-->
Metode Pengembangan Sosial Emosional - Soal Dan Jawaban
4/ 5 stars - "Metode Pengembangan Sosial Emosional - Soal Dan Jawaban" Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Sosial Emosional Lengkap Jawaban Dalam penerimaan sosial, anak usia kelas 2 atau ...

Metode Pengembangan Sosial Emosional - Soal Dan Jawaban



Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Sosial Emosional Lengkap Jawaban
  1. Dalam penerimaan sosial, anak usia kelas 2 atau 3 SD mempunyai cita-cita yang sama, melaksanakan acara gotong royong dan mempunyai kedekatan yang cukup baik terhadap sahabat sebayanya. Tahap ini termasuk dalam.... 
    a. An Emphatic Stage 
    b. A Reward Cost Stage 
    c. A Non-Normative Stage 
    d. A Normative Stage
  2. Karakteristik perkembangan anak pada usia 0-2 tahun, salah satunya yakni bahwa anak... 
    a. Membangun rasa positif thinking terhadap lingkungannya 
    b. Membutuhkan cinta dan kasih sayang orang cukup umur di sekitarnya 
    c. Mulai merasa mempunyai kepercayaan diri 
    d. Memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya
  3. Pendidik perlu mengetahui cara yang gampang untuk mengenali tanda-tanda emosi dan sikap sosial anak dan dampaknya bagi anak. Tujuan mengetahui hal tersebut yakni untuk mengambil tindakan…. 
    a. Proaktif dan antipatif 
    b. Deaktif dan provokatif 
    c. Prefentif dan interventif 
    d. Transaktif dan pratransaktif 
  4. Pendidik harus mendampingi perkembangan sosial emosional anak ke arah yang sesuai dengan harapannya, caranya yaitu dengan .... 
    a. Menunjukkan semua sikap baik dan tidak baik 
    b. Menghindari tekanan emosi negatif pada anak 
    c. Bekerjasama dengan orang lain dan lingkungan guna menekan emosi buruk 
    d. Memproteksi anak sedemikian rupa dari imbas negatif J
  5. Anak ditekankan untuk ”selalu bisa” dalam setiap bidang pengembangan sehingga terkesan anak dipaksa untuk belajar. Hal ini merupakan penerapan metode .... 
    a. Heart start 
    b. Mind start 
    c. Head start 
    d. Logic start
  6. Goleman menyatakan bahwa emosi yakni suatu keadaan yang merujuk pada hal-hal berikut, kecuali.... 
    a. Suatu perasaan atau pikiran khas anak 
    b. Suatu keadaan biologis dan psikologis 
    c. Serangkaian kecenderungan untuk bertindak 
    d. Serangkaian keinginan individu untuk berpikir
  7. Ketika individu melihat atau mengalami suatu peristiwa, maka hal tersebut dalam prosedur emosi berdasarkan Rosenblum termasuk dalam tahap.... 
    a. Receptors 
    b. Elicitors 
    c. State 
    d. Ekspression 
  8. Anak-anak yang bermain dalam satu ruangan namun mereka tidak saling mengganggu atau memerhatikan termasuk dalam tahapan bermain.... 
    a. Sebagai penonton 
    b. Soliter 
    c. Paralel 
    d. Asosiatif 
  9. Salah satu tahap pembentukan huruf anak sanggup dilakukan dengan menstimulasi rasa keindahan. Fungsi stimulasi terhadap rasa keindahan ini yakni untuk.... 
    a. Menghaluskan akal pekerti 
    b. Meningkatkan rasa tenggang rasa anak 
    c. Mengembangkan moral kemasyarakatan 
    d. Menumbuhkan rasa percaya diri 
  10. Rasa murka pada anak sering muncul sebagai reaksi terhadap frustrasi, sakit hati atau merasa terancam. Rasa murka yang muncul bisa dalam bentuk lisan atau agresi. Rasa murka semacam ini termasuk murka yang bersifat.... 
    a. Terhambat 
    b. Eksploratif 
    c. Transaktif 
    d. Impulsif 
  11. Faktor yang dianggap sanggup menunjang keberhasilan seseorang yang terkait dengan huruf yakni sebagai berikut, kecuali .... 
    a. Jujur dan sanggup diandalkan 
    b. Dapat mendapatkan dan menjalankan kewajiban 
    c. Dapat bekerja berdikari dengan kontrol terbatas 
    d. Sabar, rajin beribadah dan intelektual tinggi 
  12. Perkembangan emosi anak sanggup dipengaruhi oleh keadaan di dalam diri individu, diantaranya adalah.... 
    a. Usia, fisik, inteligensi dan jender 
    b. Fisik, usia,inteligensi dan budaya 
    c. Jender, fisik, ekonomi dan inteligensi 
    d. Usia, potensi, interigensi dan sebaya 
  13. Andri (6 tahun) seka membawa kudapan dengan jumlah yang banyak untuk dibagi-bagikan kepada teman-teman sekelasnya. Perilaku Andri ini secara tidak eksklusif memalsukan sikap ibunya yang suka memasak dan membagikan hasil masakannya pada para tetangga. Ilustrasi tersebut menggambarkan bahwa perkembangan sosial anak dipengaruhi oleh ingkungan keluarga, yaitu.... 
    a. Status sosial ekonomi keluarga 
    b. Keutuhan keluarga 
    c. Sikap dan kebiasaan orang tua 
    d. Kelekatan dengan anggota keluarga 
  14. Salah satu kondisi fisik yang memengaruhi perkembangan sosial emosional adalah.... 
    a. Kesehatan yang buruk 
    b. Ketegangan relasi antara orang renta dan anak 
    c. Tingkat intelektual di bawah rata-rata 
    d. Sikap orang renta dalam mendidik anak 
  15. Guru PAUD harus bisa membuat kondisi yang ideal supaya perkembangan sosial emosional anak berkembang secara optimal. Kondisi ideal tersebut merupakan kondisi yang sanggup membantu anak untuk .... 
    a. Belajar di Lembaga PAUD secara regular 
    b. Melakukan semua acara dengan teratur 
    c. Melakukan interaksi sosial 
    d. Berkembang tanpa hambatan 
  16. Ketika melihat ada pengemis di tepi jalan, Effie eksklusif meminta uang pada ibunya untuk diberikan pada pengemis tersebut alasannya yakni ia merasa kasihan. Ibu Effie merasa tidak pernah mengajari effie wacana tindakan tersebut. Ilustrasi tersebut menggambarkan perkembangan huruf Effie dipengaruhi oleh faktor.... 
    a. Internal 
    b. Eksternal 
    c. Penghargaan sekitar 
    d. Pengaruh orang tua 
  17. Berikut ini merupakan beberapa teladan sikap yang diakibatkan oleh kompleksitas kehidupan yang dihadapi oleh anak-anak, kecuali .... 
    a. Perilaku kesepian dan pemurung 
    b. Perilaku rendahnya sopan santun 
    c. Anak yang pencemas dan gugup 
    d. Anak yang sopan dan disiplin 
  18. Kecerdasan emosi mempunyai arti sebagai kualitas-kualitas emosi yang penting dalam pencapaian suatu keberhasilan. Kualitas tersebut mencakup beberapa indikator berikut ini, kecuali.... 
    a. Memiliki kemampuan untuk menghargai diri sendiri 
    b. Empati yang melibatkan perasaan orang lain 
    c. Kemampuan dalam mengungkapkan dan memahami perasaan 
    d. Mampu mengalokasikan rasa marah 
  19. Menurut John Locke, anak ketika dilahirkan diibaratkan mirip kertas putih yang masih kosong. Akan mirip apa bentuk hasilnya tergantung pada cara kertas tersebut ditulisi. Arti dari penyataan tersebut yakni bahwa faktor yang paling memilih dalam perkembangan anak adalah.... 
    a. Potensi dan kemauan
    b. Pengalaman dan lingkungan 
    c. Intelektual dan emosional 
    d. Harapan individu dan imbas orang tua 
  20. Anak usia dini suka sekali melaksanakan suatu acara secara berulang-ulang meskipun beberapa kali ia gagal melakukannya namun ia tak pernah bosan mencoba dan mencoba lagi. Cara tersebut dalam mendapatkan pengalaman sosial dikenal dengan.... 
    a. Imitasi 
    b. Conditioning 
    c. Convergensi 
    d. Trial and error 
  21. Pelaksanaan pendidikan di forum PAUD harus berorientasi pada Developmentally Appropripate Practices (DAP) yang salah satu prinsipnya yakni mengembangkan kemampuan anak secara terpadu alasannya yakni .... 
    a. Perkembangan anak berlangsung secara bervariasi 
    b. Semua aspek perkembangan anak saling terkait 
    c. Pengalaman awal anak mempunyai donasi eksklusif maupun tidak langsung 
    d. Perkembangan anak terjadi dalam urutan yang relatif teratur 
  22. Contoh salah satu acara pengembangan yang berdasarkan DAP yakni ”bergiliran”. Kemampuan yang ingin ditingkatkan dalam acara ini yakni anak .... 
    a. Belajar bergabung dalam suatu kelompok kecil dengan sikap positif 
    b. Belajar memberi kesempatan pada orang lain 
    c. Berusaha memecahkan masalahnya melalui diskusi 
    d. Berbagi perasaan dan pandangan hingga menghindari perselisihan 
  23. Salah satu alasan penting mengapa guru harus menerapkan prinsip holistik dalam acara pengembangan bagi anak usia dini adalah.... 
    a. Setiap guru biasanya menangani anak dengan jumlah dan kemampuan yang berbeda-beda 
    b. Guru mempunyai kemampuan yang bermacam-macam terkait dengan didaktik metodiknya 
    c. Setiap guru mempunyai kemampuan dan pandangan yang berbeda wacana suatu kegiatan 
    d. Guru harus sanggup menstimulasi setiap fokus perkembangan anak alasannya yakni terkait antara satu dengan lainnya 
  24. Ketika seorang anak berguru untuk mencoba aneka macam teladan sikap dasar kemudian guru mencoba menggali dan meminta anak untuk mengembangkannya lebih luas lagi maka pada ketika itu dalam pengembangan sosial emosional secara holistik sedang diterapkan prinsip.... 
    a. Pendidikan sesuai lingkungan fisik, psikologi dan budaya 
    b. Terpenuhinya kebutuhan fisik dan psikologik 
    c. Kegiatan merangsang seluruh indra dan gaya berguru anak 
    d. Menekankan pada berguru untuk belajar 
  25. Kegiatan pengembangan yang menerapkan pendekatan berdasarkan ide-ide pokok atau ide-ide sentral wacana anak dan lingkungannya termasuk pengertian pembelajaran .... 
    a. Dengan sistem holistik 
    b. Berbasis tema 
    c. Berbasis perkembangan 
    d. Berbasis budaya dan minat
  26. Jika orang renta salah menerapkan pola pengasuhan bagi anak-anaknya maka akan berdampak pada ketidakstabilan emosi, yang mencakup hal berikut ini kecuali ....
    a. Tidak tahan terhadap stress
    b. Praktis tersinggung
    c. Sifat tidak sanggup diprediksi
    d. Intelektual rendah 
  27. Salah satu tujuan mengevaluasi anak usia dini yakni untuk mengetahui apakah anak....
    a. Lebih baik bila dibandingkan dengan belum dewasa lainnya
    b. Sudah bisa lulus atau naik kelas
    c. Memerlukan proteksi atau layanan khusus
    d. Sudah mencapai cita-cita dari guru 
  28. Proses mendokumentasikan acara atau sikap khusus atau yang luar biasa baik posistif maupun negatif yang teramati yang dituangkan berupa catatan ringkas merupakan salah satu teknik evaluasi, yaitu....
    a. Ceklis
    b. Portofolio
    c. Catatan anekdot
    d. Observasi 
  29. Aktivitas adaptasi yang sanggup dilakukan dalam pengembangan huruf anak usia dini sanggup diarahkan untuk mencapai 9 pilar huruf yang disampaikan oleh Megawangi, diantaranya sebagai berikut, kecuali ....
    a. Cinta Tuhan dan kebenaran
    b. Tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian
    c. Kasih sayang, kepedulian dan kerjasama
    d. Hormat, konservatif dan rendah diri
  30. Lisa (3 tahun) tiba-tiba membuka tas milik Desi (3 tahun) tanpa minta izin siempunya tas. Ibu guru menegur Lisa dan Lisa menjawab bahwa ia membuka tas itu untuk mencari mainan yang kemarin dibawa Desi. Kemudian Ibu guru menyampaikan pad Lisa supaya meminta izin dulu sebelum membuka tas milik Desi. Tindakan Ibu Lisa tersebut dilakukan untuk mengevaluasi huruf anak dalam hal....
    a. Hormat dan sopan santun anak
    b. Kejujuran anak
    c. Kedermawanan anak
    d. Kepercayaan diri anak
  31. Jika guru ingin menerapkan tema ”Buah mangga” maka acara yang sanggup dilakukan untuk mengembangkan aspek perkembangan anak diantaranya yakni sebagai berikut kecuali ....
    a. Membuat bentuk ”buah mangga” dengan playdough
    b. Bercerita wacana manfaat buah mangga
    c. Membuat asinan buah mangga
    d. Praktik eksklusif makan buah mangga 
  32. Kegiatan pengembangan sosial emosional yang dilakukan setiap hari baik secara eksklusif maupun diintegrasikan dalam acara pengembangan lainnya termasuk dalam pengembangan yang dilakukan melalui acara ....
    a. Rutin
    b. Spontan
    c. Terprogram
    d. Keteladanan 
  33. Anak-anak kelompok A Taman Kanak-kanak Budaya sedang bermain menirukan gerakan binatang dambil bernyanyi di dalam kelasdipimpin oleh Ibu Dewi. Tiba-tiba hujan turun dan beberapa anak berlarian ke jendela untuk melihatnya. Memperhatikan hal tersebut, Ibu Dewi eksklusif mengajak semua belum dewasa untuk ke jendela dan menjelaskan bertanya jawab wacana hujan. Kejadian tersebut termasuk teladan pelaksanaan acara melalui acara ....
    a. Rutin
    b. Spontan
    c. Terprogram
    d. Keteladanan 
  34. Salah satu hal yang harus diperhatikan anak dalam upaya pengembangan emosi yang sehat yakni ia harus berguru menjadi pemimpin, menjadi anggota dan cara berguru mengembangkan dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam kebutuhan untuk....
    a. Memperoleh kesempatan untuk mandiri, membuat keputusan dan mencoba lagi jikalau gagal
    b. Memiliki rasa kondusif dalam menjalin relasi dengan orang lain
    c. Memiliki kepercayaan pada dirinya sendiri
    d. Mendapatkn rasa cinta dan kasih sayang dari orang-orang di sekitarnya 
  35. Anak usia dini perlu dilatih untuk menunggu giliran atau bersabar guna mendapatkan giliran. Ilustrasi ini dalam bahan pengembangan emosi anak usia dini termasuk dalam bahan ....
    a. Harapan dan masa depan
    b. Cinta dan kasih sayang
    c. Pengendaian emosi
    d. Penanaman emosi 
  36. Ibu Linda sering mengadakan acara yang memungkinkan anak bekerja dalam kelompok. Kegiatan ini bertujuan supaya anak sanggup bekerja sama dan mengenal temantemannya. Kegiatan yang dilakukan Ibu Linda termasuk dalam taktik untuk mengembangkan kemampuan ....
    a. Mengenali emosi
    b. Memahami perasaan orang lain
    c. Mengelola dan mengekspresikan emosi
    d. Membina relasi dengan orang lain 
  37. Untuk melatih kemampuan anak dalam mengenali emosinya sendiri dan untuk menenangkan diri dengan memakai musik dengan aneka macam genre. Kegiatan ini sanggup dilaksanakan dengan menerapkan metode....
    a. Bernyanyi dan bermain musik
    b. Bermain dengan hand puppet
    c. Bercerita dengan buku
    d. Latihan relaksasi dan meditasi dengan musik 
  38. Hari ini Ibu Susi berencana akan mengajak belum dewasa mendengarkan musik lembut sambil berbaring di lantai kelas dengan mata tertutup. Kegiatan ini dilakukan sebagai acara penutup. Ilustrasi itu menggambarkan rancangan acara ....
    a. Demonstrasi
    b. Relaksasi
    c. Bercerita
    d. Gerak dan lagu 
  39. Sasaran pengembangan keterampilan sosial untuk bayi yang gres lahir yakni memperkuat ikatan ibu dan bayi melalui....
    a. Interaksi yang penuh perhatian, intensif dan kehangatan
    b. Penonjolan respon orang renta terhadap sikap bayi
    c. Latihan mencium tangan orang yang lebih renta
    d. Mendorong anak untuk bermain dengan anak lain 
  40. Latihan sosial pada anak harus dimulai dari lingkungan rumah. Orang renta harus sanggup membuat belum dewasa nyaman dalam bersosialisasi dengan cara ....
    a. Menyiapkan bahan keterampilan sosial secara kasatmata
    b. Memberi latar belakang kehidupan yang kondusif dan penuh cinta
    c. Mendampingi anak sepanjang waktu
    d. Merubah tatanan lingkungan rumah secara berkala 
  41. Orang renta dewi (4 tahun) mempunyai kekmampuan ekonomi yang sangat baik. Mereka tinggal di lingkungan perumahan mewah. Namun sayangnya ayah dan ibu Dewi hampir setiap hari bertengkar alasannya yakni mereka terlalu lelah bekerja di luar rumah. Hal ini membuat Dewi menjadi minder dan takut jikalau bertemu dengan orang cukup umur lainnya. Ilustrasi tersebut menggambarkan betapa pentingnya orang tua....
    a. Melindungi anak dari orang cukup umur lain di luar rumah
    b. Bertengkar di depan anak, supaya anak mengetahui problem yang dihadapi orang renta
    c. Memberi latar belakang kehidupan yang kondusif dan penuh cinta
    d. Memiliki rumah glamor dan megah 
  42. Metode dalam pengembangan keterampilan sosial yang memungkinkan belum dewasa usia dini sanggup mengenal dan berinteraksi dengan sahabat sebayanya adala....
    a. Mengelompokkan anak
    b. Belajar mengembangkan
    c. Bermain soliter
    c. Keteladanan dan peniruan 
  43. Setiap pagi, Ibu Lina menyambut belum dewasa di depan gerbang sekolah. Dia selalu menyalami belum dewasa dan orang tuanya serta menyambut dengan ramah. jikalau ada anak yang tidak mau menyalaminya maka Ibu Lina akan menyampaikan ”Nihh... Ibu guru saja salam sama mama kamu, nah kau juga salam yaaa sama ibu guru...” Ilustrasi tersebut menggambarkan salah satu metode pengembangan sosial anak usia dini yaitu....
    a. Belajar mengembangkan
    b. Pengelompokkan anak
    c. Bermain kooperatif
    d. Keteladanan dan peniruan 
  44. Batasan pengembangan huruf pada anak usia dini berdasarkan Gordon Vessels dan William Huit yakni berikut ini, kecuali....
    a. Pengembangan rasa tanggung jawab
    b. Peningkatan kapasistas untuk disiplin
    c. Pengakuan huruf pribadi dan inspirasi seseorang
    d. Pembebasan nilai-nilai, tujuan dan etis 
  45. Andi selalu mengucapkan salam ketika bertemu dengan orang lain baik sahabat sebaya maupun dengan orang dewasa. Saat ada temannya yang tidak menjawab salamnya, Andi menegurnya dan menyampaikan “kenapa kau tidak menjawab salamku?”. Perilaku Andai tersebut termasuk salah satu target pengembangan huruf yaitu dalam hal....
    a. Compassion
    b. Respect
    c. Excellence
    d. Fidelity 
  46. Dalam memilih metode pengembangan huruf anak usia dini terdapat tahap persiapan yang salah satunya yakni menilai kebutuhan masyarakat tentang....
    a. Tuntutan dan kebutuhan huruf yang ingin dikembangkan pada anak
    b. Identifikasi jumlah anak dan keluarga yang sudah berkarakter baik
    c. Pengalaman berguru yang diperlukan akan didapat anak didik
    d. Kemampuan yang telah dimiliki oleh anak didik sebelum mengikuti pendidikan karakter 
  47. Anak-anak kelompok bermain melaksanakan acara menggosok gigi setiap hari Selasa. Hal ini dilakukan untuk melatih belum dewasa menjaga kebersihan dan perawatan dirinya sendiri. Ilustrasi tersebut menggambarkan pengembangan huruf dengan tujuan untuk ....
    a. Dalam mempertimbangkan perasaan orang lain
    b. Meningkatkan harga diri yang positif dan kebiasaan sehat
    c. Menghormati binatang dan alam sekitarnya
    d. Untuk menghindari situasi berbahaya 
  48. Afeksi mencakup perasaan kasih saying, kehangatan dan persahabatan yang ditunjukkan pada orang lain. Gangguan yang mungkin timbul akhir kekurangan afeksi antara lain sebagai berikut, kecuali....
    a. Menyebabkan anak menjadi depresi
    b. Gagap atau mengalami gangguan berbicara
    c. Sulit konsentrasi dan gampang teralih perhatiannya
    d. Berminat terhadap orang lain dan penurut 
  49. Ketika seorang anak tidak bisa bergabung dengan teman-teman di lingkungannya atau ia selalu ditolak oleh belum dewasa sebayanya maka anak tersebut sebenarnya sedang mengalami permasalahan sosial, yaitu....
    a. Kreatif
    b. Negativisme
    c. Maladjustment
    d. Egosentris 
  50. Pada ketika kini ini, banyak orang renta yang menginginkan belum dewasa mereka menguasai banyak keterampilan atau nilai yang tinggi atau untuk selalu berprestasi sehingga mereka melaksanakan aneka macam upya untuk mewujudkannya. Hal itu menjadi permasalahan dalam pengembangan huruf anak usia dini, yaitu masalah....
    a. Harapan orang renta
    b. Kemampuan orang renta
    c. Permasalahan dalam diri orang renta
    d. Kebijaksanaan orang tua 
Kunci Jawaban:
  1. b. A Reward Cost Stage 
  2. b. Membutuhkan cinta dan kasih sayang orang cukup umur di sekitarnya 
  3. c. Prefentif dan interventif 
  4. b. Menghindari tekanan emosi negatif pada anak 
  5. c. Head start
  6. d. Serangkaian keinginan individu untuk berpikir
  7. b. Elicitors 
  8. b. Soliter 
  9. a. Menghaluskan akal pekerti 
  10. d. Impulsif 
  11. d. Sabar, rajin beribadah dan intelektual tinggi 
  12. a. Usia, fisik, inteligensi dan jender 
  13. c. Sikap dan kebiasaan orang tua 
  14. a. Kesehatan yang buruk 
  15. c. Melakukan interaksi sosial 
  16. a. Internal 
  17. d. Anak yang sopan dan disiplin 
  18. a. Memiliki kemampuan untuk menghargai diri sendiri 
  19. b. Pengalaman dan lingkungan 
  20. d. Trial and error 
  21. b. Semua aspek perkembangan anak saling terkait 
  22. b. Belajar memberi kesempatan pada orang lain 
  23. d. Guru harus sanggup menstimulasi setiap fokus perkembangan anak alasannya yakni terkait antara satu dengan lainnya 
  24. d. Menekankan pada berguru untuk belajar 
  25. b. Berbasis tema
  26. d. Intelektual rendah 
  27. c. Memerlukan proteksi atau layanan khusus 
  28. c. Catatan anekdot 
  29. d. Hormat, konservatif dan rendah diri 
  30. b. Kejujuran anak
  31. c. Membuat asinan buah mangga 
  32. a. Rutin 
  33. b. Spontan
  34. a. Memperoleh kesempatan untuk mandiri, membuat keputusan dan mencoba lagi jikalau gagal
  35. c. Pengendaian emosi  
  36. d. Membina relasi dengan orang lain 
  37. d. Latihan relaksasi dan meditasi dengan musik 
  38. b. Relaksasi 
  39. a. Interaksi yang penuh perhatian, intensif dan kehangatan 
  40. b. Memberi latar belakang kehidupan yang kondusif dan penuh cinta 
  41. c. Memberi latar belakang kehidupan yang kondusif dan penuh cinta 
  42. a. Mengelompokkan anak 
  43. d. Keteladanan dan peniruan 
  44. d. Pembebasan nilai-nilai, tujuan dan etis 
  45. b. Respect 
  46. a. Tuntutan dan kebutuhan huruf yang ingin dikembangkan pada anak 
  47. b. Meningkatkan harga diri yang positif dan kebiasaan sehat 
  48. d. Berminat terhadap orang lain dan penurut 
  49. c. Maladjustment 
  50. a. Harapan orang tua