-->
Contoh Soal Ukai Apoteker Pdf Edisi 57
4/ 5 stars - "Contoh Soal Ukai Apoteker Pdf Edisi 57" Contoh Soal UKAI Apoteker pdf Edisi 57 Dibawah ini merupakan pola soal Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi / UKAI Edisi Ke 57 Beserta Kunci Ja...

Contoh Soal Ukai Apoteker Pdf Edisi 57



Contoh Soal UKAI Apoteker pdf Edisi 57


Dibawah ini merupakan pola soal Uji Kompetensi (UKOM) Farmasi / UKAI Edisi Ke 57 Beserta Kunci Jawabannya lengkap


 Dibawah ini merupakan pola soal Uji Kompetensi  Contoh Soal UKAI Apoteker pdf Edisi 57
soal UKAI Apoteker dan jawaban

Heloo teman-teman sahabat apoteker semuanya, kali ini ukomfamasi.blogspot.com akan lanjut untuk update pola soal-soal terkini mengenai latihan Uji Kompetensi Apoteker Indonesia atau UKAI. Kali ini kita akan memasuki edisi yang ke 57 beserta kunci balasan lengkap. Selamat mencar ilmu teman-teman Apoteker seumanya.


1. Seseorang pasien perempuan berjulukan Ny. Qi dengan usia 66 tahun yang usang menderita hipertensi (TD 160/110) berobat ke Rumah Sakit dan mendapat resep obat berupa captopril 25 mg. Pasien menyampaikan bahwa ia juga menderita osteoartritis dan mendapat selekoksib 100 mg sekali sehari. Setelah 2 bulan menjalani terapi pengobatan, pasien mengalami peningkatan tekanan darah (170/110).

Menurut anda sebagai apoteker yang super dan profesional, apakah penyebab peningkatan tekanan darah pada pasien Ny.Qi diatas ?

a. Selekoksib  meningkatkan  eksresi captopril
b. Selekoksib meningkatkan metabolisme captopril
c. Selekoksib  menurunkan pedoman darah ke ginjal
d. Selekoksib memacu metabolisme basal

Jawaban : c. Selekoksib  menurunkan pedoman darah ke ginjal



2. Seorang pasien perempuan berjulukan Ny. De dengan usia 44 tahun tiba ke Apotek L dengan keluhan mual, muntah, dan nyeri abdomen pecahan atas. Pasien menyampaikan keluhan nyerinya tersebut berlangsung selama 1 sampai 3 jam sesudah makan dan nyeri akan berkurang sendiri sesudah makan. Diketahui pasien juga mengkonsumsi meloksikam dan asam mefenamat untuk mengobati nyeri sendinya. Anda sebagai Apoteker profesional memperkirakan pasien Ny.De tersebut mengalami ulkus peptikum lantaran obat AINS yang dikonsumsinya.

Apakah obat pilihan pertama untuk mengobati penyakit ulkus peptikum yang disebabkan oleh penggunaan AINS pada Ny.De diatas?

a. Lansoprazol
b. Ranitidin
c. Antasida
d. Misoprostol

Jawaban : d. Misoprostol



3. Seorang pria yang berusia 65 tahun berjulukan Tn.Ef, dengan tinggi 170 cm, berat tubuh 103 kg (awalnya 93 kg), tekanan darah 160/95mmHg, tiba ke dokter bersama keluarganya dengan menyampaikan hasil investigasi laboratorium konkret mengalami penyakit gagal jantung sistolik kelas IV/ NYHA IV sesudah sebelumnya mengeluhkan peningkatan berat badan, lelah dikala menaiki tangga, takipneu, edema kaki, hiperhidrosis, dan dispnea. Sebelumnya pasien telah mengkonsumsi beberapa macam obat yaitu Rosiglitazon 4 mg, Metformin XR 1000 mg PO, Glyburide 5 mg PO, Aspirin 25 mg. Untuk mengatasi komplikasi Gagal Jantung yang semakin parah maka dokter meresepkan kembali obat antidiabetikum.

Obat Antidiabetik apa yang paling sempurna untuk diberikan terhadap pasien Tn.Ef diatas ?

a. Insulin Aspart dan Glargine
b. Rosiglitazon, Metformin XR, dan Glyburide
c. Melizide 5mg
d. Sitagliptin

Jawaban : a. Insulin Aspart dan Glargine



4. Seorang pasien berjulukan Tn.Ge masuk rumah sakit diantar oleh keluarganya. Pasien dirawat dengan keluhan batuk produktif selama 3-4 ahad dengan seputum berwarna kuning. Keluarga menyampaikan bahwa 3 hari SMRS pasien mengalami hemaptoe diseputum.

Kombinasi obat apa yang sanggup diberikan pada Tn.Ge sambil menunggu hasil investigasi seputum pasien tersebu?

a. Ceftriaxone + injeksi Streptomycin + infus ringer laktat
b. OAT kategori 1 + infus ringer laktat
c. Cefotaxime + ciprofloxacin + infus ringer laktat
d. Ceftriaxone + ciprofloxacin + infus ringer laktat

Jawaban : c. Cefotaxime + ciprofloxacin + infus ringer laktat



5. Seorang perempuan usia 40 tahun berjulukan Ny. Ha dengan diagnosis kandidiasis sistemik dan ulkus peptikum tiba ke Apotek Y untuk menebus resep obat dokter barupa tablet Ketokonazol dan Ranitidin. Pada dikala penyerahan obat, Apoteker menyarankan kepada pasien untuk meminum ketokonazol dan ranitidin secara terpisah yaitu diberi selang waktu satu jam lantaran adanya interaksi diantara kedua obat Ketokonazol dan Ranitidin tersebut.

Interaksi yang terjadi antara kedua obat ialah interaksi secara farmakokinetik pada fase ?

a. Distribusi
b. Metabolism
c. Absorpsi
d. Ekskresi

Jawaban : c. Absorpsi



6. Seseorang Laki-laki berjulukan Tn. ie berusia 30 tahun, sekitar 2 ahad yang kemudian mandi dan berenang di Sungai Musi. Saat  pulang ke Jakarta untuk berganti baju sehabis mandi di Sungai Musi, tubuh Tn. ie terasa panas dan demam 38,5 derajat celsius. Hasil investigasi laboratorium menyampaikan plasmodium vivax stadium trofozoit dan gametosit.

Selain primakuin obat lainnya untuk mengobati Tn. ie ialah ?

a. Kina
b. Piridoksin – primetamin
c. Klorokuin
d. Doksisiklin

Jawaban : c. Klorokuin



7. Seorang pasien pria usia 45 tahun berjulukan Tn. Je tiba ke Rumah Sakit Umum namun dirujuk untuk berobat di Rumah Sakit Jiwa. Pasien dengan keluhan takut, kadang kala menyerupai melihat keranda mayit didepanya, kadang kala dalam hati ada bunyi "cepatlah mati kamu-sini mati kamu", 3 ahad ini pasien sering tidak masuk kerja dan kadang kadang memegangi istrinya bila rasa takut muncul, investigasi tekanan darah =130/80 mmHg, nadi = 80x/menit, pernapasan = 19 x/menit, suhu = 36,8 derajat celsius. Pasien sering susah tidur dan untuk menangani tidurnya pasien mengkonsumsi tablet obat tidur, namun hal ini belum meningkatkan kualitas tidur yang baik.

Pengobatan yang baik untuk pasien ini ialah ?

a. Antidepresi
b. Anticemas
c. Antipsikotik
d. Terapielektrokonvulsi

Jawaban : c. Antipsikotik



Sumber : Kumpulan UKAI Indonesia

Baca Juga :

Sekianlah artikel kami tentang Contoh Soal UKAI Apoteker pdf Edisi 57, semoa apa yang telah kami sajikan ini bermanfaat bagi teman-teman UKAI semua. Sekian dari ukomfarmasi.blogspot.com kali ini, termakasih atas kunjungan teman-teman semuanya.