-->
Penyebab Motor Susah Distarter Elektrik
4/ 5 stars - "Penyebab Motor Susah Distarter Elektrik" Starter yakni salah satu penggalan penting dalam motor. Di motor sendiri terdapat 2 macam starter, yang pertama yakni starter elektrik dan ...

Penyebab Motor Susah Distarter Elektrik



Starter yakni salah satu penggalan penting dalam motor. Di motor sendiri terdapat 2 macam starter, yang pertama yakni starter elektrik dan yang kedua starter engkol. Keduanya sama-sama penting, kalau starter elektrik mati, maka kita harus memakai starter engkol. Namun, kalau pengendara tersebut yakni emak-emak naik matic, starter elektrik lah yang paling. Bahkan terkadang ada pengendara yang motornya sulit dihidupnakn namun tetap memaksa untuk memencet tombol starter elektrik. Dan hal tersebut yakni perlakuan yang salah alasannya yakni sanggup memperpendek usia aki. Terdapat 4 persoalan motor sulit distarter, diantaranya yakni aki melemah, rangkaian starter, relay, dan dinamo starter. Berikut ini akan admin bahas satu persatu terkait penyebab motor sulit distarter.

 Starter yakni salah satu penggalan penting dalam motor Penyebab Motor Susah Distarter Elektrik

1. Aki Melemah

 Starter yakni salah satu penggalan penting dalam motor Penyebab Motor Susah Distarter Elektrik

Aki merupakan sumber utama penyuplai arus listrik untuk menghidupkan dinamo starter. Dengan keadaan aki melemah, tentunya akan sulit untuk menyalakan motor dengan starter elektrik. Hal ini bisa  diketahui saat kita memencet tombol starter elektrik, hanya keluar suara “tek-tek-tek” atau “ctak-ctak-ctak”. Bunyi itu muncul alasannya yakni arus aki yang melemah sehingga hanya berpengaruh untuk menggerakkan Magnetic Switch dan tidak berpengaruh untuk memutar Armature atau Rotor pada dinamo starter. Oleh alasannya yakni itu kita harus rutin cek voltase aki memakai multimeter. Selain itu (kata teman yang anak bengkel) dengan memencet tombol klakson dan bunyin klakson pelan/tidak nyaring menyerupai biasanya, maka sanggup diindikasikan bahwa aki sudah melemah.


2. Rangkaian Starter

Apabila tegangan pada aki masih bagus, namun starter elektrik tidak sanggup hidup, sanggup jadi itu alasannya yakni ada rangkaian starter yang bermasalah. Mungkin terdapat kabel yang putus, soketnya rusak, atau tombol starter yang sudah kotor atau berkarat. Oleh alasannya yakni itu, sanggup kita cek rangkaiannya dari tombol starter hingga dinamo starter dan diperbaiki apabila ada salah satu yang rusak diantara rangkaian tersebut.

3. Switch Starter

 Starter yakni salah satu penggalan penting dalam motor Penyebab Motor Susah Distarter Elektrik

Selanjutnya yakni Switch Starter atau dalam bahasa bengkelnya disebut “Bendik Starter”. Switch Starter ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik yang sanggup memutus dan menyambungkan arus dari aki ke dinamo starter. Dan untuk mengeceknya, sanggup dengan pribadi men-jumper dengan menghubungkan 2 terminal kabel di switch (terminal kabel dari aki dan terminal kabel ke dinamo starter) memakai obeng. Apabila mesin sanggup hidup, berarti switch atau bendik starternya yang rusak, namun apabila mesin tidak sanggup hidup, berarti masih baik-baik saja.
Selain itu kalau switchnya bermodel soket (seperti motor Vario 110 lama), sanggup di cek dengan hubungkan memakai kawat pada soket switch kabel warna merah polos (+ aki) dan merah strip putih (+ dinamo starter). Apabila mesin hidup, maka dipastikan penyebabnya yakni switch starter yang sudah rusak.

4. Dinamo Starter

 Starter yakni salah satu penggalan penting dalam motor Penyebab Motor Susah Distarter Elektrik

Biasanya pada komponen dinamo starter ini jarang terjadi kerusakan. Namun, tak dipungkiri dinamo starter sanggup menjadi penyebab starter sulit hidup. Hal itu sanggup terjadi alasannya yakni Brush atau carbon Brush atau juga “sikat arang” yang ada didalam dinamo starter sudah aus sehingga tidak sanggup untuk memutar armature atau rotor. Brush atau sikat arang ini juga terdapat didalam alat menyerupai gerinda, bor, dan mesin pasah kayu. Brush berfungsi sebagai penghantar atau penerus arus listrik dari field coil ke armature kemudian ke komutator. Jika brush ini sudah aus, maka persinggungan dengan komutator kurang baik dikarenakan arus yang kurang sehingga momen putar kurang maksimal juga.

Dan itulah beberapa penyebab starter sulit hidup pada motor. Dan dari penyebab diatas tadi sudah pernah admin alami pada motor Honda Vario 110 usang milik admin, mulai dari aki melemah, bendik rusak dan sikat kawat aus. Untuk onderdil menyerupai switch starter dan brush sanggup dibilang murah, alasannya yakni total harganya tidak hingga 50 ribu, tapi itu di wilayah Semarang dan kebetulan toko onderdilnya langganan admin. Meskipun demikian, pengecekan onderdil yang menjadi permasalahan starter mati tersebut perlu dilakukan sebelum kita mengganti dengan onderdil gres semoga tidak salah prediksi. Itulah artikel wacana penyebab starter motor mati, apabila ada kesalahan atau kekurangan, sanggup ditambahkan di kolom komentar, terimakasih.