-->
Cara Gampang Menciptakan Cctv Memakai Hp Android Jadul Dengan Ip Webcam Pro
4/ 5 stars - "Cara Gampang Menciptakan Cctv Memakai Hp Android Jadul Dengan Ip Webcam Pro" Pengertian kamera CCTV CCTV merupakan akronim dari Closed Circuit Television adalah sebuah kamera video digital yang difungsikan untuk ...

Cara Gampang Menciptakan Cctv Memakai Hp Android Jadul Dengan Ip Webcam Pro



Pengertian kamera CCTV


CCTV merupakan akronim dari Closed Circuit Television adalah sebuah kamera video digital yang difungsikan untuk memantau dan mengirimkan sinyal video pada suatu ruang yang kemudian sinyal itu akan diteruskan ke sebuah layar monitor.

Fungsi kamera CCTV yaitu untuk memantau keadaan dalam suatu tempat, yang biasanya berkaitan dengan keamanan atau tindak kejahatan, jadi apabila terjadi hal-hal kriminal akan sanggup terekam kamera yang nantinya akan dijadikan sebagai materi bukti.
(sumber : sisilain.net)

Perkembangan teknologi kamera CCTV semakin luas, begitu juga dengan penggunaannya. Dulu kamera CCTV hanya dipakai untuk melaksanakan pengamanan terhadap rumah atau properti yang bernilai tinggi. Namun jikalau kita lihat kini ini, CCTV bahkan sudah dipakai untuk mengawasi balita ketika orang tuanya sedang sibuk bekerja atau memasak di dapur.

Kali ini calon kiyai akan menyajikan informasi wacana aplikasi yang sanggup mengubah HP/Smartphone android walupun sudha jadul menjadi kamera CCTV. IP Webcam Pro yaitu sebuah aplikasi yang dirancang untuk HP/Smartphone android. Dengan memakai aplikasi IP Webcam Pro android bisa menjadi CCTV. IP Webcam Pro memungkinkan kita untuk melaksanakan pemantauan dari jarak jauh tanpa harus memakai kabel ibarat pada CCTV konvensional.

Meskipun kini ini banyak beredar aplikasi CCTV android, namun IP Webcam Pro masih menjadi favorit aku sebab mempunyai beberapa keunikan. Berikut ini keunikannya. Keunikan Pertama, memakai IP Webcam Pro android bisa menjadi CCTV melalui koneksi internet, maupun tanpa koneksi internet (jika kita tidak ingin paketan internet kita terkuras untuk keperluan streaming dari kamera CCTV).

Kita juga tidak membutuhkan kabel LAN ibarat pada penggunaan IP Camera umumnya. Dengan memakai aplikasi IP Webcam Pro android bisa menjadi CCTV melalui dua pilihan tipe koneksi yang sanggup kita sesuaikan dengan kebutuhan kita secara efektif dan efisien, yaitu:

  • Paket data Internet (menggunakan koneksi internet, kita sanggup melaksanakan pemantauan dari mana saja kita berada) 
  • WiFi (tanpa koneksi internet, dengan jangkauan area sesuai kemampuan jaringan WiFi yang kita miliki) 

Dengan adanya pilihan tersebut, ada empat kemudahan yang bisa kita dapat, yaitu :
Pertama, aplikasi IP Webcam Pro android bisa menjadi CCTV meskipun tanpa pulsa maupun paket data internet, dengan catatan kita masih berada dalam jangkauan WiFi yang kita gunakan sebagai server kamera CCTV android.

Kedua, jikalau kita tidak mempunyai PC/Laptop kita sanggup memakai HP/Smartphone android sebagai alat monitor untuk melaksanakan pemantauan melalui aplikasi browser yang ada di HP/Smartphone android tersebut. Kaprikornus android pertama sebagai kamera CCTV, dan android kedua sebagai alat monitor kamera CCTV. Dengan pinjaman IP Webcam Pro android bisa menjadi CCTV maupun monitor kamera CCTV itu sendiri.

Ketiga, jikalau kita tidak mempunyai WiFi router untuk dijadikan sebagai server kamera CCTV, kita sanggup memakai akomodasi WiFi tethering atau portable hotspot yang ada pada HP/Smartphone android kita. Kaprikornus memakai IP Webcam Pro android bisa menjadi CCTV yang fleksibel dengan kebutuhan dan kondisi kita.

Keempat, aplikasi IP Webcam Pro sanggup dijalankan di HP/Smartphone bekas dengan versi OS android yang sudah jadul sekalipun.

Kesimpulannya dengan IP Webcam Pro android bisa menjadi CCTV yang ampuh dan murah meriah sebab kita tidak perlu membeli peralatan dan materi apapun. Cukup memanfaatkan HP/Smartphone android yang kita miliki.

sumber : somudah.blogspot.com

Aplikasi IP Web cam Pro bisa didownload di app play store, namun aplikasi ini merupakan aplikasi versi berbayar alias tidak gratis. Untuk mendapat yang gratis kita bisa download di sini.




Setelah file tersebut selesai kita download, saatnya melaksanakan instalasi dan konfigurasi aplikasi tersebut di hp android.

Sebelum melaksanakan instalasi, ada beberapa peralata yang harus kita siapkan, yaitu :

  1. HP Android yang kameranya masih berfungsi, sebab akan kita gunakan sebagai camera cctv.
  2. Access Point, sebagai sumber jaringan wifi, atau bisa juga kita gunakan tathering dari hp.
  3. Laptop atau PC, atau bisa juga hendphone, yang akan kita gunakan untuk menampilkan hasil sorotan kamera cctv (peralatan no.1)
Langkah-langkah instalasi :


  • Hubungkan semua peralatan pada jaringan access poin
  • Yakinkan lapop/pc (peralatan no.3) dan HP android berada dalam satu jaringan wifi
  • Instal file apk dari aplikasi IP Webcam Pro pada HP android (peralatan no.1)
  • Buka aplikasi tersebut di HP, akan muncul tampilan ibarat ini



  • Abaikan dulu semua konfigurasi, scroll ke bawah hingga muncul Start server, klik pilihan start sever, maka akan muncul pilihan ibarat di bawah ini :




  • Kita disuruh menentukan jaringan yang akan kita gunakan, sebab kita memakai jaringan wifi, bukan jaringan data internet, maka pilih pilihan yang kedua (i'm using wi-fi router). Maka akan muncul tampilan berikutnya :



  • Gambar di atas memperlihatkan informasi IP Address yang akan kita gunkan untuk melihat hasil dari instruksi cctv yang kita pasang di hp android.
  • Ketik ip address tersebut pada browser di laptop/pc yang telah kita siapkan 
  • Maka hasil kamera akan muncul, dan kita sudah bisa memantau dari laptop atau pc hasil sorotan dari kamera hp android.


Itulah cara-cara menciptakan cctv dengan memakai kamera hp android.