-->
Metode Pengembangan Kognitif - Soal Dan Jawaban
4/ 5 stars - "Metode Pengembangan Kognitif - Soal Dan Jawaban" Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Kognitif Lengkap Jawaban Menurut Jean Piaget, pentingnya pengembangan kognitif b...

Metode Pengembangan Kognitif - Soal Dan Jawaban




Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Kognitif Lengkap Jawaban
  1. Menurut Jean Piaget, pentingnya pengembangan kognitif berafiliasi dengan asosiasi pemikiran yaitu biar anak mampu…. 
    a. Mengembangkan daya persepsinya berdasarkan apa yang ia lihat, dengar dan rasakan 
    b. Melatih ingatannya terhadap suatu insiden dan insiden yang pernah dialaminya 
    c. Memahami banyak sekali simbol-simbol yang tersebar di lingkungan sekitarnya
    d. Mengembangkan pemikiran-pemikirannya dalam rangka menghubungkan satu insiden dengan insiden lainnya
  2. Seorang anak memecahkan sebuah botol minuman di sebuah rak supermarket. Ia tidak panik dan tidak merasa ketakutan, tetapi ia segera memanggil ibunya dan memberitahu apa yang terjadi. Ilustrasi ini merupakan teladan perbuatan intelijenyang berafiliasi dengan kemampuan…. 
    a. Memerlukan konsentrasi yang tinggi 
    b. Mengatasi dilema yang lebih tinggi dari tingkat kemampuannya 
    c. Perbuatan yang dilakukan sesuai dengan tujuan 
    d. Abstraksi dipakai dalam memecahkan masalah 
  3. Schopenhauer beropini bahwa insan lahir sudah membawa potensi-potensi tertentu yang tidak sanggup dipengaruhi lingkungannya. Teori ini dikenal dengan teori…. 
    a. Lingkungan 
    b. Hereditas 
    c. Kematangan 
    d. Pembentukan
  4. Menurut David Wechsler, inteligensi adalah…. 
    a. Kemampuan untuk bertindak secara terarah, berfikir secara rasional, dan menghadapi lingkungan secara efektif 
    b. Kemampuan untuk memecahkan dilema atau untuk membuat karya yang dihadiri dalam satu kebudayaan atau lebih 
    c. Kemampuan individu berpikir abstrak, berguru merespon, dan mengikuti keadaan dengan lingkungan d. Disposisi untuk bertindak, memilih tujuan-tujuan gres dalam hidup, membuat dan mempergunakan alat untuk mencapai tujuan 
  5. Kognisi sanggup dilihat dari tiga katergori dasar atau “faces of intellect”,yaitu operasi mental, isi (content), dan hasil (product). Teori mengenai kognisi ini termasuk dalam teori…. 
    a. Dua faktor 
    b. Kecerdasan jamak 
    c. Kemampuan mental primer 
    d. Triachic of intelligence 
  6. Perwujudan potensi kognitif insan yaitu suatu acara atau sikap kognitif yang pokok, terutama menyangkut kemampuan berbahasa dan motorik. Pernyataan tersebut merupakan pandangan mengenai kognitif yang dikemukakan oleh…. 
    a. Alfred Binet 
    b. Carl Witherington 
    c. Cameron dan Barley 
    d. John Locke dan Herbart 
  7. Janin sanggup merespon suara, detak jantung, dan getaran badan ibunya. Hal ini memperlihatkan bahwa janin sanggup mendengar dan merasa. Ini terjadi pada periode…. 
    a. Germinal 
    b. Embrionis 
    c. Fetal 
    d. Trimester pertama 
  8. Stimulasi pengembangan kognitif untuk bayi berusia lahir sampai 3 bulan dalam hal melatih respon bayi terhadap orang dewasa, dilakukan dengan cara…. 
    a. Mengajaknya tersenyum dan berbicara sambil menatap matanya 
    b. Melatih kelenturan tangan dan indera pendengaran 
    c. Melatih bayi berguru mengenali sensasi sentuhan 
    d. Melatih bayi berguru wacana alasannya akibat 
  9. Anak usia 3-5 tahun berperilaku kreatif, bebas, dan penuh imajinasi. Masa ini termasuk masa …. 
    a. Reaksi serkuler tersier 
    b. Sensoris motoris internalisasi skema 
    c. Praoperasional awal 
    d. Prasekolah 
  10. Memberikan buku-buku bergambar kepada anak usia dini akan merangsang anak untuk .... 
    a. Meminta orang bau tanah membeli buku-buku bergambar lainnya
    b. Mewarnai gambar pada buku tersebut 
    c. Mengucapkan kata yang sulit dengan benar 
    d. Banyak bertanya 
  11. Cara anak memperlakukan informasi gres dengan mempertimbangkan apa yang telah mereka ketahui sebelumnya termasuk.... 
    a. Skema 
    b. Adaptasi 
    c. Organisasi 
    d. Ekuilibrasi
  12. Anak mulai memakai gambaran-gambaran mental untuk memahami dunianya. Ini terjadi pada tahap praoperasional yaitu pada usia…. 
    a. 0-2 tahun 
    b. 2-7 tahun 
    c. 7-11 tahun
    d. 11 tahun - dewasa
  13. Sigit (usia 5 tahun) sedang menyusun rencana kegiatan bermain yang akan dilakukannya di sekolah pada hari ini. Dia mengingat-ingat permainan yang terdapat di sekolah yang paling sedikit belum dewasa yang memainkannya. Ingatan Sigit ini dirangsang oleh sesuatu yang berasal dari luar dirinya. Sigit memakai taktik …. 
    a. Organisasi 
    b. Rehearsal 
    c. Pengingat eksternal 
    d. Elaborasi
  14. Seorang anak (usia 5 tahun) akan mencari ibunya di rumah dengan melihat semua ruangan yang ada. Tetapi anak usia 8 tahun akan mencari ibunya dengan cara memanggil ibunya terlebih dahulu barulah ia mendatangi sumber bunyi ibunya. Contoh ini menunjukkan…. 
    a. Anak memformulasikan dilema dan kemungkinan pemecahannya 
    b. Kesadaran anak akan proses kognitif yang diharapkan untuk memecahkan masalah 
    c. Anak memakai acara kaidah dan taktik kognitif 
    d. Fleksibilitas anak yang meningkat 
  15. Vigotsky meyakini bahwa berguru dan berkembang merupakan satu kesatuan dan saling memilih dalam perkembangan kognitif. Kematangan merupakan prasyarat untuk kesempurnaan berpikir secara spesifik. Pernyataan tersebut termasuk dalam.... 
    a. Zona perkembangan proksimal 
    b. Hukum genetik wacana perkembangan 
    c. Private speech 
    d. Scaffolding 
  16. Susunan kognitif selalu melibatkan mediator lingkungan sosial yang dipengaruhi oleh pengalaman interaksi sosial pada masa lampau. Namun demikian dalam membangun banyak sekali pengetahuan anak akan…. 
    a. Tergantung pada kedua orang tuanya 
    b. Membutuhkan campur tangan orang dewasa 
    c. Membangun pengetahuan secara pasif 
    d. Membangun pengetahuan sendiri secara aktif
  17. Dalam memperlihatkan pinjaman berguru kepada anak, kita harus memakai ZPD anak yaitu memperlihatkan pinjaman berguru kepada anak ketika anak.... 
    a. Merasa membutuhkan bantuan 
    b. Mengerjakan soal yang rumit-rumit 
    c. Memecahkan dilema yang sulit 
    d. Mengalami frustrasi lantaran menemukan jalan buntu
  18. Menurut Vigotsky, permainan dramatik merupakan suatu kegiatan yang sanggup berbagi tingkat mental tinggi pada ZPD. Perilaku mental tinggi yaitu ketika anak.... 
    a. Bebas melaksanakan kiprah yang dimainkannya 
    b. Berkesempatan memakai bahasa sendiri 
    c. Dapat berimprovisasi mengenai kiprah yang dimainkannya 
    d. Berani tampil di depan anak lainnya 
  19. Pengetahuan sosial yang diperoleh belum dewasa uasia dini, berdasarkan Piaget berasal dari …. 
    a. Budaya dimana orang tersebut tinggal 
    b. Kebiasaan turun temurun suatu bangsa 
    c. Ajaran moral daerah anak menetap 
    d. Norma yang berlaku di masyarakat
  20. Piaget menyampaikan bahwa pengetahuan bukan sekedar peniruan dari lingkungan anak, melainkan lebih kepada membangun pemikiran secara aktif dengan membuat kekerabatan antar obyek satu dengan lainnya. Teori ini dikenal sebagai teori.... 
    a. Konstruktivis 
    b. Peniruan pengetahuan 
    c. Transformasi 
    d. Stimulus - respon 
  21. Contoh pengembangan pengetahuan sosial pada pendidikan anak usia dini adalah.... 
    a. Membangun dengan balok 
    b. Meronce 
    c. Mencari jejak (maze) 
    d. Bekerja sama membuat prakarya 
  22. Bu Susi seorang pendidik PAUD melihat anak didiknya sedang asyik bermain balok. Mereka mengajak bu Susi untuk ikut bermain. Bu susi tanpa ragu-ragu ikut dalam permainan. Ia memberi teladan cara membuat sebuah terowongan. Peran bu Susi dalam membangun pengetahuan pada anak pada perkara ini yaitu sebagai.... 
    a. Model 
    b. Motivator 
    c. Fasilitator 
    d. Teman bermain 
  23. Kurikulum merupakan rencana jadwal kegiatan bermain berlandaskan filosofis wacana bagaimana anak berkembang dan belajar, dan sebagai Jawaban: wacana apa yang harus diajarkan serta bagaimana cara mengajarkannya. Pendapat ini dikemukakan oleh.... 
    a. Bermen, Finn dan Cribb 
    b. NAEYC 
    c. Catron dan Allen 
    d. Kittano dan Kirby 
  24. Hal prinsipil yang menjadi perbedaan kurikulum 1994 dengan KBK 2004 yaitu dalam hal tujuan yaitu.... 
    a. Metode mengajar bervariasi sesuai pengalaman belajar 
    b. Berpusat pada anak 
    c. Individual ditonjolkan berdasarkan kecepatan belajar 
    d. Kebebasan guru menambah/ mengurangi indikator yang akan dicapai berdasarkan kondisi 
  25. Prinsip pembelajaran PAUD yang berorientasi pada kebutuhan anak yaitu kesadaran bahwa.... a. Siklus berguru anak selalu berulang 
    b. Anak berguru melalui interaksi sosial dengan orang lain 
    c. Anak membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangannya 
    d. Perkembangan dan berguru anak harus memperhatikan perbedaan individu 
  26. Pengembangan kognitif anak usia 4-5 tahun dalam memahami konsep bentuk, warna, ukuran dan pola, sanggup dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali … 
    a. Menunjukkan dan menyebutkan benda-benda berbentuk geometri 
    b. Mengelompokkan benda dengan banyak sekali cara berdasarkan ciri-ciri tertentu 
    c. Menujukkan dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman, yang mempunyai warna, bentuk, ukuran, dan ciri-ciri tertentu 
    d. Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya 
  27. Menurut andal pendidikan dan psikologi, bermain merupakan pekerjaan masa kanak-kanak dan cermin pertumbuhan anak. Apabila bermain dianggap sebagai suatu metode pengembangan anak, maka yang harus diperhatikan dalam bermain yaitu hal-hal berikut ini, kecuali.... 
    a. Berorientasi pada hasil 
    b. Memberi kesenangan pada anak 
    c. Fleksibel 
    d. Tidak mengikat 
  28. Hari ini belum dewasa akanmembuat topi dari kertas. Masing-masing sudah memegang sebuah kertas yang akan dijadikan topi. Bu guru memberi teladan cara membuat topi dari kertas dari mulai lipatan pertama sampai menjadi topi sedangkan belum dewasa diminta memperhatikan lebih dahulu sampai Bu guru selesai barulah mereka diijinkan mulai melipat kertasnya masing-masing. Metode yang dipakai bu guru dalam memberi teladan yaitu metode.... 
    a. Pemberian tugas
    b. Demonstrasi 
    c. Eksperimen 
    d. Kerja kelompok 
  29. Hasil pengamatan wacana sikap dan sikap anak yang terjadi secara khusus dan tibatiba atau insidental dicatat dalam.... 
    a. Observasi 
    b. Portofolio 
    c. Catatan anekdot 
    d. Unjuk kerja
  30. Dalam kegiatan mengucap syair, belum dewasa diminta maju satu persatu untuk mengucapkan syair pendek yang telah dihafalnya di rumah. Guru menilai kemampuan anak menghafal dan mengucapkan kata-kata dengan benar. Dalam hal ini guru memakai alat penilaian …. 
    a. Penugasan 
    b. Unjuk kerja 
    c. Hasil karya 
    d. Observasi 
  31. Kemampuan untuk berpikir dengan banyak cara untuk mencapai tujuan atau untuk menuntaskan dilema merupakan ciri-ciri keberbakatan....
    a. Kreatif
    b. Intelektual
    c. Akademik
    d. Kepemimpinan dan sosial 
  32. Bu Susi memperlihatkan gambar yang belum tepat atau janggal kepada anak-anak. Kemudian belum dewasa diminta mencari kejanggalan gambar tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan....
    a. Taktil
    b. Kinestetik
    c. Visual
    d. Geometri 
  33. Setiap akan memulai kegiatan, Bu Susi selalu melaksanakan tanya-jawab dengan anak-anak. Kegiatan tanya-jawab ini dipercaya sanggup berbagi kecerdasan....
    a. Linguistik
    b. Kinestetik
    c. Naturalistik
    d. Interpersonal
  34. Kegiatan memperhatikan sesuatu kemudian menuliskan seluruh insiden yang diamati secara alamiah (apa adanya), termasuk dalam kegiatan pengumpulan data melalui pengamatan dengan....
    a. Psikolog
    b. Catatan anekdot
    c. Daftar check
    d. Format terbuka 
  35. Penilaian kemampuan anak dengan meminta anak menampilkan kemampauannya secara faktual atau anak melaksanakan langsung, termasuk dalam penilaian....
    a. Penugasan
    b. Unjuk kerja
    c. Pengamatan
    d. Wawancara
  36. Seorang guru menjelaskan bentuk-bentuk rumah ibadah kepada anak-anak. Ia membawa model beberapa macam rumah ibadah untuk diperlihatkan kepada anak. Daripada menjelaskan panjang lebar bentuk rumah ibadah, guru meperbolehkan belum dewasa memegang, meraba, dan meneliti model rumah ibadah tersebut. Dalam hal ini guru memakai media yang berfungsi sebagai.... 
    a. Alat bereksperimen 
    b. Menghilangkan verbalisme 
    c. Menyelidiki atau meneliti 
    d. Mengembangkan imajinasi 
  37. Untuk keselamatan anak, maka bentuk media harus diusahakan agar…. 
    a. Tumpul (tidak tajam) 
    b. Menarik dan menyenangakan 
    c. Ukuran diubahsuaikan dengan anak 
    d. Dapat dimanipulasi
  38. Pembuatan alat peraga/bermain harus memperhatikan segi estetika dan keindahan yaitu menyangkut hal-hal berikut ini, kecuali…. 
    a. Indah dan proporsional 
    b. Ukuran sesuai 
    c. Warna dan kombinasi warna serasi 
    d. Praktis dipakai dan disimpan 
  39. Alat peraga berupa kotak-kotak karakter sangat disukai anak-anak. Alat peraga bentuk tersebut mempunyai fungsi berikut ini, kecuali.... 
    a. Menarik minat baca 
    b. Mengelompokkan karakter yang sama 
    c. Menyusun karakter dalam kata yang bermakna 
    d. Mengenalkan warna melalui huruf-huruf 
  40. Saat bermain pasir, Dudi menuangkan pasir yang ada di bejana kecilnya ke dalam suatu wadah (wadah A) dan ternyata pasirya masuk semua. Kemudian ia mengambil wadah yang lebih kecil (wadah B) dan memasukkan pasir dari wadah A ke wadah B, ternyata banyak pasirnya yang tertumpah lantaran tidak cukup. Melalui bermain pasir ia mengenal ukuran besar dan kecil dengan cara mengetahui bahwa wadah A lebih besar dari wadah B. Ini merupakan salah satu manfaat permainan matematika yaitu.... 
    a. Membantu anak berguru matematika secara alami melalui bermain 
    b. Menghindari ketakutan terhadap matematika semenjak awal 
    c. Membelajarkan anak wacana konsep matematika 
    d. Mengajarkan matematika dengan cara yang benar
  41. Bu guru memperlihatkan untaian manik-manik kepada anak-anak. Warna manik-manik tersebut membentuk urutan tertentu yaitu tiga merah, tiga putih, tiga hitam, tiga kuning dan tiga hijau. Anak-anak diminta membuat untaian dengan urutan warna yang sama. Dalam hal ini belum dewasa membutuhkan keterampilan.... 
    a. Penyortiran dan pengelompokan 
    b. Menyusun pola atau gambar 
    c. Mengurutkan dan menyambung 
    d. Pemecahan masalah 
  42. Area bermain yang sanggup dipakai untuk mengajarkan konsep ukuran, berat, dan volume secara pribadi yaitu area …. 
    a. Bermain pasir/air 
    b. Balok 
    c. Bermain drama 
    d. Seni
  43. Taman Kanak-kanak A diberi empat buah gambar. Gambar pertama yaitu gambar seekor bebek. Gambar kedua berisi dua ekor bebek. Gambar ketiga tiga ekor bebek. Gambar keempat empat ekor bebek. Setiap pojok gambar diberi lubang untuk pita. Anak-anak mewarnai gambar tersebut kemudian mengurutkan gambar belibis dari yang sedikit ke yang banyak dengan cara menyusunnya memakai pita. Kegiatan ini bertujuan biar anak dapat.... 
    a. Memperluas konsep bilangan ganjil genap 
    b. Meletakkan gambar pada urutan berikutnya 
    c. Mengembangkan keterampilan membandingkan 
    d. Membuat perbandingan antara binatang yang besar dan yang kecil
  44. Saat melaksanakan kegiatan permainan sains dan belum dewasa sanggup berguru menjadi penjelajah dan penemu ilmu pengetahuan. Hal ini akan berbagi perasaan besar hati dan saling menghargai di antara teman, terutama ketika anak berhasil menemukan suatu yang menurutnya gres atau mengambil kesimpulan dari banyak sekali percobaan. Hal ini akan berbagi potensi anak dalam perkembangan....
    a. Kognitif
    b. Sosial
    c. Emosional
    d. Bahasa 
  45. Anak-anak hendak bereksperimen memasukkan banyak sekali macam benda ke dalam air. Sebelumnya mereka harus membuat memprediksi apa yangakan terjadi dengan benda-benda tersebut. Prediksi yang dibentuk anak adalah....
    a. Membuat gambar benda-benda yang akan dimasukkan ke dalam air
    b. Mengelompokkan benda-benda menjadi benda-benda sejenis sebelum dimasukkan ke dalam air
    c. Membuat kesimpulan apabila benda-benda tersebut sudah dimasukkan ke dalam air
    d. Membuat dugaan atau asumsi apakah benda-benda tersebut akan tenggelam, terapung atau melayang 
  46. Perkembangan anak usia 4-5 tahun dalam berguru sains....
    a. Mulai mengerti wacana banyak hal tetapi masih sulit membedakan antara fakta dan fantasi
    b. Mulai menjelajah dan melaksanakan penelitian terhadap apa yang ia lihat di sekitarnya
    c. Mampu merencankana penelitian yang berafiliasi dengan pemecahan dilema
    d. Memiliki perhatian yang intens untuk banyak sekali acara sains 
  47. Anak-anak kelompok B diajak Ibu Guru bermain air. Mereka diminta menyemprotkan air di bawah panas matahari dan mengamati apa yang terjadi di bawah butiran air. Kegiatan in bertujuan....
    a. Mengetahui perbedaan cuaca
    b. Menyadari majemuk asal cahaya
    c. Mengungkap bahwa sinar matahari terdiri dari beberapa warna
    d. Mengetahui bahwa air jikalau dipanaskan akan menguap 
  48. Kreativitas merupakan kemampuan memperlihatkan gagasan-gagasan gres dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Pengertian kreativitas ini dikemukakan oleh....
    a. Semiawan
    b. Mayesty
    c. Angelou
    d. Santrock 
  49. Seorang anak sedang dalam dilema dan ia kelihatan frustrasi menghadapi dilema tersebut. Cara membantu anak biar timbul kreativitasnya dalam memecahkan masalah, yang sanggup kita lakukan adalah....
    a. Membantu anak menghargai perbedaan dalam dirinya
    b. Membantu anak untuk mengenali bahwa banyak sekali dilema mempunyai solusi
    c. Membantu anak merasa nyaman dalam melaksanakan acara kreatif dan dalam memecahkan dilema
    d. Tidak selalu memberi penghargaan pada kreativitas anak tetapi yang tertentu saja 
  50. Faktor yang memilih keberbakatan seorang anak pada hakekatnya sanggup diamati dari tiga kelompok ciri-ciri berikut ini, kecuali....
    a. Genetika
    b. Kemampuan di atas rata-rata
    c. Kreativitas
    d. Pengikatan diri 
Kunci Jawaban:
  1. d. Mengembangkan pemikiran-pemikirannya dalam rangka menghubungkan satu insiden dengan insiden lainnya
  2. a. Memerlukan konsentrasi yang tinggi 
  3. b. Hereditas
  4. a. Kemampuan untuk bertindak secara terarah, berfikir secara rasional, dan menghadapi lingkungan secara efektif 
  5. b. Kecerdasan jamak 
  6. a. Alfred Binet 
  7. c. Fetal 
  8. a. Mengajaknya tersenyum dan berbicara sambil menatap matanya 
  9. b. Sensoris motoris internalisasi skema 
  10. d. Banyak bertanya 
  11. b. Adaptasi 
  12. b. 2-7 tahun 
  13. c. Pengingat eksternal 
  14. b. Kesadaran anak akan proses kognitif yang diharapkan untuk memecahkan masalah 
  15. b. Hukum genetik wacana perkembangan 
  16. d. Membangun pengetahuan sendiri secara aktif
  17. a. Merasa membutuhkan bantuan
  18. c. Dapat berimprovisasi mengenai kiprah yang dimainkannya 
  19. a. Budaya dimana orang tersebut tinggal 
  20. a. Konstruktivis 
  21. d. Bekerja sama membuat prakarya 
  22. d. Teman bermain 
  23. c. Catron dan Allen 
  24. d. Kebebasan guru menambah/ mengurangi indikator yang akan dicapai berdasarkan kondisi 
  25. c. Anak membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangannya 
  26. a. Menunjukkan dan menyebutkan benda-benda berbentuk geometri 
  27. a. Berorientasi pada hasil 
  28. d. Kerja kelompok
  29. c. Catatan anekdot 
  30. b. Unjuk kerja 
  31. a. Kreatif 
  32. c. Visual 
  33. a. Linguistik 
  34. d. Format terbuka 
  35. b. Unjuk kerja 
  36. b. Menghilangkan verbalisme 
  37. a. Tumpul (tidak tajam) 
  38. d. Praktis dipakai dan disimpan 
  39. d. Mengenalkan warna melalui huruf-huruf 
  40. a. Membantu anak berguru matematika secara alami melalui bermain 
  41. b. Menyusun pola atau gambar 
  42. a. Bermain pasir/air 
  43. b. Meletakkan gambar pada urutan berikutnya 
  44. c. Emosional 
  45. d. Membuat dugaan atau asumsi apakah benda-benda tersebut akan tenggelam, terapung atau melayang
  46. a. Mulai mengerti wacana banyak hal tetapi masih sulit membedakan antara fakta dan fantasi
  47. c. Mengungkap bahwa sinar matahari terdiri dari beberapa warna 
  48. a. Semiawan 
  49. b. Membantu anak untuk mengenali bahwa banyak sekali dilema mempunyai solusi 
  50. a. Genetika