-->
Kumpulan Soal Ukai Terbaru Beserta Tanggapan Part 56
4/ 5 stars - "Kumpulan Soal Ukai Terbaru Beserta Tanggapan Part 56" Kumpulan Soal UKAI Terbaru Beserta Jawaban Part 56 Dibawah ini merupakan referensi soal Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi / UKAI Edisi Ke 56...

Kumpulan Soal Ukai Terbaru Beserta Tanggapan Part 56



Kumpulan Soal UKAI Terbaru Beserta Jawaban Part 56


Dibawah ini merupakan referensi soal Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi / UKAI Edisi Ke 56 Beserta Kunci Jawabannya lengkap


 Kumpulan Soal UKAI Terbaru Beserta Jawaban Part  Kumpulan Soal UKAI Terbaru Beserta Jawaban Part 56
soal UKAI terbaru serta jawaban

Hai teman-teman ukomfarmasi.blogspot semua, berikut ini kami siapkan latihan Uji Kompetensi APoteker Indonesia (UKAI) yang disertai jawabannya. Selamat belajar


1. Seorang pasien pria berjulukan Tn.Ho dengan usia 41  tahun didagnosis DM tipe 2 dan hipertensi, tiba ke klinik untuk melaksanakan investigasi rutin. Setelah dilakukan pemeriksaaan laboratorius diperoleh kadar glukosa darah=140 mg/dL, kadar kolestrol=301 mg/dl, trigliserid=232 mg/dL, HDL 23,5 mg/dL, LDL 146 mg/dL. Pasien diberikan beberapa terapi obat, salah satunya yaitu atorvastatin 10 mg po 1 x sehari.

Bagaimana imbas samping yang mungkin ditimbulkan oleh obat atorvastatin tersebut ?

a. Myositis toksik
b. Gangguan tidur
c. Penurunan toleransi glukosa pada terapi jangka panjang
d. Gangguan perembesan vitamin larut lemak

Jawaban : b. Gangguan tidur



2. Seorang perempuan berjulukan Ny. Li yang berusia 37 tahun tiba ke Apotek. Ssttt. Pasien mengeluh nyeri dan kaku pada pergelangan tangan, kaki dan lututnya, terutama di pagi hari. Selain itu pasien mengeluh lelah akhir-akhir ini serta berat tubuh yang turun. Pasien juga mengeluh pilek dan flu. Ketika dikaji riwayatnya, ternyata pasien mempunyai penyakit ginjal.

Sebagai apoteker yang profesional serta luar biasa, obat apakah yang Saudara pilihkan untuk pasien Ny. Li diatas ?

a. Ibuprofen
b. Kalium diklofenak
c. Kombinasi rituximab dan methotrexate
d. Paracetamol

Jawaban : c. Kombinasi rituximab dan methotrexate



3. Seseorang pasien pria berjulukan Tn. Ji berumur 26 tahun menderita penyakit parkinson. Dokter biasanya meresepkan sebuah obat untuk pasien ini yang bekerja dengan cara vasospasme perifer pada pasien.

Menurut anda, obat apa yang menimbulkan vasospasme perifer pada Tn. Ji diatas?

a. Bromocriptine
b. Carbidopa
c. Entacapone
d. Amantadine

Jawaban : a. Bromocriptine



4. Seorang pasien pria berjulukan Tn. Ko dengan usia 66 tahun tiba berobat ke rumah sakit alasannya yaitu mengeluh pusing, tegang pada leher, dan perasaan ingin jatuh ketika berjalan. Setelah dilakukan investigasi dan pengkajian, didapatkan tekanan darah =160/90 mmHg. Pasien mempunyai riwayat penyakit gangguan pada ginjal sejak 7 tahun terakhir.

Regimen pengobatan yang paling sempurna diberikan pada pasien Tn. Ko diatas ?

a. Klortalidon
b. Diltiazem
c. Metoprolol
d. Candesartan

Jawaban : d. Candesartan



5. Seorang perempuan dengan nama Ny. Ze dengan usia 66 tahun dengan diagnosis diabetes tipe 2 dan memakai obat hipoglikemik oral. Dia menyampaikan sering pusing dan berkeringat. Glukosa darahnya dibawah normal.

Manakah obat hipoglikemik oral dibawah ini yang menimbulkan tanda dan tanda-tanda pada pasien Ny.Ze diatas ?

a. Metformin
b. Glipizid
c. Proglitazon
d. Acarbosa

Jawaban : b. Glipizid



6. Seorang perempuan berjulukan Ny. Ga berusia 40 tahun ketika ini sedang menjalankan pengobatan tuberculosis (OAT) tiba ke Apotek.X untuk melaksanakan konseling dengan apoteker perempuan yang manis dan manis. Wanita tersebut mengeluhkan obat kontrasepsi oral yang Ia makan terasa tidak berefek meskipun ia konsumsi secara teratur.

Menurut anda sebagai apoteker yang profesional sekali, apakah yang menimbulkan obat kontrasepsi oral diatas tidak berefek?

a. Isoniazid
b. Etambutol
c. Rifampisin
d. Pirazinamid

Jawaban : c. Rifampisin



7. Seorang perempuan berjulukan Ny. Yu berusia 41 tahun dengan tinggi tubuh 160 dan BB=78 kg masuk ke RS dengan keluhan polifagi, polidipsi dan poliuria, dan TD=160/100 mmHg. Obat yang diberikan oleh dokter yaitu Metformin, Glargin injeksi, Captopril dan Tiazid.

Apakah obat  yang tidak sempurna diberikan pada pasien Ny. Yu di atas?

a. Tiazid
b. Metfomin
c. Captopril
d. Glargin injeks

Jawaban : a. Tiazid


Sumber : Kumpulan UKAI Indonesia

Baca Juga :
Demikianlah artikel singkat kami ini dengan judul Kumpulan Soal UKAI Terbaru Beserta Jawaban Part 56, agar apa yang kami sajikan dari ukomfarmasi.blogspot.com ini bermanfaat bagi teman-teman semua dan hingga ketemu lagi dipertemuan kita lainnya. Terimakasih