-->
Mamank Dzgn : Cara Riset Keyword Untuk Menciptakan Blog Yang Profitable
4/ 5 stars - "Mamank Dzgn : Cara Riset Keyword Untuk Menciptakan Blog Yang Profitable" Riset keyword atau kata kunci merupakan salah satu langkah paling penting dalam membangun blog. Riset keyword diperlukan untuk menguak sejum...

Mamank Dzgn : Cara Riset Keyword Untuk Menciptakan Blog Yang Profitable



Riset keyword atau kata kunci merupakan salah satu langkah paling penting dalam membangun blog. Riset keyword diperlukan untuk menguak sejumlah hal pokok, menyerupai mencari tahu tingkat kepopuleran keyword, menilai tingkat kompetisi, mengetahui asumsi harga/nilai pay per click (PPC), dan lain sebagainya.

Sebagaimana yang pernah aku singgung dalam artikel aku yang lain, membangun blog dengan tujuan untuk dimonetisasi alias menghasilkan uang, wajib mempunyai konsep.

Sebelum Anda melangkah untuk mendaftarkan sebuah nama domain terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya sematang mungkin, salah satunya yang paling penting yaitu pemilihan tema dimana tema sanggup kita tentukan dengan terlebih dahulu melaksanakan riset keywords.

Di dunia maya kita akan berkompetisi dengan jutaan bahkan miliaran konten yang setopik. Apapun topik yang akan Anda pilih hal itu mesti didasari dengan penelitian dan rumus yang benar.

Keliru dalam menentukan tema akan menciptakan Anda pada kesulitan yang tidak praktis untuk diatasi, dan disinilah posisi riset keyword sangat penting untuk memberi citra beberapa faktor penting yang perlu Anda ketahui.

Riset keyword akan memperlihatkan citra bagaimana Anda mengawali, mengoptimasi, dan berkompetisi dalam dunia blogging. Micro blog biasanya cuma berisikan beberapa konten, dan realitas kompetisi di SERP mesti disikapi secara logis.

Artinya, dalam keadaan tertentu micro blog tidak sanggup disejajarkan dengan portal besar lantaran marjin konten yang jauh.

Riset keyword merupakan komponen dari implementasi SEO (search engine optimization). SEO sendiri yakni serangkaian langkah teoritis untuk mengoptimasi situs atau blog supaya sanggup memenangkan kompetisi di halaman hasil pencarian search engine menyerupai Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya. Saat suatu blog sanggup teroptimasi dengan, maka blog sanggup menduduki peringkat pertama hasil pencarian mesin pencari.

SEO bertujuan untuk mengangkat pagerank suatu blog sehingga trafik dari search engine sanggup didapat dalam jumlah yang maksimal. Kian SEO friendly suatu blog, akan kian potensial pula untuk dikunjungi banyak orang lewat search engine. Bertambah banyak jumlah pengunjung, maka kian besar pula potensi untuk memonetisasi blog.

Faktor yang jadi catatan, sebagian besar prosentase trafik micro blog berasal dari mesin pencari, situasi ini tentunya mewajibkan Anda untuk memenangkan kompetisi di SERP. Persaingan di halaman index mesin penelusur yang cukup tinggi secara logis sanggup kita simpulkan bahwa blog yang mempunyai pagerank rendah cukup susah untuk sanggup dibentuk sebagai sarana membangun bisnis online melalui blog.

Beberapa Faktor yang Penting dalam Riset Keyword

Sebagaimana aku utarakan diatas, salah satu tujuan riset keyword yaitu untuk mempermudah perumusan langkah-langkah meningkatkan secara optimal website atau blog kedepan. Silakan Anda perhatikan beberapa faktor penting terkait riset keyword di bawah ini:

1. Volume Pencarian
Pilihlah keyword yang berpotensi untuk memperoleh uang. Sebab tidak akan mempunyai kegunaan keyword yang Anda pilih sanggup menduduki peringkat pertama hasil pencarian search engine bila keyword yang Anda pilih mempunyai jumlah pencarian yang cukup rendah.

2. Tingkat Persaingan
Hampir tidak ada satu keyword komersil yang tanpa persaingan, oleh lantaran itu Anda wajib menganalisa seberapa besar rivalitas keyword yang akan Anda pilih untuk  berapa usang waktu yang Anda butuhkan untuk meningkatkan secara optimal keyword tersebut. Apabila Anda mengharapkan meningkatkan secara optimal keyword sanggup berjalan cepat, sebaiknya hindari menentukan keyword yang persaingannya bersaing dengan situs-situs bereputasi tinggi, menyerupai Wiki, situs EDU, maupun situs yang ber-pagerank tinggi.

3. Valuable Keyword
Karena tujuan blog kita untuk agenda monetisasi, maka menerapkan volume pencarian dan tingkat kompetisi sebagai dasar pemilihan suatu keyword tidaklah cukup. Hindari menentukan keyword dengan harga klik yang sangat rendah. Dengan pemberian tool Google Keyword Planner maka akan mempermudah riset keyword  untuk mengetahui berapa kira-kira harga atau nilai per klik suatu keyword.

Langkah-Langkah Riset Keyword dengan Google Keyword Planner

Masuk ke Google Keyword Planner dan klik Sign In
Silakan sign in menggunakan GMail
Silahkan klik gambar obeng pada sebelah pojok kanan atas
Setelah terbuka akan terdapat beberapa pilihan menu, silahkan pilih pada sajian Planning dan silahkan klik Keyword Planner 

Masukkan keyword yang ingin Anda bidik, kemudian klik GetResult


Dan karenanya akan tampak menyerupai berikut ini





Catatan:

Pada tabel diatas terdapat tiga macam persaingan keyword, yaitu Low (rendah), Medium (sedang), dan High (tinggi). Yang perlu diperhatikan, jenis persaingan keyword pada Keyword Planner merupakan tingkat kompetisi untuk pengiklan, bukan merupakan tingkat kompetisi di hasil pencarian search engine.

Berikut cara mengetahui persaingan keyword di hasil pencarian search engine menyerupai keterangan dibawah ini.
  • Silahkan pilih keyword dengan jumlah pencarian bulanan minimal diatas 1000.
  • Silahkan pilih keyword yang mempunyai nilai pay per click (PPC) minimal $ 0.07.

Tips Mengetahui Tingkat Persaingan Keyword

Berikut ini cara praktis untuk menganalisa tingkat kompetisi suatu keyword di hasil pencarian mesin pencari Google.

Ketikkan allintitle: keyword dalam kotak pencarian Google. (Contoh: allintitle:  Bisnis). Kemudian, lihat jumlah hasil pencarian yang tertera.

Apabila jumlah hasil pencarian cukup banyak contohnya jutaan, maka keyword itu masuk dalam kelompok keyword dengan tingkat persaingan tinggi.

Demikian sedikit info ihwal cara riset keyword untuk membangun blog yang menghasilkan profit sekaligus omset bisnis online Anda.

Jika Anda ada suplemen info atau pertanyaan terkait artikel ini, silahkan tulis di kolom komentar yang tersedia. Terima kasih dan agar bermanfaat