-->
3 Cara Mengecek Kecepatan Suatu Situs Blog
4/ 5 stars - "3 Cara Mengecek Kecepatan Suatu Situs Blog" 3 Cara Mengecek Kecepatan Suatu Situs Blog - Kecepatan loading suatu blog mempunyai peranan penting dalam menunjang kenyamanan pengunjung ke...

3 Cara Mengecek Kecepatan Suatu Situs Blog



3 Cara Mengecek Kecepatan Suatu Situs Blog - Kecepatan loading suatu blog mempunyai peranan penting dalam menunjang kenyamanan pengunjung ketika mengunjungi blog kita. Pengunjung paling tidak suka bila ada suatu situs blog mempunyai loading blog yang sangat lama. Sudah niscaya pengunjung tersebut kabur entah kemana.

Pada postingan sebelumnya tentang Cara mengatasi loading blog lelet sebenarnya sudah dijelaskan bagaimana cara mengecek kecepatan suatu situs blog tetapi hanya sekilas saja. Pada postingan kali ini admin akan menjelaskan secara lebih terang bagaimana cara mengecek kecepatan loading blog dan tools apa saja yang digunakan.

Sebenarnya berbagai tools yang sanggup anda gunakan untuk mengecek seberapa besar skor kecepatan loading situs blog anda, namun hanya 3 tools yang admin sarankan alasannya yakni terbukti karenanya valid dan sanggup di percaya.

Tools Apa Sajakah Itu?

  1. PageSpeed Insight
  2. GTMETRIX
  3. Pingdom 

Bagaimana Cara Menggunakan Ketiga Tools Tersebut? 

Sebelum anda benar-benar memakai tools tersebut ada baiknya anda bersihkan dulu cache, history, riwayat browser anda.

Ketika akan memulai pengecekan gunakan mode penyamaran atau incognito supaya karenanya benar-benar valid.

Oke, pribadi saja ikuti langkah-langkahnya.

  1. PageSpeed Insight
 Cara Mengecek Kecepatan Suatu Situs Blog  3 Cara Mengecek Kecepatan Suatu Situs Blog

PageSpeed Insight merupakan tools dari Google yang berfungsi mengukur kecepatan loading suatu situs. Baik dari versi mobile maupun versi desktop. Cara memakai tools ini cukup mudah.

Anda tinggal mengunjungi situs resmi PageSpeed Insight lalu masukkan URL anda, Anda sanggup pribadi melihat skor kecepatan situs blog anda dalam rentang angka 0-100. Dan juga dilengkapi dengan cara mengatasi kecepatan loading blog anda baik dalam versi mobile maupun versi desktop

2. GTMETRIX

 Cara Mengecek Kecepatan Suatu Situs Blog  3 Cara Mengecek Kecepatan Suatu Situs Blog

GTMETRIX merupakan situs untuk mengecek skor kecepatan blog kita sama ibarat PageSpeed Insight. Hanya perbedaannya, hasil skor GTMETRIX berupa karakter (A,B,C,D,E,F) serta dalam bentuk persen (0-100%). Sama ibarat PageSpeed Insight, Tools GTMETRIX juga menunjukkan rekomendasi dan juga saran bagaimana memperbaiki blog biar loadingnya semakin lebih cepat.

Bagaimana cara memakai tools ini? Kunjungi situs GTMETRIX. Lalu masukkan url blog anda, klik analyze Anda sanggup pribadi melihat hasilnya.

3. Pingdom

 Cara Mengecek Kecepatan Suatu Situs Blog  3 Cara Mengecek Kecepatan Suatu Situs Blog

Pingdom juga merupakan tools yang sanggup anda gunakan untuk mengukur seberapa cepat Loading blog anda ketika dikunjungi. Dalam prakteknya, pingdom tools memakai server yang berasal dari 3 negara yaitu Amerika Serikat, Australia, dan Swedia untuk mengukur kecepatan loading blog anda. 

Cara memakai tool ini juga tidak terlalu sulit. Anda cukup mengunjungi situs pingdom tools masukkan url blog anda. Kamu sanggup pilih ingin mengecek kecepatan situs blog anda dari server mana saja. Bisa dari Amerika, Swedia maupun Australia. Sesudah itu klik start test dan Anda sanggup melihat hasilnya.

Hasil yang didapat berupa skor 0-100 dan juga karakter (A s.d. F) serta rekomendasi dari pingdom perihal apa saja yang harus diperbaiki blog tersebut biar semakin ringan dan cepat loadingnya.

Bagaimana gampang bukan? Tentu mudah. Bagi anda yang ingin mengecek ulang kecepatan blog anda baik alasannya yakni menambah pos gres atau melaksanakan perubahan pada laman sebaiknya tunggu 5-10 menit sebelum lakukan pengecekan ulang. (pastikan history dan cache, serta cookies telah dibersihkan). Dan tetap gunakan mode incognito atau penyamaran ketika melaksanakan pengecekan ulang.

Catatan lain bila anda ingin pengecekan ini karenanya valid :
  • Bagi anda pengguna https, pastikan ketika melaksanakan pengecekan berawalan https. Contoh https://....
  • Bagi anda pengguna http, gunakan awalan http untuk melaksanakan pengecekan. misalnya http://...
  • Bagi anda pengguna blogspot gunakan akhiran blogspot.co.id dalam pengecekan yang anda lakukan bukan memakai akhiran blogspot.com kecuali anda memakai script anti pengalihan ke blogspot.co.id maka gunakanlah akhiran blogspot.com.
  • Perhatikan juga bagi pengguna custom domain, apakah url blog Anda berawalan www apa tidak, bila berawalan www maka ketika melaksanakan pengecekan url harus berawal www, bila tidak maka www tidak perlu dicantumkan.

Sekian postingan perihal cara mengecek kecepatan situs blog dan semoga postingan ini bermanfaat bagi semua