-->
10 Situs Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog
4/ 5 stars - "10 Situs Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog" Sebagai seorang blogger, salah satu hal penting yang perlu ada di dalam body goresan pena yaitu foto/gambar. Kenapa sih perlu pake foto ...

10 Situs Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog



 Situs Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog 10 Situs Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog

Sebagai seorang blogger, salah satu hal penting yang perlu ada di dalam body goresan pena yaitu foto/gambar. Kenapa sih perlu pake foto segala? Bukannya dengan goresan pena saja sudah cukup?

Statistik sudah menandakan bahwa sebuah goresan pena di blog yang disertai foto akan lebih terlihat menarik dan menciptakan pembaca pun betah. Apalagi jikalau goresan pena itu agak panjang contohnya lebih dari 800 kata, penggunaan foto akan mengatakan ‘break’ yang yummy di mata untuk pembaca.

Makara semoga tampak anggun ya bro. Saya langsung kalau ngeblog harus ada minimal 1 foto dengan ukuran pas (tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil) yang nyempil di dalam postingan.

Nah terus kita nyari fotonya dimana? Kalau dapat foto sendiri, bagusan pake hasil karya sendiri ya bro, tapi kalo nggak ada? Bisa di google aja kan?

Wah, hati-hati ya bro. Bukan maksud saya menakut-nakuti tapi kalau kita asal mencomot foto/image hasil Google bisa-bisa malah nanti kita di tuduh melanggar hak cipta dan digugat walaupun kita sudah mencantumkan sumber foto tersebut dari mana.

Awal-awal mulai ngeblog di tahun 2011 pun saya suka asal ambil foto dari Google kok, saya pikir ya nggak apa-apa. Ternyata sesudah baca-baca dan sesudah makin banyak berguru saya gres tahu ada beberapa jenis foto/image di internet yang punya lisensi beda-beda.

Mari kita bahas jenis-jenis lisensi foto/image yang berlaku:

1. Rights Managed

Fotografi yang dijual memakai RM ini biasanya cenderung digunakan untuk keperluan editorial dan sifatnya hanya untuk sekali pakai. Misalnya untuk Koran/Majalah.

2. Royalty Free

Royalty Free ni diciptakan awalnya untuk pengiklan (advertiser) yang perlu foto untuk kebutuhan promosi. Misalnya advertising agency. Royalty Free ini harganya berbeda-beda tergantung ukuran foto. Makin besar fotonya harganya pun makin mahal, kenapa? Karena foto dengan ukuran besar akan menghasilkan hasil print yang lebih tajam alias tidak pecah.

Royalti Free ini sifatnya dapat digunakan lebih dari sekali selama kita sudah membayar harga foto yang kita beli jadi terserah mau digunakan untuk apa juga bebas.

3. Creative Commons

Nah ini surganya foto untuk kita-kita para bloggers. Kenapa? Karena ini jenis lisensi foto yang boleh kita gunakan secara gratis! CC ini terbagi dalam 6 jenis lagi dan tiap jenis punya hukum main masing-masing jadi walaupun gratis tetap sebaiknya diperhatikan juga lisensinya.

Sudah lebih terperinci soal urusan lisensi foto pertanyaan berikutnya pasti

...trus kita nyari foto yang Creative Commons di mana?

Dibawah ini ada 10 Situs Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog yang memperlihatkan foto-foto Creative Commons yang selama ini sangat membantu para Blogger kalau kebetulan nggak punya stok foto untuk tulisan.

#1. Freeimages (dulunya Stock Exchange)

Freeimages punya banyak banget foto-foto, ilustrasi dan vector yang bebas untuk digunakan. Tapi walaupun free kita tetap harus masukin atribusi (sumber foto dan link yang benar) pada dikala kita post di blog jadi as always, sebelum download foto baca dulu ketentuannya.

#2. Pixabay

Ini ialah situs favorit saya, di Pixabay kita dapat menemukan 1,4jt gambar yang dapat kita gunakan secara gratis diblog selain itu ada video juga.

#3. Flickr

Di Flickr ini banyak banget foto-foto Creative Common yang dapat dipake untuk blog post. Tapi sekali lagi tolong dibaca dulu lisensi yang ada semoga jelas.

#4. Unsplash

Di sini kebanyakan foto pemandangan. Situs ini mengklaim lebih dari 70.000 Potographer yang menghasilkan 5milyar tayangan foto per bulan, unsplash ialah salah satu situs fotography terkemuka didunia.

#5. PhotoGenic


#6. Morgue File

#7. Free Range Stock

#8. Freepik

Ini untuk blogging mempunyai kegunaan banget apalagi untuk yang design pakai vector image.

#9. Photopin

#10. Turbo Photo

Di sini ada lebih dari 2000 foto yang dapat di pakai loh.

Nah itulah daftar situs download gambar gratis dan tentunya juga gambar tanpa hak cipta, jadi kita bebas menggunakannya, sekian dan terimakasih.