-->
Google Masih Bisa Melacak Lokasi Anda Meski Menonaktifkan Riwayat Lokasi
4/ 5 stars - "Google Masih Bisa Melacak Lokasi Anda Meski Menonaktifkan Riwayat Lokasi" B aru-baru ini, Associated Press menerbitkan laporan yang merinci bagaimana Google dapat mencatat lokasi pengguna bahkan jika mereka te...

Google Masih Bisa Melacak Lokasi Anda Meski Menonaktifkan Riwayat Lokasi



Cara Menonaktifkan Riwayat Lokasi di Ponsel Android Google Masih Bisa Melacak Lokasi Anda Meski Menonaktifkan Riwayat Lokasi
Baru-baru ini, Associated Press menerbitkan laporan yang merinci bagaimana Google dapat mencatat lokasi pengguna bahkan jika mereka telah mematikan GPS dan telah keluar dari fitur Riwayat Lokasi (Location History). Laporan ini menunjukkan bahwa jika Anda ingin sepenuhnya keluar dari pelacakan lokasi Google, Anda harus mengakses dan mematikan fitur kedua juga, yang disebut "Riwayat Web & Aplikasi" (Web & App History).

Seperti yang dilansir dari Engadget, Selasa (14/08/2018), bahwa Google telah telah mengeluarkan pernyataan kepada Associated Press yang menjelaskan bahwa Google mengakses lokasi para pengguna menggunakan kombinasi dari banyak cara, termasuk : Riwayat Lokasi, Aktivitas Web dan Aplikasi, serta GPS dari perangkat / ponsel para pengguna itu sendiri. Seperti penjelasan pihak Google “Kami menyediakan deskripsi yang jelas tentang alat ini, dan kontrol yang kuat sehingga orang dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya, dan menghapus histori mereka kapan saja.”

The Verge menerima pernyataan serupa, dari Google "kami memastikan ketika pengguna menonaktifkan Riwayat Lokasi, kami terus menggunakan lokasi untuk meningkatkan pengalaman Google ketika mereka melakukan hal-hal seperti melakukan pencarian Google atau menggunakan Google untuk navigasi berkendara. " Kalimat terakhir itu tampaknya mengacu pada riwayat Web & Aplikasi, meskipun Google tidak merinci tentang itu.

Jika memang Anda ingin mematikan semua pelacakan lokasi, itu akan membutuhkan sedikit kerja. Sebagai permulaan, Anda pasti ingin menonaktifkan fitur Riwayat Lokasi. Meskipun namanya sangat luas, ini adalah fitur yang sangat spesifik yang menciptakan garis waktu di mana Anda berada berdasarkan lokasi ponsel Anda. Meskipun Anda mungkin mengira mematikannya akan menonaktifkan pelacakan lokasi Google di semua layanannya, itu tidak benar.

Setelah menonaktifkan Riwayat Lokasi, kemudian matikan "Riwayat Web & Aplikasi" - tetapi perhatikan bahwa pengalaman Anda menggunakan layanan Google akan sangat berbeda di masa mendatang yaitu Anda akan sulit melakukan pencarian (searching / aktivitas web lainnya) yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Seperti kita ketahui aplikasi apapun rata-rata akan meminta ijin untuk menyalakan Google Service dan ijin lokasi dari ponsel pintar.

Secara keseluruhan, tampaknya aspek pengumpulan lokasi utama yang terkait dengan "Riwayat Web & Aplikasi" berasal dari penelusuran Google. Saat setelan itu diaktifkan, Google dapat memberikan info yang lebih "relevan". 
Cara Menonaktifkan Riwayat Lokasi di Ponsel Android Google Masih Bisa Melacak Lokasi Anda Meski Menonaktifkan Riwayat Lokasi
Tetapi jika yakin ingin menonaktifkan layanan tersebut, Anda harus masuk ke halaman yang berhubungan dengan aktivitas Anda (My Activity) baik di ponsel dan di semua layanan Google yang Anda gunakan, lalu pastikan Anda hapus semua jejak yang pernah Anda lakukan dengan cara hapus ikon pin lokasi yang ada di situ.

Anda dapat melihat riwayat Google Anda di myactivity.google.com; klik "kontrol aktivitas" di menu sebelah kiri akan memberikan opsi untuk menonaktifkan Riwayat Web & Aplikasi serta Riwayat Lokasi Anda.
Dapatkan berita "Tekno dan Gadget Terbaru" gratis melalui inbox email, caranya Subscribe email kamu dibawah ini!