-->
Tutorial Blogger, Cara Lengkap Membuat Blog Untuk Para Pemula
4/ 5 stars - "Tutorial Blogger, Cara Lengkap Membuat Blog Untuk Para Pemula" cara membuat blog Sekarang ini banyak orang yang ingin membuat blog. Entah itu blog yang berbayar ataupun gratisan. Para blogger pem...

Tutorial Blogger, Cara Lengkap Membuat Blog Untuk Para Pemula



cara membuat blog

Sekarang ini banyak orang yang ingin membuat blog. Entah itu blog yang berbayar ataupun gratisan. Para blogger pemula percaya bahwa dengan membuat blog , mereka bisa mengasilkan pendapatan uang dari internet baik itu berupa Rupiah atau Dollar. Memang tidak salah jika anda memiliki keyakinan seperti itu, Meskipun pada intinya hal ini sangat sulit dilakukan disaat anda masih pemula dalam mencari uang atau dollar di internet. Tapi semua itu bisa anda lakukan jika anda terus ingin belajar dan pantang menyerah dalam dunia internet.

Untuk membuat blog bagi para pemula, ada dua fakta yang wajib anda ketahui yaitu:

  1. Membuat blog sangatlah gampang jika anda benar-benar memahami petunjuk ini
  2. Jika membuat blog tidaklah mudah jika anda tidak mengutik dari panduan dibawah ini

Salah satu alasan kenapa anda ingin membuat blog, pastinya anda ingin berpenghasilan dan pernah mengunjungi beberapa situs terbesar dan kagum melihat tampilan websitenya.

Apapun alasannya, jika anda ingin membuat blog secara gratis, anda berada pada situs yang sangat tepat!.

Banyak pasilitas website yang menyediakan layanan platform secara gratis mulai dari wordpress, blogger, tumblr, jimdo, webs, squidoo, dan masih banyak lagi. Namun yang paling tepat untuk mencari pendapatan di internet sebaiknya pilih blog karna sangat gampang dalam membuat website berupa blog.

Namun pada tutorial kali ini saya akan membahas secara lengkap cara membuat blog dengan menggunakan website blogger. Yang mana kita ketahui blogger merupakan platform blog buatan google yang sangat gampang digunakan dan tetap bagi blogger pemula.

Apa yang dimaksud Blogger??

Blogger ialah sebuah penyediaan layanan publikasi blog yang diciptakan oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada Thn 2003. Secara luas, blog yang dihost oleh Google berada di bawah perusahaan subdomain blogspot.com. Blogger mengizinkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di tempat server lain, melalui FTP hingga 1 Mei tahun 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur tampilan URL.

Seperti yang dijelaskan diatas, blogger masuk kategori hosted. Hosted berarti blog anda ‘menumpang atau kontrak’ di website tersebut. Jadi sama saja anda tidak akan punya website orginal milik sendiri, dan alamat blog anda menjadi: blogsaya.blogspot.com

Tips Memilih Nama Domain

Meskipun sperti itu, anda tetap bisa menggunakan nama domain sesuai yang anda inginkan seperti kampusdollar.com

Jadi apa yang saya harus lakukan untuk pemula di blogger? Silahkan simak baik-baik panduannya berikut ini:

Langkah-langkah Cara membuat blog!

1. Kunjungi situs blogger.com. Tampilan blogger yang baru ini, kadang membingungkan bagi anda yang dulu pernah membuat blog di blogger. Namun, anda tidak usah bingung, Karena membuat blog di tampilan yang baru ataupun lama pada prinsipnya sama saja.

2. Selanjutnya, anda klik Create Your Blog atau cara membuat blog di tampilan baru.
cara membuat blog

3. Maka anda akan dialihkan ketampilan ini, anda di haruskan untuk login terlebih dahulu menggunakan gmail. Jika anda belum mempunyai akun gmail, anda bisa membuat akun gmail terlebih dahulu melalui klik ini. Jika sudah membuat akun gmail, lalu masukkan email gmail anda lalu klik Berikutnya seperti contoh gambar di bawah ini.
cara membuat blog

4. Setelah itu masukan Password email gmail anda yang yadi dibuat
cara membuat blog


5. Sebelum masuk ke blogger, anda akan dialihkan ke halaman untuk membuat Akun Gplus atau blogger terlebih dahulu. pada tutorial kali ini saya akan membuat akun profil Google+. Klik Buat Profil Google+.
cara membuat blog

6. Isi sesuai data diri anda atau data yang akan anda inginkan, selanjutnya klik Create Profile.
cara membuat blog

7. Pada langkah tersebut, anda bisa mengubah tampilan avatar yang anda sesuaikan melalui tanda plus, lalu pilih gambar yang ingin anda pasang sebagai avatar profil anda, lalu Klik Save. Atau  melewati langkah ini dengan menklik tombol skip.
cara membuat blog


8. Selanjutnya, anda perlu mengkonfirmasi profil google plus yang telah anda buat seperti gambar dibawah ini. Dengan cara klik Lanjutkan ke Blogger
cara membuat blog


9. Sekarang anda telah masuk di tampilan yang baru dashboard blogger . Untuk membuat blog baru anda bisa mengklik tombol Buat blog baru seperti gambar dibawah ini.
cara membuat blog


10. Selanjutnya masukkan data blog yang ingin anda inginkan
cara membuat blog
Catatan diatas :
  • Nomor 1 adalah nama blog yang ingin anda inginkan.
  • Nomor 2 adalah URL blog yang akan diapakai nantinya.
  • Nomor 2 adalah template blogger yang akan dipakai

11. Pastikan alamat blog yang anda inginkan mempunyai status Alamat blog tersedia karena jika alamat blog ini tidak tersedia artinya alamat tersebut sudah ada yang gunakan. agar tombol buat blog bisa di klik.
cara membuat blog


12. Jika Alamat URL anda tidak tersedia, maka tombol buat blog akan nonaktif atau tidak bisa diklik.
cara membuat blog


13. Setelah itu, masukkan alamat URL yang anda gunakan sampai terlihat keterangan Alamat blog ini tersedia. Selanjutnya klik Buat Blog.
cara membuat blog



14. Setelah anda lakukan semuanya diatas maka blog yang anda buat telah berhasil. Selamat!


15. Untuk Melihat seperti apa tampilan blog yang telah anda buat tadi, maka anda bisa klik tombol Lihat Blog.

cara membuat blog
Setelah anda lakukan seperti contoh diatas sebaiknya anda harus mengetahu fungsi pada menu didalam blogger, Silahkan Klik ini untuk mengetahui fungsi didalam Menu Blogger