-->
Tips Menangkal Spyware Yang Kian Meningkat Di Android
4/ 5 stars - "Tips Menangkal Spyware Yang Kian Meningkat Di Android" Spyware komersial untuk OS Android yang diperjualbelikan dengan harga cukup murah disinyalir telah membanjiri dunia maya dan. Spyware ini ...

Tips Menangkal Spyware Yang Kian Meningkat Di Android



Spyware komersial untuk OS Android yang diperjualbelikan dengan harga cukup murah disinyalir telah membanjiri dunia maya dan. Spyware ini dipromosikan oleh penciptanya sebagai sebuah perangkat lunak yang sah dan bermanfaat untuk memonitor keluarga dan orang yang dicintai.

Sementara itu, Kaspersky Lab menemukan lebih dari 120.000 penggunanya berhadapan dengan spyware komersial ini di 9 bulan pertama tahun 2017- hampir dua kali lipat pada periode yang sama kalau dibandingkan tahun 2016 (lebih dari 70.000). Karena meningkatnya penggunaan aplikasi semacam itu, maka para andal Kaspersky Lab melaksanakan investigasi terhadap aplikasi spyware yang paling populer, kemudian menemukan sejumlah duduk kasus keamanan yang sanggup membahayakan tidak hanya perangkat itu sendiri, namun juga bagi data eksklusif penggunanya.

Spyware ialah homogen perangkat lunak yang bertujuan mengumpulkan isu perihal seseorang atau organisasi tanpa sepengetahuan mereka, dan sanggup mengirim data ini ke entitas lain tanpa sepengetahuan mereka. Spyware juga sanggup mengambilalih kontrol atas perangkat tanpa sepengetahuan pemilik perangkat.



Aplikasi ini biasanya dipakai untuk mencuri dan mengumpulkan pesan teks, log panggilan dan rekaman, pelacakan GPS, data browser, multimedia yang tersimpan, dan buku alamat. Yang paling mengkhawatirkan ialah spyware bahkan bisa mengakses akun jejaring sosial korban dan aplikasi messanger. Begitu sudah diakses, penyerang sanggup mengamati percakapan di messenger, feeds, dan data-data eksklusif lainnya dari profil jejaring sosial korban.

Dengan sejumlah besar data beresiko jatuh ke tangan yang salah, kalau spyware dikembangkan tanpa memikirkan duduk kasus keamanan, maka hal itu bisa menimbulkan agresi peretasan yang parah dimana data-data akan berpindah tangan dari yang seharusnya menerima. Keadaan ini menjadikannya sebagai alat utama untuk tujuan komersial atau bahkan kriminal dan juga mempunyai kegunaan bagi mereka yang ingin mengeksploitasi pengguna. Untuk mengetahui seberapa faktual ancaman tersebut, para andal Kaspersky Lab menganalisis aplikasi spyware komersial ternama. Penelitian tersebut menemukan bahwa setiap aplikasi yang diperiksa mengandung beberapa duduk kasus keamanan :
  • Aplikasi Non-market. Sebagian besar aplikasi spyware komersial didistribusikan dari situs dan landing pages milik mereka sendiri, untuk menghindari investigasi keamanan dari pasar online resmi. Akibatnya, dikala menginstal aplikasi ini Anda perlu "allow install of non-market applications", yang berarti bahwa perangkat pengguna tidak dilindungi terhadap agresi abuh lebih lanjut oleh malware.
  • Perangkat yang di Root. Beberapa fitur intel bekerja hanya pada perangkat yang di-rooted, dan banyak vendor merekomendasikan semoga pengguna mendapatkan hak susukan "superuser". Namun, hak root memberi Trojans kemampuan yang hampir tak ada habisnya dan membiarkan perangkat tersebut tidak berdaya melawan serangan penjahat siber.
  • Data Pribadi Menjadi Beresiko. Para andal Kaspersky Lab secara krusial menemukan bahwa aplikasi spyware banyak menimbulkan ancaman terhadap keamanan data pribadi, lantaran kelemahan keamanan produk dan sikap pengembang yang ceroboh. Banyak dari mereka mengunggah data eksklusif korban ke sentra komando dan kontrol. Setelah diunggah, pengembang cenderung tidak memperhatikan keamanan, dan balasannya data eksklusif tersebut sanggup diakses oleh semua orang.
Menurut para andal Kaspersky Lab, duduk kasus keamanan yang terkait dengan spyware komersial, dikombinasikan dengan fitur persenjataan mereka yang besar menimbulkan ancaman faktual terhadap perangkat milik pengguna, data eksklusif mereka serta kerusakan lebih lanjut di tangan penjahat siber yang terampil.

"Spyware komersial ialah sebuah rujukan perangkat lunak yang dianggap sah dan bahkan membantu, namun bahwasanya menimbulkan sejumlah besar ancaman bagi penggunanya. Pemasangan aplikasi semacam itu merupakan langkah yang berpotensi menawarkan risiko, yang bahkan sanggup mengakibatkan abuh lebih lanjut dari malware yang mengakibatkan konsekuensi lebih parah. Itulah sebabnya kami membuat teknologi khusus untuk OS Android, yang membantu menemukan dan mendeteksi aplikasi berbahaya yang sanggup mengakibatkan pelanggaran privasi data-data milik pengguna," ungkap Alexey Firsh, pakar keamanan di Kaspersky Lab.

Para andal Kaspersky Lab menyarankan pengguna untuk melaksanakan tindakan berikut ini, untuk melindungi perangkat dan data eksklusif mereka dari serangan siber yang mungkin terjadi:
  • Jangan root perangkat Android Anda, lantaran ini akan membuka kemampuan yang hampir tak terbatas ke aplikasi berbahaya
  • Nonaktifkan kemampuan untuk menginstal aplikasi dari sumber selain dari toko aplikasi resmi
  • Selalu perbaharui versi OS dari perangkat Anda, hal ini mempunyai kegunaan untuk mengurangi kerentanan pada perangkat lunak dan mengurangi risiko serangan
  • Install solusi keamanan yang telah terbukti untuk melindungi perangkat Anda dari serangan siber
  • Selalu lindungi perangkat Anda dengan kata kunci, PIN atau sidik jari, sehingga penyerang tidak sanggup mengakses perangkat Anda secara manual.
Untuk membantu pengguna mengamankan data eksklusif merekadi perangkat mobile, Kaspersky Lab telah menyebarkan Kaspersky Internet Security for Android. Solusi ini melindungi smartphone dan tablet dari aplikasi dan situs berbahaya, memastikan privasi pengguna berkat tunjangan terhadap malware (termasuk spyware), penyaringan panggilan dan teks dan fitur anti-pencurian.


Sumber : Tabloidpulsa.co.id