-->
Belajar Esai Part 1 : Mengenal Esai Dan Ciri-Ciri Esai
4/ 5 stars - "Belajar Esai Part 1 : Mengenal Esai Dan Ciri-Ciri Esai" Pengertian dan Ciri-ciri Esai - Kesempatan kali ini akan membahas perihal salah jenis teks. Teks tersebut berjulukan esai. Tahukah anda apa...

Belajar Esai Part 1 : Mengenal Esai Dan Ciri-Ciri Esai



Pengertian dan Ciri-ciri Esai - Kesempatan kali ini akan membahas perihal salah jenis teks. Teks tersebut berjulukan esai. Tahukah anda apa esai itu? Dan bagaimana ciri-cirinya? Dengan membaca artikel dibawah ini anda akan menemukan pertanyaan-pertanyaan tersebut.



Pengertian Esai

Berikut beberapa pengertian Esai yang telah dikutip dari banyak sekali sumber :

Menurut KBBI

Jika kita merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, sanggup kita ketahui bahwa esai mempunyai pengertian "suatu goresan pena atau karangan yang membahas suatu masalah berdasarkan pandangan langsung penulisnya yang bersifat subjektif atau argumentatif yang didasari pandangan yang logis serta didukung oleh fakta."

Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, Esai merupakan "tulisan yang menggambarkan pandangan atau opini penulis mengenai subjek tertentu yang coba dinilainya."


Menurut Beberapa Para Ahli


Soetomo : Menurut Soetomo Esai  yaitu suatu karangan pendek mengenai suatu masalah yang menarik perhatian untuk diselidiki dan dibahas dengan mengemukakan pendirian, pikiran, keinginan dan juga sikapnya terhadap problem yang disajikan.

Umar Muktar : Pengertian Esai berdasarkan Umar Muktar yaitu suatu karangan berbentuk prosa yang mengupas secara sepintas namun akurat, padat, dan berisi yang berisi perihal banyak sekali masalah, menyerupai politik, seni, budaya, dan juga kesustraan dari sudut pandang penulisnya.

Apriliani : Pengertian Esai berdasarkan Apriliani ialah karangan berbentuk prosa yang membahas perihal suatu masalah secara sekilas dan lugas dari sudut pandang penulisnya.

Setelah membahas pengertian Esai, selanjutnya kita membahas perihal ciri-ciri Esai. Apa saja ciri-ciri Esai itu? Simak pada klarifikasi di bawah ini :

Ciri-ciri Esai


Esai mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

1. Singkat 

Esai merupakan karangan singkat sehingga pembaca sanggup membacanya dengan santai dalam waktu dua jam saja. Umumnya Esai hanya terdiri dari 3-4 paragraf saja.

2. Tidak Utuh

Artinya Esai ditulis oleh penulisnya hanya membahas hal-hal penting dan menarik dari objek serta subjek yang ditulisnya. Tetapi walaupun begitu Esai tetap harus mempunyai keutuhan penulisan (mulai dari pendahuluan, pengembangan, hingga kesimpulan).

3. Berbentuk Prosa

Esai dikatakan berbentuk prosa alasannya ialah bentuk komunikasi Esai menghindari penggunaan bahasa dari ungkapan figur.

4. Memiliki Ciri Personal

Artinya penulisan esai merupakan ungkapan sendiri penulis perihal pandangannya, pikirannya, dan sikapnya terhadap pembaca.

Dalam berguru Esai part 1 ini kita telah membahas perihal pengertian dan juga ciri-ciri Esai. Dalam part 2 nanti kita akan membahas seputar jenis-jenis Esai dan juga strukturnya. Sekian artikel ini penulis buat biar bermanfaat bagi pembaca.

Selanjutnya >>> Belajar Esai Part 2