-->
Metode Pengembangan Adab Dan Nilai Agama - Soal Dan Jawaban
4/ 5 stars - "Metode Pengembangan Adab Dan Nilai Agama - Soal Dan Jawaban" Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang  Metode Pengembangan Moral dan Nilai Agama Lengkap Jawaban Di beberapa tempat bermunculan “geng moto...

Metode Pengembangan Adab Dan Nilai Agama - Soal Dan Jawaban




Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang  Metode Pengembangan Moral dan Nilai Agama Lengkap Jawaban
  1. Di beberapa tempat bermunculan “geng motor” yang cukup meresahkan masyarakat. Hal itu berdasarkan Lickona, termasuk sebagai salah satu tanda hancurnya tanda zaman, yaitu.... 
    a. Pengaruh peergroup yang berpengaruh dan tindak kekerasan 
    b. Penggunaan kata dan bahasa yang buruk 
    c. Meningkatnya kecenderungan menyakiti diri sendiri 
    d. Membudayanya ketidakjujuran 
  2. Dalam peningkatan kecerdasan moral anak usia dini, pendidik harus mempunyai keahlian dalam sikap positif dan melengkapinya dengan sikap sabar dan konsisten. Hal itu termasuk kiprah sebagai.... 
    a. Pelatih 
    b. Pembimbing 
    c. Penilai 
    d. Model 
  3. Jika pemahaman wacana moral telah dimiliki maka seseorang akan mempunyai kecenderungan untuk mempertimbangkan aneka macam hal dengan standar hati. Artinya orang tersebut telah memiliki 
    a. Moral knowing 
    b. Moral feeling 
    c. Social action 
    d. Social feeling 
  4. Metode kedua yang diterapkan oleh sekolah Semai Benih Bangsa yakni menanamkan huruf anak melalui aneka macam sentra, diantaranya yakni sentra…. 
    a. Balok, persiapan, seni dan imtaq 
    b. Imajinasi, rancang bangun, seni kreasi dan eksplorasi 
    c. Bahan alam, micro dan macro play, imtaq 
    d. Persiapan, materi alam, imajinasi dan eksplorasi
  5. “Ibu Lisa selalu mengucapkan”Tolong” ketika ia meminta anak melaksanakan sesuatu. Hal itu dilakukannya pada semua anak didiknya tanpa kecuali. Tindakan Ibu Lisa mencerminkan pembentukan huruf pada anak usia dini melalui.... 
    a. Modelling 
    b. Konsistensi 
    c. Permisif 
    d. Otoriter
  6. Suatu cabang filsafat yang membahas atau menyelidiki nilai-nilai dalam tindakan atau sikap (akhlak manusia) merupakan makna dari…. 
    a. Moral 
    b. Etika 
    c. Moralitas 
    d. Karakter 
  7. Kohlberg beropini bahwa moral anak usia dini termasuk dalam tahap daypikir moral…. 
    a. Konvensional 
    b. Heteronomous 
    c. Prakonvensional 
    d. Autonomous 
  8. Disonansi seringkali disebut dengan counter cultural values, artinya yakni …. 
    a. Penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan 
    b. Penyangga masuknya imbas dalam perkembangan nilai-nilai budaya dan tradisi 
    c. Pendorong masuknya nilai-nilai tradisi dalam kehidupan manusia 
    d. Menyelia masuknya nilai-nilai baik dan jelek dalam hidup anak 
  9. Premoral, konvensional dan autonomous merupakan fase perkembangan moral yang dikemukakan oleh.... 
    a. Kohlberg 
    b. Jean Piaget 
    c. John Dewey 
    d. Elizabeth Hurlock 
  10. Prinsip berikut yang tidak termasuk dalam sebelas prinsip dalam pengembangan huruf supaya efektif adalah.... 
    a. Membuat kurikulum akademis yang bermakna dan menantang
    b. Mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaiki 
    c. Mengembangkan nilai-nilai etika inti sebagai fondasi huruf yang baik 
    d. Menggunakan pendekatan yang komprehensif dan disengaja
  11. Model pembelajaran yang mencakup konteks, pengalaman, refleksi untuk menangkap arti dan nilai dari hal yang dipelajari, agresi dan penilaian berdasarkan Diost termasuk model pembelajaran....
    a. Ignasian
    b. Tarakanita
    c. Ora et labora
    d. Raudhatul Athfal 
  12. “Andri gambarmu manis sekali! Ibu ingin tahu, apa bekerjsama kisah dalam gambarmu ini, coba ceritakan pada Ibu”. Ucapan Ibu Desi menggambarkan proses penanaman moral melalui proses....
    a. Informasi
    b. Konfirmasi
    c. Transformasi
    d. Partisipasi 
  13. Ketika Ani sakit, Ibu Dewi mengajak bawah umur kelompok A menjenguk Ani. Hal ini dilakukan supaya teman-teman sekelas Ani ini mempunyai sikap....
    a. Toleransi
    b. Membutuhkan
    c. Setia mitra
    d. Partisipasi 
  14. Setiap kali kegiatan menggunting atau mencocok, guru PAUD selalu menjelaskan ancaman gunting dan jarum cocokan kalau dipakai tidak benar. Hal itu dilakukan sebagai salah satu teknik dalam membentuk sikap hati-hati pada anak, yaitu teknik....
    a. Perjanjian
    b. Peringatan
    c. Meminta
    d. Sugesti 
  15. Salah satu taktik pengembangan moral pada anak usia 4-5 tahun, adalah….
    a. Menyusun acara adaptasi yang sesuai dengan perkembangan anak
    b. Menitik beratkan pengembangan pada pertumbuhan fisik
    c. Mencari pertolongan dari forum yang peduli pada anak
    d. Mengisolir lingkungan anak secara terpadu 
  16. Pendidik harus menanamkan hukum yang sama terhadap semua anak didiknya tanpa memandang latar belakang keluarga anak. Hal tersebut memperlihatkan bahwa dalam berbagi moral pada anak pendidik harus bersikap….
    a. Sistemik
    b. Aktif
    c. Komitmen
    d. Konsisten 
  17. Dalam kegiatan bercerita pendidik sanggup mengajarkan pada anak wacana Tuhan, kitab, nabi, malaikat, dan tata cara beribadah agama yang dianut. Hal itu termasuk dalam salah satu makna bercerita yaitu memberikan kisah tentang….
    a. Budaya
    b. Alam sekitar
    c. Moral
    d. Keagamaan 
  18. Berikut ini yakni beberapa teknik bercerita yang sanggup dilakukan oleh pendidik PAUD, kecuali….
    a. Menggunakan buku
    b. Menceritakan dongeng
    c. Memanfaatkan papan flanel
    d. Memutarkan film 
  19. Ketika anak mengikuti kegiatan karyawisata ke Planetarium, mereka akan berguru wacana ilmu yang terkait dengan astronomi. Hal itu sesuai dengan manfaat karyawisata, yaitu….
    a. Mengenal aneka macam pengetahuan dan konsep
    b. Melatih kedisiplinan dan ketaatan pada hukum
    c. Menanamkan nilai-nilai moral
    d. Melatih kemampuan fisik motorik anak 
  20. Diantara kriteria berikut yang tidak termasuk dalam kriteria lagu untuk anak usia dini adalah….
    a. Mengandung misi pendidikan
    b. Dinyanyikan oleh penyanyi cilik
    c. Praktis diingat dan dihafal anak
    d. Sesuai dengan huruf dan dunia anak 
  21. Dalam berbagi pemahaman moral pada anak usia dini, sebaiknya dilakukan selalui adaptasi yang diterapkan secara berulang supaya sejalan dengan sifat anak, yaitu....
    a. Verbalis
    b. Ritualis
    c. Imitatif
    d. Unreflective 
  22. Penyajian materi dalam pendidikan anak usia dini harus sesuai dengan perkembangan dan usia anak. Demikian pula dalam penanaman nilai agama pada anak usia dini juga harus sesuai dengan prinsip….
    a. DAP
    b. Monitoring secara rutin
    c. Keteladanan
    d. Kesesuaian dengan kurikulum 
  23. Meskipun pendidik PAUD harus menjadi teladan bagi anak didiknya namun intinya anak usia dini mempunyai dorongan untuk tumbuh dan berkembang dari dalam dirinya sendiri sehingga salah satu prinsip penyelenggaraan di forum PAUD yakni ….
    a. Terpadu
    b. Otoaktivitas
    c. Kebebasan
    d. Pengamatan 
  24. Dalam memahami moral, anak usia dini akan banyak berguru wacana norma dan nilai-nilai agama melalui hal-hal yang….
    a. Dilihatnya, dirasakannya, dialaminya dan dilakukannya
    b. Dipegangnya, didengarnya dan diamati, dijelaskan
    c. Dilihatnya, dicontohnya dan didengarnya
    d. Dijelaskan, disampaikan, dicontohkan dan diperagakan 
  25. Pada kondisi tertentu insan dihadapkan pada pilihan wacana nilai-nilai kehidupan, norma, dan moralitas manusia. Pernyataan tersebut sesungguhnya merupakan makna dari pernyataan ….
    a. Spiritual quotient merupakan kecerdasan insan yang tertinggi
    b. Intelligence quotient yakni kecerdasan terpenting bagi insan
    c. Emotional quotient merupakan kecerdasan terbaik yang dimiliki insan
    d. Tidak ada kecerdasan yang menguasai dalam kehidupan manusia
  26. Menurut Badudu Zein, anak yakni keturunan pertama yang telah dibekali potensi laten yang tersembunyi dari Allah Yang Maha Kuasa. Maksud dari potensi laten yakni kemampuan….
    a. Jasmani, rohani dan spiritual
    b. Moral, sosial dan emosional
    c. Seni, motorik halus dan motorik bergairah
    d. Jasmani, rohani dan emosi 
  27. Anak usia dini mempunyai karakteristik sebagai peniru ulung, oleh hasilnya materi nilai keagamaan harus bersifat….
    a. Enjoyable
    b. Aplikatif
    c. Praktis ditiru
    d. Konsisten 
  28. Kegiatan praktik berwudhu dan sholat yang dilakukan di masjid akrab sekolah merupakan salah satu kegiatan pengembangan nilai keagamaan yang dilakukan melalui strategi….
    a. Insidensial
    b. Spontanitas
    c. Rutinitas
    d. Khusus
  29. Berikut ini yakni beberapa hal yang harus dipertimbangkan pendidik ketika hendak menentukan pendekatan yang sesuai….
    a. Karakteristik anak didik
    b. Minat guru terhadap materi yang akan disampaikan
    c. Fasilitas/media yang perlu disediakan
    d. Tujuan yang ingin dicapai 
  30. Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk berbagi kemampuan anak dalam mendengar, memahami dan berbicara yakni adanya interaksi pribadi antar guru dengan anak. Persyaratan tersebut termasuk dalam pendekatan….
    a. Bercakap-cakap
    b. Bermain kiprah
    c. Bercerita
    d. Pemberian tugas
  31. “Anak mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya” berdasarkan Permendiknas 58 tahun 2009 merupakan pencapaian perkembangan anak usia ….
    a. 0-<2 tahun
    b. 2-<3 tahun
    c. 3-<4 tahun
    d. 4-<5 tahun 
  32. 1. Melakukan kajian terhadap tema dan subtema
    2. Menentukan kompetensi dasar yang akan dicapai anak
    3. Menentukan indikator yang cocok.
    4. Memilih metode yang sesuai dengan hasil berguru yang diharapkan.
    Tahapan yang harus dilakukan guru dalam menyusun rancangan kegiatan pengembangan adalah….
    a. 1 – 2 – 3 – 4
    b. 4 – 2 – 3 – 1
    c. 2 – 1 – 4 – 3
    d. 4 – 3 – 2 – 1 
  33. Kegiatan inti dalam Rancangan kegiatan Harian berisi aneka macam kegiatan utama yang sanggup mengacu pada kegiatan yang….
    a. Pembiasaan dan penanaman nilai yang bersifat rutinitas
    b. Dapat memperlihatkan kebebasan terprogram pada anak
    c. Dapat meringankan kiprah anak secara umum
    d. Penugasan yang ketat dan terarah 
  34. “Ayo siapa yang mau membantu ibu membersihkan kertas sisa guntingan yang berantakan di bawah meja?” Kalimat tersebut menggambarkan teladan penerapan teknik….
    a. Ajakan
    b. Sugesti
    c. Pujian
    d. Tantangan 
  35. Satu bulan sekali, Taman Kanak-kanak Mawar mengundang salah satu orang renta murid untuk menjelaskan wacana kegiatan pekerjaannya kepada bawah umur supaya mereka menghargai dan mempunyai harapan yang baik. Ilustrasi tersebut merupakan teladan cinta….
    a. Rumah
    b. Profesi
    c. Orang renta
    d. Masyarakat
  36. Beberapa kriteria forum PAUD yang baik yakni sebagai berikut, kecuali lokasinya….
    a. Tidak terlalu akrab dengan jalan raya
    b. Tidak terlalu akrab dengan pusat perbelanjaan
    c. Memiliki halaman yang luas
    d. Memiliki akomodasi yang lengkap dan modern 
  37. Penilaian yang dilakukan guru sanggup dipakai untuk memperbaiki kegiatan pembelajarannya. Hal ini termasuk dalam….
    a. Fungsi penilaian
    b. Tujuan penilaian
    c. Manfaat penilaian
    d. Hakikat penilaian 
  38. Untuk menilai perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak secara alamiah dan sewajarnya, guru sanggup melaksanakan ….
    a. Portofolio
    b. Penilaian performa
    c. Asesmen otentik
    d. Evaluasi diri 
  39. Penilaian wacana kejadian penting yang sanggup dilakukan sewaktu-waktu yang ditulis dengan format buatan guru termauk dalam cara penilaian dengan teknik ….
    a. Anekdot
    b. Observasi
    c. Portofolio
    d. Wawancara 
  40. Laporan hasil perkembangan anak kepada orang renta sebaiknya disampaikan oleh guru dalam bentuk….
    a. Tertulis dan rekaman
    b. Portofolio dan tertulis
    c. Portofolio dan verbal
    d. Tertulis dan lisan 
  41. Setiap hari Jumat, Taman Kanak-kanak Lebah mewajibkan bawah umur menggunakan baju bebas dengan motif batik. Kegiatan ini menggambarkan salah satu upaya menanamkan cinta tanah air dengan cara….
    a. Pengenalan batik Jawa
    b. Pelestarian budaya
    c. Mempromosikan sekolah berbasis budaya
    d. Menyalahkan negara tetangga 
  42. Dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia diterapkan materi muatan lokal yang mengajarkan pada anak wacana budaya dan masyarakat di sekitar forum tersebut berada. Hal ini termasuk dalam landasan ….
    a. Sosiologis
    b. Filosofis
    c. Yuridis
    d. Psikologis 
  43. Ibu Dewi selalu meminta bawah umur untuk menutup mata dan menadahkan kedua tangan ketika kegiatan berdoA. Hal itu bertujuan untuk ….
    a. Melatih sikap mental berkonsentrasi ketika berdoa
    b. Menciptakan suasana sepi ketika berdoa
    c. Membantu anak menghafal isi doa
    d. Melatih anak berdoa sendiri 
  44. Berikut yakni etika dalam berpakaian yang termasuk dalam ruang lingkup penanaman nilai keagamaan pada anak, kecuali….
    a. Memulai selalu dari tangan dan kaki kanan
    b. Membuka pakaian dengan benar
    c. Memasangkan pakaian dengan benar
    d. Melepaskan pakaian sesegera mungkin 
  45. Dalam implikasi penanaman nilai-nilai keagamaan, kemajuan perkembangan anak perlu diamati secara terus menerus secara bersiklus dalam periode waktu tertentu. Hal ini sesuai dengan prinsip….
    a. Monitoring yang rutin
    b. Peningkatan kemajuan perkembangan anak
    c. Penekanan pada standar pendidikan nasional
    d. Berdasarkan pada RKM dan RKH yang telah 
  46. Untuk mengenalkan tata tertib berlalu lintas pada anak usia dini, pendidik PAUD sanggup melaksanakan hal berikut ini kecuali….
    a. Memperkenalkan hukum berjalan kaki di jalan raya
    b. Memperlihatkan atau menceritakan ramainya jalan raya
    c. Bercakap wacana pendapat anak terhadap kegiatan di jalan raya
    d. Mengajak anak bermain game online cara mengemudi kendaraan beroda empat dengan benar 
  47. Menurut Doni Koesoema sebagai seorang pendidik karakter, guru berperan bukan hanya sebagai ….
    a. Penggagas pendidikan huruf pada anak usia dini
    b. Pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat c. Pengembang rencana perubahan pendidikan huruf
    d. Pembaharu dalam pengembangan huruf bangsa 
  48. Pendidikan moral sanggup menjadi pengalaman yang dalam dan menempel pada pola pikir anak sepanjang hidupnya alasannya yakni intinya insan mempunyai piranti penunjang berupa….
    a. Kecerdasan
    b. Panca indra
    c. Nurani
    d. Kalbu 
  49. Lingkungan sekolah yang baik tidak hanya ditentukan oleh akomodasi fisik indoor dan outdoor yang baik dan lengkap, tetapi juga harus didukung oleh….
    a. Guru yang bergelar sarjana
    b. Program yang jelas, terukur dan berkesinambungan
    c. Anak didik yang berprestasi international
    d. Pendidik yang telah mempunyai akta pendidik 
  50. Salah satu fenomena sosial yang muncul pada ketika ini adalah
    a. Orang renta bersaing untuk membuat anak juara
    b. Orang renta menjadi rajin bekerja di luar rumah
    c. Guru berusaha mendapat gelar sarjana
    d. Guru berlomba mengejar sertifikasi pendidik 
Kunci Jawaban:
  1. a. Pengaruh peergroup yang berpengaruh dan tindak kekerasan 
  2. a. Pelatih 
  3. b. Moral feeling 
  4. b. Imajinasi, rancang bangun, seni kreasi dan eksplorasi 
  5. b. Konsistensi
  6. b. Etika 
  7. c. Prakonvensional 
  8. a. Penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan 
  9. c. John Dewey 
  10. b. Mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaiki
  11. a. Ignasian 
  12. b. Konfirmasi 
  13. c. Setia kawan 
  14. b. Peringatan 
  15. a. Menyusun acara adaptasi yang sesuai dengan perkembangan anak 
  16. d. Konsisten 
  17. d. Keagamaan 
  18. d. Memutarkan film 
  19. a. Mengenal aneka macam pengetahuan dan konsep 
  20. b. Dinyanyikan oleh penyanyi cilik
  21. b. Ritualis 
  22. a. DAP
  23. b. Otoaktivitas 
  24. a. Dilihatnya, dirasakannya, dialaminya dan dilakukannya 
  25. a. Spiritual quotient merupakan kecerdasan insan yang tertinggi 
  26. a. Jasmani, rohani dan spiritual
  27. c. Praktis ditiru 
  28. d. Khusus
  29. b. Minat guru terhadap materi yang akan disampaikan 
  30. a. Bercakap-cakap 
  31. d. 4-<5 tahun 
  32. a. 1 – 2 – 3 – 4
  33. b. Dapat memperlihatkan kebebasan terprogram pada anak 
  34. a. Ajakan 
  35. b. Profesi 
  36. d. Memiliki akomodasi yang lengkap dan modern 
  37. a. Fungsi penilaian
  38. c. Asesmen otentik 
  39. a. Anekdot 
  40. d. Tertulis dan lisan 
  41. b. Pelestarian budaya 
  42. a. Sosiologis 
  43. a. Melatih sikap mental berkonsentrasi ketika berdoa 
  44. d. Melepaskan pakaian sesegera mungkin 
  45. a. Monitoring yang rutin 
  46. d. Mengajak anak bermain game online cara mengemudi kendaraan beroda empat dengan benar 
  47. b. Pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat
  48. b. Panca indra  
  49. b. Program yang jelas, terukur dan berkesinambungan 
  50. a. Orang renta bersaing untuk membuat anak juara