-->
Cara Menciptakan Kuis Pilihan Ganda Di Adobe Flash Cs6 Dengan Actionscript 2
4/ 5 stars - "Cara Menciptakan Kuis Pilihan Ganda Di Adobe Flash Cs6 Dengan Actionscript 2" Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang/prakerin di Sleman, Yogyakarta. Satu paket dengan Media Interaktif  nya...

Cara Menciptakan Kuis Pilihan Ganda Di Adobe Flash Cs6 Dengan Actionscript 2



 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2

Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang/prakerin di Sleman, Yogyakarta. Satu paket dengan Media Interaktif nya.

Tapi, pada tutorial ini hanya membahas bagaimana menciptakan Kuis/Soal Pilihan Ganda sesuai request dari teman kita 😙 Muhammad Indra.

Tutorial Membuat Kuis/Soal Pilihan Ganda di AdobeFlash CS6

Seperti biasanya, tutorial terbagi atas 2 tahap ialah Desain dan Actionscript. Untuk menciptakan Kuis/Soal Pilihan Ganda tersebut, saya memakai Actionscript 2.


Tahap 1 - Bikin Desain Kuis/Soal Pilihan Ganda

1. Buatlah Document Flash actionscript 2.0 dengan ukuran terserah. (contoh : 800 x 600 satuan pixels)
2. Buatlah layer baru(bg) dan tambahkan gambar yang berbeda pada Frame 1(untuk opening), Frame 2-6(untuk soal/kuis) dan Frame 7 untuk hasil skornya nanti.
 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2

3. Buat layer gres lagi, beri nama teks. Kemudian isi teks pada layer teks di frame 1 tersebut
 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2

4. Masih pada layer teks, frame 1. Buatlah teks dengan tipe Input Text dan tambahkan nama variabelnya. Contoh : namanya
 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2

5. Buat layer gres lagi, dan buatlah tombol 'Mulai' dengan Rectangle. Cara menciptakan tombol sanggup anda lihat ditutorial sebelumnya(membuat Media Interaktif).
 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2

6. Jangan lupa, isikan nama Instance pada tombol Mulai menyerupai pada gambar.
 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2

7. Clear Frames pada Frame 2 hingga 7 di layer Tombol, biar tombol 'Mulai' hanya muncul di Opening/Awal.
 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2

8. Isilah teks berupa soal dan pilihan jawaban dari Frame 2 hingga 6.
 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2

9. Pada layer tombol, buatlah tombol untuk pilihan tanggapan A hingga D.
 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2

10. Sekarang, tinggal copy paste deh pilihan a,b,c dan d ke Frame 3 hingga 6. Kemudian atur posisi tombolnya biar rapi.
 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2

11. Jangan lupa, isi nama instance dari tombolA, tombolB, tombolC dan tombolD yang nantinya berfungsi dalam pembuatan isyarat script.
 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2

Hampir selesai, tinggal edit bab frame terakhir(7). lanjut's 😆

12. Pada layer teks, buatlah teks tipe Input Text dengan nama variabel sebelumnya.

Sehingga, saat kita masukkan nama dibagian opening. Namanya akan muncul di frame terakhir ini.
 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2

13. Masih pada layer yang sama, buat teks dengan tipe Dynamic Text dan nama variabelnya skor untuk menampilkan nilainya disini.

14. Dan yang terakhir, pake Dynamic Teks juga. tapi nama variabelnya beda ya 😅. Contoh : keterangan

15. Agar sanggup kembali ke sajian awal, kita tambahkan tombol Ulang dengan nama instance ulangi_btn.

Huh, agak panjang ya 😁 padahal sedikit aja kok kalau dipraktekan.. Sudah selesai nih tahap 1, lanjut tahap selesai untuk ActionScript.


Tahap 2 - Menambahkan ActionScript 2.0 Kuis/Soal Pilihan Ganda

1. Buatlah layer baru(as2), klik kanan pada frame pertama - Pilih Actions - lalu isi isyarat script dibawah ini.
stop(); score = 0; mulai_btn.onPress = function(){      nextFrame(); };

Keterangan Kode :
  • stop(); biar saat di Test Movie(CTRL + F5) berhenti pada frame tersebut.
  • score = 0; menciptakan variabel dengan nama score dan nilainya 0;
  • mulai_btn.onPress = function(){ nextframe(); }; biar saat tombol ditekan, akan berpindah ke Frame selanjutnya.
 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2

2. Lanjut, isyarat script Soal/Kuis nya untuk Frame 2 hingga 6.
 Membuat Kuis Pilihan Ganda pertama kali saya pelajari saat magang Cara Membuat Kuis Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan Actionscript 2
 stop(); onEnterFrame = function(){  skor = +score; };  tombolA.onPress = function() {  nextFrame(); };  tombolB.onPress = function() {  nextFrame(); };  tombolC.onPress = function() {  nextFrame(); };  tombolD.onPress = function() {  score += 20;  nextFrame(); };
Keterangan Kode :
  • onEnterFrame merupakan sebuah event handler saat masuk pada Frame tersebut. onEnterFrame akan terus melaksanakan perulangan pada perintah skor = +score; sehingga nilai Score yang awalnya 0 akan terus bertambah tiap Frame.
  • score += 20; artinya variabel score akan bertambah 20 poin. Perintah score += 20; hanya ditambahkan pada tombol jawaban yang benar.

3. FINAL, tambahkan isyarat script berupa percabangan pada frame 7.
 if (score>=70) {  keterangan = "Perfect! Pertahankan Prestasi Anda!";  loadMovieNum("winner.swf", 1); }  if (score<=60) {  keterangan = "Tidak cukup. Kasihan banget, ya!";  loadMovieNum("loser.swf", 1); }  ulangi_btn.onPress = function() {  gotoAndStop(1); };

Keterangan Kode :
  • LoadMovieNum berfungsi untuk memanggil file berformat swf.
File materi dan Demo nya sanggup anda unduh/download secara Gratis di akun Github saya. Ukuran semua file, 12mb aja kok. 😁

Itulah tutorial Lengkap untuk Membuat Kuis/Soal Pilihan Ganda di Adobe Flash CS6 dengan ActionScript 2.0 . Jangan lupa Follow blog saya, hehe..