-->
Soal Ukai Dan Pembahasan Edisi 55
4/ 5 stars - "Soal Ukai Dan Pembahasan Edisi 55" Soal UKAI dan Pembahasan Edisi 55 Dibawah ini merupakan pola soal Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi / UKAI Edisi Ke 55 Beserta Kunci Jawaban...

Soal Ukai Dan Pembahasan Edisi 55



Soal UKAI dan Pembahasan Edisi 55


Dibawah ini merupakan pola soal Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi / UKAI Edisi Ke 55 Beserta Kunci Jawabannya lengkap


 Dibawah ini merupakan pola soal Uji Kompetensi  Soal UKAI dan Pembahasan Edisi 55
uji kompetensi apoteker indonesia from ukomfarmasi.blogspot.com



Hai hii teman-teman semua, apa kabar kalian, kali ini ukomfarmasi.blogspot.com akan lanjut membagikan latihan soal-soal Uji Kompetensi Apoteker Indonesia Beserta Jawabannya. Jangan ketingalan untuk mencar ilmu terus disini ya teman-teman. Ayok kita pelajari pola soal berikut ini


1. Seseorang laki-laki berusia 58 tahun berjulukan Tn.K dengan diagnosa Parkinson. Dokter telah meresepkan levodopa untuk mengobati penyakit Parkinson pasien tersebut. Namun sehabis mengkonsumsi levodopa pasien mengalami mual, lemah, tekanan darah rendah. Diduga ini merupakan efek samping perifer dari levodopa.

Menurut saudara sebagai apoteker yang profesional, obat apakah yang sanggup dikombinasikan untuk menghilangkan efek samping obat levodopa tersebut?

a. Amantadine
b. Carbidopa
c. Entacapone
d. Ropinirole

Jawaban : b. Carbidopa



2. Seorang perempuan berjulukan Ny. LOL dengan usia 66 tahun yang tiba klinik untuk investigasi bulanan dengan keluhan nyeri dada dan nafas pendek. Pasien sebelumnya dengan riwayat kesehatan obesitas berat dengan BMI=36,6 kg/m2, menderita hipertensi selama 27 tahun dan didiagnosa DM Tipe 2. Hasil laboratoriumnya LDL=166 mg/dL, TG=280 mg/dL, dan kolesterol total=259 mg/dL.

Dari keluhan dan interpretasi nilai lab, penyakit apakah yang di alami oleh Ny. LOL tersebut?

a. Hipertensi
b. Hiperlipidemia
c. Aritmia
d. Obesitas

Jawaban : b. Hiperlipidemia



3. Seorang pasien laki-laki berjulukan Tn. Yoi berumur 31 tahun tiba ke Rumah sakit untuk memeriksakan kesehatannya. Pasien mengeluh batuk-batuk lebih dari 2 ahad disertai tanda-tanda pernapasan (sesak napas, nyeri dada, hemoptysis), pasien juga menyampaikan kurang nafsu makan, sehingga berat badannya menurun, pasien mengeluh berkeringat di malam hari, dan gampang lelah. Sebelumnya pasien hanya mengkonsumsi obat batuk biasa, namun tetap saja batuk.  Setelah diperiksa, hasil BTA sputum positif, dan CD4 =365. Pasien lalu diberi OAT kategori 1 dan terapi antiretroviral (ART).

Bagaimanakah sebaiknya pengobatan pasien ini?

a. Pasien memulai konsumsi OAT bersamaan dengan ART
b. Pasien memulai konsumsi OAT, sehabis tidak ada keluhan efek samping mulai konsumsi ART
c. Pasien memulai konsumsi OAT, sehabis fase intensif OAT tamat gres memulai konsumsi ART
d. Pasien memulai konsumsi OAT, sehabis pengobatan OAT tamat (fase intensif dan fase lanjutan) gres memulai konsumsi ART
e. Pasien memulai konsumsi OAT, sehabis pengobatan OAT tamat (fase intensif dan fase lanjutan), melaksanakan tes CD4 lagi, bila nilai CD4 masih di bawah 500 maka mulai pengobatan ART

Jawaban : e. Pasien memulai konsumsi OAT, sehabis pengobatan OAT tamat (fase intensif dan fase lanjutan), melaksanakan tes CD4 lagi, bila nilai CD4 masih di bawah 500 maka mulai pengobatan ART



4. Seorang pasien berjulukan Tn. Coy berusia 47 tahun berobat ke dokter praktik. Pasien menyampaikan ia merupakan perokok berat, mempunyai riwayat penyakit asma. Kemudian dikter mendiagnosa pasien tersebut dengan abuh kanal pernafasan bab atas (ISPA), pasien tersebut diresepkan teofilin tablet 300 mg (dosis 2 x 1 sehari) dan eritromisin tablet 500 mg (dosis 2 x 1 sehari), sehabis 4 hari mengkonsumsi obat tersebut, pasien mengalami palpitasi, insomnia, vertigo dan kejang kejang yang tidak menentu.

Efek samping tersebut terjadi alasannya ialah ?

a. Ketidak patuhan pasien dalam mengkomsumsi
b. Dosis teofilin dan eritromisin yang tidak tepat
c. Adanya interaksi farmakodinamik
d. Adanya interaksi farmakokinetik

Jawaban : d. Adanya interaksi farmakokinetik



5. Seorang pasien yang berjulukan Tn. Hoax dengan usia 65 tahun ia mengeluh sering batuk, pilek, sakit kepala. Kurang lebih 3 hari sebelum masuk ke Rumah Sakit pasien mengeluh pusin dan nyeri pada kuduk serta mual muntah. Setelah diperiksa, TD=160/90 mmHg, Nadi=85 x/menit, pasien menyampaikan sering mengalami demam. Pasien dengan riwayat perokok berat, dan sering mengalami kesulitan dalam bernapas.

Dari Tanda dan tanda-tanda yang ada, akaha penyakit yang diderita pasien  ?

a. Anemia berat
b. Hipertensi
c. Asma
d. Jantung

Jawaban : b. Hipertensi



6. Ny. J adalah pasien yang berumur 65 tahun dengan diagnosa medis gagal jantung serta kanker ovarium. Pasien ini mulai memakai cisplatin, tetapi ia mengalami mual dan muntah yang berat.

Menurut anda sebagai apoteker yang profesional, obat apa yang sanggup mengatasi mual dan muntah pada pasien Ny.J diatas?

a. Ondasetron
b. Dolasetron
c. Droperidol
d. Dronabinol

Jawaban : a. Ondasetron



7. Seorang laki-laki menyampaikan ia mengeluhkan lesu dan lemas ketika beraktifitas lalu di hari ini hampir jatuh pingsan. ketika ini sedang menjalani pengobatan dengan obat Verapamil.

Proses manakah dibawah ini yang diinhibisi sebagai akhir dari prosedur kerja obat tersebut diatas ?

a. Reseptor aldosteron.
b. Influks kalsium pada sel otot polos pembuluh darah dan miokardium.
c. Pembentukan angiotensin II pada endotel pembuluh darah
d. Aktifitas saraf adrenergik perifer.

Jawaban : b. Influks kalsium pada sel otot polos pembuluh darah dan miokardium.


Sumber : Kumpulan UKAI Indonesia

Baca Juga :

Demikianlah artikel singkat kami ini dari ukomfarmasi.blogspot.com yang berjudul Soal UKAI dan Pembahasan Edisi 55 , semoga apa yang telah kami sajikan untuk teman-teman semua bermanfaat dan kami doakan semoga teman-teman yang membaca dan mencar ilmu diblog ini sanggup lulus UKAI semua, aamiin.