-->
Download Rpp Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018
4/ 5 stars - "Download Rpp Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018" Download RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan Semester 2  - Rekan-rekan semua Alhamdulillah admin bisa post lagi mengenai ...

Download Rpp Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018



Download RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan Semester 2 - Rekan-rekan semua Alhamdulillah admin bisa post lagi mengenai Download RPP Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018/Kurikulum 2013 sd revisi 2018 bukan yang revisi 2017, begitu pentingnya RPP buat pendidik, mengapa sebab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) merupakan suatu perangkat atau manajemen yang harus dimiliki oleh seorang guru guna untuk sanggup menghasilkan arah atau pedoman ketika mengajar, sehingga ketika mengajar alur atau tahapannya menjadi terarah.

Pada RPP k13 revisi 2018 semester 1 ini merupakan Revisi terbaru yang sanggup rekan-rekan semua download secara gratis guna untuk bisa melengkapi manajemen sekolah, RPP k13 tersebut sangat cocok untuk sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013/k13.

RPP kelas 5 kurtilas revisi 2018 Merupakan RPP K13 Revisi 2018 Terbaru. Pada Rpp tematik ini berbentuk file word yang sanggup bapak ibu edit dengan mudah. Pada RPP sd kelas 5 kurikulum 2013 2018 ini sangat gampang dalam mengiditnya, dikarenakan berformad doc atau word.


RPP Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini merupakan Semester Ganjil atau semester ganjil dan semester genap atau semester 2. RPP k13 kelas 5 sd revisi 2018 terintegrasi dengan PPK, 4C, HOTS. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perangkat Pembelajaran yang wajib rekan-rekan miliki bagi seorang pendidik. Karena RPP K13 Memuat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran yaitu Religius, Nasional, Mandiri, Gotong royong, dan Integritas.

rekan semua Alhamdulillah admin bisa post lagi mengenai Download RPP Kelas  Download RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Perangkat pembelajaran kelas 5 revisi 2018/Perangkat pembelajaran kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2018 ini ini yaitu sebuah manajemen kelas 5 yaitu RPP. RPP kelas V k13 revisi 2018 ini bisa rekan-rekan lihat misalnya pada halaman di bawah ini :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013 Revisi 2018


Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :  5 /1
Tema                        :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia(Tema 1) 
Sub Tema                  :  Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke :  1
Alokasi waktu         :  1 Hari

A. KOMPETENSI INTI
1.Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya.
2.Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, sobat dan guru.
3.Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : IPA 
No Kompetensi Indikator
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada binatang dan insan serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia. 3.1.1 Mengetahui fungsi alat gerak pada 
insan dan hewan.

3.1.2 Menunjukan cara menjaga 
kesehatan alat gerak.

4.1 Membuat model sederhana alat gerak insan dan hewan.
4.1.1 Menciptakan alat peraga dari materi bekas.



Muatan : Bahasa Indonesia
No Kompetensi Indikator
3.1   Menentukan pokok pikiran dalam teks ekspresi dan tulis.
3.1.1 Menunjukan ide pokok pada sebuah 
paragraf
3.1.2 Mencari pokok pikiran pada sebuah 
percakapan.

4.1   Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran 
4.1.1 Mengindentifikasi pokok pikiran yang 
terdapat pada sebuah teks.


C. TUJUAN 
1.Dengan membaca teks perihal organ gerak binatang dan manusia, siswa sanggup menyebutkan alat gerak binatang dan insan secara benar.
2.Dengan kegiatan membaca, siswa sanggup menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
3.Dengan menulis, siswa sanggup membuatkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
4.Dengan berdiskusi, siswa sanggup menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.

D. MATERI 
1.Bacaan organ gerak binatang dan manusia
2.Bacaan beberapa paragarap.
3.Gambar dan percakapan. 

E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a yaitu siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap ketika dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memperlihatkan penguatan perihal pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran ibarat tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , dongeng ide dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
•Apa yang tergambar pada sampul buku.
•Apa judul buku
•Kira-kira ini menceritakan perihal apa
•Pernahkan kau membaca judul buku ibarat ini 15 menit
Inti Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
•Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
•Siswa mengamati gambar dan percakapan perihal organ gerak binatang dan manusia.
•Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.

Catatan:
1)Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali informasi.
2)Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah info yang berkhasiat melalui konsep pelaporan tertulis.
3)Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan obrolan interaktif.

Hasil yang Diharapkan
1.Siswa terangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih lanjut perihal organ gerak binatang dan manusia.
2.Siswa mempunyai kepekaan dan kepedulian terhadap organ gerak.

A. Ayo Membaca
•Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan. 
Alternatif kegiatan membaca:
1.Guru memperlihatkan waktu selama 5 menit dan siswa diminta dalam hati. 
2.Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3.Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil yang diharapkan 
-Siswa gemar membaca.
-Siswa mempunyai keterampilan untuk menggali info dari sebuah bacaan.
-Melalui bacaan, siswa sanggup mengetahui organ gerak insan dan hewan. 
•Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap    paragraf  dari bacaan yang telah dibacanya.

Alternatif jawaban
1.Paragraf 2: Gerak pada insan dan binatang memakai organ    geraktersusun dalam sistem gerak.
2.Paragraf 3: Organ gerak insan dan binatang mempunyai kesamaan yakni tulang dan otot.
3.Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
4.Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.

Hasil yang diharapkan
-Siswa mempunyai keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar khususnya dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.
-Siswa bisa menentukan ide pokok bacaan.

B. Ayo Menulis
•Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara berdikari siswa mencoba membuat paragraf menurut ide pokok yang telah ditentukan.

Alternatif Jawaban 
1.Paragraf 1: Organ gerak insan dan binatang terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot mempunyai fungsi masing-masing dalam sistem gerak insan dan hewan.
2.Paragraf 2: Organ gerak aneka macam fungsinya. Dengan organ gerak, kita sanggup melaksanakan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.
3.Paragraf 3: Tanpa organ gerak insan tidak akan bisa melaksanakan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan bisa melaksanakan acara sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak yaitu sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik gerakan-gerakan impulsif sebab adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana.

Hasil yang diharapkan 
-Siswa mempunyai keterampilan membuatkan ide pokok menjadi 
-sebuah paragraf.
-Siswa mengetahui fungsi organ gerak.
-Siswa sanggup mandiri, bertanggung jawab, serta tekun dalam mengerjakan tugas.

C. Ayo Berdiskusi
•Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi perihal pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.

Alternatif Pelaksanaan Diskusi
1.Guru membuat suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
2.Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk menentukan para petugas diskusi, ibarat pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara belum dewasa yang lain bertindak sebagai penerima diskusi.
3.Pembawa program bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa program juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
4.Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi ketika diskusi berlangsung, ibarat pendapat-pendapat yang disampaikan oleh penerima diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
5.Setiap penerima diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
6.Setelah siswa memperlihatkan pendapatnya, guru mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
7.Masing-masing siswa menulis tanggapan sesuai pertanyaan pada buku siswa menurut hasil diskusi
Alternatif Jawaban 
-Ide Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah paragraf.
-Fungsi Ide Pokok: Menjadi dasar pengembangan paragraf.
-Cara menetukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama.
Hasil yang diharapkan
-Siswa memahami pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok dari sebuah bacaan.
-Siswa bisa membuatkan sikap kolaborasi dalamkelompok serta menghargai pendapat orang lain.

Pada kegiatan Ayo Berdiskusi, secara berdikari siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
•Cara membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat tersebut.
•Setelah membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh penerima diskusi dan yang dirasa mendekati kebenaran.
•Siswa meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.
•Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memperlihatkan tanggapan.

Hasil yang diharapkan
-Siswa memahami konsep dan mempunyai ketrampilan untuk menyimpulkan suatu insiden atau peristiwa.
-Kemandirian dalam mengerjakan kiprah serta kepekaan dan berpikir kritis.
Hasil yang diharapkan
-Kemandirian dan ketekunan dalam mengerjakan tugas.
-Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan organ gerak insan dan hewan.
Catatan  :
•Kegiatan ini merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
•Pada ativitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa sehabis mempelajari materi.
•Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru sanggup memperlihatkan REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
Hasil yang diharapkan
-Siswa meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang dicapainya.

C. Keja Sama Dengan Orang Tua
•Dengan pinjaman orang tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar kawasan tinggalnya. Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.

Hasil yang diharapkan
-Mengetahui organ gerak hewan.
-Menambah rasa ingin tahu.
-Kerja sama.
-Keterampilan mengumpulkan dan mengolah data atau info melalui kegiatan pengamatan.140 menit


Itulah Penjelasan singkat mengenai RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 yang sanggup admin jelaskan, untuk lebih jelasnya silahkan download pada link di bawah ini :

Download RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1

RPP Kelas 5 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 1 Subtema 4 K13 Revisi 2018 , Unduh


RPP Kelas 5 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1
RPP Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 2 Subtema 4 K13 Revisi 2018 , Unduh


RPP Kelas 5 Tema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1
RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 4 K13 Revisi 2018 , Unduh


RPP Kelas 5 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1
RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 4 K13 Revisi 2018 , Unduh


RPP Kelas 5 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2
RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 4 K13 Revisi 2018 , Unduh


RPP Kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2
RPP Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 6 Subtema 2 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 6 Subtema 4 K13 Revisi 2018 , Unduh


RPP Kelas 5 Tema 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2
RPP Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 7 Subtema 4 K13 Revisi 2018 , Unduh


RPP Kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2
RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 8 Subtema 1 K13 Revisi 2018 , Unduh


RPP Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 2
RPP Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 9 Subtema 2 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 K13 Revisi 2018 , Unduh
RPP Kelas 5 Tema 9 Subtema 4 K13 Revisi 2018 , Unduh


Demikian RPP Kelas 5/V Jenjang SD/MI Semester 1/Ganjil dan semester 2/ Genap Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang sanggup admin bagikan, semoga bermanfaat. Jangan Lupa di share ya...!!!