-->
Tips Menentukan Jurusan Sma Bagi Kau Yang Masih Bingung
4/ 5 stars - "Tips Menentukan Jurusan Sma Bagi Kau Yang Masih Bingung" Masih banyak dari para siswa yang galau bagaimana tips menentukan jurusan SMA yang tepat. Padahal jurusan-jurusan sangat menentukan masa...

Tips Menentukan Jurusan Sma Bagi Kau Yang Masih Bingung



 Masih banyak dari para siswa yang galau bagaimana  Tips Memilih Jurusan Sekolah Menengan Atas bagi Kamu yang Masih Bingung

Masih banyak dari para siswa yang galau bagaimana tips menentukan jurusan SMA yang tepat. Padahal jurusan-jurusan sangat menentukan masa depan kau selanjutnya. Banyak dari siswa yang terkesan asal-asalan dalam menentukan jurusan, hanya ikut-ikutan teman, tekanan orang renta yang mengharuskan masuk jurusan tertentu, hingga terlalu percaya pada pernyataan bahwa jurusan X bisa menciptakan sukses sedangkan jurusan Y tidak.

Sebelum kita melangkah lebih jauh ihwal tips pemilihan jurusan, kau harus mengetahui terlebih dahulu jurusan-jurusan apa saja yang ada di SMA. Untuk kurikulum 2013, setidaknya sekolah mempunyai 3 jurusan yaitu :


Daftar Jurusan di Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013


  • Jurusan IPA/Sains

Jurusan ini menjadi jurusan paling favorit yang banyak dicari calon siswa SMA. Termasuk juga dominan para orang renta yang mengharapkannya anaknya bisa masuk jurusan bergengsi ini.

Salah satu alasan orang renta menentukan jurusan IPA untuk anaknya sebab jurusan tersebut dianggap mempunyai masa depan yang cerah dibandingkan dengan jurusan yang lainnya. Lulusan IPA bisa menjadi dokter,  perawat, peneliti, laboran, hingga apoteker.

Jurusan IPA atau sains merupakan jurusan yang mempelajari gejala-gejala alam yang ada di bumi ini. Beberapa daftar pelajaran jurusan IPA Sekolah Menengan Atas yaitu biologi, kimia, fisika, dan matematika akan kau dapatkan.


  • Jurusan IPS/Sosial

Jurusan ini lebih sedikit peminatnya, terbukti dari jumlah kelas yang disediakan lebih sedikit. Nampaknya sekolah begitu tau kalau para siswa barunya niscaya dominan banyak menentukan jurusan IPA dibandingkan IPS. Jumlahnya mungkin hanya satu hingga tiga kelas saja.

Jurusan ini dianggap mempunyai masa depan suram, sulit mendapat pekerjaan, dan identik dengan siswanya yang nakal. Mayoritas orang renta banyak yang menentang anaknya masuk ke jurusan tersebut.

Padahal, jurusan IPS tidak menyerupai banyak orang lain kira. Anak IPS tetap mempunyai peluang sukses yang sama dengan anak IPA. Bahkan, dominan orang pemimpin perusahaan di negeri ini ialah mereka yang ketika sekolah menentukan jurusan IPS.

Jurusan IPS merupakan jurusan yang mempelajari gejala-gejala sosial yang ada disekitar kita. Kamu akan mendapat pelajaran ekonomi, sosiologi, geografi, dan juga sejarah kalau menentukan jurusan tersebut.


  • Jurusan Bahasa

Jurusan ini belum tentu ada di setiap sekolah, alasannya lahan sekolah masih tidak cukup untuk memenuhi kuota 3 jurusan sekaligus. Selain itu, jurusan ini juga masih sedikit peminatnya sehingga tidak banyak sekolah yang membuka jurusan tersebut.

Jurusan Sekolah Menengan Atas bahasa mempelajari sesuatu yang bekerjasama dengan dunia kebahasaan mulai dari fonologi, morfologi, sintaksis, dan juga semantik. Tak hanya bahasa Indonesia, kalau kau masuk di jurusan ini maka banyak sekali bahasa lain di dunia ini akan kau dapatkan.

Jurusan ini sangat cocok bagi kau yang bercita-cita menjadi sastrawan. Bagaimana? Apakah tertarik masuk jurusan bahasa?


Tips Memilih Jurusan SMA

Setelah membaca citra sekilas ihwal ketiga jurusan diatas, semoga tidak salah pilih, lebih baik kau lakukan beberapa tips berikut ini :

1. Kenali Minat dan Bakat

Minat dan talenta merupakan salah satu faktor pertimbangan penting bagi kau yang masih galau dalam menentukan jurusan di SMA. Minat merupakan sesuatu yang disukai, sementara talenta merupakan sesuatu yang disukai.

Coba ketahui dulu, pelajaran apa yang kau suka? Matematika atau sejarah? Jika kau suka berhitung mungkin kau lebih suka pelajaran matematika, sementara itu kalau kau lebih suka hafalan maka pelajaran sejarah lebih sukai.

Namun, untuk menentukan sebuah jurusan tidak bisa sebatas ah, saya masuk jurusan X saja soalnya saya suka blablabla. Stop berpikiran menyerupai itu. Selain suka kau harus benar-benar menguasai pelajaran yang kau sukai.

Jika kau mempunyai dua hal tersebut, maka dijamin kau bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Tidak ada lagi dongeng lagi salah jurusan yang selama ini sering kali dialami oleh para siswa.


2. Lebih Baik Tentukan Sejak SMP

Tidak perlu menunggu hingga lulus Sekolah Menengah Pertama untuk memikirkan jurusan kau kelak di SMA. Justru semakin dini kau memikirkan dan mempertimbangkannya itu lebih baik.

Jangan hingga ketika gres menjadi anak SMA, jurusan tersebut gres dipikirkan. Tentunya kau merasa kesulitan menentukan sebab hanya membutuhkan beberapa hari saja untuk memikirkannya. Untuk itu, tentukan jurusan pilihanmu sedari masuk SMP.

Baca juga : daftar sekolah inklusi di Jakarta

3. Minta Pendapat Orang Tua dan Guru

Soal pemilihan jurusan, kau bisa meminta pendapat orang tuamu. Tanyakan saja kepada mereka, pa/ma saya ingin masuk ke jurusan A bagaimana berdasarkan kalian berdua? Jika orang renta benar-benar memperhatikan perkembangan anaknya selama sekolah niscaya bisa menunjukkan saran yang terbaik.

Selain kepada orang tua, kau juga bisa meminta pertimbangan kepada guru di sekolah, baik guru mata pelajaran maupun guru BK. Dari guru mata pelajaran kau bisa mendapat saran dan masukan ihwal pemilihan jurusan berdasarkan kemampuanmu dalam menguasai suatu bidang pelajaran. Sementara itu, guru BK menunjukkan masukan berdasarkan apa potensi pada diri siswa/siswi tersebut.

4. Pertimbangkan Juga Jurusan Kuliah yang Akan Diambil Setelah Lulus Sekolah Menengan Atas Nanti.

Penentuan jurusan di Sekolah Menengan Atas juga besar lengan berkuasa ke jurusan kuliah yang bisa kau ambil selepas lulus Sekolah Menengan Atas nanti. Pastikan kau menentukan jurusan Sekolah Menengan Atas yang sepadan dengan jurusan yang diinginkan ketika kuliah nanti.

Contohnya, ketika seorang siswa bercita-cita ingin masuk ke kedokteran maka menentukan jurusan IPA ialah hal yang tepat. Sementara itu, kalau siswa mempunyai keinginan untuk berkuliah di jurusan aturan maka IPS menjadi pilihan yang terbaik.

5. Jangan Pernah Ikut-ikutan Teman

Sudah tidak zamannya lagi anak muda yang gampang mengikuti arus. Kamu harus mempunyai pendirian yang kuat. Jangan hanya sahabat karibmu menentukan jurusan tersebut dan kau berbeda pilihan lantas berpindah haluan.

Berbeda jurusan di Sekolah Menengan Atas bukan berarti tidak bisa berteman. Toh kalian berdua masih sekolah bukan? Makara tidak ada alasan untuk tidak bisa berteman. Selain itu jangan pernah merasa bahwa tidak yakin jurusan yang dipilih sebab dominan sahabat menentukan jurusan yang tidak sama.

Biarkan mereka dalam pilihannya masing-masing. Kamu juga harus yakin dengan pilihanmu. Tidak ada jurusan yang buruk, semua baik kalau kita benar-benar serius menekuninya. Makara mulai kini jangan pernah terpengaruh sahabat dalam menentukan suatu jurusan.

6. Jangan Percaya Terhadap Anggapan Buruk Tentang Jurusan Tertentu 

Banyak anggapan yang berkembang bahwa jurusan IPA lebih baik daripada jurusan IPS ataupun bahasa. Selain itu banyak juga yang menganggap kalau anak jurusan IPS mempunyai lebih sedikit kesempatan untuk bisa menempuh pendidkan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu kuliah.

Padahal semua jurusan itu sama baiknya. Baik itu jurusan IPA, IPS, maupun bahasa. Semua tergantung siapa yang menjalaninya. Jika kau bisa jadi yang terbaik di jurusanmu maka akan lebih gampang dalam meraih kesuksesan kedepannya.

Nyatanya, orang-orang sukses di negeri ini tidak hanya berlatar belakang sains saja. Tetapi, mereka yang berlatar belakang sosial ataupun bahasa juga bisa menggapai kesuksesan bahkan di kala usianya yang masih sangat muda. Makara mulai kini hilangkan anggapan negatif tersebut dipikiranmu ya.

7. Serahkan Kepada yang Kuasa

Setelah kau melaksanakan ikhtiar dengan mengikuti keenam tips diatas, jangan lupakan Tuhan dalam urusan menyerupai ini. Berdoalah dan mohon petunjuk kepada-Nya semoga pilihanmu benar-benar menjadi yang terbaik dan diridhoi oleh Allah SWT.

Yang paling penting jangan pernah lupakan sholat 5 waktu. Karena hal tersebut yang paling utama. Selain itu kau bisa melaksanakan sholat istikharah yang memang bertujuan untuk memohon petunjuk dikala dihadapkan pada pilihan yang sulit. Semoga Tuhan mengabulkan doa kamu.

Tips Penting Lainnya :

Penutup

Mulai kini kau tidak perlu galau lagi dalam menentukan sebuah jurusan dikala Sekolah Menengan Atas nanti. Beberapa tips menentukan jurusan Sekolah Menengan Atas diatas bisa kau terapkan semoga pilihanmu sempurna dan tidak menyesal di kemudian hari.