-->
DOWNLOAD RPP K13 KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN KE 1
4/ 5 stars - "DOWNLOAD RPP K13 KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN KE 1" RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )   Satuan Pendidikan      : SD/MI Kelas / Semester          :   1 /1 Tema           ...

DOWNLOAD RPP K13 KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN KE 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) 


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                   :  Aku Merawat Tubuhku (Sub Tema 3 )
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu            :  1 Hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

Muatan : PPKn

Kompetensi
Indikator
1.2  Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.2  Menerima aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah


3.2  Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2.29  Menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan menjaga kebersihan tubuh di rumah
4.2  Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2.29  Memeragakan aturan di rumah tentang cara menjaga kebersihan tubuh seperti mandi pagi dan sore serta bersikat gigi


Muatan : Matematika

Kompetensi
Indikator
3.3  Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda

3.3.1  Membandingkan banyak dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak. (1 sampai dengan 10)

4.3  Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil
ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
4.3.1  Mengurutkan bilangan berdasarkan banyak objek  (1 sampai dengan 10)


Muatan : Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.4  Mengenal kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)

3.4.3  Menunjukkan informasi tentang cara merawat anggota tubuh melalui media gambar, tulisan, slogan, atau lirik lagu
4.4  Menjelaskan dengan kosakata yang tepat tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis.
4.4.3  Mempraktikkan informasi yang didapat melalui media gambar, tulisan, slogan, atau lirik lagu tentang cara merawat anggota tubuh


C.    TUJUAN
  1. Setelah membilang benda yang terdapat pada suatu kumpulan, siswa dapat membandingkannya dengan menggunakan istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak dengan tepat.
  2. Setelah membilang kumpulan suatu benda, siswa dapat mengurutkan bilangan berdasarkan banyaknya objek dengan benar.
  3. Setelah mendengarkan syair sebuah lagu, siswa dapat menunjukkan informasi mengenai cara merawat tubuh dengan tepat.
  4. Setelah mengamati gambar cara menyikat gigi, siswa dapat mempraktikkan cara menyikat gigi dengan tepat.
  5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh di rumah dengan tepat.
  6. Setelah  menyimak penjelasan guru tentang aturan merawat tubuh, siswa dapat memeragakan kebiasaan mandi pagi dan sore serta bersikat gigi di rumah sesuai dengan aturan yang telah diketahui.

D.    MATERI
  • Membandingkan istilah “Lebih Banyak”, “ Lebih Sedikit”, atau “ Sama Banyak”.
  • Mengurutkan bilangan.
  • Cara merawat tubuh dan menyikat gigi.

E.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


Sumber https://matakt.blogspot.com/