-->
Apa Itu Blog? Sejarah Dan Macam-Macam Blog
4/ 5 stars - "Apa Itu Blog? Sejarah Dan Macam-Macam Blog" Apa Itu Blog? Blog ialah sebuah bentuk aplikasi web online yang dipakai untuk memuat postingan dan sanggup dipublikasikan melalui sebuah ha...

Apa Itu Blog? Sejarah Dan Macam-Macam Blog



Apa Itu Blog? Blog ialah sebuah bentuk aplikasi web online yang dipakai untuk memuat postingan dan sanggup dipublikasikan melalui sebuah halaman web. Situs web menyerupai ini biasanya sanggup diakses diseluruh dunia dan seluruh pengguna internet sesuai dengan topik atau kata kunci yang dicari.

Blog juga sanggup dikatakan sebagai sebuah wadah online situs web yang terdiri dari halaman-halaman yang memuat banyak sekali goresan pena dalam format teks yang sanggup disisipi gambar dan yang lain, supaya sanggup ditampilkan dengan aplikasi web berupa sistem administrasi konten dari setiap topik yang ditulis untuk disajikan sebagai bentuk informasi. Blog biasanya dikelola secara berdikari (walaupun ada juga yang dikelola secara gotong royong alias banyak penulis).

Apa Itu Blog?


Sebelum membaca lebih jauh dan mengenal apa itu blog, lebih baik untuk mengenal dahulu bagaimana sejarah blog tercipta.

Sejarah Blog


Blog pertama kali di polulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs, walaupun pada risikonya tahun 2002 pihak Google berhasil mengakuisinya. Blog berfungsi sebagai media publikasi, media membuatkan dan untuk menyalurkan sebuah wangsit yang bermanfaat untuk orang lain, bahkan budaya ngeblog atau blogging sekarang semakin digemari oleh anak muda di Indonesia, tujuannya bukan sekedar untuk membuatkan informasi bahkan blog sanggup dipakai untuk menghasilkan uang melalui iklan yang telah terpasang. Untuk sanggup menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung/visitor.

Apa Manfaat Blog?

Dengan mempunyai sebuah blog tentunya banyak manfaat bagi sang pemilik. Blog sanggup dipakai untuk menhasilkan uang dengan cepat, dipakai untuk media promosi dan juga untuk dimanfaatkan sebagai berguru menulis konten yang bermanfaat bagi pembaca atau visitor. Manfaat lain yang sanggup dirasakan sesudah mempunyai blog ialah sanggup dengan gampang menyebarkan informasi yang ada ketika ini.

Jenis-Jenis Blog


Blog sanggup dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan topik bahasan yang termuat pada postingan blog itu sendiri, berikut beberapa macam kelompok blog yang banyak beredar di internet ketika ini.

  • Blog Pribadi: Dapat disebut sebagau buku harian seseorang yang berisikan perihal pengalaman, keluhan, kisah perjalanan, gagasan.
  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua problem berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog bertopik (niche blog): Blog yang membahas perihal sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik perihal kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi perihal keluhan pasien, gosip kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan perihal kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan dongeng perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan perihal perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan festival mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan perihal akademis menyerupai gosip riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan perihal aturan atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan banyak sekali macam informasi
  • Blog agama: Membahas perihal agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk acara promosi bisnis mereka
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)


Perlu diketahui bahwa, untuk menciptakan blog bukan hanya dari blogger banyak alternatif lain selain itu menyerupai memakai Wordpress, blogdetik, tumblr, mywapblog dan lain-lain.


Setiap platform blog mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, asalkan kita sungguh-sungguh dalam menjalaninya suatu ketika akan menuai hasilnya, dan jangan pernah menyalahkan platform apa yang anda gunakan. Bagaimana, tertarik untuk membuat blog di Google, atau dengan platform yang lain? silahkan mencoba sesuai dengan harapan dan kemampuan kalian. biar sukses.