Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Kognitif Lengkap Jawaban
- Menurut Jean Piaget, pentingnya pengembangan kognitif berafiliasi dengan asosiasi pemikiran yaitu biar anak mampu….a. Mengembangkan daya persepsinya berdasarkan apa yang ia lihat, dengar dan rasakanb. Melatih ingatannya terhadap suatu insiden dan insiden yang pernah dialaminyac. Memahami banyak sekali simbol-simbol yang tersebar di lingkungan sekitarnyad. Mengembangkan pemikiran-pemikirannya dalam rangka menghubungkan satu insiden dengan insiden lainnya
- Seorang anak memecahkan sebuah botol minuman di sebuah rak supermarket. Ia tidak panik dan tidak merasa ketakutan, tetapi ia segera memanggil ibunya dan memberitahu apa yang terjadi. Ilustrasi ini merupakan teladan perbuatan intelijenyang berafiliasi dengan kemampuan….a. Memerlukan konsentrasi yang tinggib. Mengatasi dilema yang lebih tinggi dari tingkat kemampuannyac. Perbuatan yang dilakukan sesuai dengan tujuand. Abstraksi dipakai dalam memecahkan masalah
- Schopenhauer beropini bahwa insan lahir sudah membawa potensi-potensi tertentu yang tidak sanggup dipengaruhi lingkungannya. Teori ini dikenal dengan teori….a. Lingkunganb. Hereditasc. Kematangand. Pembentukan
- Menurut David Wechsler, inteligensi adalah….a. Kemampuan untuk bertindak secara terarah, berfikir secara rasional, dan menghadapi lingkungan secara efektifb. Kemampuan untuk memecahkan dilema atau untuk membuat karya yang dihadiri dalam satu kebudayaan atau lebihc. Kemampuan individu berpikir abstrak, berguru merespon, dan mengikuti keadaan dengan lingkungan d. Disposisi untuk bertindak, memilih tujuan-tujuan gres dalam hidup, membuat dan mempergunakan alat untuk mencapai tujuan
- Kognisi sanggup dilihat dari tiga katergori dasar atau “faces of intellect”,yaitu operasi mental, isi (content), dan hasil (product). Teori mengenai kognisi ini termasuk dalam teori….a. Dua faktorb. Kecerdasan jamakc. Kemampuan mental primerd. Triachic of intelligence
- Perwujudan potensi kognitif insan yaitu suatu acara atau sikap kognitif yang pokok, terutama menyangkut kemampuan berbahasa dan motorik. Pernyataan tersebut merupakan pandangan mengenai kognitif yang dikemukakan oleh….a. Alfred Binetb. Carl Witheringtonc. Cameron dan Barleyd. John Locke dan Herbart
- Janin sanggup merespon suara, detak jantung, dan getaran badan ibunya. Hal ini memperlihatkan bahwa janin sanggup mendengar dan merasa. Ini terjadi pada periode….a. Germinalb. Embrionisc. Fetald. Trimester pertama
- Stimulasi pengembangan kognitif untuk bayi berusia lahir sampai 3 bulan dalam hal melatih respon bayi terhadap orang dewasa, dilakukan dengan cara….a. Mengajaknya tersenyum dan berbicara sambil menatap matanyab. Melatih kelenturan tangan dan indera pendengaranc. Melatih bayi berguru mengenali sensasi sentuhand. Melatih bayi berguru wacana alasannya akibat
- Anak usia 3-5 tahun berperilaku kreatif, bebas, dan penuh imajinasi. Masa ini termasuk masa ….a. Reaksi serkuler tersierb. Sensoris motoris internalisasi skemac. Praoperasional awald. Prasekolah
- Memberikan buku-buku bergambar kepada anak usia dini akan merangsang anak untuk ....a. Meminta orang bau tanah membeli buku-buku bergambar lainnyab. Mewarnai gambar pada buku tersebutc. Mengucapkan kata yang sulit dengan benard. Banyak bertanya
- Cara anak memperlakukan informasi gres dengan mempertimbangkan apa yang telah mereka ketahui sebelumnya termasuk....a. Skemab. Adaptasic. Organisasid. Ekuilibrasi
- Anak mulai memakai gambaran-gambaran mental untuk memahami dunianya. Ini terjadi pada tahap praoperasional yaitu pada usia….a. 0-2 tahunb. 2-7 tahunc. 7-11 tahund. 11 tahun - dewasa
- Sigit (usia 5 tahun) sedang menyusun rencana kegiatan bermain yang akan dilakukannya di sekolah pada hari ini. Dia mengingat-ingat permainan yang terdapat di sekolah yang paling sedikit belum dewasa yang memainkannya. Ingatan Sigit ini dirangsang oleh sesuatu yang berasal dari luar dirinya. Sigit memakai taktik ….a. Organisasib. Rehearsalc. Pengingat eksternald. Elaborasi
- Seorang anak (usia 5 tahun) akan mencari ibunya di rumah dengan melihat semua ruangan yang ada. Tetapi anak usia 8 tahun akan mencari ibunya dengan cara memanggil ibunya terlebih dahulu barulah ia mendatangi sumber bunyi ibunya. Contoh ini menunjukkan….a. Anak memformulasikan dilema dan kemungkinan pemecahannyab. Kesadaran anak akan proses kognitif yang diharapkan untuk memecahkan masalahc. Anak memakai acara kaidah dan taktik kognitifd. Fleksibilitas anak yang meningkat
- Vigotsky meyakini bahwa berguru dan berkembang merupakan satu kesatuan dan saling memilih dalam perkembangan kognitif. Kematangan merupakan prasyarat untuk kesempurnaan berpikir secara spesifik. Pernyataan tersebut termasuk dalam....a. Zona perkembangan proksimalb. Hukum genetik wacana perkembanganc. Private speechd. Scaffolding
- Susunan kognitif selalu melibatkan mediator lingkungan sosial yang dipengaruhi oleh pengalaman interaksi sosial pada masa lampau. Namun demikian dalam membangun banyak sekali pengetahuan anak akan….a. Tergantung pada kedua orang tuanyab. Membutuhkan campur tangan orang dewasac. Membangun pengetahuan secara pasifd. Membangun pengetahuan sendiri secara aktif
- Dalam memperlihatkan pinjaman berguru kepada anak, kita harus memakai ZPD anak yaitu memperlihatkan pinjaman berguru kepada anak ketika anak....a. Merasa membutuhkan bantuanb. Mengerjakan soal yang rumit-rumitc. Memecahkan dilema yang sulitd. Mengalami frustrasi lantaran menemukan jalan buntu
- Menurut Vigotsky, permainan dramatik merupakan suatu kegiatan yang sanggup berbagi tingkat mental tinggi pada ZPD. Perilaku mental tinggi yaitu ketika anak....a. Bebas melaksanakan kiprah yang dimainkannyab. Berkesempatan memakai bahasa sendiric. Dapat berimprovisasi mengenai kiprah yang dimainkannyad. Berani tampil di depan anak lainnya
- Pengetahuan sosial yang diperoleh belum dewasa uasia dini, berdasarkan Piaget berasal dari ….a. Budaya dimana orang tersebut tinggalb. Kebiasaan turun temurun suatu bangsac. Ajaran moral daerah anak menetapd. Norma yang berlaku di masyarakat
- Piaget menyampaikan bahwa pengetahuan bukan sekedar peniruan dari lingkungan anak, melainkan lebih kepada membangun pemikiran secara aktif dengan membuat kekerabatan antar obyek satu dengan lainnya. Teori ini dikenal sebagai teori....a. Konstruktivisb. Peniruan pengetahuanc. Transformasid. Stimulus - respon
- Contoh pengembangan pengetahuan sosial pada pendidikan anak usia dini adalah....a. Membangun dengan balokb. Meroncec. Mencari jejak (maze)d. Bekerja sama membuat prakarya
- Bu Susi seorang pendidik PAUD melihat anak didiknya sedang asyik bermain balok. Mereka mengajak bu Susi untuk ikut bermain. Bu susi tanpa ragu-ragu ikut dalam permainan. Ia memberi teladan cara membuat sebuah terowongan. Peran bu Susi dalam membangun pengetahuan pada anak pada perkara ini yaitu sebagai....a. Modelb. Motivatorc. Fasilitatord. Teman bermain
- Kurikulum merupakan rencana jadwal kegiatan bermain berlandaskan filosofis wacana bagaimana anak berkembang dan belajar, dan sebagai Jawaban: wacana apa yang harus diajarkan serta bagaimana cara mengajarkannya. Pendapat ini dikemukakan oleh....a. Bermen, Finn dan Cribbb. NAEYCc. Catron dan Allend. Kittano dan Kirby
- Hal prinsipil yang menjadi perbedaan kurikulum 1994 dengan KBK 2004 yaitu dalam hal tujuan yaitu....a. Metode mengajar bervariasi sesuai pengalaman belajarb. Berpusat pada anakc. Individual ditonjolkan berdasarkan kecepatan belajard. Kebebasan guru menambah/ mengurangi indikator yang akan dicapai berdasarkan kondisi
- Prinsip pembelajaran PAUD yang berorientasi pada kebutuhan anak yaitu kesadaran bahwa.... a. Siklus berguru anak selalu berulangb. Anak berguru melalui interaksi sosial dengan orang lainc. Anak membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangannyad. Perkembangan dan berguru anak harus memperhatikan perbedaan individu
- Pengembangan kognitif anak usia 4-5 tahun dalam memahami konsep bentuk, warna, ukuran dan pola, sanggup dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali …a. Menunjukkan dan menyebutkan benda-benda berbentuk geometrib. Mengelompokkan benda dengan banyak sekali cara berdasarkan ciri-ciri tertentuc. Menujukkan dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman, yang mempunyai warna, bentuk, ukuran, dan ciri-ciri tertentud. Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya
- Menurut andal pendidikan dan psikologi, bermain merupakan pekerjaan masa kanak-kanak dan cermin pertumbuhan anak. Apabila bermain dianggap sebagai suatu metode pengembangan anak, maka yang harus diperhatikan dalam bermain yaitu hal-hal berikut ini, kecuali....a. Berorientasi pada hasilb. Memberi kesenangan pada anakc. Fleksibeld. Tidak mengikat
- Hari ini belum dewasa akanmembuat topi dari kertas. Masing-masing sudah memegang sebuah kertas yang akan dijadikan topi. Bu guru memberi teladan cara membuat topi dari kertas dari mulai lipatan pertama sampai menjadi topi sedangkan belum dewasa diminta memperhatikan lebih dahulu sampai Bu guru selesai barulah mereka diijinkan mulai melipat kertasnya masing-masing. Metode yang dipakai bu guru dalam memberi teladan yaitu metode....a. Pemberian tugasb. Demonstrasic. Eksperimend. Kerja kelompok
- Hasil pengamatan wacana sikap dan sikap anak yang terjadi secara khusus dan tibatiba atau insidental dicatat dalam....a. Observasib. Portofolioc. Catatan anekdotd. Unjuk kerja
- Dalam kegiatan mengucap syair, belum dewasa diminta maju satu persatu untuk mengucapkan syair pendek yang telah dihafalnya di rumah. Guru menilai kemampuan anak menghafal dan mengucapkan kata-kata dengan benar. Dalam hal ini guru memakai alat penilaian ….a. Penugasanb. Unjuk kerjac. Hasil karyad. Observasi
- Kemampuan untuk berpikir dengan banyak cara untuk mencapai tujuan atau untuk menuntaskan dilema merupakan ciri-ciri keberbakatan....
a. Kreatif
b. Intelektual
c. Akademik
d. Kepemimpinan dan sosial - Bu Susi memperlihatkan gambar yang belum tepat atau janggal kepada anak-anak. Kemudian belum dewasa diminta mencari kejanggalan gambar tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan....
a. Taktil
b. Kinestetik
c. Visual
d. Geometri - Setiap akan memulai kegiatan, Bu Susi selalu melaksanakan tanya-jawab dengan anak-anak. Kegiatan tanya-jawab ini dipercaya sanggup berbagi kecerdasan....
a. Linguistik
b. Kinestetik
c. Naturalistik
d. Interpersonal - Kegiatan memperhatikan sesuatu kemudian menuliskan seluruh insiden yang diamati secara alamiah (apa adanya), termasuk dalam kegiatan pengumpulan data melalui pengamatan dengan....
a. Psikolog
b. Catatan anekdot
c. Daftar check
d. Format terbuka - Penilaian kemampuan anak dengan meminta anak menampilkan kemampauannya secara faktual atau anak melaksanakan langsung, termasuk dalam penilaian....
a. Penugasan
b. Unjuk kerja
c. Pengamatan
d. Wawancara - Seorang guru menjelaskan bentuk-bentuk rumah ibadah kepada anak-anak. Ia membawa model beberapa macam rumah ibadah untuk diperlihatkan kepada anak. Daripada menjelaskan panjang lebar bentuk rumah ibadah, guru meperbolehkan belum dewasa memegang, meraba, dan meneliti model rumah ibadah tersebut. Dalam hal ini guru memakai media yang berfungsi sebagai....a. Alat bereksperimenb. Menghilangkan verbalismec. Menyelidiki atau menelitid. Mengembangkan imajinasi
- Untuk keselamatan anak, maka bentuk media harus diusahakan agar….a. Tumpul (tidak tajam)b. Menarik dan menyenangakanc. Ukuran diubahsuaikan dengan anakd. Dapat dimanipulasi
- Pembuatan alat peraga/bermain harus memperhatikan segi estetika dan keindahan yaitu menyangkut hal-hal berikut ini, kecuali….a. Indah dan proporsionalb. Ukuran sesuaic. Warna dan kombinasi warna serasid. Praktis dipakai dan disimpan
- Alat peraga berupa kotak-kotak karakter sangat disukai anak-anak. Alat peraga bentuk tersebut mempunyai fungsi berikut ini, kecuali....a. Menarik minat bacab. Mengelompokkan karakter yang samac. Menyusun karakter dalam kata yang bermaknad. Mengenalkan warna melalui huruf-huruf
- Saat bermain pasir, Dudi menuangkan pasir yang ada di bejana kecilnya ke dalam suatu wadah (wadah A) dan ternyata pasirya masuk semua. Kemudian ia mengambil wadah yang lebih kecil (wadah B) dan memasukkan pasir dari wadah A ke wadah B, ternyata banyak pasirnya yang tertumpah lantaran tidak cukup. Melalui bermain pasir ia mengenal ukuran besar dan kecil dengan cara mengetahui bahwa wadah A lebih besar dari wadah B. Ini merupakan salah satu manfaat permainan matematika yaitu....a. Membantu anak berguru matematika secara alami melalui bermainb. Menghindari ketakutan terhadap matematika semenjak awalc. Membelajarkan anak wacana konsep matematikad. Mengajarkan matematika dengan cara yang benar
- Bu guru memperlihatkan untaian manik-manik kepada anak-anak. Warna manik-manik tersebut membentuk urutan tertentu yaitu tiga merah, tiga putih, tiga hitam, tiga kuning dan tiga hijau. Anak-anak diminta membuat untaian dengan urutan warna yang sama. Dalam hal ini belum dewasa membutuhkan keterampilan....a. Penyortiran dan pengelompokanb. Menyusun pola atau gambarc. Mengurutkan dan menyambungd. Pemecahan masalah
- Area bermain yang sanggup dipakai untuk mengajarkan konsep ukuran, berat, dan volume secara pribadi yaitu area ….a. Bermain pasir/airb. Balokc. Bermain dramad. Seni
- Taman Kanak-kanak A diberi empat buah gambar. Gambar pertama yaitu gambar seekor bebek. Gambar kedua berisi dua ekor bebek. Gambar ketiga tiga ekor bebek. Gambar keempat empat ekor bebek. Setiap pojok gambar diberi lubang untuk pita. Anak-anak mewarnai gambar tersebut kemudian mengurutkan gambar belibis dari yang sedikit ke yang banyak dengan cara menyusunnya memakai pita. Kegiatan ini bertujuan biar anak dapat....a. Memperluas konsep bilangan ganjil genapb. Meletakkan gambar pada urutan berikutnyac. Mengembangkan keterampilan membandingkand. Membuat perbandingan antara binatang yang besar dan yang kecil
- Saat melaksanakan kegiatan permainan sains dan belum dewasa sanggup berguru menjadi penjelajah dan penemu ilmu pengetahuan. Hal ini akan berbagi perasaan besar hati dan saling menghargai di antara teman, terutama ketika anak berhasil menemukan suatu yang menurutnya gres atau mengambil kesimpulan dari banyak sekali percobaan. Hal ini akan berbagi potensi anak dalam perkembangan....
a. Kognitif
b. Sosial
c. Emosional
d. Bahasa - Anak-anak hendak bereksperimen memasukkan banyak sekali macam benda ke dalam air. Sebelumnya mereka harus membuat memprediksi apa yangakan terjadi dengan benda-benda tersebut. Prediksi yang dibentuk anak adalah....
a. Membuat gambar benda-benda yang akan dimasukkan ke dalam air
b. Mengelompokkan benda-benda menjadi benda-benda sejenis sebelum dimasukkan ke dalam air
c. Membuat kesimpulan apabila benda-benda tersebut sudah dimasukkan ke dalam air
d. Membuat dugaan atau asumsi apakah benda-benda tersebut akan tenggelam, terapung atau melayang - Perkembangan anak usia 4-5 tahun dalam berguru sains....
a. Mulai mengerti wacana banyak hal tetapi masih sulit membedakan antara fakta dan fantasi
b. Mulai menjelajah dan melaksanakan penelitian terhadap apa yang ia lihat di sekitarnya
c. Mampu merencankana penelitian yang berafiliasi dengan pemecahan dilema
d. Memiliki perhatian yang intens untuk banyak sekali acara sains - Anak-anak kelompok B diajak Ibu Guru bermain air. Mereka diminta menyemprotkan air di bawah panas matahari dan mengamati apa yang terjadi di bawah butiran air. Kegiatan in bertujuan....
a. Mengetahui perbedaan cuaca
b. Menyadari majemuk asal cahaya
c. Mengungkap bahwa sinar matahari terdiri dari beberapa warna
d. Mengetahui bahwa air jikalau dipanaskan akan menguap - Kreativitas merupakan kemampuan memperlihatkan gagasan-gagasan gres dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Pengertian kreativitas ini dikemukakan oleh....
a. Semiawan
b. Mayesty
c. Angelou
d. Santrock - Seorang anak sedang dalam dilema dan ia kelihatan frustrasi menghadapi dilema tersebut. Cara membantu anak biar timbul kreativitasnya dalam memecahkan masalah, yang sanggup kita lakukan adalah....
a. Membantu anak menghargai perbedaan dalam dirinya
b. Membantu anak untuk mengenali bahwa banyak sekali dilema mempunyai solusi
c. Membantu anak merasa nyaman dalam melaksanakan acara kreatif dan dalam memecahkan dilema
d. Tidak selalu memberi penghargaan pada kreativitas anak tetapi yang tertentu saja - Faktor yang memilih keberbakatan seorang anak pada hakekatnya sanggup diamati dari tiga kelompok ciri-ciri berikut ini, kecuali....
a. Genetika
b. Kemampuan di atas rata-rata
c. Kreativitas
d. Pengikatan diri
Kunci Jawaban:
- d. Mengembangkan pemikiran-pemikirannya dalam rangka menghubungkan satu insiden dengan insiden lainnya
- a. Memerlukan konsentrasi yang tinggi
- b. Hereditas
- a. Kemampuan untuk bertindak secara terarah, berfikir secara rasional, dan menghadapi lingkungan secara efektif
- b. Kecerdasan jamak
- a. Alfred Binet
- c. Fetal
- a. Mengajaknya tersenyum dan berbicara sambil menatap matanya
- b. Sensoris motoris internalisasi skema
- d. Banyak bertanya
- b. Adaptasi
- b. 2-7 tahun
- c. Pengingat eksternal
- b. Kesadaran anak akan proses kognitif yang diharapkan untuk memecahkan masalah
- b. Hukum genetik wacana perkembangan
- d. Membangun pengetahuan sendiri secara aktif
- a. Merasa membutuhkan bantuan
- c. Dapat berimprovisasi mengenai kiprah yang dimainkannya
- a. Budaya dimana orang tersebut tinggal
- a. Konstruktivis
- d. Bekerja sama membuat prakarya
- d. Teman bermain
- c. Catron dan Allen
- d. Kebebasan guru menambah/ mengurangi indikator yang akan dicapai berdasarkan kondisi
- c. Anak membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangannya
- a. Menunjukkan dan menyebutkan benda-benda berbentuk geometri
- a. Berorientasi pada hasil
- d. Kerja kelompok
- c. Catatan anekdot
- b. Unjuk kerja
- a. Kreatif
- c. Visual
- a. Linguistik
- d. Format terbuka
- b. Unjuk kerja
- b. Menghilangkan verbalisme
- a. Tumpul (tidak tajam)
- d. Praktis dipakai dan disimpan
- d. Mengenalkan warna melalui huruf-huruf
- a. Membantu anak berguru matematika secara alami melalui bermain
- b. Menyusun pola atau gambar
- a. Bermain pasir/air
- b. Meletakkan gambar pada urutan berikutnya
- c. Emosional
- d. Membuat dugaan atau asumsi apakah benda-benda tersebut akan tenggelam, terapung atau melayang
- a. Mulai mengerti wacana banyak hal tetapi masih sulit membedakan antara fakta dan fantasi
- c. Mengungkap bahwa sinar matahari terdiri dari beberapa warna
- a. Semiawan
- b. Membantu anak untuk mengenali bahwa banyak sekali dilema mempunyai solusi
- a. Genetika