Sebelum membahas lebih jauh soal taktik ini, ada baiknya anda harus tau terlebih dahulu jenis-jenis keyword yang biasa dijumpai. Apa saja itu?
Jenis-Jenis Keyword
1. Short Tail Keyword
Short Tail Keyword merupakan sebuah keyword yang hanya mengandung 1-2 kalimat saja.Contoh :
Pulsa Elektrik
Token PLN
Penggunaan short tail keyword tidak cocok dengan penggunaan blogger pemula. Hal ini dikarenakan terlalu beratnya tingkat persaingan.
Kalau anda tidak dapat memaksimalkan SEO dengan baik, sudah niscaya artikel anda akan sulit menembus peringkat teratas google.
Penggunaan short tail keyword hanya dipakai untuk pemain SEO kelas atas.
2. Long Tail Keyword
Long Tail Keyword merupakan kebalikan dari short tail keyword. Long tail keyword mengandung 3-4 kalimat bahkan lebih.
Contoh :
Strategi Penjualan Pulsa Elektrik yang Efektif
Cara Membeli Token PLN Via ATM
Penggunaan Long Tail Keyword sangat menguntungkan bagi blogger pemula. Karena rendahnya tingkat persaingan sehingga menciptakan long Tail Keyword lebih gampang untuk mendapat peringkat atas mesin pencari. Walaupun mempunyai volume pencarian yang lebih sedikit. Tetapi itu tak jadi masalah.
3. Keyword Abadi
Keyword Abadi merupakan keyword yang hingga kapanpun akan selalu dicari oleh banyak orang. Keyword ini tak pernah lekang oleh waktu meski zaman telah berubah.Contoh keyword abadi yakni sbb :
Cara Membuat Nasi Goreng
Cara Menanak Nasi
Kedua keyword tersebut niscaya tetep dicari walaupun kita sudah mempunyai cicit nantinya dan hingga 7 turunan sekalipun.
Keyword ini sangat cocok untuk mendapat banyak pengunjung sebab niscaya banyak yang mencarinya.
4. Keyword Musiman
Keyword ini hanya dicari disaat dikala tertentu dan cenderung gampang sekali hilang dari pencarian. Keyword jenis ini tidak cocok bagi Anda yang ingin membangun blog besar di masa depan.Contoh keyword ini yakni :
Top Skorer Liga Indonesia 2011
Jadwal Liga Inggris Musim 2017/2018
Kedua keyword tersebut hanya akan dicari hanya dalam rentang waktu yang singkat dan mustahil dicari selain di waktu tersebut.
Setelah anda mengetahui jenis jenis keyword, pribadi saja kita mulai bagaimana menjalankan taktik ini.
Strategi ini yakni taktik untuk mendapat banyak visitor dengan memanfaatkan keyword yang tepat. Bukan sebuah taktik untuk mendapat peringkat 1 Google dengan keyword tertentu.
Penggunaan keyword yang sempurna menciptakan peluang blog Anda Dikunjungi juga semakin besar. Anda boleh saja mempunyai Artikel yang dapat meraih peringkat 1 google.
Tapi pertanyaannya sekarang, apa keyword yang Anda gunakan banyak dicari orang? Atau justru sedikit sekali? Disini letak kesalahan Anda. Anda hanya memikirkan bagaimana supaya artikel anda berada di peringkat 1 google, tidak memikirkan apa artikel yang dibentuk keywordnya banyak dicari orang.
Justru sia-sia bagi anda yang telah capek-capek menciptakan artikel, artikel berhasil masuk page one google tapi visitor tetap saja sedikit. Kesenangan hanya sesaat saja.
Yang perlu Anda lakukan Anda harus memakai keyword yang sempurna untuk mengetahui seberapa banyak orang yang mencari artikel dengan kata kunci tersebut.
Strategi dan Langkah-Langkah yang Perlu Anda Lakukan Yaitu Sebagai Berikut :
1. Mulai Dulu Menentukan Keyword Yang Akan Anda Gunakan
Tentukan dahulu keyword apa yang ingin Anda gunakan untuk artikel anda. Agar nanti dapat menganalisisnya. Admin sarankan sebaiknya gunakan keyword abadi yang selalu dicari oleh banyak orang hingga kapanpun.Apa harus short tail keyword? Apa sebaiknya long tail keyword saja? Itu terserah anda. Di atas sudah dijelaskan bagaimana kelebihan dan kekurangan memakai kedua keyword tersebut.
Kita ambil contoh, keyword yang ingin kita gunakan yakni seputar memasak nasi. Kaprikornus kemungkinan keyword yang dicari yakni sebagai berikut :
Cara Memasak Nasi
Cara Menanak Nasi
Kita disini melaksanakan sebuah analisis perbandingan. Mana diantara 2 keyword tersebut yang sering dicari orang.
Bagaimana menganalisisnya? Berikut akan admin jelaskan.
Mungkin Anda akan melaksanakan sebuah riset keyword dengan memakai Google keyword planner atau tools lain yang sejenis.
Cara tersebut memang efektif, tetapi bagi seorang pemula yang masih belum mengerti soal riset keyword, tentunya akan merasa kesulitan. Ada cara lain yang lebih gampang untuk mengetahui seberapa banyak suatu kata kunci dicari oleh orang lain.
Langkah-langkah yang harus Anda lakukan :
2. Ketikkan kata kunci yang ingin Anda analisis. Kita disini akan melaksanakan perbandingan untuk dua kata kunci yakni : cara memasak nasi dan cara menanak nasi
.
3. Sekarang coba lihat kedua gambar dibawah ini
Dari hasil analisis, dapat kita lihat perbandingannya. Kata kunci cara memasak nasi mempunyai volume pencarian sekitar 884 ribu sementara kata kunci cara menanak nasi mempunyai volume pencarian sekitar 144 ribu.
Apa artinya? Artinya dominan pengunjung lebih sering mencari dengan kata kunci "cara memasak nasi" daripada memakai kata kunci "cara menanak nasi."
Maka sebaiknya Anda gunakan keyword cara memasak nasi jikalau anda ingin artikel anda mempunyai peluang lebih untuk dikunjungi.
Dari pembahasan ini, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa memilih keyword itu tidak dapat dilakukan secara sembarangan, perlu adanya taktik khusus semoga kita tidak salah memilih keyword yang sebetulnya tidak pernah dicari orang.
Strategi ini juga bermanfaat untuk dapat membuka peluang datangnya visitor menuju blog kita.
Sekian artikel ihwal taktik penggunaan keyword semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.