-->
Pengelolaan Acara Pengembangan Aud - Soal Dan Jawaban
4/ 5 stars - "Pengelolaan Acara Pengembangan Aud - Soal Dan Jawaban" Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD Lengkap Jawaban Salah satu janji Aksi Pendidikan untuk Semua (E...

Pengelolaan Acara Pengembangan Aud - Soal Dan Jawaban




Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD Lengkap Jawaban
  1. Salah satu janji Aksi Pendidikan untuk Semua (Education for All) menyatakan ihwal upaya memperluas dan memperbaiki keseluruhan perawatan dan pendidikan anak usia dini, terutama bagi belum dewasa yang...
    a. Sangat rawan dan kurang beruntung
    b. Cacat dan berkebutuhan khusus
    c. Terlantar dan yatim piatu
    d. Berbakat namun tidak bisa secara materi 
  2. 7. Pemerintah melalui Direktorat PAUD memfasilitasi dan memberi kesempatan pada seluruh rakyat yang mempunyai kemampuan baik finansial maupun administrasi untuk menyelenggarakan PAUD. Hal ini sesuai dengan seni administrasi pelayanan pendidikan untuk semua yang telah disepakati, yaitu pada point ….
    a. Memanfaatkan kemampuan masyarakat untuk membangun pendidikan berkualitas
    b. Meningkatkan status, moral dan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan
    c. Menjamin keikutsertaan dan kiprah serta masyarakat madani dalam pembangunan pendidikan
    d. Mempromosikan kebijakan pendidikan untuk semua melalui kiprah serta masyarakat 
  3. Pada ketika inidiperkirakan jumlah anak usia dini sebanyak 26 juta lebih. Dari jumlah tersebut, yang sudah mendapat layanan pendidikan anak usia dini hanya sekitar 27 % saja. Data tersebut termasuk dalam salah satu landasan dasar PAUD di Indonesia, yaitu landasan….
    a. Mudah
    b. Empiris
    c. Keilmuan
    d. Yuridis 
  4. Peserta didik pada Taman Penitipan Anak ialah sebagai berikut, kecuali anak....
    a. Usia lahir – 4 tahun yang orang tuanya bekerja
    b. Usia lahir – 6 tahun yang tidak mendapat layanan PAUD
    c. Minimal berusia 8 tahun dan terlantar
    d. Sekurang-kurangnya berusia 3 bulan – 6 tahun
  5. Masyarakat sanggup mengajukan rintisan jadwal PAUD dengan mengirimkan proposal pendirian Lembaga PAUD kepada Direktorat PAUD dengan mengacu pada persyaratan yang telah ditetapkan. Pengajuan proposal ini bertujuan untuk....
    a. Memotivasi masyarakat dalam memperluas dan meningkatkan mutu layanan PAUD
    b. Meringankan kiprah pemerintah dalam melaksanakan komitman pendidikan untuk semua
    c. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat ihwal pentingnya PAUD bagi mereka
    d. Membantu orang renta biar menyerahkan pendidikan dan pengasuhan anaknya kepada masyarakat 
  6. Guru perlu berhati-hati dalam dalam merencanakan dan mengorganisir ruang kelas dan peralatannya, karena....
    a. Kondisi ruangan kelas akan mempermudah guru dalam memberikan materi pembelajaran b. Suasana lingkungan selalu yang rapi dan teratur akan meningkatkan mutu layanan forum PAUD
    c. Faktor lingkungan sangat memilih kualitas jadwal suatu forum PAUD
    d. Peralatan yang lengkap dan ruang kelas yang besar akan mempermudah guru mengelola pembelajaran dengan baik
  7. Guru yang bijaksana akan menawarkan label pada semua benda dan peralatan yang terdapat dalam ruang kelasnya. Hal ini bertujuan untuk beberapa hal berikut,kecuali....
    a. Mengajarkan pada belum dewasa bahwa setiap alat dan benda mempunyai nama
    b. Membantu anak memahami bahwa setiap jenis benda mempunyai tempatnya sendiri
    c. Mengenalkan pada belum dewasa nama-nama benda dan kelompok benda/alat yang ada di kelas d. Mengajarkan pada belum dewasa untuk mencari sendiri alat dan benda yang dibutuhkannya dengan membaca labelnya 
  8. Ruangan berbentuk huruf L sangat tidak disarankan dalam panduan umum penataan akomodasi fisik di forum PAUD, karena....
    a. Membutuhkan peralatan yang lebih banyak
    b. Menyulitkan pengawasan terhadap belum dewasa
    c. Memperlambat pelaksanaan aktivitas pengembangan
    d. Memerlukan perawatan dan pengelolaan yang lebih rumit 
  9. Ruangan di forum PAUD sebaiknya sanggup mendorong anak untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karenanya ruangan harus sanggup ditata ulang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini berarti bahwa penataan ruangan harus bersifat....
    a. Mudah diawasi
    b. Teratur
    c. Fleksibel
    d. Aman dan nyaman 
  10. Banyak hal yang dilakukan belum dewasa ketika mereka bermain dalam sentra, di antaranya adalah....
    a. Membuat pilihan, membuatkan rasa percaya diri dan berlatih memecahkan problem
    b. Menemukan teman, membuat alat permainan dan mengatur diri sendiri
    c. Meminta anak lain memahaminya, menjelajah sifat anak lain dan mempertahankan wangsit
    d. Membuat keputusan, membentuk kecerdasan dan berlatih menjadi pemimpin 
  11. Jika harus menata pusat rumah tangga, maka penataan peralatan berikut yang paling baik adalah....
    a. Tempat tidur bayi diletakkan di erat peralatan memasak
    b. Meja rias diletakkan di erat ruang tamu
    c. Meja makan diletakkan di erat ruang ganti pakaian
    d. Televisi dan karpet diletakkan di erat rak buku 
  12. Pada setiap forum PAUD sebaiknya tersedia lingkungan berguru outdoor. Lingkungan ini sangat penting bagi anak, alasannya adalah....
    a. Kegiatan bermain di luar ruangan merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan bagi anak
    b. Kegiatan bermain di luar lebih bermacam-macam dan bervariasi
    c. Area bermain outdoor lebih aman bagi anak
    d. Area bermain outdoor lebih gampang ditata dan dikelola oleh guru 
  13. Berikut ini ialah beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan untuk menganalisis arena bermain biar memenuhi prinsip keamanan, kecuali....
    a. Apakah tersedia peralatan P3K?
    b. Apakah jumlah guru yang mengawasi sesuai dengan jumlah anak yang bermain?
    c. Apakah batas-batas daerah bermain cukup jelas?
    d. Apakah semua lubang, kabel listrik, stop kontak, dan peralatan berbahaya sudah tertutupi atau terlindung? 
  14. Perlengkapan yang ada di taman bermain menyerupai perosotan, ayunan, papan titian dan jungkat jungkit perlu disediakan di forum PAUD, sebab peralatan tersebut sanggup dipakai untuk membuatkan potensi anak, diantaranya adalah....
    a. Kesetiakawanan, keberanian dan keseimbangan dan kelembutan.
    b. Kelentukan tubuh, keterampilan motorik halus, keberanian dan keramahan.
    c. Kekuatan tubuh, koordinasi tubuh, keseimbangan dan rasa percaya diri
    d. Keseimbangan, kesabaran, tenggang rasa dan kekuatan otot kaki 
  15. Pelaksanaan aktivitas pengembangan pembentukan sikap melalui penyesuaian di Kelompok Bermain perlu memperhatikan beberapa prinsip berikut, kecuali....
    a. Penciptaan pembelajaran yang aman sehingga anak terangsang untuk berguru
    b. Pemberian motivasi biar anak selalu bersemangat mengikuti aktivitas
    c. Pemberian tumpuan dan teladan yang baik pada anak.
    d. Penciptaan pola sikap gres yang disepakati di dalam kelas. 
  16. Pendidik di Kelompok Bermain harus mempunyai jasmani dan rohani yang sehat dan mempunyai sifat dan sikap sabar, keibuan dan mengasihi anak. Semua kriteria itu termasuk dalam kompetensi....
    a. Pedagogik
    b. Kepribadian
    c. Profesional
    d. Sosial 
  17. Wahana pendidikan dan pembinaan kesejahteraan anak yang berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk waktu tertentu selama orang renta berhalangan atau tidak mempunyai waktu untuk mengasuh dan merawat anak, disebut....
    a. TK
    b. Kelompok bermain
    c. Taman Penitipan Anak
    d. Pos PAUD 
  18. Program di TPA direncanakan dan dilaksanakan dalam satu kesatuan yang utuh dan terintegrasi yang dilakukan melalui bermain. Program pembinaan tersebut meliputi....
    a. Pengasuhan, perawatan, bimbingan sosial dan pendidikan.
    b. Perlindungan, perawatan, pertolongan dan pengobatan.
    c. Pendidikan, pengasuhan, pemberian dan kesehatan
    d. Kesehatan, gizi, pengawasan dan pendisiplinan. 
  19. Posyandu merupakan wahana kesejahteraan ibu dan anak yang berfungsi sebagai daerah pelayanan terpadu yang meliputi aspek perawatan kesehatan dan gizi, terutama bagi....
    a. Anak terlantar dan kurang mampu.
    b. Orang tua, pengasuh dan anak usia dibawah 3 tahun.
    c. Ibu hamil dan anak usia lahir – 5 tahun.
    d. Calon ibu, ibu dan bayi berusia di bawah 3 tahun 
  20. Kehadiran Pos PAUD mendukung keberadaan posyandu dan Bina Keluarga Balita yang menawarkan memberikan layanan kesehatan dan gizi untuk balita dan memberi pengetahuan dan keterampilan pada orang tua. Pernyataan tersebut dalam prinsip optimalisasi ....
    a. Ketenagaan
    b. Prasarana
    c. Sarana
    d. Program 
  21. Penilaian terhadap anak usia dini harus dilakukan secara terencana, sedikit demi sedikit dan terus menerus sehingga citra yang didapat lebih menyeluruh. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip penilaian, yaitu....
    a. Berkesinambungan
    b. Menyeluruh
    c. Objektif
    d. Bermakna 
  22. Kegiatan yang dilakukan untuk membangun jembatan dan memfasilitasi percakapan antara anak dengan anak dan anak dengan orang sampaumur yang dilakukan dalam kelompok kecil disebut....
    a. Circle time
    b. Square time
    c. Circle place
    d. Square place 
  23. Salah satu hal yang perlu dan sanggup dilakukan dalam memberi pijakan adalah....
    a. Merancang evaluasi terhadap proses dan hasil pengembangan
    b. Mendiskusikan hukum dan impian untuk pengalaman bermain.
    c. Menjelaskan jumlah peralatan dan materi yang tersedia.
    d. Membahas pengelolaan aktivitas pengembangan
  24. Menurut NAEYC, definisi pendidikan anak usia dini ialah pendidikan yang …. 
    a. Melayani anak usia lahir–8 tahun yang dilakukan di rumah maupun di luar rumah (suatu lembaga) 
    b. Membantu anak usia 0–6 tahun untuk membuatkan seluruh aspek perkembangannya 
    c. Menyediakan jadwal pembinaan untuk belum dewasa yang masih kecil 
    d. Memfasilitasi perkembangan anak usia 3 – 6 tahun biar berkembang secara optimal 
  25. Berikut ialah tujuan khusus pengelolaan aktivitas di Kelompok Bermain, kecuali…. 
    a. Mengembangkan pemahaman agama sedini mungkin 
    b. Memberikan pelayanan pada anak usia 2 – 4 tahun di Kelompok Bermain 
    c. Mengembangkan jadwal aktivitas secara sistematik dan berkesinambungan 
    d. Memfasilitasi pengembangan kemampuan anak usia 0 – 6 tahun 
  26. Anak-anak di forum PAUD dilatih untuk sanggup mandiri, disiplin dan bisa bersosialisasi serta mempunyai keterampilan dasar hidup. Hal tersebut memperlihatkan salah satu prinsip PAUD, yaitu.... 
    a. Berorientasi pada kebutuhan anak 
    b. Mengembangkan kecakapan hidup anak 
    c. Merangsang seluruh aspek perkembangan anak 
    d. Kegiatan pengembangan dilakukan melalui bermain 
  27. Tujuan pengelolaan aktivitas pengembangan di Taman Penitipan Anak bagi orang tua, diantaranya ialah …. 
    a. Meningkatkan proses tumbuh kembang anak secara masuk akal untuk membentuk sumber daya insan berkualitas 
    b. Memberikan motivasi kepada masyarakat akan pentingnya pelayanan terpadu untuk anak usia lahir – 3 tahun 
    c. Membantu memantapkan rangka fungsi keluarga khususnya dalam meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan anak 
    d. Membantu anak membuatkan jasmani dan keterampilannya 
  28. Pendekatan pengelolaan aktivitas di TPA yang berdasar pada filsafat pendidikan, salah satunya ialah asih yang merupakan ….
    a. Tindakan untuk meningkatkan kondisi intelektual anak secara optimal, sehat dan berkualitas
    b. Tindakan untuk mewujudkan kualitas kepribadian dan jati diri anak
    c. Pendampingan dan pemberian dan upaya mewujudkan pemenuhan kebutuhan anak usia dini
    d. Upaya untuk mewujudkan dan meningkatkan kualitas fisik anak usia dini 
  29. Sebelum memulai aktivitas bermain di sentra, belum dewasa perlu diberitahu terlebih dahulu ihwal banyak sekali aktivitas yang akan dilakukan di dalam sentra. Penjelasan yang diberikan harus....
    a. Cepat, sempurna dan tegas
    b. Perlahan-lahan, panjang dan diulang-ulang
    c. Rinci, detil dan panjang lebar.
    d. Singkat, jelas, dan gampang dipahami. 
  30. Setelah belum dewasa membentuk lingkaran. Ibu guru meminta setiap anak bercerita ihwal benda yang mereka bawa dari rumah pada hari itu. Setelah itu Ibu guru dan anak lainnya mengajukan satu pertanyaan pada anak yang gres saja berceritA. Kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih anak....
    a. Menyusun karangan dan dongeng dengan kaidah yang benar.
    b. Menyusun pertanyaan sesuai tema yang diberikan
    c. Menjawab pertanyaan dan memberi kepuasan pada yang bertanya.
    d. Mengemukakan pendapat, gagasan dan ide
  31. Saat anak gres mengenal permainan balok, biasanya mereka akan membawabawa balok keliling area, baik dengan tangannya maupun memakai alat angkut menyerupai truk mainan. Tahapan bermain balok ini sering disebut sebagai tahap bermain....
    a. Dramatik
    b. Fungsional
    c. Menghubungkan
    d. Menumpuk 
  32. Saat bermain di pusat seni, biasanya sebelum aktivitas berakhir langkah yang dilakukan guru adalah....
    a. Melaporkan aktivitas yang telah dilakukan.
    b. Membantu anak yang belum selesai
    c. Memberi reward atas hasil karya anak
    d. Memajang hasil karya anak 
  33. Penilaian aktivitas pengembangan harus dilakukan secara menyeluruh terhadap semua aspek perkembangan anak dan aktivitas pengembangan dilaksanakan. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian, yaitu....
    a. Komprehensif
    b. Integratif
    c. Relevansi
    d. Objektif 
  34. Benny dan Hughes menyatakan bahwa suatu cara atau metode yang dipakai untuk mendapat tanggapan dari responden dengan memakai tanya jawab secara sepihak, disebut….
    a. Dokumentasi
    b. Observasi
    c. Wawancara
    d. Portofolio 
  35. Ibu Sinta mengambil gambar dengan kamera video ketika belum dewasa sedang melaksanakan aktivitas melompat dengan satu kaki dan dua kaki. Tindakan yang dilakukan Ibu Sinta termasuk dalam….
    a. Merekap data dengan banyak sekali alat
    b. Merekam data melalui banyak sekali teknik
    c. Menganalisis data dengan banyak sekali cara
    d. Menilai data melalui banyak sekali media 
  36. Dalam pusat belum dewasa menyalurkan rasa ingin tahunya dengan melaksanakan aktivitas yang diinginkan dan disukainyA. Hal ini sesuai dengan keterkaitan pengertian pusat dengan pandangan andal menyerupai yang dikemukakan John Dewey, yaitu bahwa anak belajar....
    a. Melalui interaksi eksklusif dengan anak lain dan lingkungannya
    b. Melalui alat berguru yang disipkan dengan hati-hati
    c. Sambil bekerja
    d. Atas kehendak sendiri 
  37. Anak-anak bahagia sekali bermain dengan bahan-bahan menyerupai pasir, air, lumpur, campuran tepung maupun materi cair lainnya. Kegiatan bermain dengan bahan-bahan tersebut dikenal dengan sebutan main....
    a. Peran
    b. Sensorimotor
    c. Pembangunan
    d. Tradisional 
  38. Pelaksanaan aktivitas pengembangan pembentukan sikap melalui penyesuaian di Kelompok Bermain perlu memperhatikan beberapa prinsip berikut, kecuali....
    a. Penciptaan pembelajaran yang aman sehingga anak terangsang untuk berguru
    b. Pemberian motivasi biar anak selalu bersemangat mengikuti kegiatan.
    c. Pemberian tumpuan dan teladan yang baik pada anak
    d. Penciptaan pola sikap gres yang disepakati di dalam kelas 
  39. Dalam merencanakan dan membuatkan sentra, pendidik harus memilih dan memperhatikan pusat yang paling membutuhkan dan cukup tinggi aksesnya dengan sumber listrik. Hal ini sebab pusat ini membutuhkan ....
    a. Pengawasan secara khusus
    b. Area yang tidak gampang diakses belum dewasa
    c. Area yang luas
    d. Peralatan khusus 
  40. Sentra persiapan diadakan untuk membuatkan keaksaraan anak di forum PAUD. Dinamakan pusat persiapan sebab pusat ini....
    a. Menciptakan tantangan yang harus selalu dihadapi anak dengan kesiapan mental dan fisik
    b. Membantu anak menyiapkan dirinya untuk memasuki jenjang selanjutnya
    c. Mengajarkan pada anak untuk selalu berkemas-kemas menghadapi banyak sekali tantangan kehidupannya.
    d. Selalu dipersiapkan guru dengan matang dan penuh kehati-hatian 
  41. Pendidik PAUD harus menawarkan informasi pada anak didiknya ihwal alat, materi dan aktivitas yang akan dilakukan belum dewasa ketika mereka bermain di dalam pusat persiapan. Penjelasan ini termasuk dalam pijakan....
    a. Setelah main
    b. Sebelum main
    c. Selama main
    d. Lingkungan main 
  42. Perhatikan urutan berikut:
    (1) Menggunting sekitar pinggiran kertas;
    (2) Menggunting di antara 2 garis lurus;
    (3) Menggunting dengan sepenuh bukaan gunting;
    (4) Membuka dan menggunting secara terus menerus sepanjang kertas
    (5) Menggunting bentuk tetapi tidak sempurna mengikuti garis. Urutan tahapan menggunting pada anak usia dini adalah....
    a. 3 – 4 – 2 – 1 – 5
    b. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
    c. 5 – 4 – 3 – 2 – 1
    d. 1 – 3 – 4 – 2 – 5 
  43. Sudut buku pada pusat persiapan sebaiknya diisi banyak sekali buku dengan kriteria yang sesuai untuk anak, yaitu....
    a. Alur dongeng sederhana, halaman penuh warna, ilustrasi gambar lebih utama dan banyak pengulangan kata.
    b. Menggunakan bahasa sastra yang indah, gambar besar-besar dan berisi banyak kata-kata gres
    c. Alur dongeng sederhana, ceritanya mengandung pemecahan problem dengan sedikit gambar
    d. Berisi gambar dengan percakapan langsung, warna dibatasi hanya dua saja dan goresan pena berukuran standar 
  44. Dalam pusat persiapan belum dewasa dilatih keterampilan motorik halusnya sebagai latihan pra menulis, hal ini sesuai dengan rambu-rambu pelaksanaan pusat persiapan, salah satunya adalah....
    a. Membantu anak menyadari materi yang sedang dipelajarinya
    b. Mengembangkan kemampuan keaksaraan semenjak dini.
    c. Mengembangkan tahap perkembangan bahasa dan seni anak
    d. Menjelaskan pada anak cara melaksanakan dan memakai peralatan yang ada 
  45. Dalam pusat bermain peran, belum dewasa berguru ihwal kehidupan dalam keluarga dan masyarakat. Oleh sebab itu pusat bermain kiprah sangat penting bagi anak sebab dalam pusat ini....
    a. Berlatih cara bertinteraksi dengan orang lain
    b. Mengenal silsilah keluarga dan garis keturunannya
    c. Mendidik anak menjadi orang renta yang baik bagi anak-anaknya kelak
    d. Belajar mengenal dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya
  46. Anak usia satu tahun bahagia sekali bermain menjawab telepon atu membaca koran. Hal itu termasuk tahapan bermain kiprah pada tahap pertama, yaitu permainan peran....
    a. Soliter
    b. Sosio drama
    c. Meniru
    d. Khayalan 
  47. Kegiatan bermain kiprah di pantai sanggup dilakukan belum dewasa di forum PAUD. Kegiatan main kiprah ini sanggup dilakukan untuk memperdalam tema....
    a. Binatang; tanaman; kesukaan; pekerjaan dan alat transportasi
    b. Pekerjaan; kesukaan; diri sendiri; keselamatan dan keamanan, bulan bintang dan matahari
    c. Rumah; sekolah; pekerjaan; alat transportasi dan kehidupan di pantai.
    d. Rekreasi; kehidupan di pesisir dan di pegunungan; pakaian; keamanan, kesehatan dan keselamatan. 
  48. Anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar dan mereka juga bahagia mengeksplorasi lingkungannya untuk mencari tanggapan atas pertanyaan yang timbul dalam dirinya. Semua karakteristik itu sanggup difasilitasi dalam sentra....
    a. Balok
    b. Sains
    c. Seni
    d. Persiapan 
  49. Salah satu aktivitas yang sanggup dilakukan di pusat sains untuk mengajarkan anak ihwal asal mula terjadinya sesuatu, adalah....
    a. Melukis dengan memakai banyak sekali media menyerupai cat, krayon dan campuran tepung.
    b. Mengamati kupu-kupu dengan beling pembesar.
    c. Menanam biji kacang hijau.
    d. Membuat diorama pedesaan dari bubur koran.
  50. Area bermain balok sebaiknya ditempatkan di daerah yang terlindung dari kemudian lalang, hal ini bertujuan agar....
    a. Anak sanggup bermain dengan aman dan bangunan balok mereka tidak gampang berbenturan satu sama lain.
    b. Kemampuan anak sanggup dipantau oleh pendidik secara lebih detil dan lebih mendalam
    c. Anak bisa bermain tanpa diketahui oleh anak lainnya dan tidak gampang beralih pada permainan lainnya
    d. Seluruh aspek perkembangan anak sanggup dikembangkan secara maksimal tanpa intervensi dari pihak luar. 
Kunci Jawaban:
  1. a. Sangat rawan dan kurang beruntung 
  2. c. Menjamin keikutsertaan dan kiprah serta masyarakat madani dalam pembangunan pendidikan
  3. b. Empiris 
  4. c. Minimal berusia 8 tahun dan terlantar 
  5. c. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat ihwal pentingnya PAUD bagi mereka 
  6. c. Faktor lingkungan sangat memilih kualitas jadwal suatu forum PAUD 
  7. d. Mengajarkan pada belum dewasa untuk mencari sendiri alat dan benda yang dibutuhkannya dengan membaca labelnya 
  8. b. Menyulitkan pengawasan terhadap anak-anak 
  9. c. Fleksibel 
  10. a. Membuat pilihan, membuatkan rasa percaya diri dan berlatih memecahkan masalah 
  11. d. Televisi dan karpet diletakkan di erat rak buku 
  12. b. Kegiatan bermain di luar lebih bermacam-macam dan bervariasi 
  13. b. Apakah jumlah guru yang mengawasi sesuai dengan jumlah anak yang bermain? 
  14. c. Kekuatan tubuh, koordinasi tubuh, keseimbangan dan rasa percaya diri 
  15. d. Penciptaan pola sikap gres yang disepakati di dalam kelas.
  16. b. Kepribadian 
  17. c. Taman Penitipan Anak 
  18. a. Pengasuhan, perawatan, bimbingan sosial dan pendidikan. 
  19. c. Ibu hamil dan anak usia lahir – 5 tahun. 
  20. d. Program 
  21. a. Berkesinambungan 
  22. a. Circle time 
  23. b. Mendiskusikan hukum dan impian untuk pengalaman bermain. 
  24. a. Melayani anak usia lahir–8 tahun yang dilakukan di rumah maupun di luar rumah (suatu lembaga) 
  25. b. Memberikan pelayanan pada anak usia 2 – 4 tahun di Kelompok Bermain 
  26. b. Mengembangkan kecakapan hidup anak 
  27. c. Membantu memantapkan rangka fungsi keluarga khususnya dalam meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan anak 
  28. c. Pendampingan dan pemberian dan upaya mewujudkan pemenuhan kebutuhan anak usia dini 
  29. d. Singkat, jelas, dan gampang dipahami. 
  30. d. Mengemukakan pendapat, gagasan dan ide
  31. b. Fungsional 
  32. d. Memajang hasil karya anak
  33. a. Komprehensif 
  34. c. Wawancara 
  35. b. Merekam data melalui banyak sekali teknik 
  36. c. Sambil bekerja 
  37. c. Pembangunan 
  38. a. Pengawasan secara khusus 
  39. d. Penciptaan pola sikap gres yang disepakati di dalam kelas 
  40. a. Pengawasan secara khusus 
  41. b. Sebelum main 
  42. d. 1 – 3 – 4 – 2 – 5 
  43. a. Alur dongeng sederhana, halaman penuh warna, ilustrasi gambar lebih utama dan banyak pengulangan kata. 
  44. b. Mengembangkan kemampuan keaksaraan semenjak dini. 
  45. d. Belajar mengenal dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya
  46. b. Sosio drama 
  47. d. Rekreasi; kehidupan di pesisir dan di pegunungan; pakaian; keamanan, kesehatan dan keselamatan. 
  48. b. Sains 
  49. c. Menanam biji kacang hijau. 
  50. a. Anak sanggup bermain dengan aman dan bangunan balok mereka tidak gampang berbenturan satu sama lain.