-->
Cara Memakai Perintah Trim Di Autocad
4/ 5 stars - "Cara Memakai Perintah Trim Di Autocad" Cara Menggunakan Perintah Trim Di AutoCad - Waaah sudah usang sekali aku gakk nulis artikel wacana dasar AutoCad , kali ini aku nulis lagi ...

Cara Memakai Perintah Trim Di Autocad



Cara Menggunakan Perintah Trim Di AutoCad - Waaah sudah usang sekali aku gakk nulis artikel wacana dasar AutoCad, kali ini aku nulis lagi dengan judul cara memakai perintah trim pada AutoCad. 

Perintah trim merupakan perintah yang wajib kita ketahui, alasannya tanpa mengetahui perintah trim, kita akan kesulitan dalam mengerjakan objek yang mana objek itu harus di potong.

Dan juga perintah trim ini akan sering kita gunakan ketika melaksanakan penggambaran, alasannya memang fungsinya yang krusial.

Dari yang aku jelasin di atas kalian niscaya sudah taukan fungsi trim untuk apa? Iya fungsi trim ialah untuk memotong objek dari sisi satu ke sisi lain.

Oke eksklusif saja aku beri tau cara kerja perintah trim di AutoCad, ada beberapa cara menggunkan perintah trim di AutoCad, diantaranya sebagai berikut :

Cara Tepat Untuk Pelajar

Kalau berdasarkan aku ini sih cara yang sempurna untuk pelajar
  • Langkah pertama, yang niscaya kalian sudah harus masuk di jadwal AutoCad. Jangan masuk ke jadwal lain (hehe)
  • Kalian buatlah objek garis atau segitiga atau objek lainnya, atau kalian dapat buat objek menyerupai gambar di bawah  

gambar 1

  • Selanjutnya klik tool trim atau eksklusif saja command dengan cara ketik Tr kemudian enter
  • Akan ada perintah "select objects or <select all>"
  • Lalu pilihlah objectnya, kemudian tekan enter
  • Misal aku akan menghilangkan garis yang berada di dalam gambar belah ketupat, Jika kalian menciptakan gambar seerti saya, maka object'nya kalian pilih saja gambar belah ketupat, kemudian tekan enter
  • Lalu akan muncul perintah "select object to trim or shift-select to extend or"
  • Pilihlah garis atau object lurus yang ada di dalam belah ketupat
  • Kalau sudah simpulan tekan enter

Hasilnya menyerupai gambar di bawah 



gambar 2

Artikel Terkait :



Cara Cepat

Kita tetap memakai gambar menyerupai pola pertama
 

  • Langkah pertama yang niscaya sudah menjalankan progam AutoCad
  • Block semua object menyerupai gambar di bawa, atau ctrl + a

gambar 3

  • Selanjutnya klik tool trim atau eksklusif saja command dengan cara ketik Tr kemudian tekan enter
  • Akan ada perintah "select object to trim or shift-select to extend or"
  • Langsung saja kalian pilih garis yang ada di dalam gambar belah ketupat
  • Lalu tekan enter

Maka alhasil sama menyerupai gambar 2

Itulah cara memakai perintah trim pada AutoCad, yang berfungsi untuk memotong objek gambar di AutoCad. Silahkan kalian praktekkan dan lihat hasilnya. Asah terus skill gambar AutoCad kalian biar nanti dapat menggambar atau mendesain lebih cepat. Kunjungi juga dasar AutoCad lainnya.

Terima kasih.