-->
Cara Mudah Menghitung Nilai Akar Pangkat Tiga
4/ 5 stars - "Cara Mudah Menghitung Nilai Akar Pangkat Tiga" MENGHITUNG NILAI AKAR PANGKAT TIGA SUATU BILANGAN Menarik akar pangkat dua mungkin tidak terlalu sulit bagi sebagian besar siswa. M...

Cara Mudah Menghitung Nilai Akar Pangkat Tiga



MENGHITUNG NILAI AKAR PANGKAT TIGA SUATU BILANGAN

Menarik akar pangkat dua mungkin tidak terlalu sulit bagi sebagian besar siswa. Masalah muncul saat siswa dihadapkan dengan soal-soal yang terkait dengan akar pangkat tiga, banyak dari siswa mengalami kesulitan. Pada postingan berikut dijelaskan sebuah cara simpel dalam menghitung nilai akar pangkat tiga suatu bilangan.

Review.
Perhatikan pola berikut.

MENGHITUNG NILAI AKAR PANGKAT TIGA SUATU BILANGAN CARA PRAKTIS MENGHITUNG NILAI AKAR PANGKAT TIGA

Bilangan-bilangan pokok yang dipangkatkan mempunyai pasangan-pasangan pada angka terakhir hasil dari pangkatnya. Misal pada  , bilangan yang mempunyai angka terakhir 8 kalau ditarik akar pangkat tiganya akan mempunyai hasil yang suatu bilangan yang angka terakhirnya 2.

Sebelum kita ke tumpuan soal, berikut yakni langkah-langkah dalam menarik akar pangkat tiga suatu bilangan.

  1. Perhatikan angka terakhir bilangan yang ingin ditarik akar pangkat tiganya dan pasangkan dengan angka-angka menyerupai tumpuan pola di atas sebagai angka terakhir dari hasil penarikan akar.
  2. Untuk hasil angka di depannya, hapus 3 digit dari belakang kemudian cari bilangan yang kalau dipangkat tigakan akan mendekati nilai dari angka yang tidak terhapus.
  3. Hasil penarikan akar dengan menggabungkan kedua angka yang diperoleh dari point 1 dan 2.

Contoh 1 :
Tentukan nilai  .
Jawab :
  1. Bilangan 1728 mempunyai angka satuan/ terakhir 8 yang berkorelasi dengan 2. (selanjutnya menjadi angka terakhir dari hasil penarikan akar).
  2. Hapus 3 digit dari belakang maka tersisa angka 1. Bilangan yang kalau dipangkat tigakan mendekati angka 1 yakni 1.
  3. Jadi  = 12

Contoh 2 :
Tentukan nilai  .
Jawab :
  1. Bilangan 12.167 mempunyai angka satuan/ terakhir 7 yang berkorelasi dengan 3. (selanjutnya menjadi angka terakhir dari hasil penarikan akar).
  2. Hapus 3 digit dari belakang maka tersisa angka 12. Bilangan yang kalau dipangkat tigakan paling mendekati angka 12 yakni 2. (sebab kalau 3, maka 3 pangkat 3 = 27 melebihi 12)
  3. Jadi  = 23

Contoh 3 :
Tentukan nilai  .
Jawab :
  1. Bilangan 103.823 mempunyai angka satuan/ terakhir 3 yang berkorelasi dengan 7. (selanjutnya menjadi angka terakhir dari hasil penarikan akar).
  2. Hapus 3 digit dari belakang maka tersisa angka 103. Bilangan yang kalau dipangkat tigakan mendekati angka 103 yakni 4. (sebab kalau 5, maka 5 pangkat 3 = 125 melebihi 103)
  3. Jadi   = 47

Contoh 4 :
Tentukan nilai  .
Jawab :
  1. Bilangan 39.304 mempunyai angka satuan/ terakhir 4 yang berpadanan dengan 4.
  2. Hapus 3 digit dari belakang maka tersisa 39. Bilangan yang kalau dipangkat tigakan mendekati angka 39 yakni 3.
  3. Jadi  = 34

Bagaimana? Praktis bukan. Mudah-mudahan dapat menjadi panduan berguru yang gampang bagi adik-adik terutama yang masih SD/ SMP. Semoga bermanfaat. ^_^