Interaksi insan dengan komputer atau dikenal sebagai HCI (Human Computer Interaction), IMK/HCI merupakan sebuah bidang ilmu yang melibatkan studi, perencanaan, dan desain interaksi
antara insan sebagai pengguna dan computer sebagai alatnya.
Tujuan interaksi insan dan komputer yakni,
- sistem yang telah dibentuk sanggup memperlihatkan manfaat dan gampang dioperasikan oleh per-individu maupun berkelompok.
- fungsi yang ada didalam sistem sesuai dengan perencanaan dan kebutuhan.
- semakin meningkatnya teknologi, maka faktor keamanan juga sangat penting untuk ditambahkan kedalam sistem yang akan dibuat.
- efektif dan efisien dalam hal produktifitas kerja penggunanya.
Sejarah dari IMK/HCI
- tahun 50an terdapat antarmuka/interface pada level hardware untuk teknik, misal switch panel
- tahun 60an sudah mulai pada level pemrograman, contohnya COBOL, FORTRAN
- tahun 70an sudah memasuki masa aba-aba (DOS)
- tahun 80an sudah mencapai pada level obrolan interaksi, contohnya GUI, multimedia
- tahun 90an sudah memasuki lingkungan kerja, Sistem network, groupware
- tahun 2000an sudah mencapai masa-masa kejayaan, menyerupai Internet, kendaraan beroda empat device, interactive screen dan lain sebagainya.
Hal yang harus diperhatikan ketika merancang sebuah interface yang proporsional adalah,
- penggunaan warna yang baik
- penggunaan jenis font dan gambar yang proporsional
- gunakan bahasa yang gampang dipahami
- user friendly
- mudah dipelajari
- nyaman ketika digunakan
Bidang studi yang ikut berperan dalam IMK adalah,
- Teknik elektronika/Ilmu Komputer
membantu memahami perangkat yang nantinya akan dipakai dalam merancang interaksi insan dan komputer
- Psikologi
membantu dalam memahami kebiasaan dan sifat si pengguna, mulai dari kemampuan kognitif dalam memecahkan dilema dan keterampilan motorik pengguna yang berbeda-beda
- Desain grafis
dapat membantu memperlihatkan pemahaman wacana pengguna rancangan grafis yang baik menyerupai contohnya gambar akan lebih memperlihatkan value daripada sebuah teks/tulisan
- Ergonomik
membahas wacana aspek fisik yang medukung dalam membuat lingkungan kerja yang nyaman.
- Antropologi
memberikan pemahaman wacana cara kerja insan yang kadang berkelompok baik pada dikala diwaktu ya sama maupun berbeda
- Linguistik
dapat membantu dalam membuat suatu dialog/komunikasi yang memadai antar user
- Sosiologi
dalam bidang ini memperlihatkan pemahaman wacana imbas interaksi insan dan komputer dalam aspek sosial masyarakat
- Rekayasa perangkat lunak
dapat membantu membuat sebuah kegiatan yang user friendly dan gampang dioperasikan
- Kecerdasan buatan (AI)
membantu semoga komputer sanggup melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan usul si pengguna.