-->
Metode Pengembangan Bahasa - Soal Dan Jawaban
4/ 5 stars - "Metode Pengembangan Bahasa - Soal Dan Jawaban" Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Bahasa Lengkap Jawaban Whole Language ialah sebuah sistem yang alamiah wacana pem...

Metode Pengembangan Bahasa - Soal Dan Jawaban



Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Bahasa Lengkap Jawaban
  1. Whole Language ialah sebuah sistem yang alamiah wacana pembelajaran dan bagaimana percepatannya di dalam kelas dan sekolah. Pernyataan ini dikemukakan oleh...
    a. Eisele
    b. Kruhm
    c. Richard
    d. Weaver
  2. Whole Language berprinsip bahwa anak diharapkan bekerja dan mencar ilmu sesuai dengan level perkembangan yang sesuai dengan dirinya. Prinsip tersebut lebih sempurna disebut .... masyarakat; Ilmu Politik mempelajari Negara-negara itu melaksanakan tugas-tugasnya, pendapat tersebut dikemukakan....
    a. Demonstration
    b. Expectation
    c. Responsibility
    d. Employment 
  3. Kelas whole languageadalah kelas yang sibuk alasannya dipenuhi dengan banyak buku-buku dan kegiatan yang penuh keaksaraan. Berikut ialah beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalammenata pusat kegiatan, kecuali ....
    a. Menata pusat semoga menerima pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup
    b. Memperjelas pola kemudian lintas jalan untuk keluar masuk pusat
    c. Menata pusat seaman mungkin untuk anak
    d. Menata pusat semoga nyaman dengan memakai akomodasi sekolah ibarat AC 
  4. Dalam guru membacakan sebuah dongeng dengan memakai bunyi keras dan intonasi yang baik sehingga bawah umur sanggup tertarik dari isi dongeng yang disampaikan guru tersebut. Contoh ini termasuk dalam ...
    a. Reading aloud
    b. Journal writing
    c. Sustained silent reading
    d. Guided reading 
  5. Kemampuanmenyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa reseptif yang melibatkan beberapa faktor sebagai berikut, kecuali :
    a. Penyimak
    b. Situasi
    c. Pembicara
    d. Kapasitas
  6. Bahasa insan berbeda dengan instruksi hewan. Pada manusia, bahasa merupakan suatu sistem simbol untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan demikian bahasa pada insan merupakan ... 
    a. Bahasa isyarat 
    b. Upaya kreatif yang tidak pernah berhenti 
    c. Fenomena 
    d. Manipulasi simbol-simbol 
  7. Tedapat aliran yang mengartikan bahasa sebagai suatu perjanjian yang sifatnya disengaja antara manusia. Aliran yang dimaksud ialah aliran berdasarkan ... 
    a. Sofisme 
    b. Stoijin 
    c. Plato 
    d. Aristoteles 
  8. Menurut teori behavioristik bahwa anak dilahirkan tanpa membawa kemampuan apapun, sementara hebat nativis menyampaikan individu dilahirkan dengan alat penguasaan bahasa (Language Acquisition Device). Tokoh nativis tersebut adalah... 
    a. Chomsky 
    b. Howe 
    c. Marantos 
    d. Miller 
  9. Berikut ialah pola penerapan teori behavioristik” saya makan susu” kata si anak. Sang ibu tidak mendapatkan kalimat tersebut walaupun secara tata bahasa sudah benar. Umumnya Sang ibu mendapatkan kalimat dari anak walaupun tata bahasanya tidak benar tetapi maksudnya benar, ialah ... 
    a. Bu, itu bangunan apa? Jawaban ibu,suatu dikala jika kau sudah besar kau bisa mencar ilmu di sana 
    b. Bu, Ani berangkat sekolah dulu ya.
    c. Sekarang saya sudah sekolah dan banyak temannya 
    d. Di sekolah banyak daerah permainan 
  10. Salah asatu karakteristik bahasa ialah korelasi antara aneka macam macam bunyi dan visual, objek, maupun gagasan. Hal tersebut termasuk karakteristik bahasa ... 
    a. Sistematis 
    b. Fleksibel 
    c. Beragam 
    d. Arbitier 
  11. Anak dilahirkan dengan kecenderungan untuk berperan aktif terhadap lingkungannya, dalam memproses informasi, dan dalam penyimpulan wacana struktur bahasa. Hal tersebut kajian dari teori ... 
    a. Nativistik 
    b. Behavioristik 
    c. Kognitif 
    d. Prakmatik 
  12. Berikut ialah pola penerapan teori Pragmatik sebagaimana diungkapkan Halliday dalam Bromley (1995) wacana bahasa awal anak melalui bahasa personal 
    a. Saya bahagia bermain denganmu 
    b. Seandainya saya memilki mainan sepertimu 
    c. Berikan pada saya mainanmu 
    d. Ajaklah saya bermain denganmu 
  13. Berikut pola penerapan teori Interaksionis dalam bentuk kalimat ... 
    a. Seandainya saya memilki mainan sepertimu 
    b. Saya ingin memberitahukanmu wacana sahabat baruku 
    c. Ajaklah saya bermain denganmu 
    d. Berikan pada saya mainanmu 
  14. Dalam komunikasi diharapkan bahasa yang bersifat dimengerti atau diterima. Istilah lain terkait peristilahan tersebut ialah ... 
    a. Ekspresif 
    b. Reseptif 
    c. Sosialisasi 
    d. Berbicara 
  15. Dalam penggunaan bahasa dimaksudkan untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebanyakbanyaknya dan mempelajari seluk beluk lingkungannya. Pernyataan tersebut ialah pola yang termasuk fungsi bahasa ... 
    a. Instrumental 
    b. Regulatif 
    c. Heuristik 
    d. Personal 
  16. Menurut Jalongo (2007) wacana kemampuan anak dalam mendengar mengalami perkembangan 
    a. Infant, mulai mengeluarkan bunyi bergumam 
    b. Usia satu hingga dua tahun, mulai mengenal namanya sendiri 
    c. Usia 3-4 tahun, mengingat permainan jari 
    d. Usia 5-6 tahun , anak sering menyampaikan “apa?” atau “hah?” 
  17. Dalam perkembangan berbicara anak dipengaruhi oleh faktor neurologi, kecuali 
    a. Perkembangan kognitif 
    b. Strategi memproses informasi 
    c. Kemampuan output motor 
    d. Kemampuan sensorik 
  18. Potensi anak berbicara didukung oleh beberapa hal serbagai berikut, kecuali 
    a. Kesiapan berbicara 
    b. Kesempatan berlatih 
    c. Pengalaman 
    d. Motivasi untuk mencar ilmu dan berlatih 
  19. Jika anak mulai mencar ilmu bahasa absurd yang dimulai dari cara pengucapan fonem, kata, dan kalimat sebelum ia sanggup mengucapkan kata dan menggunakanya dalam berbicara, ialah fungsi 
    a. Menjadi dasar mencar ilmu bahasa 
    b. Menjadi dasar pengembangan kemampuan bahasa tulis 
    c. Menunjang keterampilan berbahasa lainya 
    d. Memperlancar komunikasi lisan 
  20. Tarigan mengemukakan ada sejumlah tujuan orang menyimakuntuk .... kecuali: 
    a. Belajar 
    b. Mengapresiasi 
    c. Menghibur diri 
    d. Mengisi waktu luang 
  21. Menurut Vygotsky (1986) terdapat tiga tahap perkembangan bicara anak yang berafiliasi bersahabat dengan perkembangan berpikir anak, kecuali tahap .... 
    a. Eksternal 
    b. Egosentris 
    c. Berbicara internal 
    d. Verbal
  22. Dalam memberi pengalaman menulis pada anak didik, kiprah guru hendaknya. ... kecuali 
    a. Menyediakan materi dan kesempatan bagi anak untuk menulis sendiri 
    b. Menyediakan sarana dan prasarana sehingga anak tidak terbengkalai dalam menulis 
    c. Memperhatikan karaktristik, kebutuhan, dan minat anak 
    d. Perencanaan untuk pengalaman menulis yang beragam 
  23. Menurut Brewer ( terdapat empat tahapan dalam kemampuan menulis pada anak, sebagai berikut. Pilih satu yang bukan tahapan menururut Brewer ialah tahap ... 
    a. Mencoret atau menciptakan gesekan (Scribble stage) 
    b. Pengulangan linear (Linear Repetitive stage) 
    c. Menulis nama (Letter Name Writing or Phonetic Writing) 
    d. Menulis dengan menghasilkan huruf (Writing via Reproducting well-learned stage) 
  24. Menurut Bromley(1992) menyatakan terdapat perbedaan kecepatan dalam berbahasa pada anak, namun komponen dalam bahasa tidak berubah. Komponen tersebut adalah... 
    a. Perkembangan fonologi 
    b. Perkembangan morfologi 
    c. Perkembangan fisik 
    d. Semantik 
  25. Tahap perkembangan bahasa berbicara anak terbagi dalam dua periode besar yakni periode prelinguistik (0-1 tahun) dan periode linguistik (1-5tahun). Pada periode linguistik terbagi dalam tiga fase besar. Setelah Anda analisis satu persatu dari alternatif jawaban, tentukan yang bukan termasuk dalam fase linguistik ialah fase ... 
    a. Satu kata 
    b. Dua lebih dari satu kata 
    c. Tiga lebih dari satu kata 
    d. Diferensiasi
  26. Terdapat sejumlah alasan guru untuk menumbuhkan cinta membaca pada anak. Pilih satu yang bukan alasan berdasarkan Leonard (1999:27) ialah ... 
    a. Anak yang bahagia membaca akan membaca dengan baik dan sebagian waktunya dipakai untuk membaca 
    b. Membaca akan menawarkan wawasan yang lebih luas dalam segala hal dan menciptakan mencar ilmu lebih mudah 
    c. Membaca sanggup membantu bawah umur untuk mempunyai rasa kasih sayang 
    d. Membaca untuk melepaskan diri dari kenyataan 
  27. Kemampuan membaca ibarat juga kemampuan menulis merupakan kegiatan yang komplek, artinya banyak faktor yang mempengaruhinya ibarat faktor motivasi, lingkungan , keluarga dan guru. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ... 
    a. Anderson 
    b. Tampubolon 
    c. Grifin 
    d. Leonhardt 
  28. Ketika anak diperkenalkan dengan buku dan ia mulai tumbuh kesadaran akan goresan pena dalam buku, menemukan kata yang pernah ditemuai sebelumnya, dan mengungkapkan katakata yang bermakna terkait dengan dirinya serta mengenal goresan pena kata-kata pusisi, lagu dan sudah mengenal abjad. Pernyataan ini ialah salah satu pola tahapan dalam perkembangan membaca berdasarkan Cochrane Efal yakni tahap ... 
    a. Fantasi 
    b. Pembentukan konsep diri 
    c. Membaca gambar 
    d. Membaca lancar 
  29. Hasil penelitian Grifin dkk (1998) menyatakan sekolah yang mengajarkan keterampilan pra membaca di Taman Kanak-kanak berdampak positif terhdapa anak ketika memasuki sekolah dasar. Pilih satu balasan yang tidak termasuk pernyataan hasil penelitian Grifin tersebut ialah kemampuan ...
    a. Membedakan auditorial 
    b. Diskriminasi visual 
    c. Memainkan komputer 
    d. Bahasa lisan 
  30. Menurut Jolongo (2007) perkembangan menulis yang saling berkaitan dengan menggambar dalam tahap awal disebut tidak ada huruf-huruf yang sanggup dikenal. Dalam tahap ini lebih memperlihatkan konsep komunikasi melalui simbol, yakni... kecuali 
    a. Random scribbling 
    b. Controlled scribbing 
    c. Name of scribbing 
    d. Modeling scribbing 
  31. Banyak para hebat yang mengklasifikasikan literatur berdasarkan usia anak. Berikut ialah pola buku yang sempurna sesuai dengan anak yang berusia 2- 4 tahun, ialah buku yang ...
    a. Berwarna warni
    b. Mempunyai dongeng yang sederhana dengan dengan tamat yang menyenangkan
    c. Mempunyai imajinasi, fantasi, komedi, dongeng dan buku yang berisi informasi
    d. Mempunyai fantasi tinggi, memecahkan duduk perkara dan mengidentifikasi karakter 
  32. Peranan literatur dalam pengembangan bahasa bagi anak ialah sebagai berikut, kecuali ...
    a. Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca pada anak
    b. Memperluas pengetahuan anak
    c. Memberikan dasar-dasar ke arah mencar ilmu secara berdikari
    d. Mendorong dan membuatkan potensi diri yang mempunyai egoisme tinggi 
  33. Berikut ialah beberapa tips untuk membuatkan bahasa anak khususnya membentuk kebiasaan membaca anak dan cinta buku, kecuali:
    a. Bawa anak ke toko buku yang populer dan terlengkap koleksi bukunya
    b. Membaca dan berbicara wacana buku-buku dengan cinta dan kasih sayang
    c. Pastikan bahwa di kelas ada cukup buku untuk semua anak
    d. Buat suasana yang menyenangkan untuk membaca 
  34. Literatur bawah umur ialah pembelajaran yang baik untuk anak alasannya akan merangsang daya pikir dan imajinasi dengan baik. Manfaat buku bagi anak akan menggabungkan beberapa kualitas sebagai berikut, kecuali
    a. Memperpanjang pengalaman
    b. Sediakan pertolongan bahasa
    c. Sediakan dana secukupnya
    d. Sediakan dukungan untuk pembaca 
  35. Bahan pustaka atau literatur begitu banyak jenis dan ragamnya yang kesemuanya bertujuan mendukung pengembangan bahasa atau pengetahuan anak. Berikut ialah jenis karya cetak atau karya grafis sebagai berikut, kecuali:
    a. Majalah
    b. Piringan hitam
    c. Surat kabar
    d. Laporan 
  36. Berikut ialah pola yang sanggup dilakukan guru untuk membantu siswa mempunyai kemampuan mendengar yang dikaitkan dengan proses pemebalajaran, kecuali:
    a. Memainkan beberapa musik yang diminati
    b. Menggunakan lagu-lagu berisi dongeng
    c. Saya bercerita, kau mengerjakan, latihan untuk bekerja sama, yang satu menyebutkan yang lain mengerjakan
    d. Simak - kerjakan
  37. Pengumpulan data instrumen perkembangan anak dengan teknik observasi alasannya anak berkembangan sangat pesat sehingga lebih menekankan pada proses yang tidak sanggup dilepaskan dengan pemilihan metode. Berikut beberapa metode yang dipakai dalam teknik observasi, kecuali
    a. Metode daftar nama dipakai untuk pencatatan menyesuaikan kegiatan rutin, menjaga diri, perkembangan fisik dan tahap perkembangan sosial
    b. Jurnal refleksi dipakai untuk mencatat ekspresi dan emosi, berpikir, pertanyaan dan ujian langsung
    c. Cacatan anekdot dipakai untuk mencatat frekuensi kejadian, penggunaan dan pemilihan kegiatan
    d. Cek list dipakai untuk mencatat kemampuan menjaga diri, perkembangan fisik dan perkembangan non fisik 
  38. Perkembangan menulis berkaitan dengan menggambar. Para hebat menyatakan menggambar sebagai bab dari menulis terutama pada dikala awal. Pada dikala itu anak lebih cenderung mencoret-coret baik itu dalam bentuk goresan pena atau gambar. Kaitan antara menggambar dan menulis antara lain sebagai berikut. Anda sanggup menganalisa keterkaitan menggambar dengan menulis melalui alternatif jawaban, dan pilih satu yang alternatif balasan yang tidak memperlihatkan keterkaitan antara menggambar dan menulis yakni ....
    a. Menulis dan menggambar keduanya memerlukan keahlian motorik
    b. Peningkatan prestasi mencar ilmu maksimal
    c. Menulis dan menggambar sesuai dengan perkembangan anak
    d. Menulis dan menggambar merupakan persyaratan utama anak memasuki dunia pendidikan 
  39. Untuk sanggup melaksanakan asesmen perkembangan bahasa anak usia dini diharapkan pemahaman yang lebih spesifik terhadap indikator pencapaian perkembangan bahasa ialah anak usia. ..
    a. Empat bulan belum memberi reaksi terhadap bunyi
    b. Satu tahun telah bisa menyebutkan kata tunggal
    c. 18 hingga 24 bulan telah mempunyai kosakata hingga 100 kata termasuk nama dan mainan
    d. Dua tahun telah bisa mengerti hingga 13.000 kata 
  40. Salah satu keberhasilan dalam proses asesmen perkembangan anak ialah ketepatan guru dalam menciptakan isntrumen perkembangan anak. Berikut pola langkah-langkah yang harus diperhatikan guru dikala menyusun instrumen, kecuali ....
    a. Mengidentifikasi variabel
    b. Menganalis teori
    c. Menyusun definisi operasional
    d. Menyusun laporan hasil asesmen 
  41. Berbagai seni administrasi sanggup dipakai guru untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak semoga anak menjadi pendengar aktif, kecuali
    a. Mempertahankan kontak mata
    b. Menggunakan bahasa verbal
    c. Menangkap pengertian
    d. Mengolah pesan
  42. Berikut pola sejumlah metode yang sanggup dipakai untuk membuatkan kemampuan menyimak . Pilihlah satu metode yang tidak sesuai untuk membuatkan kemampuanmenyimak pada anak, ialah ...
    a. Simak - ulang ucap
    b. Simak – kerjakan
    c. Simak – terka
    d. Simak - gambar 
  43. Permainan mendengarkan berkaitan dengan ...
    a. Benda
    b. Warna warni
    c. Bunyi-bunyian
    d. Tulisan 
  44. Media visual yang sering dipakai ialah televisi. Tidak diragukan lagi bahwa televisi sanggup membantu memperkaya perbendaharaan kata-kata atau bahasa AUD. Untuk memanfaatkan televisi tersebut langkah yang harus dilakukan guru ialah ... kecuali:
    a. Mendampingi ketika menonton tayangan
    b. Memberi klarifikasi dengan bahasa yang gampang dipahami anak
    c. Memberi kesempatan kepada anak untuk bertanya seluas luasnya
    d. Mengajukan pertanyaan terkait dengan tayangan televisi tersebut 
  45. Berikut ialah peranan menyimak, kecuali ...
    a. Memperlancar komunikasi verbal
    b. Meningkatkan keterampilan berbahasa
    c. Landasan mencar ilmu bahasa
    d. Memberitahukan sesuatu informasi 
  46. Kemampuan berbicara berafiliasi dengan fonologi, morfologi, sintaksis, dan menyimak. Anak berbicara sangat bersahabat kaitannya dengan acara menfdengarkan bunyi-bunyi, termasuk mendengarkan orang bicara. Terdapat unsur-unsur kemampuan berbicara pada anak, pilih satu yang bukan merupakan unsur kemampuan bicara anak.
    a. Perkembangan kosa kata
    b. Ekspresi
    c. Lafal ucapan
    d. Intonasi suara 
  47. Sebelum mengajarkan membaca pada anak, dasar-dasar kemampuan membaca atau kemampuan kesiapan membaca perlu dikuasai oleh anak. Kemampuan kesiapan yang dimaksud ialah sebagai berikut, kecuali kemampuan ...
    a. Penghafal abjad atau huruf
    b. Diskriminasi visual
    c. Bahasa verbal
    d. Membedakan auditorial 
  48. Berikut ialah sejumlah pola seni administrasi dalam membaca permulaan yang sanggup dilakukan guru pada forum PAUD yakni dengan menerapkan konsep DAP atau Developmentally Aproppriate Practice, kecuali
    a. Mengeksplorasi buku
    b. Memperbanyak akomodasi pembelajaran
    c. Memahami urutan
    d. Mengenali kata-kata ialah simbol
  49. Cara mengenalkan buku bacaan bagi anak semoga anak mempunyai sifat cinta buku diharapkan suatu proses yang harus ditempuh yakni pembangkitan minat, kekerabatan makna, dan refleksi. Pada tahap pembangkitan diharapkan anak secara aktif terlibat dalam mengingingat apa yang anak tahu wacana topik. Selanjutnya tahap kekerabatan makna, dalam fase ini anak akan tiba ke dalam ide-ide gres dari teks dalam buku, serta tahap terakhir ialah tahap refleksi. Inti dari fase ini ialah ...
    a. Anak diharapkan untuk mengungkapkan dalam kata-kata sendiri ide-ide yang mereka temui
    b. Anak didorong untuk mulai berpikir wacana topik dan mereka akan mengeksplorasi secara rinci
    c. Memperkenalkan judul dan penulis dari teks dan gambaran
    d. Melihat gambaran dan memprediksi konten sesuai dengan ilustrasi 
  50. Menurut Hurlock terdapat sejumlah kriteria untuk mengukur tingkat kemampuan berbicara anak usia dini sehingga sanggup diketahui apakah anak bicara secara benar atau hanya sekedar ‘membeo’, kecuali anak ...
    a. Mampu melafalkan kata-kata yang sanggup dipahami orang lain dengan gampang
    b. Mengetahui arti kata yang dipakai dan bisa menghubungkannya dengan objek yang diwakilinya
    c. Memahami kata-kata tersebut bukan dikarenakan telah sering mendengar atau menduga-duga
    d. Mampu mengucap ulang kata-kata yang diucapkan orang remaja tanpa ada kesalahan
Kunci Jawaban:
  1. d. Weaver
  2. b. Expectation 
  3. c. Menata pusat seaman mungkin untuk anak 
  4. a. Reading aloud 
  5. c. Pembicara 
  6. b. Upaya kreatif yang tidak pernah berhenti 
  7. a. Sofisme 
  8. a. Chomsky 
  9. a. Bu, itu bangunan apa? Jawaban ibu,suatu dikala jika kau sudah besar kau bisa mencar ilmu di sana 
  10. d. Arbitier 
  11. c. Kognitif 
  12. a. Saya bahagia bermain denganmu 
  13. b. Saya ingin memberitahukanmu wacana sahabat baruku 
  14. b. Reseptif 
  15. c. Heuristik
  16. d. Usia 5-6 tahun , anak sering menyampaikan “apa?” atau “hah?” 
  17. c. Kemampuan output motor 
  18. d. Motivasi untuk mencar ilmu dan berlatih 
  19. a. Menjadi dasar mencar ilmu bahasa 
  20. c. Menghibur diri
  21. c. Berbicara internal 
  22. b. Menyediakan sarana dan prasarana sehingga anak tidak terbengkalai dalam menulis 
  23. d. Menulis dengan menghasilkan huruf (Writing via Reproducting well-learned stage) 
  24. d. Semantik 
  25. d. Diferensiasi
  26. d. Membaca untuk melepaskan diri dari kenyataan 
  27. a. Anderson 
  28. c. Membaca gambar 
  29. c. Memainkan komputer 
  30. d. Modeling scribbing 
  31. b. Mempunyai dongeng yang sederhana dengan dengan tamat yang menyenangkan 
  32. d. Mendorong dan membuatkan potensi diri yang mempunyai egoisme tinggi 
  33. a. Bawa anak ke toko buku yang populer dan terlengkap koleksi bukunya 
  34. c. Sediakan dana secukupnya 
  35. b. Piringan hitam 
  36. d. Simak - kerjakan
  37. c. Cacatan anekdot dipakai untuk mencatat frekuensi kejadian, penggunaan dan pemilihan kegiatan 
  38. d. Menulis dan menggambar merupakan persyaratan utama anak memasuki dunia pendidikan
  39. c. 18 hingga 24 bulan telah mempunyai kosakata hingga 100 kata termasuk nama dan mainan  
  40. d. Menyusun laporan hasil asesmen
  41. d. Mengolah pesan
  42. d. Simak - gambar 
  43. c. Bunyi-bunyian 
  44. c. Memberi kesempatan kepada anak untuk bertanya seluas luasnya 
  45. a. Memperlancar komunikasi lisan 
  46. d. Intonasi suara 
  47. a. Penghafal abjad atau huruf 
  48. b. Memperbanyak akomodasi pembelajaran 
  49. a. Anak diharapkan untuk mengungkapkan dalam kata-kata sendiri ide-ide yang mereka temui
  50. d. Mampu mengucap ulang kata-kata yang diucapkan orang remaja tanpa ada kesalahan