diperlukan pada properti ini sanggup menunjuk pada orang atau organisasi. Pada tutorial ini, saya memakai tipe organisasi sebagai nilai untuk properti publisher.

Tempatkan isyarat berikut di bawah isyarat properti image (lihat isyarat pada kesalahan nomor 3)

<div class='publisher' itemprop='publisher' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/Organization'> <div itemprop='logo' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ImageObject'> <meta content='Url_Image_Logo' itemprop='url'/> <meta content='200' itemprop='width'/> <meta content='200' itemprop='height'/> </div> <meta expr:content='data:blog.title' itemprop='name'/> </div>

Catatan:

  • Ganti isyarat warna merah dengan url gambar logo blog Anda.
  • Sesuaikan nilai pada width dan height dengan ukuran orisinil gambar logo milik Anda.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Label.

8. Mengatasi kesalahan datePublished

Kesalahan pada properti datePublished, biasanya disebabkan lantaran nilai yang ditampilkan pada properti ini, hanya memuat tanggal atau waktu saja, pada postingan yang dipublikasikan. Sehingga Google tidak sanggup memahami properti tersebut sebagai tanggal dan waktu. Padahal, properti ini seharusnya memuat keduanya, sebagaimana telah diatur dalam ISO 8601 mengenai tanggal dan waktu.

Untuk mengatasi kesalahan datePublished, Anda sanggup mengikuti salah satu dari dua cara berikut.

Cara pertama
  • Masuk ke Blogger > pilih blog > klik Setelan > Bahasa dan pemformatan.
  • Pada pengaturan Format Timestamp, klik tanda panah, kemudian pilih format tanggal dan waktu yang serupa dengan model ini ( 9/27/2017 05:00:00 pm ).
  • Klik tombol Simpan Setelan pada pojok kanan atas layar.

Cara kedua

Hapus isyarat <data:post.timestamp/>, kemudian ganti dengan isyarat <data:post.timestampISO8601/>



Setelah semuanya selesai diperbaiki, lakukan pengujian data terstruktur pada laman yang sedang tayang, untuk mengetahui apakah semua markup data yang telah diperbaharui sudah benar dan tidak ada lagi kesalahan. Perubahan pada grafik laporan data terstruktur Google search console, memerlukan waktu sampai laman dirayapi ulang. Biasanya akan mulai terlihat penurunan kesalahan sesudah tiga hari.