Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Moral dan Nilai Agama Lengkap Jawaban
- Di beberapa tempat bermunculan “geng motor” yang cukup meresahkan masyarakat. Hal itu berdasarkan Lickona, termasuk sebagai salah satu tanda hancurnya tanda zaman, yaitu....a. Pengaruh peergroup yang berpengaruh dan tindak kekerasanb. Penggunaan kata dan bahasa yang burukc. Meningkatnya kecenderungan menyakiti diri sendirid. Membudayanya ketidakjujuran
- Dalam peningkatan kecerdasan moral anak usia dini, pendidik harus mempunyai keahlian dalam sikap positif dan melengkapinya dengan sikap sabar dan konsisten. Hal itu termasuk kiprah sebagai....a. Pelatihb. Pembimbingc. Penilaid. Model
- Jika pemahaman wacana moral telah dimiliki maka seseorang akan mempunyai kecenderungan untuk mempertimbangkan aneka macam hal dengan standar hati. Artinya orang tersebut telah memilikia. Moral knowingb. Moral feelingc. Social actiond. Social feeling
- Metode kedua yang diterapkan oleh sekolah Semai Benih Bangsa yakni menanamkan huruf anak melalui aneka macam sentra, diantaranya yakni sentra….a. Balok, persiapan, seni dan imtaqb. Imajinasi, rancang bangun, seni kreasi dan eksplorasic. Bahan alam, micro dan macro play, imtaqd. Persiapan, materi alam, imajinasi dan eksplorasi
- “Ibu Lisa selalu mengucapkan”Tolong” ketika ia meminta anak melaksanakan sesuatu. Hal itu dilakukannya pada semua anak didiknya tanpa kecuali. Tindakan Ibu Lisa mencerminkan pembentukan huruf pada anak usia dini melalui....a. Modellingb. Konsistensic. Permisifd. Otoriter
- Suatu cabang filsafat yang membahas atau menyelidiki nilai-nilai dalam tindakan atau sikap (akhlak manusia) merupakan makna dari….a. Moralb. Etikac. Moralitasd. Karakter
- Kohlberg beropini bahwa moral anak usia dini termasuk dalam tahap daypikir moral….a. Konvensionalb. Heteronomousc. Prakonvensionald. Autonomous
- Disonansi seringkali disebut dengan counter cultural values, artinya yakni ….a. Penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupanb. Penyangga masuknya imbas dalam perkembangan nilai-nilai budaya dan tradisic. Pendorong masuknya nilai-nilai tradisi dalam kehidupan manusiad. Menyelia masuknya nilai-nilai baik dan jelek dalam hidup anak
- Premoral, konvensional dan autonomous merupakan fase perkembangan moral yang dikemukakan oleh....a. Kohlbergb. Jean Piagetc. John Deweyd. Elizabeth Hurlock
- Prinsip berikut yang tidak termasuk dalam sebelas prinsip dalam pengembangan huruf supaya efektif adalah....a. Membuat kurikulum akademis yang bermakna dan menantangb. Mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaikic. Mengembangkan nilai-nilai etika inti sebagai fondasi huruf yang baikd. Menggunakan pendekatan yang komprehensif dan disengaja
- Model pembelajaran yang mencakup konteks, pengalaman, refleksi untuk menangkap arti dan nilai dari hal yang dipelajari, agresi dan penilaian berdasarkan Diost termasuk model pembelajaran....
a. Ignasian
b. Tarakanita
c. Ora et labora
d. Raudhatul Athfal - “Andri gambarmu manis sekali! Ibu ingin tahu, apa bekerjsama kisah dalam gambarmu ini, coba ceritakan pada Ibu”. Ucapan Ibu Desi menggambarkan proses penanaman moral melalui proses....
a. Informasi
b. Konfirmasi
c. Transformasi
d. Partisipasi - Ketika Ani sakit, Ibu Dewi mengajak bawah umur kelompok A menjenguk Ani. Hal ini dilakukan supaya teman-teman sekelas Ani ini mempunyai sikap....
a. Toleransi
b. Membutuhkan
c. Setia mitra
d. Partisipasi - Setiap kali kegiatan menggunting atau mencocok, guru PAUD selalu menjelaskan ancaman gunting dan jarum cocokan kalau dipakai tidak benar. Hal itu dilakukan sebagai salah satu teknik dalam membentuk sikap hati-hati pada anak, yaitu teknik....
a. Perjanjian
b. Peringatan
c. Meminta
d. Sugesti - Salah satu taktik pengembangan moral pada anak usia 4-5 tahun, adalah….
a. Menyusun acara adaptasi yang sesuai dengan perkembangan anak
b. Menitik beratkan pengembangan pada pertumbuhan fisik
c. Mencari pertolongan dari forum yang peduli pada anak
d. Mengisolir lingkungan anak secara terpadu - Pendidik harus menanamkan hukum yang sama terhadap semua anak didiknya tanpa memandang latar belakang keluarga anak. Hal tersebut memperlihatkan bahwa dalam berbagi moral pada anak pendidik harus bersikap….
a. Sistemik
b. Aktif
c. Komitmen
d. Konsisten - Dalam kegiatan bercerita pendidik sanggup mengajarkan pada anak wacana Tuhan, kitab, nabi, malaikat, dan tata cara beribadah agama yang dianut. Hal itu termasuk dalam salah satu makna bercerita yaitu memberikan kisah tentang….
a. Budaya
b. Alam sekitar
c. Moral
d. Keagamaan - Berikut ini yakni beberapa teknik bercerita yang sanggup dilakukan oleh pendidik PAUD, kecuali….
a. Menggunakan buku
b. Menceritakan dongeng
c. Memanfaatkan papan flanel
d. Memutarkan film - Ketika anak mengikuti kegiatan karyawisata ke Planetarium, mereka akan berguru wacana ilmu yang terkait dengan astronomi. Hal itu sesuai dengan manfaat karyawisata, yaitu….
a. Mengenal aneka macam pengetahuan dan konsep
b. Melatih kedisiplinan dan ketaatan pada hukum
c. Menanamkan nilai-nilai moral
d. Melatih kemampuan fisik motorik anak - Diantara kriteria berikut yang tidak termasuk dalam kriteria lagu untuk anak usia dini adalah….
a. Mengandung misi pendidikan
b. Dinyanyikan oleh penyanyi cilik
c. Praktis diingat dan dihafal anak
d. Sesuai dengan huruf dan dunia anak - Dalam berbagi pemahaman moral pada anak usia dini, sebaiknya dilakukan selalui adaptasi yang diterapkan secara berulang supaya sejalan dengan sifat anak, yaitu....
a. Verbalis
b. Ritualis
c. Imitatif
d. Unreflective - Penyajian materi dalam pendidikan anak usia dini harus sesuai dengan perkembangan dan usia anak. Demikian pula dalam penanaman nilai agama pada anak usia dini juga harus sesuai dengan prinsip….
a. DAP
b. Monitoring secara rutin
c. Keteladanan
d. Kesesuaian dengan kurikulum - Meskipun pendidik PAUD harus menjadi teladan bagi anak didiknya namun intinya anak usia dini mempunyai dorongan untuk tumbuh dan berkembang dari dalam dirinya sendiri sehingga salah satu prinsip penyelenggaraan di forum PAUD yakni ….
a. Terpadu
b. Otoaktivitas
c. Kebebasan
d. Pengamatan - Dalam memahami moral, anak usia dini akan banyak berguru wacana norma dan nilai-nilai agama melalui hal-hal yang….
a. Dilihatnya, dirasakannya, dialaminya dan dilakukannya
b. Dipegangnya, didengarnya dan diamati, dijelaskan
c. Dilihatnya, dicontohnya dan didengarnya
d. Dijelaskan, disampaikan, dicontohkan dan diperagakan - Pada kondisi tertentu insan dihadapkan pada pilihan wacana nilai-nilai kehidupan, norma, dan moralitas manusia. Pernyataan tersebut sesungguhnya merupakan makna dari pernyataan ….
a. Spiritual quotient merupakan kecerdasan insan yang tertinggi
b. Intelligence quotient yakni kecerdasan terpenting bagi insan
c. Emotional quotient merupakan kecerdasan terbaik yang dimiliki insan
d. Tidak ada kecerdasan yang menguasai dalam kehidupan manusia - Menurut Badudu Zein, anak yakni keturunan pertama yang telah dibekali potensi laten yang tersembunyi dari Allah Yang Maha Kuasa. Maksud dari potensi laten yakni kemampuan….
a. Jasmani, rohani dan spiritual
b. Moral, sosial dan emosional
c. Seni, motorik halus dan motorik bergairah
d. Jasmani, rohani dan emosi - Anak usia dini mempunyai karakteristik sebagai peniru ulung, oleh hasilnya materi nilai keagamaan harus bersifat….
a. Enjoyable
b. Aplikatif
c. Praktis ditiru
d. Konsisten - Kegiatan praktik berwudhu dan sholat yang dilakukan di masjid akrab sekolah merupakan salah satu kegiatan pengembangan nilai keagamaan yang dilakukan melalui strategi….
a. Insidensial
b. Spontanitas
c. Rutinitas
d. Khusus - Berikut ini yakni beberapa hal yang harus dipertimbangkan pendidik ketika hendak menentukan pendekatan yang sesuai….
a. Karakteristik anak didik
b. Minat guru terhadap materi yang akan disampaikan
c. Fasilitas/media yang perlu disediakan
d. Tujuan yang ingin dicapai - Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk berbagi kemampuan anak dalam mendengar, memahami dan berbicara yakni adanya interaksi pribadi antar guru dengan anak. Persyaratan tersebut termasuk dalam pendekatan….
a. Bercakap-cakap
b. Bermain kiprah
c. Bercerita
d. Pemberian tugas - “Anak mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya” berdasarkan Permendiknas 58 tahun 2009 merupakan pencapaian perkembangan anak usia ….
a. 0-<2 tahun
b. 2-<3 tahun
c. 3-<4 tahun
d. 4-<5 tahun - 1. Melakukan kajian terhadap tema dan subtema
2. Menentukan kompetensi dasar yang akan dicapai anak
3. Menentukan indikator yang cocok.
4. Memilih metode yang sesuai dengan hasil berguru yang diharapkan.
Tahapan yang harus dilakukan guru dalam menyusun rancangan kegiatan pengembangan adalah….
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 4 – 2 – 3 – 1
c. 2 – 1 – 4 – 3
d. 4 – 3 – 2 – 1 - Kegiatan inti dalam Rancangan kegiatan Harian berisi aneka macam kegiatan utama yang sanggup mengacu pada kegiatan yang….
a. Pembiasaan dan penanaman nilai yang bersifat rutinitas
b. Dapat memperlihatkan kebebasan terprogram pada anak
c. Dapat meringankan kiprah anak secara umum
d. Penugasan yang ketat dan terarah - “Ayo siapa yang mau membantu ibu membersihkan kertas sisa guntingan yang berantakan di bawah meja?” Kalimat tersebut menggambarkan teladan penerapan teknik….
a. Ajakan
b. Sugesti
c. Pujian
d. Tantangan - Satu bulan sekali, Taman Kanak-kanak Mawar mengundang salah satu orang renta murid untuk menjelaskan wacana kegiatan pekerjaannya kepada bawah umur supaya mereka menghargai dan mempunyai harapan yang baik. Ilustrasi tersebut merupakan teladan cinta….
a. Rumah
b. Profesi
c. Orang renta
d. Masyarakat - Beberapa kriteria forum PAUD yang baik yakni sebagai berikut, kecuali lokasinya….
a. Tidak terlalu akrab dengan jalan raya
b. Tidak terlalu akrab dengan pusat perbelanjaan
c. Memiliki halaman yang luas
d. Memiliki akomodasi yang lengkap dan modern - Penilaian yang dilakukan guru sanggup dipakai untuk memperbaiki kegiatan pembelajarannya. Hal ini termasuk dalam….
a. Fungsi penilaian
b. Tujuan penilaian
c. Manfaat penilaian
d. Hakikat penilaian - Untuk menilai perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak secara alamiah dan sewajarnya, guru sanggup melaksanakan ….
a. Portofolio
b. Penilaian performa
c. Asesmen otentik
d. Evaluasi diri - Penilaian wacana kejadian penting yang sanggup dilakukan sewaktu-waktu yang ditulis dengan format buatan guru termauk dalam cara penilaian dengan teknik ….
a. Anekdot
b. Observasi
c. Portofolio
d. Wawancara - Laporan hasil perkembangan anak kepada orang renta sebaiknya disampaikan oleh guru dalam bentuk….
a. Tertulis dan rekaman
b. Portofolio dan tertulis
c. Portofolio dan verbal
d. Tertulis dan lisan - Setiap hari Jumat, Taman Kanak-kanak Lebah mewajibkan bawah umur menggunakan baju bebas dengan motif batik. Kegiatan ini menggambarkan salah satu upaya menanamkan cinta tanah air dengan cara….
a. Pengenalan batik Jawa
b. Pelestarian budaya
c. Mempromosikan sekolah berbasis budaya
d. Menyalahkan negara tetangga - Dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia diterapkan materi muatan lokal yang mengajarkan pada anak wacana budaya dan masyarakat di sekitar forum tersebut berada. Hal ini termasuk dalam landasan ….
a. Sosiologis
b. Filosofis
c. Yuridis
d. Psikologis - Ibu Dewi selalu meminta bawah umur untuk menutup mata dan menadahkan kedua tangan ketika kegiatan berdoA. Hal itu bertujuan untuk ….
a. Melatih sikap mental berkonsentrasi ketika berdoa
b. Menciptakan suasana sepi ketika berdoa
c. Membantu anak menghafal isi doa
d. Melatih anak berdoa sendiri - Berikut yakni etika dalam berpakaian yang termasuk dalam ruang lingkup penanaman nilai keagamaan pada anak, kecuali….
a. Memulai selalu dari tangan dan kaki kanan
b. Membuka pakaian dengan benar
c. Memasangkan pakaian dengan benar
d. Melepaskan pakaian sesegera mungkin - Dalam implikasi penanaman nilai-nilai keagamaan, kemajuan perkembangan anak perlu diamati secara terus menerus secara bersiklus dalam periode waktu tertentu. Hal ini sesuai dengan prinsip….
a. Monitoring yang rutin
b. Peningkatan kemajuan perkembangan anak
c. Penekanan pada standar pendidikan nasional
d. Berdasarkan pada RKM dan RKH yang telah - Untuk mengenalkan tata tertib berlalu lintas pada anak usia dini, pendidik PAUD sanggup melaksanakan hal berikut ini kecuali….
a. Memperkenalkan hukum berjalan kaki di jalan raya
b. Memperlihatkan atau menceritakan ramainya jalan raya
c. Bercakap wacana pendapat anak terhadap kegiatan di jalan raya
d. Mengajak anak bermain game online cara mengemudi kendaraan beroda empat dengan benar - Menurut Doni Koesoema sebagai seorang pendidik karakter, guru berperan bukan hanya sebagai ….
a. Penggagas pendidikan huruf pada anak usia dini
b. Pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat c. Pengembang rencana perubahan pendidikan huruf
d. Pembaharu dalam pengembangan huruf bangsa - Pendidikan moral sanggup menjadi pengalaman yang dalam dan menempel pada pola pikir anak sepanjang hidupnya alasannya yakni intinya insan mempunyai piranti penunjang berupa….
a. Kecerdasan
b. Panca indra
c. Nurani
d. Kalbu - Lingkungan sekolah yang baik tidak hanya ditentukan oleh akomodasi fisik indoor dan outdoor yang baik dan lengkap, tetapi juga harus didukung oleh….
a. Guru yang bergelar sarjana
b. Program yang jelas, terukur dan berkesinambungan
c. Anak didik yang berprestasi international
d. Pendidik yang telah mempunyai akta pendidik - Salah satu fenomena sosial yang muncul pada ketika ini adalah
a. Orang renta bersaing untuk membuat anak juara
b. Orang renta menjadi rajin bekerja di luar rumah
c. Guru berusaha mendapat gelar sarjana
d. Guru berlomba mengejar sertifikasi pendidik
Kunci Jawaban:
- a. Pengaruh peergroup yang berpengaruh dan tindak kekerasan
- a. Pelatih
- b. Moral feeling
- b. Imajinasi, rancang bangun, seni kreasi dan eksplorasi
- b. Konsistensi
- b. Etika
- c. Prakonvensional
- a. Penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan
- c. John Dewey
- b. Mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaiki
- a. Ignasian
- b. Konfirmasi
- c. Setia kawan
- b. Peringatan
- a. Menyusun acara adaptasi yang sesuai dengan perkembangan anak
- d. Konsisten
- d. Keagamaan
- d. Memutarkan film
- a. Mengenal aneka macam pengetahuan dan konsep
- b. Dinyanyikan oleh penyanyi cilik
- b. Ritualis
- a. DAP
- b. Otoaktivitas
- a. Dilihatnya, dirasakannya, dialaminya dan dilakukannya
- a. Spiritual quotient merupakan kecerdasan insan yang tertinggi
- a. Jasmani, rohani dan spiritual
- c. Praktis ditiru
- d. Khusus
- b. Minat guru terhadap materi yang akan disampaikan
- a. Bercakap-cakap
- d. 4-<5 tahun
- a. 1 – 2 – 3 – 4
- b. Dapat memperlihatkan kebebasan terprogram pada anak
- a. Ajakan
- b. Profesi
- d. Memiliki akomodasi yang lengkap dan modern
- a. Fungsi penilaian
- c. Asesmen otentik
- a. Anekdot
- d. Tertulis dan lisan
- b. Pelestarian budaya
- a. Sosiologis
- a. Melatih sikap mental berkonsentrasi ketika berdoa
- d. Melepaskan pakaian sesegera mungkin
- a. Monitoring yang rutin
- d. Mengajak anak bermain game online cara mengemudi kendaraan beroda empat dengan benar
- b. Pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat
- b. Panca indra
- b. Program yang jelas, terukur dan berkesinambungan
- a. Orang renta bersaing untuk membuat anak juara