-->
Konsep Dasar Interaksi Insan Dan Komputer
4/ 5 stars - "Konsep Dasar Interaksi Insan Dan Komputer" Interaksi insan dengan komputer atau dikenal sebagai HCI (Human Computer Interaction), IMK/HCI merupakan sebuah bidang ilmu yang melibatkan...

Konsep Dasar Interaksi Insan Dan Komputer




Interaksi insan dengan komputer atau dikenal sebagai HCI (Human Computer Interaction), IMK/HCI merupakan sebuah bidang ilmu yang melibatkan studi, perencanaan, dan desain interaksi
antara insan sebagai pengguna dan computer sebagai alatnya.
Tujuan interaksi insan dan komputer yakni,
  1. sistem yang telah dibentuk sanggup memperlihatkan manfaat dan gampang dioperasikan oleh per-individu maupun berkelompok.
  2. fungsi yang ada didalam sistem sesuai dengan perencanaan dan kebutuhan.
  3. semakin meningkatnya teknologi, maka faktor keamanan juga sangat penting untuk ditambahkan kedalam sistem yang akan dibuat.
  4. efektif dan efisien dalam hal produktifitas kerja penggunanya.

Sejarah dari IMK/HCI
  • tahun 50an terdapat antarmuka/interface pada level hardware untuk teknik, misal switch panel
  • tahun 60an sudah mulai pada level pemrograman, contohnya COBOL, FORTRAN
  • tahun 70an sudah memasuki masa aba-aba (DOS)
  • tahun 80an sudah mencapai pada level obrolan interaksi, contohnya GUI, multimedia
  • tahun 90an sudah memasuki lingkungan kerja, Sistem network, groupware
  • tahun 2000an sudah mencapai masa-masa kejayaan, menyerupai Internet, kendaraan beroda empat device, interactive screen dan lain sebagainya.

Hal yang harus diperhatikan ketika merancang sebuah interface yang proporsional adalah,
  1. penggunaan warna yang baik
  2. penggunaan jenis font dan gambar yang proporsional
  3. gunakan bahasa yang gampang dipahami
  4. user friendly
  5. mudah dipelajari
  6. nyaman ketika digunakan

Bidang studi yang ikut berperan dalam IMK adalah,
  • Teknik elektronika/Ilmu Komputer
membantu memahami perangkat yang nantinya akan dipakai dalam merancang interaksi insan dan komputer
  • Psikologi
membantu dalam memahami kebiasaan dan sifat si pengguna, mulai dari kemampuan kognitif dalam memecahkan dilema dan keterampilan motorik pengguna yang berbeda-beda
  • Desain grafis
dapat membantu memperlihatkan pemahaman wacana pengguna rancangan grafis yang baik menyerupai contohnya gambar akan lebih memperlihatkan value daripada sebuah teks/tulisan 
  • Ergonomik
membahas wacana aspek fisik yang medukung dalam membuat lingkungan kerja yang nyaman.
  • Antropologi
memberikan pemahaman wacana cara kerja insan yang kadang berkelompok baik pada dikala diwaktu ya sama maupun berbeda
  • Linguistik
dapat membantu dalam membuat suatu dialog/komunikasi yang memadai antar user
  • Sosiologi
dalam bidang ini memperlihatkan pemahaman wacana imbas interaksi insan dan komputer dalam aspek sosial masyarakat
  • Rekayasa perangkat lunak
dapat membantu membuat sebuah kegiatan yang user friendly dan gampang dioperasikan
  • Kecerdasan buatan (AI)
membantu semoga komputer sanggup melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan usul si pengguna.


Sumber https://yuanizen.blogspot.com/