-->
Bacaan Lengkap Sholawat Alfiyyah (Sholawat Dengan 1000 Kebaikan) Beserta Penjelasannya
4/ 5 stars - "Bacaan Lengkap Sholawat Alfiyyah (Sholawat Dengan 1000 Kebaikan) Beserta Penjelasannya"     بِسْمِ اللّــٰهِ الرَّحْــمٰنِ الرَّحِـيْمِ  Assalamualaikum..wr.wb? Masih membahas mengenai Sholawat-sholawat Nabi lengkap dari...

Bacaan Lengkap Sholawat Alfiyyah (Sholawat Dengan 1000 Kebaikan) Beserta Penjelasannya



    بِسْمِ اللّــٰهِ الرَّحْــمٰنِ الرَّحِـيْمِ 

Assalamualaikum..wr.wb?

Masih membahas mengenai Sholawat-sholawat Nabi lengkap dari lafaz arab serta terjemahannya, dan yang akan di bahas kali ini yaitu Sholawat Alfiyyah dengan banyak sekali keutamaannya.

Sholawat Alfiyyah termasuk kedalam Ghoiru Ma'tsurah, artinya Sholawat yang disusun oleh para waliullah yang dinukilkan dari Syaikh Abdul Abbas Ahmad Al-Hajiri. Sholawat ini dijiluki juga dengan (Sholawat seribu kebaikan) sebab Sholawat ini mengandung begitu banyak manfaat dan fadilahnya.

sholawat Nabi lengkap dari lafaz arab serta terjemahannya Bacaan Lengkap Sholawat Alfiyyah (Sholawat dengan 1000 Kebaikan) beserta Penjelasannya

Berbicara mengenai keutamaan Sholawat, ada beberapa keterangan yang menekankan pentingnya kalau kita mesti terus bersholawat pada Nabi diantaranya:

Dalam Al-Quràn Surah (AL-AHZAB : 56)
"Sesungguhnya Tuhan dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kau untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya"

Dan banyak sabda-sabda Rosulullah SAW mengenai keutamaan Bersholawat.

Rosulullah bersabda: "Barangsiapa bersholawat untukku dalam sehari seratus kali, maka Tuhan mendatangkan hajatnya seratus hajat. Yang 70 untuk akheratnya dan yang 30 untuk dunianya"

Subhanallah..

..berikut ini lafaz abjad dan trjemahannya:

Shalawat Alfiyyah
(Sholawat dengan 1000 Kebaikan)

اللهم صل علی سيدنا محمد حاء الرحمة وميما الملك ودال الدوام السيد الگامل الفاتح الخاتم عدد مافی علمك گائن او قد گان کلما ذگرك وذگره الذاکرون وغفل عن ذکرك وذکره الغافلون صلاة دائمة بدوامك باقية ببقائك لامنتهی لها دون علمك إنك علی کل شيئ قدير

Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammadin ha-ir-rohmati wa mimal-mulki wa dàlid-dawàmis-sayyidil kàmilil-fâtihil-khotimi àdada mà fî 'ilmika kà-inun aw qod kànà kullamà dzakaroka wa dzakarohudz-dzâkiruna wa ghofala ‘an dzikrika wa dzikrihil ghofiluna sholàtan dâ-imatan bidawàmika bàqiyatan bibaqo-ika là muntahà lahà duna ‘ilmika innaka ‘alà kulli syai-in qodir.

Terjemahnya:

“Ya Allah, berikanlah sholawat kepada junjungan kami, Muhammad Saw, ha- nya rahmat, mim- nya al-mulk (singgasana), dan dal- nya dawam (keabadian), junjungan yang sempurna, pembuka dan penutup, dengan bilangan apa yang ada pada ilmu-Mu, baik yang akan ada maupun yang sudah ada, setiap kali orang yang selalu ingat mengingat Mu dan mengingat Rasul Mu dan setiap kali orang yang lalai melalaikan – Mu dan melalaikan Rasul Mu, sholawat yang abadi dengan keabadian Mu, sholawat yang kekal dengan kekekalan-Mu, yang tiada batas dihadapan ilmu-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Keterangan periwayat:

Imam Hasan Al-'Adawi Al-Mishri dalam Syarh ad-Dalail menukilkan dari kakeknya, Syaikh Yusuf Al-Fasi, dari Abul 'Abbas Ahmad Al-Hajiri Ra, ia berkata, "Telah hingga kepadaku bahwa barang siapa bersholawat kepada Rasulullah saw dengan sholawat ini, ia mendapat sepuluh kebaikan. Kemudian seseorang bertemu Nabi Saw dan bertanya kepadanya, 'Wahai Nabi Allah, apakah orang yang bersholawat kepadamu dengan sholawat ini akan mendapat sepuluh kebajikan menyerupai yang mereka katakan?"

Beliau menjawab, 'Iya, tiap tiap sholawat sepuluh kebajikan, dan bahkan satu kebajikan dibalas sepuluh kebaikan.'

Beliau menukilkan dari Syaikh Abul Hasan ‘Ali Al-Mudarisi bahwa sholawat ini dikenal dengan Sholawat Alfiyah (sholawat seribu kebaikan), dan dia juga menukilkan dari Syaikh Abdullah bin Musa Ath-Tharabulsi dari Syaikh Muhammad bin Abdullah Az-Zaituni yang menyampaikan bahwa ia mengambilnya dari dua puluh guru.

(Wallahu A’lam Bisshowab)

Fadilah membaca Sholawat atas Nabi

"Allahumma Sholli Àla Muhammad wa Ala Alihi  Washahbihi Aj'main"

Diantara keutamaannya membaca Sholawat apapun itu banyak sekali fadilah dan khasiatnya, namun fadilah dan khasiat yang paling utama ialah dikala kita mendapat RidhoNya.
Sebagai keterangan mengenai pentingnya bersholawat itu sanggup kita lihat dari sabda-sabda Beliau Rosulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam, diantaranya:

Rosulullah bersabda: "Bersholawatlah kau untukku, sebab bacaan sholawat untukku itu menjadi tebusan dosamu dan menjadi kesucian untuk dirimu. Maka barang siapa membaca sholawat untukku satu kali, Tuhan akan bersholawat (memberi rahmat) kepadanya sepuluh kali".

Rosulullah bersabda: "Barangsiapa membaca sholawat untukku satu kali, Tuhan sholawat padanya sepuluh kali. Barangsiapa membaca sholawat untukku 10 kali, Tuhan menawarkan sholawat untuknya 100 kali. Dan barangsiapa membaca sholawat untukku 100 kali, maka Tuhan menawarkan 2 kebebasan. Pertama bebas dari sifat Munafik dan yang kedua bebas dari api neraka. Bahkan besok pada hari kiamat, Tuhan memasukannya ke dalam nirwana bersama mereka yang syahid".

Rosulullah bersabda: "Barangsiapa yang namaku disebut disisinya, kemudian dia tidak bersholawat untukku, maka sungguh dia celaka atau dia sungguh kikir".

Adab dikala mendengar "ucapan kepada Nabi Muhammad SAW"

Bila ada orang yang mengucapkan sholawat "Allahumma sholli a'la sayyidina muhammad, maka kita ucapkan (menjawab) dengan "Allahumma sholli wa sallim a'laihi"

Dan kalau ada yang mengucap "Nabi Muhamad" maka kita sambung dengan menyebut "Shalallahu Alaihi Wassalaam"

Kesimpulanya
Bersholawat ialah salah satu cara untuk menanamkan rasa cinta terhadap nabi Muhammad SAW. Tidak diragukan lagi rasa cinta akan menciptakan seseorang rela berkorban dalam menuruti perkataan orang yang dicintainya.

Demikian bahasan mengenai Bacaan Sholawat Alfiyyah serta Penjelasan Mak'na Sholawatnya, semoga menambah ilmu, dan tambah pula kecintaan kita pada Nabi kita Muhammad SAW, simpulan kata mari banyak bersholawat supaya kita mendapat syafaatNya, menyerupai pada keterangan AlQur'an dan sabda Nabi, semoga artikelnya bermanfaat.

Wassalamualaikum..wr.wb!

Referensi: apl Sholawat Nabi Lengkap
Dan sumber lainya.

Baca pula Keutamaan Sholawat Fatih - Sholawat pembuka Pintu Rizqi