-->
Kumpulan Soal-Soal Ukai Dan Jawabannya Edisi 54
4/ 5 stars - "Kumpulan Soal-Soal Ukai Dan Jawabannya Edisi 54" Kumpulan Soal-Soal UKAI dan Jawabannya edisi 54 Dibawah ini merupakan pola soal Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi / UKAI Edisi Ke 54 Beserta...

Kumpulan Soal-Soal Ukai Dan Jawabannya Edisi 54



Kumpulan Soal-Soal UKAI dan Jawabannya edisi 54


Dibawah ini merupakan pola soal Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi / UKAI Edisi Ke 54 Beserta Kunci Jawabannya lengkap


 Dibawah ini merupakan pola soal Uji Kompetensi  Kumpulan Soal-Soal UKAI dan Jawabannya edisi 54
soal-soal UKAI dan jawaban

Hai helo teamn-teman semua, ukomfarmasi.blogspot.com kali ini lanjut memperlihatkan sebuah latihan soal Uji KOmeptensi Apoteker Indonesia, biar apa yang telah kami sajikan ini bermanfaat bagi teman-teman semua. Salam kumpulan UKAI Indonesia


1. Seorang pasien yang mendirita HIV/AIDS dengan inisial Tn.D berusia 27 tahun, dengan TB=65 cm dan BB=49 kg, tiba berobat ke sebuah Rumah Sakit. Pasieng mengeluhkan hepatitis yang dideritanya sekarang terasa berat dan bertambah parah. Sebelumnya pasien telah mengonsumsi obat Ritonavir 600 mg 2 kali sehari sejak 1 ahad terakhir ini. Jika obat tersebut harus diganti, manakah diantara obat berikut yang sedikit risiko untuk menjadi hepatitis pada pasien?

a. Nevirapine
b. Lamivudine
c. Indinavir
d. Zidovudine

Jawaban : b. Lamivudine



2. Seorang pasien perempuan berumur 51 tahun dilaporkan jam 05.45 di IGD RS.O pada tanggal 13 April 2010 dengan keluhan pasien tersebut tiba-tiba jatuh dan anggota gerak kanan menjadi lemah sejak tanggal 9 April 2010, bicara pelo, disertai mual dan muntah serta pusing. Pasien sebelumnya dirawat di RSUD X pada tanggal 20 November 2018 kemudian dirujuk ke RS.Z. Hasil investigasi tekanan darah pada pasien=100/70 mmHg, BB=86 kg, TB=160 cm. Pasien menyampaikan ia juga mengalami insomnia. Dari Tanda dan tanda-tanda yang ada pasien dicurigai kondisi penyakit ?

a. Hipotensi
b. Stroke iskemik
c. Tukak peptic
d. Osteoporosis

Jawaban : b. Stroke iskemik



3. Jika ada seseorang pasien di Rumah Sakit menerima pengobatan menyerupai berikut ini :
R/ Tab vit B6
Fargoxin 12,5
Ethambutol
Glucovance
Xanax 0,25
Alganax 0,5 & 0,25
Rifampicin
Codein 20

Demgan diberikan resep tersebut, maka kemungkinan pasien ini menderita penyakit?

a. TBC, Hipertensi, diabetes melitus
b. TBC, gangguan jantung dan diabetes melitus
c. TBC, gangguan jantung, hipertensi
d. TBC, Hiperlipidemia, diabetes melitus

Jawaban : b. TBC, gangguan jantung dan diabetes melitus



4. Seseorang Pasien perempuan berusia 18 Tahun tiba dengan keluhan sakit ketika berkemih dan demam. Hasil investigasi laboratorium nilai WBC=14 x 104 /mm3 dan urin nyata nitrit.
Obat apakah yang sempurna bagi pasien tersebut diatas?

a. Clindamycin
b. Eritromisin
c. Metronidazol
d. Ciprofloxacin

Jawaban : d. Ciprofloxacin



5. Seorang pasien laki-laki berjulukan Tn.Q berumur 41 tahun dengan tekanan darah 190/100 mmHg, dokter kemudian meresepkan obat hipertensi pada pasien tersebut. Obat ini mengakibatkan tekanan darah turun dengan sangat cepat sehingga mengakibatkan pasien pingsan pada ketika santunan awalnya.
Menurut saudara sebagai apoteker profesional obat apakah yang mengakibatkan tragedi yang dialami oleh pasien Tn.Q tersebut ?

a. Prazosin
b. Nifedipin
c. Atenolo
d. Perafamil

Jawaban : a. Prazosin



6. Seorang pasien laki–laki berjulukan Tn.U yang berusia 56 tahun dengan diagnosa hipertensi (TD=160/90 mmHg). Ketika dikaji riwayatnya, pasien juga mengalami gagal jantung.
Jenis anti hipertensi apa yang dihentikan diresepkan untuk pasien Tn.U diatas?

a. Beta Bloker
b. ACE Inhibitor
c. Calsium Canal Blocker
d. Angiotensin Reseptor Blocker

Jawaban : c. Calsium Canal Blocker



7. Seorang laki-laki yang berjulukan Tn. G dengan usia 41 tahun, BB=61 kg, mengeluh sesak dan muntah. Ketika diperiksa, TD=140/100 mmHg, RR=31 kali/menit. Hasil pengkajian terdapat edema pada kedua kaki dan didapatkan rales pada kedua basal paru pasien. Pemeriksaan darah, didapatkan hasil HB=7,3 g/dl, MCV dan MCHC normal, ureum=421 mg/dl, kreatinin=33 mg/dl. Hasil investigasi USG didapatkan ukuran kedua ginjal mengecil, dan densitas korteks meningkat, serta batas korteks medula kabur.
Setelah dilakukan investigasi diperoleh hasil ?

a. Penyakit ginjal kronik stadium V
b. Penyakit ginjal kronik stadium II
c. Gagal ginjal akut
d. Sindroma nefrotik

Jawaban : a. Penyakit ginjal kronik stadium V


Sumber : Kumpulan UKAI Indonesia

Baca Juga :

Demikianlah artikel singkat kami yang berjudul Kumpulan Soal-Soal UKAI dan Jawabannya edisi 54, biar apa yang telah kami sajikan ini bermanfaat bagi teman-teman semua, hingga jumpa diperteuan kita berikutnya.